21 Cara Alami Dan Manjur Menyembuhkan Batuk Pilek Dengan Cepat Dalam Sehari

Batuk Pilek - Anda sedang terserang batuk dan pilek? Ini cara alami dan manjur menyembuhkan batuk pilek dengan cepat, bahkan mungkin bisa hilang dalam sehari. Jangan biarkan penyakit ini membuat Anda merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Umumnya batuk dan pilek menyebar melalui tetesan bakteri atau virus yang terbang di udara. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini. Orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan bayi atau anak-anak mungkin bisa 5-10 kali dalam setahun.
batuk pilek
Ilustrasi batuk pilek (Foto : William Brawley)
Sebagian besar orang akan lebih rentan tertular batuk dan pilek ketika musim dingin, hal ini karena adanya penurunan suhu di sekitar serta kekebalan tubuh yang berkurang. Dilansir dari Indiavision dan berbagai sumber, simak ulasan dari Nuansa Pagi tentang tips cara mengobati batuk pilek dengan cepat dan mudah secara alami, tanpa obat kimia buatan pabrik.

Cara Alami Dan Manjur Menyembuhkan Batuk Pilek Dengan Cepat Dalam Sehari

1. Mandi Menggunakan Air Hangat
mandi dengan air hangat
Ilustrasi mandi dengan air hangat
Cara mengatasi batuk pilek yang pertama adalah mandi air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat tubuh menjadi tenang dan juga rileks, serta membantu meringankan lendir yang bertumpuk di dada sehingga bisa bernapas lebih mudah.

Untuk lebih memahami kegunaan mandi dengan air hangat, Anda bisa membaca artikel kesehatan tentang manfaat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh pada halaman lain blog ini.

2. Mengonsumsi Sup Hangat
sup hangat
Ilustrasi sup hangat
Mengonsumsi sup hangat yang terdiri dari ayam dan sayuran sangat bagus bagi tubuh. Sup hangat ini tidak hanya membantu membersihkan saluran udara tapi juga memberikan energi dan kekuatan yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini merupakan salah satu cara mengobati batuk pilek dengan cepat dan ampuh.

3. Mengonsumsi Satu Sendok Madu
madu
Ilustrasi madu
Cara menyembuhkan batuk pilek dengan cepat berikutnya adalah mengkonsumsi madu. Mengonsumsi madu yang murni dan alami bisa menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan batuk rejan, cukup konsumsi 1 sendok madu setiap hari. Madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Oya, perlu diingat madu ini tidak cocok untuk bayi ya!

4. Berkumur Dengan Air Garam
garam
Ilustrasi garam
Cobalah mengambil 1 sendok teh garam dan dicampur dengan air hangat, lalu gunakan campuran ini untuk berkumur setidkanya 4 kali dalam sehari. Cara menghilangkan batuk pilek secara alami ini cukup efektif, praktis, dan mudah dilakukan di rumah. Berkumur dengan air garam juga bisa mengatasi flu pada ibu hamil.

5. Melakukan Inhalasi Uap
Inhalasi atau penguapan termasuk cara yang cukup efektif untuk menyembuhkan batuk dan sakit kepala yang terjadi karena adanya penumpukan lendir. Uap yang dihirup akan membantu mencairkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan dan lebih mudah bernapas.

6. Teh Hangat
cara menyembuhkan batuk pilek
Ilustrasi minum teh hangat sebagai cara menyembuhkan batuk pilek dengan cepat
Seperti halnya dengan sup ayam, secangkir teh hangat juga mampu membuat hidung menjadi lebih lega, meredakan gatal tenggorokan dan menjaga kebutuhan cairan terpenuhi. Anda bisa menambahkan sedikit jeruk nipis atau lemon untuk meningkatkan kadar antioksidan yang dipercaya dapat mengembalikan kebugaran tubuh dengan cepat.

7. Minum Teh Jahe
teh jahe
Ilustrasi teh jahe
Pilek dan batuk biasanya disertai lendir dalam rongga hidung. Nah, untuk menguranginya, Anda dapat meminum minuman hangat dari campuran teh dan jahe. Selain dapat membantu mengurangi produksi lendir pada hidung, minuman teh jahe ini juga bisa menghilangkan lendir dari saluran pernapasan.

Selain jahe, Anda juga bisa menambahkan bubuk merica hitam pada teh. Sensasi hangatnya bisa meredakan batuk dan pilek. Campuran teh hangat dan jahe juga dipercaya oleh sebagian orang dapat mengobati batuk berdahak dengan cepat.

8. Berkumur Menggunakan Air Hangat
berkumur dengan air putih hangat
Ilustrasi berkumur dengan air putih hangat
Flue dan batuk biasanya dipicu oleh banyaknya bakteri atau virus yang bersarang pada saluran pernafasan Anda. Nah, untuk membunuh kuman-kuman tersebut, Anda bisa berkumur dengan air hangat. Anda bisa mencampurkan garam atau leman ke dalam air hangat lalu kumur-kumur dengan air tersebut selama kurang lebih 30 detik.

Ulangi aktivitas berkumur ini selama 2-3 kali. Kombinasi air hangat dan garam / lemon akan mampu membunuh kuman di tenggorokan sekaligus membuat tenggorokan menjadi lembap dan basah kembali.

9. Sarapan Bubur Dengan Buah Beri
buah beri
Ilustrasi buah beri
Tubuh meriang (batuk pilek) kemungkinan bisa disebabkan oleh faktor kekurangan vitamin C. Seperti yang telah diketahui secara umum, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, Anda dapat melakukan diet sehat dengan cara memasukkan beberapa potong buah beri ke dalam bubur hangat. Buah beri memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak.

10. Bawang Putih
bawang putih
Ilustrasi bawang putih
Bawang putih memang mempunyai bau yang kurang sedap, namun di dalamnya mengandung zat anti bakteri dan anti virus. Zat ini akan berperan baik dalam sistem imunitas tubuh. Selain mengkonsumsinya dalam bentuk bumbu masakan, Anda dapat juga memakan bawang putih secara langsung dengan cara mencincangnya terlebih dahulu.

Cincang atau blender dua siung bawang putih. Diamkan sejenak agar enzim allinase keluar. Enzim ini dipercaya sebagai komponen utama pelawan bakteri dan virus. Taruh cincangan bawang putih tersebut ke dalam sebuah sendok, lalu telan sambil minum air putih. Cara ini diyakini bisa menyembuhkan batuk dan pilek secara cepat.

Baja Juga : 7 Cara Aman Dan Ampuh Mengatasi Jerawat Saat Hamil Secara Alami

11. Minum Air Putih Hangat
air putih hangat
Ilustrasi air putih hangat
Ada banyak manfaat minum air putih hangat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah meredakan pilek dan gejala yang menyertainya seperti demam, batuk serta sakit tenggorokan. Sensasi hangat air putih bisa mengurangi peradangan pada tenggorokan Anda.

Tak hanya itu, minum air secara cukup sesuai kebutuhan juga membantu mengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus mengeluarkan racun-racun penyebab infeksi. Jadi, bila Anda terserang flu, batuk, atau pilek, obat alami yang paling murah meriah tentu saja minum air putih hangat.

12. Jus Sayuran
jus wortel
Ilustrasi jus wortel
Untuk meredakan batuk dan pilek, Anda juga bisa meminum ramuan tradisional alami berupa jus sayuran yaitu jus wortel, jus sawi, jus seledri atau kombinasi ketiganya. Sayuran ini dipercaya dapat menstimulasi sistem imun tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi yang efektif melawan infeksi bakteri maupun virus.

Wortel, mengandung antioksidan beta-karoten yang berguna untuk melawan radikal bebas perusak sel-sel tubuh, sementara seledri dan sawi kaya akan vitamin dan mineral. Buat Anda yang tak suka aroma sayuran, agar rasanya lebih nikmat bisa mencampurnya dengan lemon atau apel.

13. Jus Lemon
jus lemon
Ilustrasi jus lemon
Selain jus sayuran, jus lemon dengan campuran satu ruas jahe dan dua sendok teh madu juga ampuh menyembuhkan batuk dan pilek. Blenderlah buah lemon bersama dengan kulitnya sekaligus. Hal ini karena kulit lemon mengandung banyak minyak esensial, bioflavonoid dan vitamin C.

Kombinasi ketiga bahan tersebut (lemon, jahe, dan madu) sangat efektif meningkatkan sistem imun tubuh guna melawan penyakit. Oya, madu yang digunakan berupa madu murni tanpa tambahan gula agar tidak memperparah batuk dan sakit tenggorokan. Air yang digunakan untuk mencampur ketiga bahan sebaiknya bersuhu hangat atau panas.

14. Merica dan Madu
madu
Ilustrasi madu
Cara alami selanjutnya untuk mengatasi batuk pilek adalah dengan membuat ramuan dari merica dan madu. Pertama, tuangkanlah satu sendok teh merica ke dalam air panas dalam sebuah gelas, lalu tutup gelas dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, tambahkan dua sendok teh madu ke dalamnya dan aduk hingga rata. Campuran ini akan membantu menghangatkan tenggorokan dan tubuh Anda. Merica juga memiliki efek anti bakteri dan kuman yang dapat membantu meredakan gejala flu atau pilek.

15. Rebusan Biji Carom / Ajowan / Ajwain
Carom Ajowan Ajwain
Ilustrasi Ajwain (Foto : wikimedia.org)
Biji Carom yang disebut juga Ajwain atau Ajowan, memiliki warna coklat pucat dengan ukuran lebih kecil dari biji jintan. Aroma baunya harum dengan rasa agak pedas getir kuat. Ajwain biasanya digunakan dalam masakan India, karena memiliki aroma & rasa yang kuat.

Selain sebagai bumbu atau rempah masakan India, biji Ajwain juga dapat meringankan pilek dan batuk. Untuk melegakan hidung tersumbat, Anda bisa menambahkan 1 sdm Ajwain pada semangkuk air mendidih, lalu hirup uapnya.

Sementara itu, untuk meredakan batuk membandel bisa menggunakan rebusan air biji Carom / Ajwain dan daun Tulsi. Ramuan ini dipercaya dapat mengurangi sesak dan memperlancar pernafasan.

16. Susu Dan Kunyit
susu dan kunyit
Ilustrasi campuran susu dan kunyit
Tak dapat diragukan lagi, kalau kunyit memiliki sejumlah bahan-bahan penting bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai bahan antiseptik pada luka, manfaat kunyit lainnya yaitu dapat untuk mengobati flu dan batuk pada anak-anak. Campuran kunyit dan susu kaya akan kalsium yang menjadi sumber energi buah hati Anda.

Rasa kunyit yang agak pahit mungkin kurang disukai anak-anak. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menambahkan bubuk kunyit pada segelas susu hangat. Minumkanlah pada anak Anda setiap malam, maka tenggorokan yang sakit akibat batuk pilek dapat segera reda. Tak cuma buat anak, ramuan ini juga bisa Anda coba saat tubuh terserang batuk pilek.

17. Aktivitas Fisik Ringan
aktivitas fisik ringan jalan kaki
Ilustrasi aktivitas fisik ringan jalan kaki
Ketika Anda sedang tidak enak badan, tentu rasanya malas untuk keluar jalan-jalan atau pun beraktivitas. Namun, bila Anda ingin segera sembuh, maka sempatkanlah menyempatkanlah untuk melakukan aktivitas fisik ringan di luar ruangan sebelum makan siang.

Kegiatan ini terbukti ampuh membangkitkan mood atau suasana hati sekaligus daya tahan tubuh. Tentunya Anda harus pastikan dulu cuacanya cerah mendukung dan pilihlah tempat segar yang tak banyak polusi.

18. Membuat Menu Makan Yang Sehat
menu makanan sehat berupa salad
Ilustrasi menu makanan sehat berupa salad
 Saat batuk atau pun pilek menyerang, sebaiknya menu makan Anda diubah sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda terbiasa makan siang dengan keripik, kerupuk, atau sejenisnya, ganti dulu dengan makanan yang banyak mengandung protein seperti ayam dan salad. Pada umumnya, orang yang kekurangan protein saat sakit cenderung lebih susah sembuh.

19. Rendam Kaki Dalam Air Hangat
rendam kaki
Ilustrasi merendam kaki di air hangat
Bila dalam keadaan batuk pilek Anda terpaksa harus bekerja, maka ada baiknya akhiri hari yang melelahkan dengan relaksasi. Rendamlah kaki yang pegal-pegal dalam air hangat. Suhu air yang hangat akan dapat melegakan otot, uapnya juga bisa membantu melegakan hidung yang mungkin masih agak tersumbat.

20. Hindari Kopi, Alkohol dan Aktivitas Melelahkan
aktivitas melelahkan
Ilustrasi aktivitas melelahkan : main game
Untuk lebih mempercepat proses penyembuhan batuk dan pilek, Anda harus menghindari makanan seperti kopi, alkohol atau aktivitas melelahkan, misalnya nonton TV dan main game. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga waktu istirahat Anda agar tetap terpenuhi. Bila tidak dihindari, maka akan membuat jadwal tidur Anda molor dari yang seharusnya.

21. Tidur
tidur
Ilustrasi tidur
Tidur merupakan salah satu cara ampuh untuk mengembalikan kesehatan tubuh saat flu dan batuk menyerang. Melalui tidur, Anda dapat membuat fungsi restorasi tubuh bekerja sempurna. Hal ini secara tidak langsung memperbaiki sistem imun Anda dan mempercepat perginya batuk dan pilek.

Demikianlah info kesehatan kali ini, cukup mudah dilakukan bukan tipsnya? Semoga penjelasan saya tentang cara alami menyembuhkan batuk pilek dengan cepat tersebut dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Cara Alami Dan Manjur Menyembuhkan Batuk Pilek Dengan Cepat Dalam Sehari"

Post a Comment