Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Kulit » 17 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dan Ampuh

17 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dan Ampuh

Cara Menghilangkan Jerawat – Ini dia tips dan cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang paling ampuh secara alami. Jerawat sudah menjadi gangguan kulit yang paling umum dialami masyarakat. Tak hanya remaja pria dan wanita, kulit orang tua pun kerap disambangi si bintik kecil jerawat.

Munculnya jerawat terutama di bagian tubuh yang terlihat seperti pada wajah pasti menjadi hal yang menjengkelkan. Hal ini karena selain terasa perih, jerawat akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Baik laki-laki atau pun perempuan akan cenderung kurang percaya diri ketika wajahnya berjerawat. Umumnya, untuk mengatasi jerawat pun digunakan berbagai obat penghilang jerawat atau salep.

Namun, jika obat penghilang jerawat dirasa tak terlalu efektif menghilangkan jerawat, ada beberapa bahan-bahan alami atau herbal yang mudah ditemukan di rumah dan bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain murah meriah, cara menghilangkan jerawat secara tradisional cenderung tanpa efek samping. Kalau pun ada, biasanya relatif kecil.

Nah, pada kesempatan kali ini, Nuansa Pagi ingin berbagi info kesehatan kulit tentang cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami. Namun sebelumnya, alangkah baiknya bila Anda membaca sekilas penjelasan singkat tentang apa itu jerawat, faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat, dan jenis-jenis jerawat.

cara-menghilangkan-jerawat

Ilustrasi seseorang berjerawat yang butuh tips cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan ampuh (Foto : Thinkstock)

Pengertian Jerawat

Menurut wikipedia, pengertian jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat termasuk penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Jerawat biasanya membuat seseorang kurang percaya diri (PD) terhadap penampilan fisiknya, terutama wajah.

Jerawat terbentuk ketika folikel di bawah kulit tersumbat. Kebanyakan jerawat terbentuk pada wajah, leher, punggung, dada dan bahu. Jerawat dapat muncul pada kulit siapa pun, tetapi paling sering muncul pada kulit remaja pubertas dan dewasa muda sekitar usia 14 – 16 tahun. Walaupun di luar rentang usia tersebut juga banyak orang yang mengalaminya.

Seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia bernama Kligmann, berpendapat bahwa “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Faktor-Faktor Penyebab Jerawat

Faktor penyebab munculnya jerawat secara umum dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Untuk internal, biasanya disebabkan oleh kondisi dari dalam tubuh orang tersebut. Misalnya usia, keturunan, stres berlebihan dan perubahan hormonal. Sedangkan faktor eksternal, biasanya lebih dikaitkan dari luar tubuh seseorang.

makanan-penyebab-jerawat

Ilustrasi makanan coklat dan kacang-kacangan yang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat di wajah pria dan wanita apabila dikonsumsi secara berlebihan (Foto : tabloidnova.com)

1. Usia

Untuk usia biasanya lebih rentan dialami oleh usia remaja hingga dewasa muda.

2. Keturunan

Jika orang tuanya memiliki tekstur kulit yang berjerawat atau rentan jerawat, maka si anak kemungkinan juga akan berjerawat.

3. Faktor Perubahan Hormonal

Misalnya saat wanita akan mengalami menstruasi, bisa juga ketika wanita sedang mengalami terapi pengobatan hormonal seperti minum pil KB, suntik KB, atau terapi hormonal lainnya.

4. Stres

Sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai “pelarian” dari stres.

5. Produksi Minyak Berlebihan

Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

6. Sel-Sel Kulit Mati

Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas. Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen.

Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

7. Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya.

Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

8. Kosmetik

Pemakaian kosmetik juga nyatanya bisa berpengaruh terhadap risiko jerawat seseorang, misalnya, jika memang kosmetik tersebut tak cocok dengan kondisi kulitnya. Hal yang paling sering membuat kulit berjerawat adalah penggunaan foundation dan sabun wajah dengan bahan oil-base.

