7 Makanan Pencegah Jerawat Dan Komedo Paling Ampuh

Makanan Pencegah Jerawat – Ini dia makanan yang dapat mencegah jerawat dan komedo muncul di wajah paling ampuh. Hampir sepertiga orang yang bermasalah dengan jerawat dan komedo mengaku ada kaitan kuat antara apa yang mereka makan dengan timbulnya jerawat.

Secara sederhana, penyebab tumbuhnya jerawat karena pergantian sel kulit yang disebut keratin. Pergantian sel kulit yang tidak sesuai akan menyebabkan sel-sel menyumbat kelenjar minyak dan pori yang akan menangkap protein dan sebum (minyak alami kulit) di bawah kulit. Protein dan minyak ini menjadi makanan untuk P.acnes, bakteri penyebab jerawat.

Dilansir dari kompas, menurut Ellen Marmur, MD, spesialis kulit dan penulis buku Simple Skin Beauty, ada banyak cara untuk mencegah siklus tersebut berulang. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan nutrien yang tepat.
makanan pencegah jerawat dan komedo
Ilustrasi makanan pencegah jerawat dan komedo
Makanan penyebab jerawat berpengaruh sekitar 25 persen, sisanya adalah faktor hormon, stres, kualitas tidur, dan lingkungan. Perawatan kulit yang baik juga berpengaruh. Karena itu pada dasarnya tidak ada makanan super untuk mencegah jerawat batu atau pun jenis jerawat lainnya.

Namun demikian, menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan komedo.

Nah, jadi salah satu cara mengatasi jerawat yang bisa dilakukan Anda yaitu dengan mengkonsumsi makanan alami pencegah jerawat. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak ulasan dari Nuansapagi berikut ini.

Daftar Makanan Yang Dapat Mencegah Jerawat Dan Komedo Paling Ampuh

1. Makanan Yang Mengandung Vitamin A
wortel
Ilustrasi wortel
Salah satu vitamin pencegah jerawat adalah vitamin A. Fungsi vitamin A adalah membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat.

Jadi, jika Anda ingin bebas jerawat maka konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A. Contoh makanan sumber vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik.

2. Makanan Yang Mengandung Zinc
ikan
Ilustrasi ikan
Makanan yang bisa mencegah tumbuhnya jerawat berikutnya adalah makanan yang kaya akan zinc. Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman untuk pertumbuhan P.acnes. Selain itu mineral ini berguna untuk meredakan kulit yang iritasi.

Sifat dari zinc adalah membantu mengendalikan pelepasan hormon. Zinc juga membantu tubuh menyerap vitamin A dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan kulit. Contoh sumber makanan yang banyak mengandung zinc antara lain almonds, kacang-kacangan, daging, tiram, dan ikan.

3. Makanan Yang Kaya Selenium
beras merah
Ilustrasi nasi beras merah

Mineral selenium mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Penelitian juga menyebutkan, bersama vitamin E selenium akan mempercepat penyembuhan jerawat. Sumber selenium yaitu daging salmon, tuna, kacang, telur, dan beras merah.


4. Makanan Yang Kaya Omega 3
daging ikan salmon
Ilustrasi daging ikan salmon
Asam lemak omega-3 mencegah molekul yang bisa menyebabkan inflamasi yang memicu gangguan kulit. Beberapa dermatologis meyakini bahwa asam lemak omega-3 selain membantu mencegah peradangan dapat juga membantu mengontrol timbulnya jerawat.

Sumber omega-3 terbaik sebagai makanan pencegah jerawat dan komedo adalah ikan laut dalam, minyak flaxseed, kacang-kacangan, ikan salmon, sarden, mackerel, biji rami dan kenari.

Baca Juga : 10 Makanan Penghilang Dan Penyembuh Jerawat Super Cepat

5. Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin E dan C
jeruk
Ilustrasi buah jeruk yang kaya vitamin C
Makanan pencegah jerawat timbul berikutnya adalah makanan yang kaya vitamin C dan E. Vitamin C akan memperkuat dinding sel sekaligus membantu melindungi kulit Anda dari jaringan parut yang dapat menyebabkan noda. Antioksidan vitamin E juga akan membantu menyembuhkan kulit dari kerusakan dan jaringan parut akibat jerawat.

Selain itu kandungan bioflavonoid pada jeruk juga dapat bertindak sebagai anti peradangan alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Antioksidan dalam vitamin E dan C memiliki efek menenangkan pada kulit. Vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sementara vitamin E didapat dari kacang, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau.

6. Air Putih
air putih
Ilustrasi air putih
Air akan membantu menghidrasi tubuh dan melembabkan kulit. Konsumsi air yang cukup juga menghilangkan toksin yang memicu masalah kulit. Mengkonsumsi air putih dianjurkan sebanyak 8 gelas per hari minimalnya.

Namun anjuran ini banyak diabaikan sehingga menimbulkan banyak masalah pada kulit. Hal ini penting karena fungsi air putih yang dapat membersihkan kotoran dan minyak yang menempel pada organ tubuh. Mengkonsumsi air putih secara teratur sesuai anjuran kesehatan dapat membantu mengatasi jerawat dengan cepat dan minim efek samping.

7. Teh Hijau
teh hijau
Ilustrasi daun teh hijau (Foto : Wilerson S Andrade / flickr.com)
Teh Hijau merupakan minuman pencegah jerawat yang tak kalah ampuh bila dibandingkan dengan air putih. Di dalam teh hijau terdapat antioksidan yang disebut cathecins dan polifenol yang efektif meningkatkan kinerja hormon melawan bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan kandungan asam aminonya yang disebut L-thanine berperan menurunkan kadar hormon penyebab kecemasan dan stres yang menjadi penyebab munculnya jerawat menjelang menstruasi.

Nah, itu dia aneka menu makanan terbaik yang dapat mencegah jerawat dan komedo muncul di wajah atau bagian tubuh lain. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mengkonsumsinya?

Bila iya, saya sarankan jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda. Sekian info makanan pencegah komedo dan jerawat, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Pencegah Jerawat Dan Komedo Paling Ampuh"

Post a Comment