15 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak

Manfaat Sarapan Pagi – Sudahkah Anda sarapan pagi hari ini? Jika belum, sempatkanlah untuk makan karena ternyata ada banyak manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak Anda. Rugi deh, kalau sampai Anda meninggalkan rutinitas sarapan sebelum bekerja atau pun beraktivitas.

Sibuk karena pekerjaan terkadang membuat seseorang tidak sempat sarapan di rumah. Padahal, sarapan bukan hanya sekedar makan pagi. Sarapan diketahui mempunyai peranan penting bagi kesehatan. Mulai melancarkan buang air besar (BAB) hingga membantu menurunkan berat badan.

Bahkan berguna juga lho untuk meningkatkan kinerja otak. Dilansir dari berbagai sumber, inilah ulasan Nuansa Pagi tentang manfaat yang akan Anda dapatkan dari sarapan saat pagi hari.
Manfaat Sarapan Pagi
Ilustrasi menu sarapan pagi yang kaya manfaat untuk kesehatan dan kecerdasan otak (Foto : Janine)

Daftar Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak


1. Membuat Pikiran Tetap Fokus

Setiap orang tentu tidak ingin kehilangan konsentrasi saat bekerja, belajar atau ujian. Nah, sarapan sebelum berangkat beraktivitas ternyata mampu membuat pikiran menjadi lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Perut yang sudah terisi makanan akan membuat pikiran Anda tak teralihkan dengan rasa lapar saat sedang bekerja atau sekolah.

Jika tak sarapan, tubuh Anda akan terasa lapar karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi di tubuh, semakin sulit seseorang untuk tetap fokus atau berkonsentrasi. Ngantuk dan pikiran tak fokus pun rentan terjadi. Inilah mengapa sarapan sangat penting dilakukan sebelum beraktivitas.

2. Menghindari Penyakit Maag

Sakit maag biasanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan di lambung atau organ pencernaan lainnya. Maag disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, cobalah sarapan di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini akan mengurangi risiko asam lambung di pencernaan.

3. Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Sarapan pagi dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi susah buang air besar (BAB) atau sambelit (konstipasi). Penelitian oleh John Hopkins University menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat membuat buang air besar (BAB) lebih lancar. Syaratnya, sarapan harus dilakukan sebelum pukul 9 pagi.

Peneliti mengatakan bahwa umumnya jika sarapan, seseorang tidak akan makan terlalu banyak di siang hari yang bisa menyebabkan sakit perut atau konstipasi. Jika seseorang sarapan di atas jam 9 lalu dilanjutkan dengan makan siang pukul 12, lambung akan penuh dan BAB pun akan semakin sulit.

4. Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang pada umumnya melewatkan sarapan pagi agar bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, ternyata menurut para pakar kesehatan, sarapan malah bisa membantu mengurangi bobot tubuh. Kok bisa?

Jadi begiini logikanya, apabila Anda melewatkan sarapan maka porsi makan siangnya akan semakin banyak. Nah, dengan semakin besarnya menu makan siang Anda tersebut, tentu akan semakin menambah berat badang bukan?

Lain halnya jika Anda sarapan sebelum beraktivitas, maka rasa lapar yang dirasakan ketika makan siang tiba akan berkurang. Porsi makan siang pun tidak akan begitu banyak dan program penurunan berat badan Anda akan berhasil.

5. Memenuhi Zat Gizi atau Nutrisi Tubuh

Sarapan saat pagi hari merupakan upaya untuk memenuhi berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Apabila Anda menunda sarapan, berarti asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan tak akan bisa masuk ke dalam tubuh. Menu sarapan seperti sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak plus granula termasuk sumber kalsium dan serat.

6. Dapat Meningkatkan Kemampuan / Kecerdasan Otak

Hasil riset para ahli dari Universitas Swansea Wales menunjukkan bahwa siswa yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Mengapa bisa demikian?

Menurut para ahli, glukosa termasuk satu-satu bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, tubuh akan merasa lelah dan berkunang-kunang. Sementara itu, saat Anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. 

Jadi, untuk memulihkan kadar nutrisi tersebut, Anda memerlukan sarapan saat pagi hari. Inilah mengapa anak-anak sekolah selalu dianjurkan untuk sarapan sebelum berangkat. Selain meminimalisir resiko penyakit maag, ternyata bisa juga meningkatkan kecerdasan otak.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung.

Hasil riset menunjukkan bahwa wanita sehat yang melewatkan sarapan selama dua pekan memiliki kadar Kolesterol buruk LDL lebih tinggi dari pada mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susu di pagi hari. Melalui sarapan sehat, kebutuhan serat tubuh akan terpenuhi. 

Serat diketahui dapat mengikat Kolesterol dan mempercepat eksresinya sebelum mencapai pembuluh arteri. Sebuah penelitian 10 tahun yang dilakukan Harvard Nurses Health menyimpulkan bahwa asupan serat tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga mencapai 50 persen.

8. Membuat Koordinasi Tubuh Menjadi Lebih Baik

Salah satu manfaat sarapan pagi bagi kesehatan adalah mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Dengan sarapan secara teratur, Anda bisa memperbaiki masalah pada keseimbangan tubuh. Gak mau kan kalau koordinasi tubuh terganggu saat bekerja atau beraktivitas?

