27 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut

Manfaat Pisang - Info kesehatan kali ini akan mengulas tentang manfaat mengagumkan buah pisang bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah hingga rambut. Selain kaya akan serat dan kandungan gizi tinggi, buah ini ternyata mudah didapat serta harganya relatif murah meriah. Oleh karena itu, pisang sangat ideal bila dimasukkan dalam diet sehat Anda.

Siapa seh yang tak kenal dengan pisang? Hampir semua orang tentu pernah memakannya, termasuk Anda bukan? Dibalik rasanya yang manis, enak, dan lembut di mulut, ternyata buah pisang memiliki sejumlah khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak review lengkapnya dari Nuansa Pagi berikut ini.
manfaat buah pisang
Manfaat Buah Pisang

Daftar Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut

1. Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat benar-benar sangat cocok untuk diet penurunan berat badan Anda. Buah ini secara alami manis dan dengan demikian memenuhi gigi manis Anda. Sebuah pisang enam inci memiliki sekitar 90 kalori, yang membuatnya jauh lebih rendah daripada kalori dalam permen.
program penurunan berat badan
Ilustrasi program penurunan berat badan (Foto : commons.wikimedia.org)
Selain itu, kandungan serat dalam buah ini dapat larut, sehingga bisa untuk menyerap air dan memperlambat pencernaan. Pisang juga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama dan membantu Anda menghindari segala bentuk pesta makan.

Jadi, bagi Anda yang sedang bingung mencari tahu bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami, maka mengkonsumsi pisang bisa menjadi alternatif. Tentu saja harus diimbangi dengan olah raga teratur agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

2. Mengatur Gerakan Usus Yang Sehat

Sebuah pisang enam inci memiliki sekitar 2,5 gram serat, yang sebagian besar tidak larut. Serat ini akan bergerak melalui saluran pencernaan Anda dan akan menyapu sampah dan membantu mendorong keluar sisa-sisa pencernaan makanan. Hal ini akan membantu Anda buang air besar secara teratur dan mudah.

3. Meringankan Nyeri Saat Menstruasi

Studi menunjukkan bahwa kalium dalam pisang membantu mengurangi nyeri atau kram yang biasanya disebabkan oleh kekurangan kalium. Selain kalium, pisang juga kaya akan vitamin B6, yang membantu mengurangi segala jenis retensi air. Hal ini membantu meringankan kembung saat menstruasi.

4. Menyehatkan Mata

Pisang mengandung sejumlah kecil vitamin A yang sangat penting untuk melindungi mata Anda. Asupan vitamin ini secara teratur juga akan mengurangi risiko rabun senja. Sebuah pisang enam inci memiliki sekitar 10 mikrogram vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata.

5. Menormalkan Fungsi Jantung
jantung manusia
Ilustrasi jantung manusia yang kurang sehat (Foto : ravindra gandhi)
Pisang kaya akan kalium, elektrolit mineral. Sebuah pisang enam inci mengandung sekitar 360 miligram kalium untuk tubuh Anda. Ketika kalium ini masuk ke dalam tubuh Anda, maka akan diserap langsung ke dalam aliran darah Anda.

Kemudian akan menuju sel-sel tubuh Anda dan larut dalam cairan di dalam sel-sel. Dengan demikian keseimbangan cairan dapat terjaga dan membuat energi mengalir di seluruh sistem Anda.

Proses ini sangat penting untuk membuat jantung Anda berdetak. Kekurangan kalium menyebabkan jantung berdetak tidak teratur yang dapat mengancam kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu kami menyimpulkan bahwa konsumsi secara teratur pisang membantu menormalkan fungsi jantung.

6. Mengatur Tekanan Darah
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tekanan Darah
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tekanan Darah
Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium termasuk salah satu mineral penting dan sangat dibutuhkan tubuh. Kalium berfungsi sebagai vasodilator yang dapat menurunkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Hal ini tentu akan membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke pada tubuh Anda.

7. Meningkatkan Penyerapan Zat Gizi

Pisang bermanfaat untuk membantu memperbaiki kesehatan usus karena kandungan asam lemak rantai pendek di dalamnya. Penelitian menunjukkan bahwa jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi (zat gizi), terutama kalsium.

8. Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat Dan Kuat
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tulang
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tulang
Mungkin belum banyak orang tahu, bahwa salah satu manfaat buah pisang adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Mengapa bisa? Hal ini tentu saja karena pisang mengandung beberapa nutrisi yang berperan dalam kelangsungan hidup sel-sel tulang.

Pertama, pisang kaya akan potasium. Mineral ini sangat penting untuk kepadatan tulang. Selain itu, potasium juga berperan dalam menjaga keseimbangan elektrik tubuh dan menjadi sejenis pompa bagi sel-sel saraf dan otot agar tetap bekerja. Potasium pada pisang juga disinyalir dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis.