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

9. Obat-Obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

10. Telepon Genggam

Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

11. Cuaca, Debu, Dan Kotoran

Cuaca yang lebih rentan adalah cuaca panas, karena akan menimbulkan lebih banyak keringat dan minyak di kulit. Banyak terpapar debu dan kotoran juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, terlebih bila orang tersebut malas membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.

12. Makanan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti cokelat, kuning telur, kacang-kacangan, es krim, dan mentega, juga bisa mengundang hadirnya jerawat di kulit.

Baca Juga : Top 15 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Di Wajah

Macam-Macam Jerawat

Apa yang dikenal sebagai jerawat sebenarnya memiliki beberapa jenis yang berbeda. Setiap orang memiliki beberapa jenis jerawat yang terkadang tidak sama dan memiliki karakteristik tersendiri. Berikut ini jenis jenis jerawat yang biasanya sering diderita oleh seseorang.

komedo-jenis-jerawat

Ilustrasi salah satu jenis jerawat yaitu komedo (Foto : stylishmodel.com)

1. Komedo

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

2. Jerawat Biasa

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit.

Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

3. Jerawat batu (Cystic acne)

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki :

  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

4. Jerawat Pasir

Jerawat pasir memiliki kesamaan dengan jerawat pada umumnya namun terdapat salah satu perbedaan mencolok yaitu jenis jerawat tersebut muncul lebih banyak serta ukurannya cenderung kecil-kecil. Biasanya jerawat pasir nampak berkumpul menjadi satu di daerah pipi. Sehingga hal ini tentu saja akan membuatmu kurang percaya diri di hadapan orang lain.

Oleh karenanya, melakukan berbagai perawatan untuk pengobatan jerawat pasir haruslah pintar-pintar memilih terapi yang cocok. Sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis jerawat, mungkin nanti akan dibahas lebih khusus pada postingan macam-macam jerawat dan cara mengatasinya.

Baca Juga : 7 Makanan Pencegah Jerawat Dan Komedo Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat, Alami, Dan Ampuh

Sebelum membahasa lebih lanjut tentang tips menghilangkan jerawat dengan cepat dan ampuh, perlu saya sampaikan bahwa cara mengatasi jerawat yang akan diulas ini tidak bisa memberikan jaminan kesembuhan pada jerawat yang Anda punyai. Oleh karena itu, sebelum Anda mencobanya, saya sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda agar proses pengobatan berjalan lancar dan berhasil.

Jika Anda sudah mengerti tentang saran saya, sekarang akan segera saya ulas satu per satu tentang cara menghilangkan jerawat secara alami. Tips ini dirangkum dari berbagai info yang kami peroleh via mesin pencari dan saya harapkan bisa menjadi info kesehatan yang lengkap tentang cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

1. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Es Batu

Es-Batu-Obat-Jerawat

Ilustrasi Es Batu sebagai obat jerawat (Foto : alodokter.com)

Salah satu cara alami menghilangkan jerawat yang mudah dan murah meriah adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat dengan cepat membantu menyembuhkan jerawat dengan meningkatkan sirkulasi darah pada lokasi jerawat berada. Lancarnya peredaran darah, dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Es batu juga dapat membantu pembekuan pori pori yang terbuka lebar kulit, membunuh bakteri, menghilangkan minyak yang menumpuk pada kulit wajah dan membantu menghilangkan kotoran pada kulit. Efek ini sangat penting untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah secara alami. Cara Pemakaia-nya adalah sebagai berikut :

  • Ambil es batu secukupnya (pastikan es dibuat dari air bersih dan steril)
  • Bungkus dengan sepotong kain bersih
  • Letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa menit dan ulangi proses tersebut 10 sampai 20 x.
  • Lakukan secara rutin sampai jerawat kempes.

