11 Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarapan Oatmeal - Mengkonsumsi oatmeal setiap pagi hari ternyata memiliki sejumlah manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya bikin kenyang lebih lama, makanan ini juga kaya akan serat sehingga baik untuk saluran pencernaan. Bahkan diyakini bisa menurunkan kadar kolesterol lho!

Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang kerap dilupakan oleh sebagian orang. Padahal, sarapan pagi sangatlah berguna untuk menambah energi tubuh sebelum beraktivitas seperti bekerja, sekolah, atau pun lainnya. Agar makan pagi Anda benar-benar berfaedah, sebaiknya pilihlah makanan sehat untuk menunya.
manfaat sarapan oatmeal
Ilustrasi manfaat sarapan oatmeal
Anda bisa mencoba outmeal yang berasal dari gandum. Bahan makanan ini kaya akan serat, secangkir oatmeal mengandung 4 gram serat atau setara dengan sebuah apel. Berikut ulasan dari Nuansa Pagi tentang khasiat oatmeal bila dipakai untuk sarapan pagi.

Daftar Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

1. Memperlancar Proses Pencernaan Makanan
sarapan oatmeal
Ilustrasi sarapan oatmeal
Oatmeal memiliki kandungan serat tinggi yang berfungsi untuk memudahkan tubuh dalam mencerna makanan sehingga tidak terbentuk gas di lambung. Gas ini bisa membuat kembung. Serat juga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan mengurangi konstipasi (sambelit / susah buang air besar).

2. Membuat Jantung Tetap Sehat
jantung sehat
Ilustrasi jantung sehat
Ada banyak manfaat oatmeal bagi kesehatan, diantaranya adalah membuat jantung tetap sehat. Mengapa bisa? Hal ini tentu saja berkat kandungan serat dalam oatmeal yang dapat mengolah kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui saluran ekskresi.

Oleh karena kolesterol jahat (LDL) tersebut berkurang, maka pembuluh darah pun menjadi bersih dari plak penyumbat. Dengan demikian, risiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung pun dapat berkurang karena aliran darahnya lancar, tak tersumbat.

3. Mengurangi Risiko Kanker Usus

Makanan dengan kadar serat tinggi telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker kolorektal. British Medical Journal tahun 2011 mempublikasikan bahwa orang yang mengosumsi tambahan 90 gram biji-bijian dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 20 persen daripada yang tidak. Jadi, jelaslah sarapan pagi dengan oatmeal akan memberikan manfaat bagi organ usus.

4. Menurunkan Kolesterol
Oatmeal bermanfaat menurunkan kolesterol
Oatmeal bermanfaat menurunkan kolesterol (Foto Attribution : alphastockimages.com)
Oatmeal merupakan salah satu makanan penurun kolesterol secara alami yang ampuh. Sarapan pagi menggunakan oatmeal akan bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Kandungan serat larut dalam oatmeal mampu membantu mengurangi penyerapan tubuh dari kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat inilah yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga stroke.

5. Menurunkan Berat Badan
penurunan berat badan
Ilustrasi penurunan berat badan
Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat secara alami adalah mengkonsumsi oatmeal saat pagi hari. Serat tinggi dalam oatmeal akan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga secara otomatis Anda tidak akan tergoda dengan beragam camilan.

Satu porsi oatmeal mengandung sekitar 307 kalori. Oatmeal juga kaya mineral essensial yang baik untuk kesehatan seperti magnesium, mangan, fosfor, selenium, zinc, dan antioksidan flavonoid. Cara diet sehat menggunakan oatmeal ini bisa Anda kombinasikan dengan beberapa potong buah-buahan agar ada variasi rasa.

6. Kulit Sehat

Siapa seh yang tak suka bila kulit wajah dan tubuhnya tampak sehat awet muda? Anda tentu mau kan? Nah, sarapan memakai oatmeal setiap pagi hari ternyata berkhasiat juga untuk kesehatan kulit lho. Pasalnya, oatmeal mengandung sejumlah mineral perawat kulit.

Misalnya saja zinc yang berfungsi membersihkan kulit dan menyingkirkan racun. Ada juga zat besi guna menjaga kelembaban kulit. Selain dikonsumsi dalam bentuk makanan, oatmeal juga bisa digunakan sebagai bahan masker untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari sarapan pagi memakai oatmeal adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kok bisa? Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan kandungan serat beta-gluten di dalam oatmeal. Serat jenis ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menaikkan sistem kekebalan tubuh. Proses perbaikan sel-sel tubuh yang terinfeksi bakteri akan lebih cepat teratasi.

8. Mencegah Diabetes
test kadar gula darah
Ilustrasi test kadar gula darah
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa oatmeal sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Makanan yang mengandung serat larut ini dapat mengontrol kadar gula darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2 pada seseorang.

Sebuah studi dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition memperlihatkan hasil berupa beta-glucan pada oat dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah secara drastis pada penderita diabetes setelah makan. Bagaimana mekanisme pasti di balik manfaat oatmeal ini belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi dipercaya berhubungan dengan penghambatan penyerapan zat-zat makanan (termasuk gula) oleh serat pada oatmeal.

Begitu juga hasil penelitian para ahli dari University of Texas Southwestern Medical Center yang tercantum pada New England Journal of Medicine menyatakan bahwa serat makanan (seperti beta-glucan pada oat) dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan demikian, oatmeal rasanya pantas dimasukkan dalam daftar makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi.

9. Kenyang Lebih Lama

Manfaat sarapan pagi dengan oatmeal yang tak kalah penting adalah membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama. Kandungan serat dengan kadar tinggi dalam oatmeal akan menahan rasa lapar dari ngemil berlebihan sebelum jam makan siang tiba. Anda pun dapat menjadi lebih fokus berkonsentrasi dalam bekerja atau beraktivitas lainnya seperti kuliah atau pun belajar di sekolah.

10. Tidak Mahal Dan Bagus Untuk Sumber Energi Tubuh

Oatmeal memiliki harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan dan mudah didapatkan di mana saja. Sarapan memakai oatmeal akan membuat Anda lebih berhemat uang karena membuat perut tahan lapar lebih lama sehingga Anda tak perlu membeli camilan lain.

Tubuh akan tetap terjaga kesehatannya, dan Anda pun tak pusing dengan keuangan lantaran bisa lebih berhemat. Bila bosan dengan rasa oatmeal, Anda bisa mengkombinasikannya dengan makanan lain seperti telur, irisan daging, alpukat, stroberi, pisang, dan banyak lagi.

Oatmeal kaya akan sejumlah karbohidrat dan protein yang berfungsi mensuplai energi untuk tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi oatmeal sekitar 3 jam sebelum lari atau olahraga, maka stamina tubuh akan menjadi lebih maksimal. Mengapa bisa? Hal ini karena oatmeal termasuk bahan makanan yang rendah indeks glikemiknya sehingga mampu meningkatkan pembakaran lemak saat olahraga.

11. Mencegah Stres
Ilustrasi stres
Ilustrasi stres
Oatmeal ternyata memiliki kemampuan untuk mengurangi stres. Hal ini tentu saja karena kandungan karbohidrat kompleks dalam oatmeal dapat memicu hormon serotonin ke otak sehingga tubuh terasa lebih rileks, tenang, dan nyaman. Jadi, bagi Anda yang sering stres saat bekerja, bisa mencoba sarapan oatmeal agar mood baiknya bisa tetap terjaga.

Demikianlah ulasan dari saya tentang segudang manfaat makan oatmeal setiap pagi sebelum beraktivitas. Bagi Anda yang sibuk kerja di kantor, nampaknya outmeal bisa menjadi salah satu alternatif menu sarapan. Apalagi bagi Anda yang sibuk dan tak sempat memasak menu pagi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment