17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

Manfaat Oatmeal – Info makanan sehat kali ini akan mengulas tentang manfaat luar biasa oatmeal untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit wajah, dan diet. Makanan berbahan dasar gandum ini memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan, menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal.

Selain serat, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi. Secara garis besar, kandungan nutrisi / zat gizi dalam 100 gr oatmeal dapat dijelaskan sebagai berikut.
Manfaat Oatmeal
Manfaat Oatmeal (Foto : Marco Verch)
Oatmeal mampu menyediakan 38 kalori, yaitu sekitar 20% dari kebutuhan sehari-hari. Kandungan seratnya sekitar 10 gr dalam 100 gr, dan juga protein 13 gr; keduanya sudah memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena berasal dari gandum, maka outmeal pun mengandung sejumlah kelompok vitamin B (B Kompleks), terutama thiamin 0,5 mg; Riboflavin 0,2; Niacin 1,1 mg; Vitamin B6 0,1 mg; Folat 32,0 mcg; asam dan pantotenat 1.1 mg. Sedangkan untuk kandungan mineral, antara lain zat besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Seng, Tembaga, Mangan dan Selenium.

Melihat kandungan zat gizi dalam oatmeal tersebut, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi akan kegunaannya. Kira-kira apa saja ya manfaat atau khasiat dari oatmeal yang bisa kita dapatkan setelah mengkonsumsinya? Yuk, simak ulasan Nuansa Pagi secara lengkap di bawah ini.

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

1. Menurunkan Berat Badan
menurunkan berat badan
Ilustrasi menurunkan berat badan
Oatmeal merupakan makanan penurun berat badan ideal karena mengandung serat rendah kalori. Kandungan seratnya cukup tinggi sehingga bila dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan demikan, Anda tidak memerlukan camilan perantara saat selang waktu sarapan dan makan siang. Satu porsi oatmeal mengandung sekitar 307 kalori serta mineral esensial seperti magnesium, mangan, fosfor, selenium, zinc, dan antioksidan flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, diet cara menurunkan berat badan secara alami dengan oatmeal dapat Anda terapkan melalui mengkonsumsi makanan ini saat pagi hari ditambah beberapa potongan buah. Perut akan terasa kenyang sepanjang hari dan tentu saja akan membuat Anda tak tergoda makanan lain.

2. Menurunkan Kolesterol
kolesterol baik dan kolesterol jahat
Ilustrasi kolesterol baik dan kolesterol jahat (Foto : LÊ VĂN THẢO)
Bukan hanya berat badan saja yang turun, oatmeal juga bermanfaat sebagai makanan penurun kolesterol tubuh. Kandungan serat larutnya dapat menghambat penyerapan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kolesterol jahat ini diketahui akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
 Mengkonsumsi oatmeal setiap pagi dengan batas normal termasuk cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat.

3. Tinggi Antioksidan

Oatmeal kaya akan antioksidan bernama avenanthramide yang berfungsi untuk melawan radikal bebas penyerang HDL (kolesterol baik). Senyawa antioksidan ini juga mampu melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
alat pengukur tekanan darah
Ilustrasi gambar alat pengukur tekanan darah (Foto : agilemktg1)
Sebuah studi menunjukkan bahwa pria bisa mengurangi risiko gagal jantung jika mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal per hari. Sedangkan rekomendasi lainnya menyebutkan, wanita menopause yang cenderung berisiko mengalami hipertensi maka setidaknya harus mengkonsumsi enam porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya agar terhindar dari risiko tersebut.

Nah, dari penjelasan itu dapat diambil kesimpulan bahwa oatmeal yang kaya serat ternyata berguna juga sebagai makanan penurun tekanan darah tinggi (hipertensi). Tentu saja semua itu harus diimbangi dengan olah raga secara rutin agar badan tetap sehat bugar.

5. Mencegah Obesitas

Bagi wanita, memiliki tubuh gendut biasanya akan menjadi sebuah masalah karena akan mengganggu penampilan. Nah, buat Anda yang sedang melakukan diet sehat untuk mencegah obesitas, nampaknya bisa sarapan memakai oatmeal tiap pagi.

