17 Cara Alami Dan Ampuh Mengatasi Pilek Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia Buatan

Cara Mengatasi Pilek – Anda sedang pilek? Ini rekomendasi cara alami dan ampuh mengatasi pilek dengan cepat tanpa menggunakan obat-obatan kimia buatan pabrik. Pilek, Flu, atau sering disebut meriang termasuk kondisi yang cukup mengganggu aktivitas setiap orang.

Jika tubuh terasa tak bugar akibat pilek, sebenarnya Anda tak perlu langsung minum obat. Keadaan ini dapat diatasi dengan berbagai cara yang lebih alami. Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan Nuansa Pagi tentang cara alami tradisional yang sangat manjur menyembuhkan pilek dengan cepat.
Cara Mengatasi Pilek
Ilustrasi cara mengatasi pilek dengan membuang ingus

Daftar Cara Alami Dan Ampuh Mengatasi Pilek Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia Buatan


1. Paksakanlah Diri Anda Untuk Istirahat
istirahat
Ilustrasi istirahat
Kondisi tubuh seperti meriang dan pilek seringkali menandakan bahwa Anda membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Jika selama ini waktu tidur Anda sedikit terpotong karena padatnya aktivitas, cobalah kali ini untuk menambah jam istirahat Anda.

Luangkanlah waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi pilek dan meriang dengan cepat. Bahkan mungkin dalam sehari, pilek Anda akan segera hilang. Jangan lupa diimbangi dengan menyantap makanan yang bergizi seimbang.

2. Berkumur

Jika Anda mulai merasakan pilek, sebaiknya segera berkumur. Berkumur, baik dengan air hangat yang dicampur dengan garam maupun obat kumur, diketahui dapat membunuh kuman dan bakteri yang berkumpul di mulut. Kuman dan bakteri ini lah yang biasanya dapat memperparah pilek.

3. Minum Air Hangat
air hangat
Ilustrasi air hangat
Salah satu cara terbaik untuk memerangi penyumbatan hidung adalah minum air hangat, bisa juga misalnya meminum teh hangat. Asupan cairan hangat akan membantu melonggarkan dan mengurangi hidung tersumbat. Beberapa jenis teh tertentu bahkan memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi hidung tersumbat dan peradangan, antara lain teh peppermint dan teh jahe.

4. Minum Jus Tomat
tomat
Ilustrasi tomat
Minumlah jus tomat jika pilek sudah mulai menyerang hidung Anda. Tomat dianggap salah satu cara rumahan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat. Tapi, bukan jus tomat yang dicampur es batu lho ya! Lalu bagaimana caranya?

Rebuslah secangkir jus tomat bersama dengan 1 sendok makan bawang putih cincang, 1 sendok makan jus lemon, 1/2 sendok makan saus cabe, dan sejumput garam. Minumlah kombinasi ini saat masih hangat setidaknya 2 kali sehari untuk mengatasi hidung tersumbat.

5. Mandi Air Hangat
mandi air hangat
Ilustrasi mandi air hangat
Mandi dengan air hangat termasuk cara rumahan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat. Pastikan Anda tetap berada di kamar mandi hingga tidak ada uap panas yang tersisa. Hidung tersumbat akan segera diatasi oleh uap dan sensasi hangat yang Anda dapatkan dari mandi air hangat dan Anda akan merasa nyaman.

6. Makan Sup Ayam
sup ayam
Ilustrasi sup ayam
Hasil penelitian membuktikan bahawa mengkonsumsi kaldu ayam bisa membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik. Oleh karena itu, menyantap semangkok sup ayam hangat dimungkinkan akan sangat membantu saat pilek.

Seperti yang dikutip The New York Times, sebuah studi oleh Dr. Stephen Renard menunjukkan adanya efek makan sup ayam pada sel darah putih. Peneliti menemukan, sup ayam dapat menghambat pergerakan neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang mendorong terjadinya infeksi.