9. Mengurangi Resiko Stres

Coba bayangkan, bagaimana perasaan Anda saat perut kosong kelaparan di pagi hari, Anda harus melakukan aktivitas padat yang penuh tekanan. Ditambah lagi dengan cuaca tidak baik. Tentu, akan membuat Anda menjadi mudah stres bukan?

Nah, untuk mengurangi stres tersebut, Anda bisa melakukan sarapan sebelum berangkat ke kantor atau tempat kerja lainnya. Setelah sarapan, perut akan menjadi kenyang dan tubuh Anda pun siap untuk bekerja dengan giat dan semangat.

10. Membuat Mood Jauh Lebih Baik

Hasil penelitian tentang manfaat sarapan pagi telah banyak mengungkap fakta bahwa orang yang telah sarapan pagi memiliki mood lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyantap makanan saat pagi hari walaupun hanya sekedar untuk mengganjal perut yang keroncongan.

Baca Juga :
11. Dapat Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Seperti pada ulasan yang telah dijelaskan di atas, bahwa ketika Anda bangun tidur maka kadar gula dalam tubuh akan turun secara drastis. Hal ini karena saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Nah, untuk memulihkan kadar gula / karbohidrat  dan energi maka Anda harus sarapan pagi

Apabila sarapan ini terlewatkan oleh Anda, maka tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glikogen. Kekurangan cadangan gula ini akan mengakibatkan metabolisme tubuh tidak seimbang sehingga akan berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

12. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah Dan Kolesterol

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa wanita sehat dan ramping yang melewati sarapan akan memiliki kadar gula darah dan kolesterol lebih tinggi. Hal ini mungkin karena dengan melewatkan sarapan maka wanita akan menjadi lebih banyak makan sepanjang hari daripada wanita lainnya yang sarapan.

13. Berpengaruh Baik Terhadap Anak-Anak Sekolah

Sarapan memiliki peranan penting dalam kehidupan anak usia sekolah. Anak yang menyantap menu makanan pagi tentu otak dan tubuhnya akan lebih siap menerima pelajaran dari pada mereka yang belum sarapan.

Bukan hanya itu, anak pun akan menjadi lebih bersemangat karena sudah mempunyai bekal energi yang cukup. Dengan demikian, si anak akan lebih mudah mengembangkan kreativitas atau pun kecerdasannya saat bersekolah. Oya, sarapan juga bisa mencegah jajan sembarangan lho.

14. Mencegah Cepat Pikun

Dalam jurnal Psychology and Behavior yang dilansir dari Business Insider terungkap penemuan bahwa anak-anak sekolah dasar yang rutin sarapan memiliki memori jangka pendek yang lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan.

Sementara itu, dilansir dari Live Strong, The University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa seorang anak yang tidak sarapan akan lebih cepat lelah saat di sekolah, tidak mampu berkonsentrasi, dan kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan stimulasi kognitif.

Dari dua sumber tersebut dapat kita lihat, sarapan sangat erat kaitannya dengan kinerja otak. Gizi buruk akan mengarah pada penurunan rentang perhatian, gangguan memori, kecenderungan untuk terdistraksi, dan memperlambat kecepatan belajar. Jadi, sarapan cenderung membantu Anda untuk tidak cepat pikun.

15. Untuk Kesehatan Jangka Panjang

Dari sekian uraian yang telah dijelaskan tersebut, tentu kita menjadi tahu akan manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh, bukan? Dengan rutin sarapan pagi maka tubuh kita akan menjadi selalu sehat hingga usia tua. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, hingga diabetes pun dapat dikurangi resikonya bila rutin sarapan.

Tips Sehat Sarapan Pagi

tips sehat sarapan pagi
Ilustrasi menu sarapan pagi
Agar sarapan pai Anda menjadi lebih berguna, berikut tips sehat yang perlu diperhatikan :
  • Menu sarapan pagi sebaiknya mengandung minimal 5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara dengan segelas susu atau yogurt) plus protein dan lemak. Batasi asupan gula hingga 6 gram (Catatan : satu sendok setara 4 gram).
  • Bagi Anda yang tak punya waktu sarapan di rumah, Anda bisa membawa roti isi dan susu untuk dinikmati  di perjalanan atau pun setelah sampai di tempat kerja. Yang penting harus tetap sarapan biar sehat.
  • Untuk menu praktis, Anda bisa mengkonsumsi telur. Bahan makanan ini mudah disajikan dan mengandung nutrisi lumayan lengkap seperti vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, dan zat lain yang sangat diperlukan tubuh kita.
  • Anda bisa menambah variasi menu sarapan dengan mengonsumsi  buah favorit untuk kebutuhan vitamin bagi tubuh.  Blenderlah buah dicampur yogurt atau susu dan simpanlah di lemari es untuk dikonsumsi pagi harinya.
Bagaimana jika tidak merasa lapar saat pagi hari? Jika hal tersebut terjadi, maka Andaa harus mengubah jam biologis makan Anda. Cobalah menghentikan makan setelah pukul 20.00 malam hari. Dalam dua atau tiga pekan ke depan, jam biologis nafsu makan Anda kemungkinan akan berubah sehingga setiap bangun pagi hari, Anda akan merasa lapar.

Nah, sudah tahu kan sekarang pentingnya sarapan pagi? Ayo buruan sarapan bagi yang belum, biar menambah energi serta semangat dalam beraktivitas di hari ini. Demikian sekilas info kesehatan tentang manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak"

Post a Comment