12 Manfaat Mandi Sauna (Uap) Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Sauna – Sudah pernahkah Anda mandi sauna? Jika belum, sesekali Anda sebaiknya mencobanya karena banyak manfaat mandi uap bagi kesehatan tubuh dan kecantikan terutama kulit. Sauna yang sering tersedia di spa atau pusat kebugaran ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kulit. Relaksasi yang dilakukan di dalam ruangan dengan uap panas tersebut dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah.

Sudah tahukah Anda apa itu mandi sauna? Pengertian mandi sauna, mandi uap atau biasa disebut “steam bath” adalah mandi dengan uap dalam suatu ruangan yang telah dirancang khusus, dimana sisi-sisi ruangan tersebut dapat mengeluarkan uap panas. Mandi sauna kini semakin digemari. Di Indonesia tempat sauna banyak berkembang di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dan Denpasar.
Manfaat Sauna
Ilustrasi ruang sauna yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh (Foto : Todtanis)
Sauna berkembang di kota besar karena pasarnya juga ada disini dimana sebagian besar pengguna layanan sauna adalah orang-orang yang hidup di perkotaan. Mereka dari, kalangan menengah keatas dan orang-orang yang berduit.

Maklum kemudian jika sauna ini kebanyakan di akses oleh orang-orang berduit karena tarif untuk sekali sauna lumayan mahal. Dilansir dari berbagai sember, simak ulasan dari Nuansapagi tentang manfaat yang akan didapatkan jika Anda mandi sauna.

Daftar Manfaat Mandi Sauna (Uap) Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


1. Memicu Produksi Kolagen

Menurut Dr. Lawrence Wilson, peneliti dan pengarang buku tentang manfaat sauna, produksi kolagen semakin meningkat ketika seseorang sedang bersauna. Peningkatan kolagen ini tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.

Mungkin perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah sauna ini bisa juga membuat kulit wajah Anda semakin tampak cantik atau pun awet muda. Konon kabarnya, salah satu cara alami menghilangkan jerawat bisa menggunakan uap.

2. Memperlancar Aliran Darah

Ketika sedang bersauna, detak jantung bisa meningkat hingga 50 persen. Karena peningkatan itu, aliran darah yang mengalir juga meningkat sebanyak 30-50 persen. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen dan nutrisi yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat merona dan segar.

3. Detoksifikasi

Setidaknya 30 persen racun dalam tubuh bisa dikeluarkan lewat keringat pada kulit. Saat bersauna, uap yang panas memicu semakin banyak timbulnya keringat. Seiring terbukanya pori-pori dan keluarnya keringat dalam tubuh, racun yang tersimpan di bawah kulit juga ikut terlepas.

Setidaknya diperlukan waktu dua menit sauna sebelum tubuh mulai memanas. Setelah tubuh mulai memanas dan mengeluarkan keringat di situlah proses detoksifikasi dimulai.

4. Membantu Melawan Infeksi

Menurut peneliti dari Universitas Eberhard-Karls di Jerman, keringat mengandung protein bernama dermcidin yang bisa membantu menangkal bakteri. Terpicunya keringat pada saat sauna bisa membuat protein tersebut menjadi tameng yang melindungi tubuh. Beberapa jenis bakteri, bisa ditangkal oleh protein tersebut.

5. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Rileks

Setelah melakukan aktivitas ekstra keras seperti bekerja atau berolahraga tentu Anda butuh waktu untuk bersantai. Nah, kombinasi antara panas dan kondisi jauh dari hiruk-pikuk keramaian di dalam ruang sauna akan membuat Anda lebih rileks.

6. Dapat Membersihkan Pori-Pori Kulit

Suhu sauna yang hangat akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga Anda bisa berkeringat. Pada saat itulah kulit mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Semua kotoran dan kuman dari lingkungan atau make-up Anda akan dikeluarkan melalui keringat dan pori-pori pun menjadi bersih.

7. Mengurangi Tekanan Pada Otot

Setelah aktif bergerak atau olah raga, maka otot Anda akan terasa lelah, pegal, dan kaku. Hawa panas dari sauna bisa mengendurkan otot dan membantu serat otot Anda pulih lebih cepat.

8. Menyehatkan Jantung

Sauna berfungsi menstimulasi jantung untuk memompa lebih cepat, mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini tentunya hampir sama dengan latihan sedang untuk jantung. Meluangkan waktu di sauna konon katanya juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Meredakan Rasa Nyeri Pada Persendian

Salah satu cara menghilangkan nyeri sendi pada penderita arthritis adalah dengan terapi panas. Nah, karena kondisi ruangan sauna yang relatif hangat, maka kemungkinan besar dapat membantu mengurangi rasa sakit pada persendian.

Menurut informasi yang saya terima, ada sebuah studi yang dilakukan di Belanda pada tahun 2009 tentang sauna. Hasilnya menunjukkan bahwa para partisipan menjadi berkurang rasa sakit, kekakuan otot, dan kelelahannya setelah melaksanakan sesi sauna.

10. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Studi terbaru tentang sauna ini menunjukkan, bahwa melakukan peregangan (stretching) di dalam sauna bisa meningkatkan kelenturan tubuh hingga 205 persen. Keren bukan?

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terapi sauna diketahui sebagai salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Selama mandi sauna, detak jantung Anda akan meningkat secara substansial karena panas yang kering.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa seseorang yang mengikuti sauna selama 20 menit dengan suhu sekitar 170 derajat Fahrenheit (75 derajat celsius) akan membakar lebih dari 500 kalori.

Sauna membuat kecepatan metabolisme tubuh meningkat hingga mirip dengan cara yang dilakukan oleh latihan fisik, sehingga merupakan metode yang baik untuk menjaga berat badan.

12. Dapat Meningkatkan Interaksi Sosial

Bagi Anda yang menggunakan sauna umum, maka selama sesi sauna berlangsung dapat berinteraksi dengan orang lain sesama pengguna kamar sauna. Namun, hal ini tidak berlaku bila Anda memakai kamar sauna pribadi yang terbatas hanya untuk satu orang.

Walaupun mandi sauna memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi ternyata mandi sauna juga mempunyai efek negatif bagi kesehatan tubuh bila dilakukan dengan tidak tepat. Sebelum Anda mandi sauna, sebaiknya baca terlebih dahulu efek negatif mandi sauna dan cara mengatasinya. Demikian sekilas info tentang manfaat mandi sauna (uap), semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Manfaat Mandi Sauna (Uap) Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment