Awas, Daun Kale Berbahaya Bagi Penderita Tiroid

Bahaya Daun Kale - Daun Kale yang kaya akan nutrisi sehat untuk tubuh ternyata mempunyai efek negatif berbahaya bagi penderita tiroid. Seperti dilansir dari Learni.st, daun kale mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sayuran ini kaya vitamin K, A, dan C, serta kalsium dan zat besi. Setidaknya ada 7 manfaat kale bagi kesehatan tubuh.

Teksturnya yang renyah membuat daun kale banyak digunakan sebagai bahan pembuat keripik sayur. Ketika menjadi keripik, banyak anak-anak yang tidak kesulitan melahapnya pula. Kaum ibu otomatis menggemari sayuran ini. Tapi kok berbahaya bagi penderita tiroid? Mengapa? Berikut ulasan Nuansa Pagi tentang hal tersebut.
bahaya dan efek negatif daun kale
Ilustrasi daun kale yang memiliki bahaya dan efek negatif bagi penderita tiroid (Foto : Stacy Spensley / flickr.com)

Bahaya Dan Efek Negatif Daun Kale Bagi Penderita Tiroid


Kale juga mengandung jumlah sulfur dan serat makanan dalam jumlah yang tinggi. Sulfur merupakan mineral yang paling berlimpah ketiga dalam tubuh (setelah kalsium dan fosfor) dan membantu pencernaan lemak dan penyerapan, produksi asam empedu dan regulasi gula darah.

Serat, di sisi lain, menyapu usus besar akumulasi limbah (termasuk racun penyebab kanker, yang mengikat dirinya saat melintas ). Selain menjadi pendetoks besar, sulfur dan serat juga merangsang penurunan berat badan. Fakta ini, ditambah dengan kandungan kalori dan kadar lemak yang rendah, membuat kale efektif untuk makanan penurunan berat badan.

Namun, dibalik kelengkapan nutrisinya tersebut, daun kale ternyata malah berbahaya jika di konsumsi bagi penderita tiroid. Mengapa? Sebelumnya perlu dipahami dulu kalau daun kale masuk dalam golongan sayuran cruciferous, seperti contohnya brokoli dan kembang kol.

Sayuran tipe ini mengandung glucosinolate yang bisa memperbesar kelenjar tiroid. Ahli endokrin, Dr Jeffrey Garber, mengatakan relasi antara daun kale dan tiroid sebenarnya sederhana. Katanya, mungkin tidak bijak bisa secara jangka panjang mengkonsumsi daun kale mentah dalam jumlah banyak setiap hari. Ia melanjutkan, tapi seandainya pun itu dilakukan kemungkinan besar Anda tidak akan jatuh sakit.

Sementara hubungan antara daun kale dan tiroid paling disorot, ada pula hubungan antara konsumsi daun kale dan penyakit batu ginjal. Daun kale mengadung oksalat. Sehingga, mereka yang berisiko terkena batu ginjal sering disarankan membatasi sayuran kale dan sayuran serta buah lain yang tinggi kandungan oksalatnya. Contohnya, bit hijau, okra, bayam, hingga swiss chard.

Bahaya menyantap daun kale pun boleh dibilang sangat kecil. Kecuali jika Anda memiliki masalah dengan kelenjar getah bening atau batu ginjal, berarti daun kale bukan superfood yang tepat. Demikian sekilas info kesehatan tentang efek negatif daun kale bagi penderita tiroid, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas, Daun Kale Berbahaya Bagi Penderita Tiroid"

Post a Comment