Serat dalam oatmeal akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan terasa kenyang lebih lama. Oleh karena perut terasa masih penuh, Anda secara otomatis tidak akan tergoda untuk memakan camilan. Sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi oatmeal memiliki risiko obesitas rendah.

6. Mencegah Pengerasan Arteri

Kandungan Avenanthramides dalam oatmeal tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides akan bekerja menekan produksi molekul sehingga memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi serealia utuh seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis. Ini merupakan salah satu manfaat oatmeal bagi kesehatan pembuluh darah.

Ateroskleorosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis sehingga menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan terasa lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

7. Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

Manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mencegah perkembangan kanker payudara. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi serat memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara, terutama jika berasal dari serat gandum.

Serat tidak larut dalam oatmeal akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Sebuah studi di Inggris juga menemukan bahwa wanita pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41 persen hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

8. Mencegah Pengembangan Diabetes

Bukan hanya kaya akan serat, oatmeal ternyata memiliki kandungan magnesium cukup tinggi. Mineral ini diketahui mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Dengan demikian, tidak perlu diragukan lagi tentang manfaat oatmeal dalam mencegah diabetes.

Hal tersebut diperkuat oleh beberapa temuan yang memperlihatkan selama delapan tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Nah, agar Anda mendapatkan manfaat optimal oatmeal untuk diabetes, Anda bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak akan ikut menurunkan risiko diabetes.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat jenis ini dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung dan menaikan sistem imunitas. Serat akan bekerja membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah yang terserang infeksi bakteri. Jadi, jelas ya, bahwa oatmeal berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Bisa Dikonsumsi Untuk Pasien Celiac

Celiac merupakan sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan.Para penderita penyakit celiac umumnya tidak dapat mengonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ). Namun, sebuah riset menunjukkan bahwa mereka tetap bisa makan oatmeal meskipun mengandung gluten dalam jumlah sedikit.

11. Melancarkan Proses Pencernaan Makanan

Salah satu manfaat sarapan oatmeal setiap pagi hari adalah dapat melancarkan proses pencernaan makanan dalam tubuh. Hal ini tak lain karena oatmeal mengandung serat larut yang akan memudahkan organ dalam mencerna makanan sehingga tidak terbentuk gas dalam lambung. Gas tersebut dapat membuat perut menjadi kembung.

Serat juga bermanfaat memperlancar proses metabolisme dan dapat mengatasi masalah pencernaan seperti  irritable bowel syndrome, penyakit radang usus, hingga sembelit (konstipasi / susah buang air besar). Anda bisa mengkombinasikan oatmeal dengan beberapa potong buah-buahan untuk makan pagi agar tambah sehat.

12. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Tidak dapat dipungkiri, serat dalam oatmeal memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Mengapa bisa? Serat akan membantu tubuh mengolah kolesterol jahat (LDL) hingga membuangnya melalui saluran ekskresi.

Seseorang yang mengkonsumsi oatmeal selama beberapa minggu akan mengalami penurunan LDL dan kolesterol total. Dengan begitu, pembuluh darah menjadi bersih dari plak penyumbat penyebab gumpalan darah. Hal ini secara tidak langsung akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta serangan jantung. Antioksidan dalam oatmeal juga ikut membantu menyehatkan jantung.

13. Mengurangi Stres
stres
Ilustrasi stres
Oatmeal ternyata bisa mengurangi stres lho. Kandungan karbohidrat kompleksnya dapat memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tenang. Nah, agar aktivitas kerja atau belajar Anda lebih nyaman serta jauh dari depresi, konsumsilah oatmeal saat pagi hari.

Selain bisa mengurangi stress, Anda juga bisa mendapatkan manfaat sarapan pagi bagi kesehatan lainnya bila menggunakan oatmeal seperti membantu pikiran tetap fokus, energi bertambah, hingga menyehatkan saluran pencernaan.

Untuk memperoleh variasi rasa, Anda bisa menambahkan buah-buahan atau susu rendah lemak dengan oatmeal. Yang perlu diperhatikan adalah saat Anda mengkonsumsi oatmeal instan dari toko / swalayan. Lihatlah baik-baik komposisinya, bisa jadi terdapat kandungan zat aditif berbahaya bagi tubuh.

14. Mencegah Munculnya Jerawat
jerawat pada wajah
Ilustrasi jerawat pada wajah
Buat Anda yang memiliki wajah berjerawat, bisa mencoba menggunakan masker dari oatmeal. Mengapa? Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung zat anti bakteri yang ampuh menghilangkan jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebabnya.

Tak hanya itu, kandungan anti oksidan dan kolagen dalam oatmeal juga bisa mengurangi penuaan dini pada kulit wajah. Agar hasil maksimal, Anda bisa menambahkan makanan pencegah jerawat pada menu makan sehari-hari seperti sayuran hijau serta buah-buahan yang kaya vitamin E atau C.

15. Pembersih Wajah Dan Melembabkan Kulit
perawatan wajah wanita
Ilustrasi perawatan wajah wanita
Ada banyak cara merawat wajah agar selalu tampak bercahaya dan cantik mempesona, mulai dari pemakaian masker, make up, hingga pergi ke salon. Nah, bila Anda ingin melakukan perawatan wajah secara alami di rumah, oatmeal bisa menjadi salah satu bahan alternatifnya.

Oatmeal mengandung saponin, suatu senyawa kimia yang sering ditemukan pada tumbuhan. Zat ini mampu memproduksi busa saat larut dalam air dan berfungsi seperti sabun untuk mengikat molekul minyak. Oatmeal lebih lembut dari pada sabun mandi, bekerja sangat baik membersihkan wajah tanpa menyebabkan kulit kering atau terkelupas.

Lalu, bagaimanakah cara penggunaannya? Pertama, tuangkanlah 1 sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisikan air hangat. Lalu aduk hingga merata dan terapkan pada wajah Anda. Pijatlah wajah Anda dengan lembut, layaknya seperti face scrub. Setelah selesai, bilas dengan air sampai bersih.

Oatmeal juga bisa digunakan sebagai krim pelembap kulit sehari-hari. Cara membuatnya cukup mudah dan praktis, Anda hanya perlu menyiapkan 1/2 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir yoghurt polos, dan 2 sendok makan madu organik mentah.

Campurkan semua bahan tersebut hingga merata, lalu simpan dalam wadah kecil khusus krim. Khasiat dari krim pelembap oatmeal ini diantaranya dapat melindungi epidermis saat proses penyembuhan kulit kering, atau kulit yang sedang meradang. Agar hasil maksimal, Anda perlu juga menambahkan beberapa makanan sehat untuk kulit dalam menu makan sehari-hari.

16. Mengangkat Kulit Mati Dan Meringankan Gatal Pada Kulit

Setiap orang tentu ingin kulitnya selalu terlihat awet muda, bukan? Kabar baiknya, ternyata oatmeal dapat dimanfaatkan untuk scrub penghilang sel kulit mati lho. Teksturnya yang ringan dan lembut, menjadikan oatmeal sebagai pilihan terbaik untuk scrub wajah.

Anda bisa membuat scrub dengan mencampurkan bahan-bahan : 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu organik mentah, dan 1 sendok makan air hangat. Campurkan semua bahan tersebut secara merata, lalu terapkan scrub pada wajah Anda selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kandungan avenanthramides dalam oatmeal bisa berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal seperti bekas luka, sunburns, dan ruam. Avenanthramides adalah sekelompok alkaloid fenolik yang dapat mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit.

Untuk menghilangkan gatal-gatal, Anda bisa mencoba menuangkan satu hingga dua cangkir oatmeal pada bak mandi Anda. Berendamlah selama beberapa menit. Setelah selesai, kulit Anda akan terasa lebih lembut, dan tenang.

17. Sebagai Sumber Energi

Oatmeal mengandung karbohidrat dan protein yang mampu mensuplai energi untuk tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik seperti oatmeal sekitar 3 jam sebelum lari atau olahraga, maka stamina tubuh akan lebih maksimal. Hal ini tentu saja karena bahan makanan yang rendah indeks glikemiknya akan mampu meningkatkan pembakaran lemak saat olahraga.

Bagaimana sobat Nuansa Pagi? Mengagumkan dan luar biasa bukan, khasiat oatmeal untuk kesehatan tubuh Anda? Tunggu apalagi, ayo buruan mangkonsumsi oatmeal secara rutin. Sekian info makanan sehat kali ini, terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet"

Post a Comment