Dengan demikian, makan sup ayam bisa membantu mengurangi gejala penyakit saluran pernapasan atas. Namun, para peneliti belum bisa mengetahui secara pasti, bahan mana dari sup ayam yang berfungsi menghambat neutrofil.

7. Mengkonsumsi Vitamin C
vitamin c
Ilustrasi jeruk yang kaya vitamin C
Vitamin C memiliki fungsi penting untuk pertumbuhan jaringan dan sebagai antioksidan. Saat pilek menyerang, tentu Anda butuh antioksidan untuk mengurangi gejala pilek tersebut. Nah, Asupan vitamin C dalam dosis besar dipercaya dapat membantu mengurangi lamanya pilek berlangsung. Akan tetapi, tingkat keberhasilanya berbeda-beda untuk setiap orang.

Dosis aman vitamin C tak lebih dari 1000-2000 mg per hari. Jumlah besar konsumsi disini maksudnya tidak melebihi dosis aman. Mengapa? Hal itu karena jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamain C, malah bisa membuat Anda sakit perut. Konsumsi suplemen vitamin C dengan dosis tinggi juga harus dihindari saat hamil atau bila Anda memiliki penyakit ginjal.

Agar terhindar dari resiko, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan atau sayur yang banyak mengandung vitamin C dari pada melalui vitamin C hasil olahan pabrik. Jeruk atau pun tomat bisa menjadi pilihan yang tepat.

8. Menghirup Uap Air atau Uap Teh Panas
teh panas
Ilustrasi teh panas
Menghirup uap air panas dipercaya sebagian orang bisa melancarkan hidung tersumbat. Anda bisa menyiapkan air panas dalam sebuah mangkok lalu menghirupnya. Hati-hati jangan sampai tangan atau muka Anda terkena air panas.

Bila ingin aroma berbeda, Anda bisa mengganti air tersebut dengan secangkir teh panas. Sebelum meminum teh tersebut, Anda bisa menghirup uap teh panas untuk meredakan pilek yang menyerang. Uap teh panas bermanfaat untuk merangsang silia atau folikel rambut di hidung mengeluarkan kuman.

Cara ini bisa Anda kombinasikan dengan meminum teh hangat dicampur dengan lemon dan madu. Tapi, ingat ya, madu hanya untuk orang dewasa. Lemon akan membantu mengencerkan lendir atau ingus, sedangkan madu sebagai antibakeri.

9. Memberikan Tubuh Probiotik Alami Dari Makanan
yogurt
Ilustrasi yogurt
Berdasarkan hasil penelitian, Anak-anak usia 12 bulan hingga 12 tahun yang terserang pilek cenderung lebih cepat sembuh bila mengkonsumsi Probiotik. Hal ini tentunya membuktikan bahwa Probiotik dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Probiotik biasanya terkandung dalam yogurt atau minuman yang mengandung Lactobacillus. Anda dapat memperoleh minuman jenis ini di pasar swalayan atau toko kelontong. Konsumsilah sesuai standar, jangan berlebihan karena sesuatu yang over dosis itu tidak baik bagi kesehatan.

10. Air Garam
garam
Ilustrasi garam (Foto : National Institute of Korean Language)
Sebagian orang mempercayai bawah air garam dapat meredakan pilek pada anak dan orang dewasa. Mulailah langkah ini dengan melarutkan ¼-½ sendok teh garam dalam 236 ml air hangat. Kemudian teteskan ke lubang hidung anak dengan bantuan pipet.

Cara mengatasi pilek ini hanya untuk orang dewasa lho ya! Tidak cocok untuk anak-anak kurang dari 4 tahun. Anda juga wajib berhati-hati ketika meneteskan air garam tersebut, jangan sampai masuk ke saluran pernafasan.