Kedua, pisang mengandung fructooligosaccharide (FOS) yang dapat membantu bakteri probiotik untuk menghasilkan enzim pencernaan dan vitamin, sehingga kemampuan untuk menyerap kalsium meningkat. Kalsium merupakan komponen pembentuk tulang.

Ketiga, pisang memiliki kandungan asam lemak rantai pendek (short chain fatty acids) terutama pada pisang hijau. Jenis lemak ini berfungsi membuat sel tetap sehat sehingga penyerapan kalsium pada tulang menjadi lebih baik.

9. Baik Untuk Bakteri Probiotik

Di dalam usus Anda, terdapat bakteri probiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus. Nah, pisang hijau merupakan makanan sempurna untuk bakteri baik ini. Bakteri probiotik akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

10. Obat Diare

Pisang hijau dipercaya memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri, virus atau infeksi parasit. Dengan mengkonsumsi pisang hijau, maka ancaman diare dapat teratasi.

Baca juga :
11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pisang kaya akan mineral dan nutrisi penting yang bisa mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Nutrisi dalam pisang dapat mempercepat proses pembakaran kalori sehingga meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

12. Dapat Mengatasi Anemia

Anemia termasuk penyakit yang wajib diwaspadai oleh setiap orang, terutama wanita. Penyakit ini berupa penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah dan biasanya menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas.

Buah pisang mempunyai kandungan zat besi cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, zat besi termasuk komponen penting dalam produksi hemoglobin darah. Dengan mengkonsumsi pisang, maka suplai zat besi ke dalam tubuh dapat terpenuhi dan hemoglobin pun meningkat.

Pisang juga mengandung Vitamin B6 dengan kadar tinggi sekitar 20 - 39 persen dari total jumlah asupan yang dianjurkan tiap hari bagi orang dewasa. Vitamin ini memiliki peranan penting dalam 100 lebih reaksi enzimatik tubuh manusia. Selain itu, Vitamin B6 ternyata diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dan membantu mengendalikan gula darah.

13. Pisang Dapat Membantu Sel-Sel Tubuh Kembali Sehat

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang memiliki fungsi untuk membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino nonesensial  yang diperlukan tubuh. Bahan-bahan tersebut akan membuat sel-sel sehat dan membantu produksi antibodi untuk melawan infeksi.

14. Mengurangi Tingkat Stres Dan Membuat Suasana Hati Menjadi Senang
ekspresi bahagia
Ilustrasi ekspresi bahagia / senang
Buah pisang diyakini bisa meningkatkan mood Anda sehingga stres pun dapat berkurang. Hal ini karena pisang mengandung tryptophan, yang diperlukan oleh tubuh untuk menerima serotonin (hormon kebahagiaan).

Setiap pisang rata-rata mengandung sekitar 27 mg magnesium. Mineral ini bertanggung jawab untuk menghasilkan suasana hati yang baik dan tidur yang sehat. Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, maka Anda kemungkinan akan menderita kecemasan, depresi dan gangguan lainnya.

Oya, untuk pria dan wanita masing-masing membutuhkan sekitar 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jadi, dengan mengkonsumsi pisang, secara tidak langsung Anda membantu kecukupan magnesium bagi tubuh.

15. Sebagai Sumber Vitamin C

Mungkin ketika Anda ditanya buah apa yang kaya akan vitamin C, maka jeruk dan stroberi adalah buah pertama yang ada di pikiran Anda. Namun ternyata, pisang juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi lho. Bahkan, pisang mampu menyediakan 15 persen lebih besar dari kebutuhan harian untuk nutrisi penting ini.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan penting untuk menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas merupakan atom bermuatan molekul atau ion yang terus menghancurkan sel-sel dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, suplai vitamin C  ke dalam tubuh sangatlah penting.

16. Pisang Dapat Meningkatkan Kinerja Atletik

Dulu, waktu kecil saya sering bingung dan bertanya-tanya dalam hati, kenapa kok para pemain bola dikampung saat istirahat makannya pisang? Kenapa tidak roti atau ubi? Akhirnya, pertanyaan tersebut terjawab sekarang. Ternyata, pisang memiliki manfaat untuk meningkatkan otot dan memberikan antioksidan.

Sebuah studi / penelitian menunjukkan bahwa memakan setengah pisang setiap 15 menit selama tes time trial bersepeda sama efektifnya dengan meminum minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Tak mengherankan bila Yohan Blake, seorang sprinter Olimpiade dari Jamaika, dikabarkan makan 16 pisang dalam sehari.

17. Sebagai Sumber Energi

Manfaat pisang selanjutnya yaitu sebagai sumber energi. Ketika Anda merasa sedang lelah dan tidak berenergi, cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Tunggu beberapa saat, dalam waktu reatif singkat tubuh Anda kemungkinan bisa menjadi lebih bertenaga.

