Home » Kesehatan Tubuh » Diet Sehat » 10 Sayuran Untuk Diet Sehat Yang Terbaik
Ilustrasi sayuran untuk diet sehat (foto : Thinkstock/Getty Images)

10 Sayuran Untuk Diet Sehat Yang Terbaik

Nuansapagi.com – Kolom diet sehat kali ini akan berbagi info tentang 10 macam sayuran untuk diet sehat Anda. Sayuran adalah bagian yang penting dari diet apapun. Sayuran akan membantu dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan memaksimalkan upaya penurunan berat badan Anda. Hanya dengan memakan 8-9 porsi sayuran dalam sehari, Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Dilansir dari healthmeup, berikut adalah top 10 sayuran untuk diet sehat yang terbaik untuk kesehatan Anda.

1. Tomat

Tomat dilihat dari ilmu biologi sebenarnya termasuk buah, akan tetapi tomat kebanyakan dimasukkan sebagai sayuran yang sangat disukai. Tomat memiliki lycopen yang terkenal dengan sifat melawan kanker. Tomat penuh vitamin A dan vitamin K yang membantu menjaga tingkat tekanan darah Anda di bawah kontrol.

2. Brokoli

Ketika seseorang berbicara tentang sayuran yang dapat melawan penyakit secara efektif, brokoli termasuk peringkat yang tertinggi. Brokoli adalah gudang antioksidan yang membantu dalam memerangi kanker rektum, paru-paru dan perut. Mereka juga kaya akan folat, vitamin C dan beta-karoten yang membantu dalam meningkatkan kekebalan untuk melawan pilek dan flu.

3. Brussels Sprouts

Brussels Sprouts adalah sayuran yang bentuknya seperti kubis, berwarna hijau, namun yang membedakan adalah ukurannya yang mini, yang hanya sekitar 2,5 sampai 4 cm saja. Sayuran imut ini sangat digemari di Eropa, khususnya Belanda dan Belgia. Sayuran kecil ini sangat baik untuk ibu hamil karena kaya akan vitamin B dan asam folat. Sayuran ini juga cukup kaya akan asam lemak omega 3, kalium, serat, vitamin C dan K.

4. Wortel

Wortel penuh zat gizi untuk mata, rambut dan kulit. Mereka adalah sumber terbaik pro-vitamin A dan karoten. Dikenal untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari, wortel kaya akan vitamin C, vitamin A yang membantu dalam mengatur kadar gula darah yang sehat dan baik untuk jantung.

5. Asparagus

Asparagus, dalam pengertian umum adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal.

Asparagus termasuk makanan yang sangat baik untuk ibu hamil karena penuh serat, folat, dan vitamin B6 yang membantu dalam memaksimalkan kesehatan jantung. Sayuran tongkat panjang ini juga cukup rendah sodium dan tinggi kandungan potasium, yang membuat mereka ideal untuk kerja yang sehat dari usus besar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*