Home » Kesehatan Tubuh » Diet Sehat » 12 Makanan Pencegah Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi makanan pencegah diabetes (foto : swimpoll.altervista.org)

12 Makanan Pencegah Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui

Nuansapagi.com – Info makanan sehat kali ini akan mengulas tentang makanan pencegah diabetes. Makanan dan kadar gula darah yang tinggi erat kaitannya. Dengan mengkonsumsi makanan pencegah diabetes maka akan membantu mengontrol kadar gula darah. Anda dapat menyertakan makanan pencegah diabetes ini dalam makanan Anda setiap hari untuk mengontrol gula darah. Dilansir dari boldsky, berikut 12 makanan pencegah diabetes yang mungkin bisa dijadikan sebagai makanan terbaik untuk penderita diabetes.

1. Kacang-kacangan (leguminaceae)

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk diabetes. Kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang rendah lemak, rendah kalori, kaya akan serat dan protein merupakan makanan pencegah diabetes. Serat pangan memperlambat laju penyerapan gula ke dalam darah dan mengurangi beban gula. Dengan cara ini kadar gula darah menurun. Pulsa juga mencegah kenaikan puncak gula darah setelah makan.

2. Sayuran Hijau

Menurut studi, sayuran daun hijau seperti selada, kubis, bayam, dan sayuran hijau lainnya (segar, dikukus atau beku) seperti seledri, mentimun, kembang kol, dan kacang hijau mengandung karbohidrat yang melepaskan hormon dalam usus yang mengurangi nafsu makan.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa sayuran ini meningkatkan sensitivitas insulin dan dengan demikian lebih baik mengatur kadar glukosa darah. Makan sayuran ini dapat membantu dalam kasus diabetes, obesitas dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena sayuran ini kaya akan magnesium yang dikenal sebagai antioksidan yang efektif.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang sering dijadikan alternatif pengganti nasi. Selain merupakan sumber karbohidrat, oatmeal mengandung serat tinggi dan baik bagi mereka yang sedang diet. Oatmeal mengandung serat dengan persentase yang tinggi, vitamin B (terutama B1), vitamin E, dan antioksidan. Jumlah besar serat menyebabkan penyerapan lambat glukosa, dan antioksidan membuat oatmeal direkomendasikan makanan untuk menstabilkan kadar gula darah. Oatmeal juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk diabetes.

4. Apel Merah

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang makan jumlah terbesar apel (dan makanan lain yang kaya quercetin) memiliki kematian 20 persen lebih sedikit berhubungan dengan diabetes atau komplikasi jantung. Sumber lain dari quercetin adalah anggur merah, tomat, bawang, sayuran hijau dan buah.

5. Makanan Yang Kaya Vitamin C

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes memiliki tingkat vitamin C yang rendah dalam tubuh mereka, sehingga makanan kaya vitamin C seperti berry, jeruk, paprika, sayuran berdaun hijau tua, buah kiwi, tomat dll sarat dengan antioksidan dan merupakan pilihan yang sangat baik. Memiliki vitamin C merupakan salah satu tips terbaik untuk mengendalikan diabetes.

6. Ikan Air Dingin (Cold-Water Fish)

Mereka yang menderita diabetes dua kali lebih mungkin menderita juga dari penyakit jantung. Diet yang kaya asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan air dingin, dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik Anda. Laut merupakan sumber omega 3, seperti halibut, herring, mackerel, tiram, salmon, sarden, trout, tuna dan cod.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*