Dengan menggunakan es batu berulang kali di wajah, maka akan membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan jerawat tersebut, hasil akhirnya tentu jerawat akan mulai kempes dan hilang serta menenangkan kulit wajah.

2. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Bawang-Putih-Penghilang-Jerawat

Ilustrasi Bawang Putih sebagai bahan alami penghilang jerawat (Foto : palipali.net)

Bawang putih merupakan obat penghilang jerawat yang patut Anda coba. Bawang putih dapat berperan sebagai antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik yang juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Kandungan zat Sulfur bawang putih sangat ampuh dalam proses penyembuhan jerawat membandel. Cara penggunaan-nya adalah :

  • Potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian
  • Gosokkan bawang putih pada jerawat membandel di wajah, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit
  • Cuci dengan air suam-suam
  • Lakukan beberapa kali sehari secara rutin sampai jerawat mengecil

Konsumsi bawang putih secara rutin sangat penting untuk membantu kelancaran peredaran darah, yang juga berperan dalam membantu menghilangkan jerawat. Pastikan tidak berlebihan karena mungkin akan mengganggu lambung Anda. Bawang putih juga dapat dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu yang cukup ampuh.

3. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat

tomat-penyembuh-jerawat

Ilustrasi Tomat sebagai penyembuh jerawat (Foto : alltforforaldrar.se)

Cara mengobati jerawat secara alami berikutnya adalah dengan memakai tomat. telah digunakan semenjak jaman dahulu dalam membantu menghaluskan wajah sebelum adanya berbagai produk kecantikan. Kandungan vitamin A dan C pada buah tomat sangat baik dalam membantu membasmi jerawat.

Cara Pemakaian untuk jerawat yang baru tumbuh :

  • Siapkan 1 buah tomat
  • Iris tomat secukupnya
  • Tutup bagian jerawat yang baru tumbuh
  • Biarkan 10-15 menit
  • Lakukan setiap hari secara rutin sampai jerawat hilang

Cara pemakain untuk jerawat yang meradang :

  • Siapkan 2 buah jerawat
  • Blender hingga halus tanpa air
  • Jadikan masker di wajah
  • Diamkan 20-30 menit
  • Bilas hingga bersih, lakukan setiap hari

4. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Jeruk-Nipis-Pengusir-Jerawat

Ilustrasi Jeruk Nipis sebagai pengusir jerawat yang ampuh (Foto : anekatop10.com)

Vitamin C pada jeruk nipis memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan jerawat karena bisa berfungsi sebagai anti oksidan. Selain itu, kandungan gizi dalam jeruk juga diyakini memiliki fungsi untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati. Cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis dapat dilakukan dengan cara :

  • Peras air jeruk nipis hingga 1-2 sendok
  • Campurkan dengan madu 1-2 sendok
  • Oleskan pada jerawat membandel
  • Diamkan 10-20 menit
  • Bilas dengan air suam-suam
  • Lakukan secara rutin setiap hari sampai jerawat bablas

5. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Lemon

Jeruk-Lemon-Pembasmi-Jerawat

Ilustrasi Jeruk Lemon sebagai pembasmi jerawat (Foto : gbcghana.com)

Cara cepat menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan lemon. Buah yang sangat kaya dengan kandungan vitamin C ini sangat ampuh mengobati jerawat yang timbul dan besar. Jus lemon cukup efektif untuk mengecilkan jerawat secara cepat. Pastikan Anda membuatnya sendiri, jangan membeli jus dalam botol karena kandungan bahan kimianya. Namun perlu diingat, bahan herbal dan alami ini tidak dapat digunakan jika kulit Anda sensitif.

Cara Penggunaan Pertama :

  • Sediakan 1-2 buah buah lemon
  • Peras air lemon
  • Usap pada kapas
  • Lalu terapkan pada jerawat sebelum tidur
  • Bersihkan dengan air bersih keesokan harinya

Cara Penggunaan Kedua :

  • Campurkan 1 sendok kayu manis bubuk dengan 1 sendok
  • Aduk sehingga menjadi pasta
  • Diamkan pada jerawat sebelum tidur
  • Keesokan harinya bilas dengan air bersih suam-suam kuku

Baca Juga : 10 Makanan Penghilang Dan Penyembuh Jerawat Super Cepat

6. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Dan Kunyit

Kunyit-Obat-Jerawat-Alami

Ilustrasi Kunyit sebagai obat jerawat alami (Foto : selingkaran.com)

Cara untuk menghilangkan jerawat yang tak kalah ampuh adalah dengan memakai jeruk nipis dan kunyit. Manfaat jeruk nipis dan kunyit untuk menghilangkan jerawat batu nampaknya sudah mengakar di masyarakat dan diyakini dapat mengatasi jerawat dengan cepat. Cara pemaikaiannya mudah dan simple, yaitu :

  • Ambil beberapa kunyit lalu tumbuk sampai berbentuk jel lembut
  • Campur kunyit yang telah ditumbuk dengan air perasan jeruk nipis
  • Oleskan pada bagian kulit yang terdapat jerawat batu
  • Biarkan kurang lebih selama 20 menitan
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Lakukan secara teratur dan berkala

7. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur Dan Madu

putih-telur-dan-madu-obat-jerawat

Putih Telur Dan Madu (Foto : stylecraze.com)

Selain bermanfaat sebagai masker wajah, putih telur dan madu juga dapat digunakan sebagai obat penyembuh jerawat batu. Campuran bahan alami ini dapat mengangkat sel kulit mati dan endapan kotoran yang berada di lapisan kulit wajah. Putih telur juga diyakini bisa mengatasi masalah kulit berminyak yang berlebihan. Cara pemakaian ramuan herbal ini cukup mudah, yaitu :

  • Ambil satu sendok teh putih telur
  • Ambil 1 sendok teh madu
  • Campurkan secara merata pada bagian kulit yang berjerawat
  • Lakukanlah secara teratur dan rutin

8. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

Madu-obat-penghilang-jerawat

Madu (Foto : peterturchin.com)

Penggunaan madu dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan tepat. Madu memiliki zat antibiotik sangat tinggi yang dapat membantu anda mencegah infeksi serta proses penyembuhan pada kulit. Namun, madu nampaknya tidak cocok untuk kulit sensitif.

Cara Penggunaan pertama :

  • Oleskan madu pada kapas kecantikan (steril)
  • Letakkan pada jerawat wajah Anda
  • Biarkan kurang lebih 30 menit
  • Bilas dengan air suam-suam

Cara Penggunaan kedua :

  • Sediakan kayu manis dan madu secukupnya
  • Buat pasta dengan perpaduan kayu manis dengan madu
  • Letakkan pada lokasi jerawat sebelum tidur
  • Pagi hari bilas dengan air secukupnya.

9. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Pepaya

masker-pepaya-obat-jerawat-alami

Masker Pepaya (Foto : curejoy.com)

Salah satu bahan alami untuk dijadikan masker adalah pepaya. Selain memiliki manfaat untuk mempercantik wajah, pepaya juga dapat digunakan sebaga salah satu cara menghilangkan jerawat di muka. Cara menggunakannya pun sangat mudah sekali.

Anda tinggal haluskan pepaya yang sudah anda sediakan. Lalu Anda oleskan pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih 15 menit. Jika sudah di diamkan 15 menit silahkan anda basuh dengan air hangat hingga bersih. Anda juga bisa gunakan cara ini secara rutin dirumah jika cara yang satu ini cocok pada wajah Anda.

10. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Beras Jepang

beras-jepang-menghilangkan-jerawat

Ilustrasi Beras Jepang (Foto : ohgitu.id)

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan berkesan dapat juga dilakukan dengan menggunakan beras jepang. Hal ini bukan karena kebetulan melainkan karena kandungan squan oil yang terdapat pada beras jepang yang dapat membuat kulit lebih lembut sehingga jerawat enggan untuk muncul.

Cara menggunakannya cukup mudah, ketika Anda sedang memasak beras dan beras tersebut belum matang, Anda ambil airnya dan diamkan hingga dingin. Setelah itu anda basuhkan air tersebut pada wajah Anda sehingga wajah Anda menjadi lebih bersih.

11. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi

pasta-gigi-untuk-jerawat

Ilustrasi Pasta Gigi untuk menghilangkan jerawat dengan cepat (Foto : homeremediesforlife.com)

Pasta gigi yang Anda gunakan setiap hari juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif. Asalkan kulit Anda tidak iritasi, Anda dapat mencoba menggunakannya. Penggunaan pasta gigi sangat ampuh jika Anda telah melakukan perawatan dengan es batu, pastikan permukaan jerawat bersih dari kotoran. Cara penggunaannya yaitu :

  • Sangat sederhana, 1. pastikan permukaan jerawat bersih
  • Oles lokasi jerawat dengan pasta gigi sebelum tidur
  • Bilas dengan air hangat di pagi hari
  • Rasakan perbedaannya

Sangat cocok untuk jerawat yang membengkak, oles jangan terlalu banyak, pastikan pasta gigi putih yang Anda oleskan / tidak berwarna. Cobain deh cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah yang satu ini.

12. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

lidah-buaya-obat-jerawat-ampuh

Lidah Buaya (Foto : Shutterstock)

Cara ampuh menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya akan memberikan efek cukup penting dalam masalah jerawat, terutama bagi Anda yang jerawatnya sudah memberikan efek peradangan. Efek lidah buaya sangat penting untuk mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat serta kemerahan jerawat. Ia juga dapat mengurangi minyak yang terdapat pada kulit wajah, minyak ini penyebab utama jerawat. Cara Penggunaannya adalah :

  • Iris lidah buaya hingga tersisa dagingnya saja
  • Buat menjadi gel dan oleskan pada bagian wajah jerawat
  • Diamkan kurang lebih 30-40 menit
  • Lakukan secara rutin minimal 1 minggu 2x agar jerawat tidak kembali lagi

13. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mentimun

mentimun-penghilang-jerawat-alami

Mentimun (Foto : Shutterstock/denio109)

Cara menghilang kan jerawat yang tak kalah ampuh adalah menggunkan mentimun. Mentimun sudah sangat populer digunakan sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan bercahaya. Efek mentimun dapat bekerja sebagai anti-inflamasi, sangat cocok sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami. Terutama untuk mengobati jerawat yang mulai memerah dan memberikan efek peradangan.

Cara penggunaannya untuk jerawat baru yaitu :

  • Iris mentimun beberapa segar
  • Letakkan pada daerah jerawat
  • Biarkan selama 30-60 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin tiap hari, sampai jerawat hilang

Cara penggunaannya untuk jerawat meradang dan mebandel yaitu :

  • Jus mentimun segar (tanpa air)
  • Jadikan masker pada wajah
  • Biarkan 30-60 menit
  • Bilas bersih dengan air hangat
  • Lakukan secara rutin, hingga jerawat hilang

14. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Pepaya

daun-pepaya-penyembuh-jerawat

Daun Pepaya (Foto : juicing-for-health.com)

penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya juga dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan jerawat yang tak kunjung sembuh atau membandel. Daun pepaya sangat banyak kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat memberikan efek pada kulit, termasuk sangat ampuh menghilangkan jerawat. Cara penggunaan daun pepaya paling efektif adalah dengan membuatkan pasta, caranya adalah :

  • Ambil 4-5 lembar daun pepaya
  • Jemur dan keringkan
  • Setelah kering tumbuk dan campurkan dengan sedikit air
  • Setelah menjadi pasta oleskan pada jerawat 10-30 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan pada malam hari
  • Rasakan perbedaannya selama 1 minggu treatment

15. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Air Garam

garam-untuk-obat-jerawat-alami

Ilustrasi garam untuk obat jerawat alami (Foto : fyi.uwex.edu)

Rendaman air garam bukan hanya untuk menghilangkan jerawat tetapi juga menghilangkan bekas jerawat yang membandel apabila dilakukan secara rutin setiap harinya. Langkah-langkah cara menghilangkan jerawat menggunakan air garam, yaitu :

  • Ambil segelas air hangat, lalu masukkan garam kedalam gelas tersebut dan aduk hingga garam tersebut benar-benar tercampur dengan air, sehingga air hangatnya terasa sangat asin.
  • Kemudian ambil kapas dan rendamkan kedalam larutan garam tersebut dalam jangaka waktu kira-kira selama 1-2 menit.
  • Setelah waktu yang ditentukan telah lewat, ambil kapas yang telah direndamkan tadi dan langsung oleskan kapas tersebut kebagian wajah anda yang berjerawat, tekan-tekan bagian wajah anda yang berjerawat dalam beberapa menit.
  • Setelah anda menekan dalam beberapa menit, diamkan beberapa saat dan biasanya beberapa jerawat diwajah kita sedikit demi sedikit akan menjadi mati dan tidak meradang lagi.
  • Kemudian anda bisa mencelupkan sekitar dua buah kapas langsung ke dalam larutan air garam yang sudah dipersiapkan tadi dan ulangi penekanan kembali pada jerawat secara bersamaan pada seluruh bagian sisi jerawat yang ada pada muka anda.
  • Setelah semuanya selesai, basuhlah keseluruh wajah anda dengan menggunakan air bersih dingin hingga benar-benar bersih lalu keringkan menggunakan handuk.

Untuk hasil maksimal lakukan terapi larutan air garam ini 2 kali sehari sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Selain menggunakan larutan air garam tersebut kita bisa juga menggunakan bahan alami lainnya yang dikombinasikan dengan larutan air.

16. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Air Mawar

air-mawar-obat-jerawat-alami

Ilustrasi air mawar penghilang jerawat secara alami (Foto : kabarberitanews.com)

Bunga mawar tenyata memiliki beberapa kandungan yang baik salah satunya adalah anti-imflamasi atau anti peradangan. Maka, bunga mawar sangat baik digunakan untuk meredakan masalah-masalah peradangan seperti memar akibat jatuh, luka infeksi dan juga jerawat. Jerawat juga bisa mengalami peradangan lho.

Nah, untuk mengobati jerawat dengan bunga mawar, bahan-bahan yang disiapkan adalah akar bunga mawar yang sudah dicuci bersih, air 1-1,5 liter dan bunga mawar yang sudah mekar dan juga yang masih kuncup. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama didihkkan air, lalu masukan akar mawar dan bunga mawar
  • Diamkan sampai 30 menit
  • Matikan api lalu diamkan sampai ruam-ruam kuku
  • Gunakan air ini untuk mencuci wajah yang berjerawat, boleh Anda sesekali menggosokan bunganya pada jerawat di wajah atau juga di punggung
  • Selain jerawat hilang, Anda pun akan merasa lebih rileks dan segar karena aroma bunga mawar yang wangi

17. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Uap

Uap-pengilang-jerawat

Ilustrasi menghilangkan jerawat pada wajah dengan uap (Foto : sehattiapsaat.blogspot.co.id)

Terkait dengan jerawat, uap akan membantu membuka pori-pori bagian muka, yang tentu dapat membantu agar kulit dapat bernafas. Uap akan membantu menyingkirkan minyak, bakteri, dan kotoran yang terperangkap dalam pori pori (semuanya adalah penyebab jerawat) hingga menjadikan kulit wajah dan jerawat dapat amblas. Anda juga bisa sesekali melakukan mandi sauna atau mandi uap untuk kesehatan kulit tubuh Anda. Cara penggunaan metode uap ini adalah :

  • Isi wadah dengan air panas (hati-hati jangan terlalu panas)
  • Letakkan wajah anda di atas wadah tersebut
  • Biarkan selama beberapa menit
  • Lakukan 5-10 kali per treatment
  • Bilas dengan air hangat
  • Agar lebih optimal, oleskan dengan pelembab bebas minyak

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat, Alami, Dan Ampuh

Jerawat memang menjengkelkan, apalagi bila meninggalkan bekas yang terkadang susah dihilangkan. Jerawat sebaiknya diobati dan tidak dipencet-pencet karena akan memperparah peradangan. Jika peradangan terjadi kulit yang terluka makin dalam sehingga makin susah dihilangkan bekasnya.

Sebelum mencoba krim dari dokter kulit, tak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami yang ada di dapur Anda. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan ampuh secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan murah.

cara-menghilangkan-bekas-jerawat

Ilustrasi minyak lavender sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan ampuh (Foto : soloraya.com)

1. Madu

Madu juga sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Gunakan madu pada bekas jerawat dan seluruh wajah mendapatkan hasil yang cepat. Madu tidak hanya berurusan dengan bekas luka tetapi juga membuat kulit makin bersinar. Hal ini juga dikenal sebagai pelembab alami untuk kulit selama musim dingin yang sangat kering.

2. Air Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Oleskan beberapa tetes air jeruk nipis murni untuk bekas luka Anda setiap hari. Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami untuk kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

3. Mentimun

Ekstrak mentimun segar juga bisa menghilangkan jerawat. Gunakan pada bekas jerawat sekitar dua kali sehari untuk menghilangkan bekas jerawat dan noda.

4. Pasta Bubuk Cendana Dan Air Mawar

Salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat secara alami adalah dengan bubuk cendana dan air mawar. Terapkan campuran bubuk cendana dan air mawar ke bekas luka dan daerah yang terkena dampak dan biarkan semalam. lalu cuci di pagi hari. Namun, untuk hasil yang lebih baik pastikan untuk menggunakan bubuk cendana yang benar-benar murni.

5. Minyak Lavender

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak lavender. Bahan alami ini dapat dijadikan obat rumah yang sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Terapkan dua kali sehari pada bekas luka dan lihat hasilnya dalam beberapa hari. Namun bila kulit Anda alergi terhadap minyak ini, sebaiknya jangan menggunakannya.

Cara Mencegah Jerawat Dengan Mudah, Tepat, Dan Efektif

Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan alami sebagai cara mencegah jerawat adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisma tubuh dan proses ekskresi yang baik akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan adalah:

cara-mencegah-jerawat

Ilustrasi minum air putih secukupnya sebagai salah satu cara mencegah jerawat (Foto : stylecaster.com)

  • Minum air secukupnya. Ada banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh termasuk untuk mencegah jerawat.
  • Menjauhi stres dan selalu santai.
  • Makan sayuran dan buah-buahan supaya buang air besar lebih lancar.
  • Cuci muka dengan air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air leding di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi.
  • Rutin mencuci handuk, helm, dan bantal.
  • Jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat.
  • Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2 kali sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.
  • Hindari makanan mengandung yodium dan gula, kopi, dan juga minuman berkarbonisasi.
  • Rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
  • Perawatan wajah secara rutin setiap 2 minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Keliru memilih produk perawatan wajah dapat memperparah masalah. Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Jintan hitam dan madu sangat baik untuk dikonsumsi.
  • Bersihkan tangan Anda sebelum menyentuh wajah, karena ada berbagai macam bakteri yang menempel di tangan akibat aktivitas sehari-hari.

Bagaimana sobat Nuansa Pagi? Cukup jelas bukan uraian tips menghilangkan jerawat dan bekasnya? Aneka cara yang disampaikan tersebut belum tentu cocok semua dengan kulit Anda, jadi sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Sekian info kesehatan tentang cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan ampuh, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>