17 Tips / Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Puasa Di Bulan Ramadhan

Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa - Tips kesehatan yang akan dibagikan kali ini adalah cara menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadhan. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik.

Selain mendapatkan pahala, ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, terutama memperbaiki saluran pencernaan. Namun, kadang kala selama berpuasa tubuh Anda justru merasa lemas dan lesu, bahkan kurang bergairah dalam bekerja atau pun beraktivitas.
cara menjaga kesehatan saat puasa
Ilustrasi cara menjaga kesehatan saat puasa
Nah, untuk mengatasai masalah tersebut, ada baiknya Anda menerapkan beberapa tips puasa sehat. Cara berpuasa seseorang ternyata akan berpengaruh pada kebugaran dan stamina tubuh. Kira-kira apa saja ya tipsnya? Yuk, simak ulasan lengkap dari Nuansa Pagi berikut ini.

Daftar Tips / Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Puasa Di Bulan Ramadhan

1. Konsultasi Kesehatan Ke Dokter
konsultasi dengan dokter
Ilustrasi konsultasi dengan dokter (Foto : Rhoda Baer)
Bagi Anda yang sedang sakit atau dalam masa penyembuhan, ada baiknya untuk mengkonsultasikan kesehatan sebelum menjalankan ibadah puasa. Tanyakan tentang pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan jenis olahraga apa yang boleh dilakukan selama berpuasa.

2. Sahur Dengan Makanan Bergizi Dan Mengakhirkannya
makan sahur
Ilustrasi makan sahur (Foto : National Cancer Institute)
Kadang-kadang, ada beberapa orang menyepelekan sahur, padahal selain bernilai pahala (termasuk amalan sunah), sahur berperan penting dalam kelancaran ibadah puasa. Menu makanan yang dikonsumsi saat sahur akan mempengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh.

Saat sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah. Makanan tersebut berfungsi untuk menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih juga penting dikonsumsi ketika makan sahur.

Menyediakan menu sahur bergizi seimbang merupakan salah satu cara menjaga stamina saat puasa agar tetap prima dan bugar. Selain itu, akhirkanlah makan sahur Anda sesuai dengan Sunnah Nabi. Hal ini akan memberikan waktu pada tubuh untuk membakar makanan menjadi energi (kalori) sehingga saat siang tubuh tidak lemas dan siap bekerja penuh energi.

3. Hindari Makanan Berminyak
contoh makanan berminyak : gorengan
Ilustrasi contoh makanan berminyak : gorengan
Cara menjaga kesehatan saat puasa yang ketiga adalah menghindari mengonsumsi makanan berminyak saat sahur. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.

4. Hindari Minum Air Dingin atau Es
Minuman dingin es
Minuman dingin / es
Minuman dingin seperti es teh, es campur, atau pun es dawet memang menggoda sekali untuk dicicipi saat buka puasa. Segar sekali rasanya setelah meminumnya. Tapi, dibalik kesegarannya itu ternyata minuman dingin bikin perut Anda menjadi kembung. Apalagi minuman berpemanis buatan, akan menambah kelesuan pada tubuh Anda.

Selama berpuasa, tubuh memang mengalami kekeringan atau dehidrasi. Nah, untuk mengatasinya, saat berbuka Anda disarankan meminum air putih biasa, tidak dingin. Air putih ini akan berguna memberi kesegaran tubuh dan baik untuk kesehatan karenaa mudah diserap tubuh.

5. Mengkonsumsi / Minum Air Putih Dalam Jumlah Yang Cukup
air putih
Ilustrasi air putih
Saat berpuasa, sangat dianjurkan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak (baca : cukup), baik ketika sahur atau pun buka puasa. Mengapa? Hal ini tentu saja karena ada banyak manfaat minum air putih bagi orang yang berpuasa. Terutama untuk mencegah dehidrasi / kekeringan akibat banyak cairan keluar saat beraktivitas di siang hari.

6. Jauhi Sikap Malas
malas
Ilustrasi malas
Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, setiap amalan akan dilipat gandakan pahalanya. Bahkan, tidur saja akan mendapatkan pahala. Nah, mumpung Anda memiliki kesempatan berada di bulan mulia tersebut, maka alangkah baiknya setiap hari diisi dengan berbagai aktivitas positif dari pada bermalas-malasan.

Meskipun tidur dianggap berpahala saat bulan Ramadhan, bukan berarti Anda harus tidur terus. Dengan melakukan kegiatan baik, maka pikiran Anda akan ikut baik pula sehingga berdampak pada meningkatnya kesehatan tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Mulut
menyikat gigi
Ilustrasi menyikat gigi (Foto : Bill Branson)
Salah satu problem orang berpuasa adalah mulutnya terasa bau tak sedap. Bau mulut saat puasa atau disebut juga dengan istilah medis halitosis, secara umum terjadi karena tidak adanya aktivitas mengunyah selama 12 jam lebih sehingga air liur pun ikut berkurang. Dalam keadaan normal, jumlah produksi air liur biasanya sekitar 1-1,5 liter setiap harinya.

Air liur ini berguna untuk mengalirkan bakteri penyebab penyakit ke dalam kerongkongan dan terbawa ke dalam saluran pencernaan. Bakteri tersebut berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Saat produksi air liur menurun, maka banyak bakteri mendekam di mulut sambil menebarkan bau tak sedap.

