17 Cara Ampuh Dan Efektif Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa - Nafas Anda bau saat berpuasa? Ini tips cara ampuh dan efektif mengatasi bau mulut tak sedap saat puasa secara alami. Cobain deh, mulut Anda akan terasa segar sehingga menambah rasa percaya diri saat berkomukasi dengan orang lain.

Bau mulut memang menjadi masalah umum yang dihadapi banyak orang saat berpuasa. Nah, sebelum mencari solusi tentang cara menghilangkannya, Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebab mengapa mulut cenderung berbau tak sedap saat puasa. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak ulasan Nuansa Pagi berikut.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa
Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (Foto : mmntz)
Faktor Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Bau nafas tak sedap saat puasa umumnya akibat adanya masalah pada gigi dan rongga mulut. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kebersihan gigi dan mulut harus menjadi perhatian utama. Namun, ada juga penyebab bau mulut lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Produksi Air Liur Berkurang

Bau mulut saat puasa atau disebut juga dengan istilah medis halitosis, secara umum terjadi karena tidak adanya aktivitas mengunyah selama 12 jam lebih sehingga air liur pun ikut berkurang. Dalam keadaan normal, jumlah produksi air liur biasanya sekitar 1-1,5 liter setiap harinya.

Air liur ini berguna untuk mengalirkan bakteri penyebab penyakit ke dalam kerongkongan dan terbawa ke dalam saluran pencernaan. Bakteri tersebut berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Saat produksi air liur menurun, maka banyak bakteri mendekam di mulut sambil menebarkan bau tak sedap.

2. Rongga Mulut Dan Gigi Yang Tidak Sehat
rongga mulut
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan rongga mulut
Keadaan rongga mulut yang biasanya berpotensi menimbulkan bau mulut antara lain adanya karies atau gigi berlubang, terdapat sisa akar gigi, karang gigi, peradangan pada gusi (gingivitis), dan penggunaan gigi palsu yang tidak benar.

Rongga mulut dan gigi yang tidak sehat tersebut tentu mengandung banyak bakteri. Bakteri inilah yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut. Jadi, bila ingin mencegah bau mulut tak sedap, Anda wajib merawat gigi agar tetap sehat bebas bakteri.

3. Zat Sisa Hasil Pembakaran Lemak

Saat Anda berpuasa, maka secara otomatis tubuh akan jarang mengonsumsi karbohidrat sehingga cadangan makanan dalam tubuh berkurang. Kekurangan karbohidrat menyebabkan tubuh akan membakar lemak sebagai energi. Proses pemecahan lemak tinggi akan menghasilkan ketone yang membuat bau mulut.

4. Gangguan Organ Dan Penyakit

Organ dan penyakit tertentu juga bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap, misalnya kelainan pada THT, gangguan organ paru, saluran pencernaan dan liver. Kanker pada saluran pencernaan makanan serta kencing manis akibat gula darah tak terkontrol juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.

Daftar Cara Ampuh Dan Efektif Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami

Bau mulut sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Saat Anda berpuasa, haliosis alias bau mulut sangat mudah menyerang. Nah, untuk mengatasi dan mencegah bau tak sedap tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara alami berikut yang konon katanya sudah terbukti efektif dan ampuh. Bau mulut Anda kemungkinan akan langsung hilang dengan cepat permanen.

1. Menjaga Kebersihan Rongga Mulut Dan Gigi
Menyikat Gigi
Menyikat Gigi (Foto : Bill Branson)
Memelihara kebersihan mulut dan gigi termasuk salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan cepat. Gosoklah gigi dan bersihkan rongga mulit setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Gunakan pulau obat kumur (mouthwash) yang halal untuk hasil maksimal.

2. Memperbanyak Minum Air Putih Saat Sahur Dan Buka Puasa
Air Putih
Air Putih
Mengkonsumsi air putih menjadi langkah kedua yang wajib Anda lakukan untuk mengusir bau mulut tak sedap. Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu mencegah bau mulut pada siang hari.

Ada banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya adalah meningkatkan produksi saliva (air liur) sehingga mulut terjaga kebersihannya. Air putih juga dipercaya berkhasiat untuk mendetoksifikasi tubuh, menyehatkan ginjal, mencegah penuan dini, dan lain sebagainya.

3. Minum Teh Hijau Tanpa Gula Saat Sahur Dan Berbuka Puasa
Teh Hijau
Ilustrasi Teh Hijau / Green Tea
Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka termasuk salah satu cara mengobati bau mulut saat puasa. Teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga atau gangguan pernafasan.

4. Mengkonsumsi Yoghurt
Yoghurt
Ilustrasi Yoghurt
Yoghurt selama ini memang terkenal sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Namun, ternyata sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan yogurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut.

Mengapa bisa? Hal ini tentu karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada gigi di mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Yoghurt mengandung probiotik yang akan mengisi sistem pencernaan dan menjaga lambung.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda pastikan yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt). Dengan mengkonsumsi yogurt, maka bau mulut Anda akan bisa diatasi.

5. Hindari Mengkonsumsi Makanan Yang Berbau Tidak Sedap
semur Jengkol
Ilustrasi semur Jengkol yang harus dihindari (Foto : Stephanie Astono Salim)
Contoh makanan yang bisa memicu munculnya bau mulut antara lain durian, petai, dan jengkol. Selama Anda berpuasa, ada baiknya makanan ini tidak dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka. Meskipun Anda sangat menyukai makanan tersebut, hindarilah selama bulan Ramadhan agar mulut Anda lebih fresh.

6. Konsumsilah Makanan Yang Kaya Akan Vitamin C
Jeruk
Jeruk
Cara menyembuhkan bau mulut saat puasa berikutnya adalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, melon dan strawbery. Vitamin C berguna untuk membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

Agar memperoleh hasil maksimal, konsumsilah vitamin C dari makanan berupa buah-buahan bukan suplemen. Hal ini untuk menghindari kemungkinan suplemen vitamin C dapat menganggu pencernaan. Jika saluran pencernaan makanan Anda terganggu, maka akan berpengaruh pada aroma mulut yang tidak sedap.

7. Minum Jus Apel, Wortel Dan Seledri
Jus Wortel
Jus Wortel
Mungkin Anda sudah mengetahui tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang sangat luar biasa. Tapi, dibalik khasiatnya itu, ada sedikit efek tak enak yaitu bau mulut. Selama berpuasa, orang akan cenderung mengalami nafas tak sedap. Bau mulut ini kalau menurut ajaran islam, nanti akan diganti dengan bau wangi layaknya kesturi di akhirat kelak.

Nah, untuk mengatasi permasalahan kecil ini, Anda bisa mencoba meminum jus apel, wortel, dan seledri. Ketiga jenis buah dan sayur ini ampuh melawan bau mulut. Anda bisa menggabungkannya menjadi campuran jus.

Pada dasarnya semua jenis buah dan sayur yang kaya serat dapat mengurangi aroma mulut yang tidak sedap. Plak dalam mulut tiap hari terus berkembang dan menimbukan aroma tidak sedap. Oleh karena itu, Anda direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang meningkatkan produksi air liur untuk menjaga mulut tetap lembab dan membersihkan area mulut.

8. Hindari Merokok Selama Sahur Dan Buka Puasa
No Smoking / Dilarang Merokok
No Smoking / Dilarang Merokok
Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru, rokok juga menyebabkan bau mulut. Jika Anda ingin memiliki nafas segar, maka hentikanlah kebiasaan merokok saat sahur atau berbuka. Apalagi, ada sejumlah ulama yang sudah mengharamkan rokok bukan? Jadi, selain menahan lapar dan haus, Anda juga harus berani memerangi hawa nafsu untuk merokok.

9. Menghindari Makanan Lengket
cokelat
Ilustrasi contoh makanan lengket yaitu cokelat
Makanan lengket seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah akan lebih sulit untuk dibersihkan. Jenis makanan ini biasanya akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut. Dengan menghindari makan makanan lengket, berarti Anda sudah melakukan usaha untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

10. Olahraga Ringan
jogging
Ilustrasi jogging
Meskipun Anda sedang berpuasa, bukan berarti tak bisa berolahraga. Lakukanlah olah raga ringan secara teratur agar racun dalam tubuh dapat keluar, termasuk zat penyebab bau mulut. Tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat.

11. Bersihkan Karang Gigi
pembersihan karang gigi
Ilustrasi proses pembersihan karang gigi
Karang gigi bisa memicu timbulnya bau tak sedap dalam mulut. Pergi ke dokter untuk membersihkan karang gigi dan rongga mulut bisa menjadi solusi mengurangi bau nafas tak sedap. Gigi Anda pun akan tampak lebih indah dilihat. Imbangi pula dengan menjaga kebersihan mulut secara rutin.

12. Menambal Gigi Yang Berlubang
menambal gigi
Ilustrasi menambal gigi
Gigi berlubang bisa menjadi sarang sisa-sisa makanan dan bakteri penyebab bau tak sedap dalam mulut Anda. Agar bau tersebut berkurang dengan cepat, maka Anda dapat menambal gigi berlubang dengan bantuan dokter gigi. Periksalah secara rutin tambalannya, bila ada yang rusak segera perbaiki. Dengan demikian, bau mulut pun akan pergi selamanya.

13. Bersihkan Lidah

Bukan hanya gigi yang harus dibersihkan, lidah pun juga wajib dijaga kebersihannya. Sering kali sisa makanan masih menempel pada lidah meskipun sudah sikat gigi. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan lidah dengan alat aman secara rutin untuk mengurangi munculnya plak dan bau tak sedap.

14. Mengkonsumsi Timun Rebus, Daun Peterseli
Mentimun
Ilustrasi Mentimun / Timun
Anda juga bisa mengatasi bau mulut tak sedap dengan cara tradisional yaitu makan timun rebus dan daun peterseli. Selain terkenal sebagai makanan penghilang jerawat yang ampuh, konsumsi timun rebus juga bisa mendinginkan perut sehingga asam di lambung tidak naik dan bau mulut pun dapat berkurang.

Daun Peterseli cukup efektif guna menghilangkan bau mulut karena mengandung senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

15. Ramuan Daun Beluntas Dan Daun Kemangi
daun kemangi
Ilustrasi daun kemangi
Campuran daun beluntas dengan kencur dipercaya bagus untuk menjaga keseimbanga empedu dan liver sehingga dapat menetralkan bau mulut. Apabila tidak tersedia daun beluntas, Anda bisa menggantinya dengan sirih yang memiliki efek hampir setara.

Daun kemangi dan selasih juga dapat diandalkan untuk mengurangi bau mulut. Hal ini karena daun kemangi mempunyai efek aromatik. Selain itu, kemangi dan selasih juga diyakini bisa mengurangi kontraksi otot perut dan usus.

16. Hindari Mengkonsumsi Permen Setelah Makan Malam

Bakteri di mulut pada umumnya menyukai gula. Gula akan menyebabkan keasaman dalam rongga mulut. Kondisi asam tentu akan membuat gigi Anda menjadi rusak dan menyebabkan bau mulut. Jika ingin memakan permen agar mulut segar, maka sebaiknya ganti dengan permen karet tanpa gula.

Permen karet akan merangsang keluarnya air liur dalam mulut. Pengeluaran air liur termasuk mekanisme pertahanan alami mulut untuk melawan asam plak yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan bau mulut.

17. Hindari Tidur Berlebihan
tidur
Ilustrasi tidur
Meskipun dikatakan tidur saat berpuasa tergolong ibadah, bukan berarti Anda harus tidur terus menerus. Kebanyakan tidur malah tidak baik untuk kesehatan karena bisa mengakibatkan bau mulut tak sedap. Mengapa? Hal ini karena saat tidur mulut menjadi kering sehingga bau busuk pun mudah muncul.

Selain itu, jika Anda tidur berlebihan, maka akan mengalami kerugian dari segi pahala sebab masih banyak kegiatan / aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat dengan pahala besar. Gantilah tidur Anda dengan bekerja, mencari ilmu atau pun membaca Al Qur'an mumpung diberi kesempatan hidup dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Mudah dan praktis bukan tips nya? Sebelum melakukan langkah-langkah tersebut di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Uraian tentang cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang saya tuliskan hanyalah sebagai pengetahuan saja.

Berkonsultasi ke dokter merupakan langkah terbaik karena bau mulut juga bisa disebabkan faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya. Jika Anda ingin menambahkan informasi dalam tulisan ini, bisa melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Cara Ampuh Dan Efektif Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami"

Post a Comment