11. Memberikan Madu
madu
Ilustrasi madu
Selain ampuh sebagai campuran ramuan untuk menghilangkan jerawat membandel, madu juga efektif sebagai obat pilek alami bagi orang dewasa. Anda bisa mencampurkan ½-1 sendok teh madu dengan air hangat. Bila ingin ada rasa asam, tambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis, lalu minumlah.

12. Menggunakan Penyedot Ingus
penyedot ingus
Ilustrasi penyedot ingus (Foto : Sean Freese)
Jika orang dewasa yang terserang pilek, mungkin tak terlalu pusing untuk membuang ingus. Tapi, apa jadinya jika bayi pilek? Tentu si bayi belum bisa membersihkan ingusnya bukan? Nah, untuk membantu bayi dalam mengurangi ingusnya, Anda bisa menggunakan penyedot ingus (nasal respirator).

Alat ini bisa Anda dapatkan di apotek. Jangan lupa selalu membersihkan ujung penyedot ini setelah digunakan agar tetap steril. Membuang ingus sangat penting, agar kotoran atau pun bakteri yang bercampur pada ingus bisa ikut keluar.

13. Olahraga atau Latihan Ringan
jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki
Saat badan meriang terserang flu atau pilek, biasanya orang disarankan untuk istirahat total. Namun, ternyata sedikit olah raga ringan dipercaya bisa mengurangi pilek. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Universitas South Carolina.

Anda bisa berjalan kaki selama 15 atau 20 menit saja di tempat yang udaranya segar bebas polusi. Anda juga harus tetap menggunakan pelindung badan agar terhindar udara dingin dan virus. Selain bisa sedikit melemaskan otot-otot yang kaku karena jarang bergerak, jalan kaki juga bisa merefresh pikiran, apalagi bila pemandangan sekitarnya sangat indah.

14. Gunakanlah Minyak Kayu Putih
minyak kayu putih
Ilustrasi minyak kayu putih
Mungkin sudah menjadi rahasia umum, bahwa setetes minyak kayu putih atau salep mentol yang dioleskan di bawah hidung dapat membantu membuka saluran pernafasan. Obat ini memiliki bahan pati rasa ringan yang dapat membantu meringankan rasa sakit dalam hidung. Oleskan secukupnya saja, jangan terlalu tebal / banyak dan cukup diluar hidung saja.

15. Tidur Dengan Bantal Tinggi
bantal tinggi
Ilustrasi bantal tinggi
Ketika pilek menyerang, tidur Anda tentu akan terganggu bukan? Nah, untuk membantu meringankan hidung tersumbat, Anda bisa tidur menggunakan bantal yang tinggi untuk ganjal kepala. Bila tak punya bantal yang cukup besar dan tinggi, Anda bisa menumpuk beberapa bantal sehingga cukup tinggi untuk bersandar kepala.

16. Membuang Ingus Secara Teratur
membuang ingus
Ilustrasi membuang ingus (Foto : tanjila ahmed )
Ingus atau lendir saat pilek sebenarnya merupakan reaksi tubuh untuk membunuh kuman atau virus dalam rongga hidung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera membuang ingus atau sisi agar bakteri, kotoran, dan virus di dalam rongga hidung ikuta keluar. Dengan demikian, pilek pun semakin cepat sembuh.

17. Mengkonsumsi Minuman Olahan Rempah-Rempah Yang Hangat
jahe
Ilustrasi jahe
Mengkonsumsi minuman hangat campuran rempah-rempah seperti jahe, sereh, dan kencur dapat membantu untuk mengangatkan tubuh. Anda bisa membuat ramuan dari rebusan salah satu rempah-rempah tersebut untuk mengobati penyakit flu, meriang, kedinginan, batuk, hingga pilek.

Demikian tips kesehatan tentang cara menyembuhkan pilek secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional. Mudah, murah, dan praktis bukan? Bila Anda punya cara lain, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Cara Alami Dan Ampuh Mengatasi Pilek Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia Buatan"

Post a Comment