Nah, salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah menjaga kebersihan mulut. Sikatlah gigi Anda secara rutin setelah makan sahur dan menjelang tidur. Jika dirasa masih kurang bersih, Anda bisa menggunakan obat kumur (mouthwash) yang halal setelah gosok gigi. Dengan demikian, bau nafas tak sedap Anda bisa berkurang.

8. Hindari Berlama-Lama Di Tempat Terik Matahari
Aktivitas dalam ruangan
Aktivitas dalam ruangan
Mengingat Anda tidak diperkenankan makan dan minum, maka untuk mengurangi rasa lelah atau pun haus, sebaiknya beraktivitas di dalam ruangan. Jika terpaksa melakukan kegiatan outdoor, carilah tempat teduh serta tidak terlalu berlama-lama di lokasi yang penuh panas terik matahari.

9. Berhenti Merokok
rokok
Ilustrasi rokok
Saat malam hari sesudah buka puasa atau pun saat sahur, sebaiknya tidak merokok walaupun Anda seorang perokok berat. Rokok akan mengganggu paru-paru dan juga menyebabkan bau mulut. Selama bulan Ramadhan, Anda harus berani menahan hawa nafsu untuk merokok. Sebagian ulama juga ada yang mengharamkan rokok lho!

10. Menyiapkan Bekal Makanan, Alat Kebersihan Tubuh, Pakaian, Dan Obat Untuk I'tikaf
Masjid untuk ibadah i'tikaf
Ilustrasi Masjid untuk ibadah i'tikaf
Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk beri'tikaf di dalam masjid dalam rangka menghadang malam seribu bulan (baca : Lailatul Qadar). Nah, buat Anda yang akan melakukan kegiatan i'tikaf, sebaiknya mempersiapkan bekal cukup.

Siapkanlah makanan, alat kebersihan seperti sikat gigit, pasta gigi, atau sabun mandi, pakaian, dan obat-obatan yang dibutuhkan agar ibadah Anda lancar. Meskipun pihak panitia sudah mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, Anda tetap harus berjaga-jaga membawa makanan sendiri, apalagi jika Anda alergi terhadap makanan tertentu.

11. Memilih Aktifitas Fisik Yang Tidak Menyita Banyak Tenaga
Aktivitas ringan
Aktivitas ringan
Saat puasa, suplai makanan Anda dibatasi sehingga untuk menghemat energi, sebaiknya batasi aktivitas fisik berat. Pilihlah kegiatan ringan yang tidak membuat Anda mudah lelah. Desain pula ruangan kerja Anda dengan warna cerah seperti orange agar menambah semangat dalam bekerja.

12. Berbuka Puasa Dengan Makan Secukupnya
buka puasa
Ilustrasi buka puasa (Foto : Bill Branson)
Berbuka puasa dengan makan secukupnya merupakan salah satu cara menjaga kesehatan saat puasa. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibatnya lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang.

Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

13. Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Manis Saat Berbuka Puasa
Makanan manis
Makanan manis
Berbuka dengan sesuatu yang manis memang termasuk salah satu tips menjaga kesehatan saat berpuasa. Namun, banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis’. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula. Konsumsilah makanan manis dari buah-buahan seperti kurma, hindari makanan yang mengandung pemanis buatan.

14. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda
Kopi
Kopi
Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa makanan yang harus dihindari saat puasa demi kesehatan. Hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

Gantilah kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah. Dalam sehari Anda bisa minum 4-10 gelas air putih dan itu dibagi untuk buka dan sahur sebagai ganti teh, kopi, dan minuman bersoda. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa.

15. Olahraga Ringan
Olah raga ringan
Olah raga ringan
Cara menjaga kesehatan saat puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga. Olah raga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

Lakukan pula olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

16. Mengatur Pola Tidur Yang Cukup
tidur
Ilustrasi tidur
Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting sebagai salah satu cara menjaga kesehatan saat puasa. Mengantuk ketika puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh Anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Kalaupun tidur malamnya masih tidak mencukupi, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan bantu memulihkan energi Anda.

17. Membuat Perencanaan Makanan
menu makanan sehat
Ilustrasi menu makanan sehat
Nah, setelah Anda mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari dan yang harus dikonsumsi selama bulan puasa Ramadhan, alangkah baiknya diikuti dengan membuat rencana menu makanan. Selama bulan ramadhan, buatlah perencanaan daftar makanan sehat untuk puasa yang akan Anda konsumsi sekeluarga secara rapi.

Hal ini bertujuan agar anda tidak bingung dalam menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari. Gunakan menu makanan bergizi seimbang dan hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan Anda.

Bagaimana sobat Nuansa Pagi? Cukup jelas dan praktis bukan tipsnya? Dengan melakukan langkah-langkah di atas, stamina tubuh Anda akan lebih terjaga selama berpuasa Ramadhan atau pun puasa sunah seperti senin-kamis dan Daud. Semoga tips menjaga kesehatan saat puasa tersebut dapat bermanfaat bagi Anda sekeluarga. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Tips / Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Puasa Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment