17 Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Test Pack Yang Akurat Sedini Mungkin Setelah Berhubungan Intim

Cara Mengetahui Kehamilan - Hai ladies, ingin tahu apakah Anda sedang hamil atau tidak? Simak ulasan berikut tentang cara mengetahui kehamilan pada wanita tanpa test pack yang akurat sedini mungkin setelah berhubungan intim. Mulai dari tes urine, mendeteksi dari fisik, hingga cara alami tradisional ada semua di sini.

Kehamilan merupakan masa-masa bahagia yang ditunggu oleh setiap wanita setelah menikah. Setiap wanita tentu ingin menjadi ibu pada waktu yang tepat dalam hidup mereka. Untuk mengetahui hamil atau tidaknya pada seorang wanita, biasanya dilakukan tes kehamilan memakai "test pack" atau langsung mengecek ke dokter kandungan.
cara mengetahui kehamilan
Ilustrasi cara mengetahui kehamilan
Sebelum Anda pergi ke dokter kandungan, ada baiknya Anda mencoba memeriksanya sendiri di rumah melalui metode sederhana dan alami. Cara ini relatif murah, bahan-bahannya pun mudah sekali di dapat. Kira-kira bagaimana ya caranya? Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut.

Daftar Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Test Pack Yang Akurat Sedini Mungkin Setelah Berhubungan Intim

1. Tes Mengumpulkan Urine (Air Seni)
urine
Ilustrasi urine (air seni)
Cara periksa kehamilan melalui tes mengumpulkan urin ini sangatlah mudah dilakukan oleh diri Anda sendiri di rumah. Hasilnya pun kemungkinan besar bisa mengatahui Anda positif hamil atau tidak.

Kumpulkanlah urin Anda dalam botol dan biarkan tak tersentuh selama 3-4 jam. Jika terbentuk lapisan putih tipis (zat jenis busa putih) di atas urin yang dikumpulkan, kemungkinan Anda telah dinyatakan positif hamil.

2. Cek Tanda-Tanda Kehamilan
tanda kehamilan
Ilustrasi tanda kehamilan : mual
Secara umum, Anda dapat mendeteksi kehamilan dini dengan melihat perubahan dari fisik seorang wanita seperti perut tampak membesar, berhenti menstruasi, berat badan bertambah, payudara membesar, dan lain sebagaimya. Namun, tanda tanda kehamilan tersebut biasanya muncul setelah usia kandungan sekitar 7 minggu.

Apabila masa kehamilan Anda masih kurang dari 1 minggu atau sebelum telat menstruasi maka akan sangat sulit untuk mendeteksinya. Mengapa demikian? Hal ini karena pada minggu pertama, di dalam rahim baru terjadi proses kehamilan berupa pembentukan antara sperma dan sel telur sehingga kebanyakan calon ibu hamil (baca : bumil) belum menyadari kalau dirinya sedang hamil.

Oleh karena itu, Anda harap bersabar beberapa minggu untuk mengetahui ciri-ciri kehamilan. Biasanya jika Anda mengalami mual dan keengganan terhadap bau atau rasa tertentu (Morning Sickness), itu merupakan salah satu tanda Anda positif hamil. Termasuk saat siklus haid periodik normal Anda berhenti selama satu atau dua bulan.

3. Cobalah Uji Pasta Gigi
pasta gigi
Ilustrasi pasta dan sikat gigi
Anda tentu punya pasta gigi di rumah bukan? Nah, ternyata pasta gigi bisa digunakan untuk mengetahui kehamilan lho. Caranya mudah, Anda tinggal mengumpulkan air kencing (urin) ketika baru bangun pagi hari. Siapkanlah wadah untuk pasta gigi (baca : odol).

Letakkan pasta gigi tersebut pada wadah yang telah disiapkan, lalu teteskan urine Anda pada pasta gigi tersebut. Tunggu beberapa saat, jika berubah menjadi berwarna biru atau berbusa, maka Anda kemungkinan positif hamil.

Bagaimana kalau tes kehamilan dengan pasta gigi hasilnya berbusa tapi tidak berubah warna? Jika hasilnya demikian, Anda bisa melakukan tes lain sebagai pembanding dan pergi ke dokter kandungan untuk memastikannya secara valid dan akurat.

