Home » Berita Kesehatan » 10 Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi nasi putih yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh (foto : boldsky)
Ilustrasi nasi putih yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh (foto : boldsky)

10 Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Nuansapagi.com – Info kesehatan kali ini akan mengulas tentang manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh. Ketika kita berbicara tentang nasi putih, kita selalu berpikir bahwa nasi putih tidak begitu sehat. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Nasi putih memiliki manfaat kesehatan sendiri. Banyak ahli gizi merekomendasikan untuk menghindari nasi putih sehingga menjadikan nasi putih makanan yang kontroversial dan dipertanyakan apakah benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kira-kira apa manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh?

Ada banyak manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh. Nasi putih mungkin menjadi pilihan yang lebih sehat daripada beras merah karena bebas dari anti-nutrisi seperti phytates. Zat-zat ini mengganggu penyerapan mineral. Beras merah mengandung asam fitat yang tidak ada dalam nasi putih. Asam fitat tidak baik untuk kesehatan.

Proses penggilingan padi menjadi beras menghilangkan dedak dan ini membuat beras berwarna putih. Hal ini membuat nasi putih lebih mudah dicerna dan mengurangi kadar serat berbasis gandum yang dapat berbahaya bagi jalur pencernaan. Dilansir dari boldsky, simak 10 manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh.

1. Nasi Putih Kaya Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh

Manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah sebagai sumber berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Nasi putih memiliki lebih banyak nutrisi. Nasi putih tidak mengandung dedak dan asam fitat (phytic acid). Nasi putih mengandung magnesium, vitamin B6, zat besi, kalsium, protein, dan kalium. Nasi putih juga mengandung karbohidrat.

2. Nasi Putih Bebas Dari Arsenik

Apakah nasi putih baik untuk Anda? Ya, tentu baik untuk Anda karena tidak ada logam beracun seperti arsenik dalam beras putih. Hal ini karena beras putih tidak mengandung dedak. Arsenik ditemukan dalam dedak dan beras merah mengandung dedak, bisa dimungkinkan tinggi kadar arsenik nya. Bebas dari arsenik merupakan salah satu manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh.

3. Nasi Putih Bebas Gluten

Manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh yang ketiga adalah bebas gluten. Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Kandungan gluten dapat mencapai 80% dari total protein dalam tepung, dan terdiri dari protein gliadin dan glutenin. Gluten membuat adonan kenyal dan dapat mengembang karena bersifat kedap udara.

Gluten dapat digunakan untuk membuat daging imitasi (terutama daging bebek) untuk hidangan vegetarian dan vegan. Tepung roti banyak mengandung gluten, sementara tepung kue lebih sedikit. Ada sejumlah orang yang tidak dapat mengonsumsi gluten karena reaksi daya tahan tubuh merusak dinding usus halus, dan hanya dapat ditangani bila penderita tidak makan gluten seumur hidup.

Nasi putih bebas dari gluten yang menyebabkan penyebab alergi makanan pada kebanyakan orang. Kebanyakan orang menghindari gluten karena alasan kesehatan, terutama para penderita celiac disease (alergi terhadap protein gluten yang menyebabkan gangguan kekebalan). Nasi putih kaya karbohidrat yang sehat. Nasi putih baik bagi orang-orang dengan ketidakseimbangan hormon karena mengandung karbohidrat yang aman dan sehat.

4. Nasi Putih Sebagai Penghasil Energi

Nasi putih memberikan energi instan karena kaya akan karbohidrat. Nasi putih mengandung karbohidrat yang sehat dan cepat yang menyediakan energi yang cepat dibandingkan dengan bentuk lain dari karbohidrat. Ini adalah salah satu manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Nasi Putih Mempromosikan Pertumbuhan Otot

Nasi putih mengandung protein (asam amino esensial). Menyajikan nasi putih dengan daging adalah diet yang lengkap karena akan mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk membangun protein dan otot. Bahkan vegetarian dapat membangun otot-otot mereka dengan memiliki nasi putih. Ini adalah salah satu manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>