Home » Berita Kesehatan » 20 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mengagumkan

20 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mengagumkan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan – Info kesehatan kali ini akan mengulas tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Puasa memberikan banyak manfaat bagi orang yang menjalaninya baik secara jasmani maupun rohani. Dengan niat yang kuat dan ikhlas, ibadah puasa dapat Anda jalani dengan maksimal sekaligus memberikan manfaat yang maksimal pula bagi diri Anda.

Selain menjadi ladang pahala bagi umat muslim, berpuasa juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Telah banyak kajian dan artikel yang mengulas tentang manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani. Berbagai penelitian telah mengungkap adanya manfaat puasa ditinjau dari perpekstif medis modern.

manfaat-puasa

Berbagai kajian ilmiah melalui penelitian medis telah menunjukkan adanya manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia yang mengagumkan (Foto : news.liputan6.com)

Nah, agar makin termotivasi dalam menjalani puasa Ramadhan, puasa senin kamis atau pun puasa lainnya, Anda sebaiknya perlu tahu apa saja manfaat puasa untuk kesehatan tubuh dari segi ilmiah. Dilansir dari berbagai sumber, Nuansa Pagi telah mengumpulkan 20 manfaat manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia yang luar biasa mengagumkan. Yuk, simak manfaat puasa bagi tubuh selengkapnya berikut ini.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mengagumkan

1. Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

Jantung-Sehat

Jantung Sehat (Foto : digiminfo.blogspot.com)

Sudah menjadi rahasia umum jika sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang di dunia, apalagi di Indonesia dengan jumlah perokok terus makin meningkat tiap tahunnya penyakit jantung adalah ancaman nyata. Untungnya, berpuasa memiliki dampak yang sangat baik bagi jantung.

Ketika berpuasa, tubuh manusia ternyata melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang menurut penelitian “chronobiological” ternyata hal tersebut merupakan hal yang sehat bagi jantung dan pembuluh darah. Inilah salah satu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, terutama jantung dan pembuluh darah.

Beberapa penelitian “chronobiological” menunjukkan saat puasa Ramadhan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperan bagi peningkatan kesehatan manusia.

2. Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Pencernaan

Saluran Pencernaan Sehat

Saluran Pencernaan Sehat (Foto : satujam.com)

Banyak penelitian telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. Salah satu yang nyata dan perlu difahami adalah puasa memberi manfaat besar kesehatan perut atau sistem pencernaan Anda. Apa saja manfaatnya? Manfaat puasa bagi kesehatan pencernaan antara lain memberi kesempatan kepada alat pencernaan untuk beristirahat, memperbaiki proses regenerasi sel-sel saluran pencernaan, dan mengurangi beban kerja pencernaan.

Pada kondisi tidak berpuasa Anda makan 3 kali plus snack berkali-kali, sehingga lambung tidak bisa istirahat. Ketika puasa, saluran cerna Anda justru senang karena diberi waktu istirahat yang cukup. Puasa, juga memberikan efek positif terhadap metabolisme tubuh. Puasa dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol, risiko diabetes, dan mengurangi penyakit lambung fungsional (maag). Pada orang yang asam lambungnya berlebihan, dengan berpuasa kondisi lambungnya justru bisa lebih membaik.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Paling Ampuh

3. Menyehatkan Ginjal

ginjal

Ilustrasi Ginjal (Foto : liputanantarkota.tk)

Puasa ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan ginjal Anda. Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum dan berpuasa membuat ginjal semakin sehat, mengapa? Karena fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

4. Mencegah Diabetes & Kelebihan Nutrisi Lainnya

mencegah-diabetes

Mencegah Diabetes (Foto : claycountyhospital.org)

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh berikunya adalah dapat mencegah penyakit diabetes dan kelebihan nutrisi lainnya. Obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya adalah akibat dari tubuh mengalami kelebihan kadar gula darah dan kolesterol. Dengan berpuasa konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi yang akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut.

Dilansir dari health.kompas.com, sebuah studi kohort dilakukan pada 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Sciences saat berpuasa. Dilakukan evaluasi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), glukosa, trigliserida (TG), kolesterol, lipoprotein densitas rendah (LDL), high density lipoprotein (HDL), dan Very Low density lipoprotein (VLDL), sebelum dan sesudah Ramadhan.

Studi ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan menyebabkan penurunan glukosa dan berat badan. Meskipun ada penurunan yang signifikan dalam frekuensi makan, peningkatan yang signifikan dalam LDL dan penurunan HDL tercatat pada bulan Ramadhan. Tampaknya efek puasa Ramadhan pada tingkat lipid dalam darah mungkin berkaitan erat dengan pola makan gizi atau respon kelaparan biokimia.

Baca Juga : 11 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 Yang Wajib Diwaspadai

5. Mengurangi Kegemukan

Penurunan-Berat-Badan

Mengurangi kegemukan (Foto : theatlantic.com)

Secara ilmiah berpuasa juga berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar. Ini termasuk salah satu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>