4. Uji Cairan Pemutih Pakaian
Pemutih Pakaian
Ilustrasi Pemutih Pakaian (Foto : Bunny Jager)
Cairan pemutih bukan hanya membuat warna pakaian menjadi lebih cerah, tetapi juga bisa digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Caranya, Anda siapkan 2 wadah untuk menampung urine dan cairan pemutih. Campurkanlah obat pemutih pakaian tersebut ke dalam urine secara perlahan.

Tunggu beberapa saat, jika terbentuk busa atau gelembung seperti minuman bersoda misalnya sprite, maka Anda kemungkinan besar positif hamil. Namun, dalam uji pemutih ini kadang kala tidak begitu akurat karena ada faktor lain seperti kondisi medis tertentu yang menyebabkan terbentuk gelembung / busa. Jadi, sebaiknya Anda melakukan ujia kehamilan memakai test pack sebagai pembanding.

5. Uji Pemanasan Tubuh Dengan Mustard
Mustard
Ilustrasi Mustard (Foto : thespicehouse.com)
Mungkin bagi sebagian orang Indonesia masih asing dengan Mustard (baca : Moster atau mustar). Rempah-rempah khas Eropa ini berasal dari biji tanaman sesawi / biji mustard (beberapa jenis Brassica dan Sinapis) yang dihaluskan, lalu diencerkan dengan air dan dicampur dengan bahan-bahan lain.

Penampakan Mustard ini berwarna kekuningan dan ada juga yang memiliki warna kecokelatan. Biasanya bumbu dapur ini dijual dalam kemasan botol berbentuk kental seperti selai. Rasanya sedikit pedas dengan aksen asam.

Ternyata, Mustard ini dikenal sebagai peningkat panas tubuh dan bisa untuk mengetahui kehamilan pada wanita. Caranya, campurkan sekitar 2 cangkir atau 1 mangkuk mustard ke dalam bak mandi berisi air. Aduklah air tersebut hingga mustard yang dicampurkan merata.

Rendamlah tubuh Anda dalam air yang sudah dicampur dengan mustard selama kurang lebih 15 - 20 menit. Lalu, mandilah dengan air hangat. Jika dalam periode seminggu setelah treatment tersebut, tubuh Anda tidak mengalami peningkatan panas, maka kemungkinan Anda hamil.

6. Uji Dandelion
Dandelion
Dandelion (Foto : Sunasce007)
Apakah Anda memiliki tanaman dandelion / randa tapak di rumah? Jika punya, ambilah beberapa daun dan rendam dalam sampel urin Anda. Jika Anda melihat tanda merah pada daun setelah 10 menit, maka itu adalah indikasi yang jelas dari kehamilan Anda. Sebaiknya, selama melakukan tes ini, jauhkan dari paparan cahaya matahari langsung.

7. Uji Sabun
sabun cair
Ilustrasi sabun cair
Uji sabun juga merupakan salah satu cara mengetahui kehamilan Anda di rumah. Mengumpulkan urin pertama dalam botol dan menambahkan sabun ke dalamnya. Jika campuran menghasilkan banyak gelembung, maka Anda dapat kemungkinan hamil. Cobalah dan melihat cara kerjanya.

8. Uji Juice Tuna Dan Cuka
ikan tuna
Ilustrasi ikan tuna
Kumpulkan urin pertama dan menambahkannya dengan porsi yang sama jus tuna dan cuka. Jika campuran berubah menjadi hijau, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil. Jika berubah menjadi kuning atau oranye, maka Anda tidak hamil.

Baca Juga : 
9. Uji Hidrogen Peroksida dan Tylenol
Hidrogen Peroksida
Hidrogen Peroksida (tokopedia.com)
Kumpulkan urin pertama Anda di pagi hari dalam mangkuk dan tambahkan peroksida dan tylenol. Biarkan selama 3 - 5 menit. Jika campuran larutan berubah menjadi biru, maka Anda sedang hamil. Jika tidak, maka Anda harus bersabar untuk mencoba agar bisa hamil.

10. Uji Gula
Gula Pasir
Gula Pasir
Selain digunakan sebagai pemanis, gula juga dapat dipakai untuk mengetahui kehamilan. Kumpulkan urin pertama Anda dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 sendok gula di dalamnya. Jika membentuk rumpun bukannya melarutkan, maka Anda dapat memiliki hasil positif hamil.

Baca Juga : 
11. Gandum Dan Barley Mix
biji gandum
Ilustrasi biji gandum
Gandum dan Barley merupakan bahan makanan yang mirip atau hampir sama. Barley sendiri berasal dari jenis biji-bijian yang masih satu keluarga gandum. Selain kaya akan nutrisi dan serat, keduanya juga bisa bermanfaat untuk menguji kehamilan.

Caranya cukup mudah, campurkanlah Gandum Dan Barley Mix ke dalam sebuah wadah, kemudian siram dengan air kencing Anda. Jika biji-biji tersebut berkecambah setelah satu hari, kemungkinan Anda sedang hamil.

12. Cuka
cuka
Ilustrasi cuka
Anda tahu cuka bukan? Bahan dapur ini mudah sekali ditemukan di pasar atau pun toko bahan makanan. Jika Anda ingin memakainya dalam uji kehamilan, tinggal siapkan saja wadah untuk menampungnya. Lalu, campurkan urine Anda ke dalamnya. Tunggulah beberapa saat, jika terjadi perubahan warna pada cuka, maka bisa dimungkinkan Anda sedang hamil.

13. Baking Soda
Baking Soda
Baking Soda
Baking soda yang biasanya digunakan untuk pengembang kue, ternyata bisa dipakai juga dalam uji kehamilan. Bahkan konon katanya, bisa mengetahui jenis kelamin dari bayi yang dikandung. Keren bukan? Tapi, sebagian orang menganggapnya hanyalah mitos belaka.

Bila Anda penasaran, bisa mencobanya sendiri ya! Siapkan 2 sendok makan baking soda, taruh dalam wadah. Ambil sampel urin Anda sebanyak 2 tetes, lalu tambahkan pada baking soda tersebut. Jika ada reaksi dari baking soda tersebut, maka bisa diprediksi Anda sedang hamil.

14. Garam
garam
Ilustrasi garam
Cara mengetahui kehamilan dengan bahan alami selanjutnya adalah memakai garam. Siapkan garam secukupnya lalu letakan pada suatu wadah. Ambil sampel urine Anda, dan campurkan ke dalam wadah tersebut.

Tunggulah beberapa saat, maka hormon hCG akan bereaksi dengan garam. Jika terbentuk larutan seperti susu, maka Anda mungkin positif hamil.

15. Shampo
shampo
Shampo
Selain sabun, shampo juga bisa digunakan untuk mengetahui kehamilan. Caranya, ambil cairan sampo lalu tempatkan pada sebuah wadah. Tuangkan sampel urin Anda ke dalam wadah berisi sampo itu. Diamkan beberapa saat, jika terbentuk busa maka kemungkinan Anda positif hamil.

16. Memegang Atau Meraba Perut
memegang meraba perut
Ilustrasi memegang atau meraba perut
Cara ini sepertinya hanya bisa dilakukan bila usia kehamilan sudah beberapa minggu atau bulan. Anda dapat meraba atau pun memegangi perut Anda, rasakan bedanya dengan kondisi perut biasanya.

Jika perut Anda terasa semakin membesar dan agak keras (beda dengan lemak), maka kemungkinan Anda sedang hamil. Hati-hati dalam melakukannya, jangan sampai menekan terlalu keras sehingga mengganggu janin.

17. Pembersih Aroma Cemara
pembersih berbahan Pinus Cemara
Ilustrasi pembersih berbahan Pinus / Cemara (Foto : Mike Mozart)
Anda punya pembersih yang dari bahan pinus atau cemara? Jika iya, pembersih yang biasa dipakai untuk lantai tersebut dapat juga digunakan dalam tes kehamilan lho. Caranya praktis, tuangkan satu gelas cairan pembersih dalam mangkuk lalu tambahkan sampel air seni Anda. Campur keduanya secara merata, jika warna berubah maka kemungkinan Anda positif hamil.

Demikian sekilas info kesehatan ibu hamil tentang cara mengetahui kehamilan tanpa test pack dengan memakai bahan sederhana yang biasanya tersedia di rumah. Perlu saya garis bawahi, dari sekian macam cara uji kehamilan di atas, tidak ada satupun yang 100% valid dan akurat. Jadi, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter kandungan atau bidan untuk memastikan kehamilan Anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Test Pack Yang Akurat Sedini Mungkin Setelah Berhubungan Intim"

Post a Comment