18. Merawat Dan Melembabkan Kulit
Manfaat Pisang Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Manfaat Pisang Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Bukan hanya berguna untuk kesehatan, pisang juga termasuk buah sehat untuk kecantikan kulit tubuh wanita. Pisang mengandung vitamin A, B, dan E yang berfungsi sebagai pelembab alami. Kelembaban kulit Anda yang telah mengering pun dapat kembali seperti semula.

Lalu, bagaiman caranya? Anda cukup menghaluskan buah pisang, kemudian oleskan pada bagian kulit yang kering. Diamkan selama 10 – 15 menit agar nutrisi / sari dari buah pisang dapat meresap pada kulit Anda. Bilaslah dengan air dingin hingga bersih. Praktis dan mudah bukan?

19. Mengendalikan Produksi Minyak Pada Kulit Wajah

Buat Anda yang memiliki kulit berminyak, cobalah masker buah pisang untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Pisang sangat bagus digunakan untuk eksfoliasi, sehingga produksi minyak pada kulit Anda dapat terkendali dengan baik.

Langkah pertama, siapkan bahan-bahan segar yaitu pisang, madu, dan lemon. Tumbuklah pisang segar hingga halus, lalu tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdt perasan lemon. Aduk campuran ketiga bahan tersebut hingga merata, kemudian oleskan pada bagian wajah dan leher. Tunggu atau diamkan sekitar 15 – 20 menit, lalu bersihan masker pisang tersebut menggunakan handuk basah.

20. Membuat Kulit Tampak Segar Dan Awet Muda
kulit awet muda
Ilustrasi kulit wajah awet muda
Kulit wajah yang segar dan awet muda merupakan dambaan setiap orang baik laki-laki atau pun wanita. Apalagi bagi kaum hawa, penampilan kulit wajah sangatlah penting. Nah, buat Anda yang ingin menghilangkan keriput pada kulit wajah secara alami, bisa menggunakan pisang.

Pisang dipercaya dapat mencegah terjadinya pengeriputan kulit pada bagian daerah mata, dahi, dan leher. Kandungan vitamin A, B, dan E dalam pisang akan membuat kulit selalu terjaga kelembabannya. Dengan demikian, keelastisitasan kulit akan selalu terjaga meskipun mengalami penuaan.

Anda bisa menggunakan masker pisang sederhana untuk mengangkat sel kulit mati agar tampak muda. Langkah membuat masker rumahan ini sangat praktis dan mudah. Pertama, siapkan pisang yang telah ditumbuk halus, lalu tambahkan 1 sdt perasan jeruk dan 1 sdt plain yogurt.

Aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga merata lalu gunakan sebagai masker. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan. Penggunaan masker pisang secara rutin minimal seminggu sekali bisa membuat Anda terlihat awet muda. Namun, sebelum mencobanya, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit kepercayaan Anda.

21. Mengobati Jerawat Yang Meradang

Salah satu cara alami menghilangkan jerawat dengan cepat adalah menggunakan ramuan buah pisang. Isi dan kulit bagian dalam buah ini diyakini ampuh untuk obat meredakan jerawat meradang pada bagian wajah, punggung, dan area kulit lainnya. Bahkan, kuman-kuman yang menempel di kulit pun bisa ikut musnah.

Untuk pemakaiannya, Anda bisa langsung mengoleskan bagian kulit dalam pisang pada jerawat. Bisa juga dengan membuat masker atau lulur dari campuran pisang, madu, dan kunyit. Masker ini lumayan ampuh mengusir jerawat dan menjadikan kulit jadi lebih bersih, bersinar, serta halus.

22. Mencerahkan Kembali Warna Kulit Yang Belang

Apakah Anda memiliki warna kulit belang? Jika iya, tak usah kuatir karena buah pisang ternyata mampu mengatasi masalah tersebut. Pisang kaya akan potassium, vitamin E dan C yang bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit belang Anda akibat terbakar panas matahari, bekas luka, atau lantaran sel kulit mati.

Caranya, coba Anda haluskan buah pisang hingga berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan secara merata pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilaslah dengan air dingin.

23. Menghaluskan Kembali Kulit Tumit Yang Kering Dan Pecah - Pecah

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa pisang termasuk buah yang bermanfaat sebagai pelembab alami bagi kulit. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi jika pisang juga mampu mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah pada tumit kaki.

Cara penggunaannya lumayan mudah kok! Rendamlah terlebih dahulu kaki Anda dalam air lemon hangat. Setelah itu, baru Anda oleskan pisang yang telah dihaluskan pada bagian kulit pecah-pecah tersebut. Pijat pelan-pelan tumit Anda agar nutrisi / sari buah pisang meresap ke dalam kulit. Terakhir, bilaslah dengan air hangat.

24. Membuat Rambut Menjadi Lembut, Mudah Diatur, Dan Tidak Kering
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Rambut
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Rambut

 Ingin terbebas dari masalah rambut? Coba deh melakukan perawatan dengan pisang. Kandungan vitamin A dan C dalam pisang akan membuat rambut Anda menjadi lembut, mudah diatur, dan tidak kering. Tak mengherankan bila pisang masuk dalam daftar buah untuk kesehatan rambut pria atau wanita.

Anda bisa memulai perawatan rambut alami dengan menghaluskan satu buah pisang. Lalu tambahkan minyak almond atau minyak kelapa. Aduk campuran tersebut hingga merata, kemudian gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 - 20 menit. Akhiri dengan membilas rambut menggunakan air bersih. Mungkin untuk hasil maksimal, bisa dilakukan secara rutin seminggu sekali atau dua kali.

25. Dapat Mengatasi Rambut Rontok

Bingung mencari solusi untuk rambut rontok? Anda bisa mencoba cara alami mengatasi rambut rontok menggunakan masker dari buah pisang. Salah satu penyebab rambut rontok biasanya karena kulit kepala dan batang rambut kurang terawat. Perawatan alami bisa menjadi solusi yang tepat untuk kesehatan rambut Anda.

Vitamin dan minyak esensial dalam buah pisang jika dipadukan dengan protein yogurt akan memberikan nutrisi penting bagi kulit kepala sekaligus melapisi batang rambut agar tidak mudah patah. Cara membuat maskernya pun lumayan mudah.

Buatlah masker alami dari campuran daging buah pisang matang yang telah dihaluskan dengan tambahan yogurt. Lalu aduk hingga merata dan terapkan pada kulit kepala Anda. Pijatlah kepala Anda dengan lembut agar peredaran darah di kulit kepala lancar dan nutrisi dari masker dapat terserap sempurna.

Diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit hingga 20 menit. Setelah itu, bilas kulit kepala dan rambut dengan air dingin sampai bersih. Untuk hasil sempurna, lakukan pula perawatan alami dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk mengatasi rambut rontok.

26. Mengatasi Rambut Kering Dan Kusam

Apakah rambut Anda tampak kering dan kusam? Kalau iya, coba deh atasi masalah tersebut dengan masker pisang dan madu. Kedua bahan ini sangat berkhasiat untuk memperbaiki kondisi kulit rambut kering dan kusam.

Cara merawat rambut kering secara alami dengan buah pisang cukup mudah dilakukan. Buatlah masker rambut dari campuran tiga sendok madu dengan pisang matang yang tentunya telah dihaluskan. Aduklah kedua bahan tersebut hingga bercampur secara merata.

Terapkan masker buatan Anda pada rambut saat masih basah setelah keramas. Biarkan / diamkan masker rambut menempel selama lebih kurang 15 - 20 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan air dingin sampai bersih.

27. Sebagai Masker Untuk Mengatasi Rambut Kering Dan Rusak

Rembut merupakan salah satu mahkota kepala yang harus senantiasa di jaga kesehatannya agar penampilan Anda tetap menarik. Nah, bila rambut Anda terlihat kering, kusam, bercabang, dan rapuh, maka besar kemungkinan rambut Anda telah mengalami kerusakan parah.

Penyebab rambut rusak diantaranya karena sering bersentuhan dengan bahan kimia dan terlalu banyak terpapar sinar / panas matahari. Untuk mengembalikan kondisi rambut agar seperti semula, Anda bisa melakukan perawatan secara alami menggunakan masker rambut dari pisang dan minyak almond.

Caranya cukup sederhana dan praktis, bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan. Campurkanlah daging buah pisang yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes minyak almond. Aduk hingga kedua bahan tersebut bercampur secara merata.

Terapkan masker pada seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujung. Lalu biarkan selama lebih kurang 10 - 15 menit agar nutrisinya menyerap sempurna ke dalam pori-pori kulit kepala. Vitamin A dan C dalam pisang serta Vitamin E dari minyak almond akan memberikan nutrisi untuk rambut rusak Anda sehingga kembali sehat seperti semula.

Bila Anda ingin mendapatkan nutrisi dalam pisang dengan cara mengkonsumsinya, sebaiknya makanlah secara langsung tanpa direbus, bakar, atau digoreng. Hal ini untuk menjaga agar zat gizi dalam pisang tetap utuh tidak berkurang.

Meskipun kaya nutrisi, konsumsi pisang tetap harus dalam batas normal. Bila berlebihan justru akan berakibat buruk atau menimbulkan efek samping negatif. Demikian sekilas info makanan sehat tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "27 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut"

Post a Comment