10 Tips / Cara Menjaga Stamina Tubuh Saat Puasa Agar Tetap Prima Dan Bugar

Cara Menjaga Stamina Saat Puasa – Tips puasa sehat kali ini akan berbagi info tentang cara menjaga stamina tubuh saat puasa agar tetap prima dan bugar. Mempertahankan kondisi badan selalu fit selama berpuasa merupakan salah satu tantangan berat bagi setiap orang. Lemas, kantuk dan tak bergairah menyelesaikan pekerjaan kantor sering sekali dirasakan selama menjalankan ibadah ini.

Ada banyak manfaat puasa yang bisa Anda peroleh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, puasa juga punya konsekuensi lain seperti lemas, ngantuk, dan kurang tenaga yang harus Anda hadapi. Tidak adanya asupan makanan sejak pagi hingga menjelang maghrib mungkin menjadi salah satu faktor utama kenapa tubuh Anda merasa lemas ketika berpuasa.
cara menjaga stamina saat puasa
Ilustrasi cara menjaga stamina saat puasa : senyum berpikir positif
Namun, bukan hanya soal suplai makanan saja, pola pikir pun ikut mempengaruhi stamina juga lho! Nah, untuk mengatasi masalah penurunan stamina tersebut, Nuansa Pagi telah menyiapkan beberapa tips sederhana dan praktis yang efektif dalam mempertahankan kondisi tubuh agar tetap fit ketika berpuasa. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Tips / Cara Menjaga Stamina Tubuh Saat Puasa Agar Tetap Prima Dan Bugar

1. Berpikir Positif Dan Jauhi Pikiran Negatif
orang sedang memikirkan sesuatu
Ilustrasi orang sedang memikirkan sesuatu
Menjalani ibadah puasa dengan hati yang ikhlas dan pikiran positif akan bisa membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari. Jika Anda masih punya masalah seperti marah akibat bertengkar dengan sahabat atau kecewa terhadap hasil presentasi, maka kesampingkanlah terlebih dahulu hal-hal negatif seperti itu.

Rasa sesal, kemarahan, kecewa, dan perasaaan negatif lainnya akan mengganggu kesehatan mental dan menyedot habis energi Anda. Menurut seorang ahli psikologi, penyesalan yang berlarut-larut akan memicu rasa lelah serta bisa menghilangkan motivasi.

Anda bisa meningkatkan pikiran positif melalui relaksasi aromaterapi. Gunakanlah minyak atau lilin aromaterapi yang mengandung minyak lavender atau citrus. Ini termasuk salah satu tips menjaga stamina saat puasa yang mudah Anda lakukan di rumah atau pun di kantor.

2. Hindari Kopi Saat Sahur atau pun Buka Puasa
segelas kopi
Segelas kopi
Bagi para pecinta kopi, sebaiknya selama Anda melakukan ibadah puasa mengganti konsumsi kopi dengan jus / smoothie dari buah atau sayuran hijau. Kopi termasuk salah satu minuman yang kurang baik untuk kesehatan lambung.

Sementara itu, konsumsi buah dan sayur saat sahur akan mensuplai vitamin, mineral, serta memberi rasa kenyang lebih lama sehingga stamina tubuh tetap terjaga saat siang hari.

3. Batasi Aktivitas Fisik Di Tempat Yang Panas / Terik
bekerja di dalam ruangan
Bekerja di dalam ruangan
Mengingat Anda tidak diperbolehkan makan / minum saat berpuasa, maka ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang teduh. Batasi juga aktivitas fisik berat agar tubuh Anda tidak mudah kelelahan.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berminyak
makanan berminyak
Makanan berminyak
Salah satu makanan yang harus dihindari saat puasa agar tubuh tetap prima adalah makanan berminyak. Mengapa? Hal tersebut karena makanan jenis ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya, tubuh Anda akan mengantuk pada siang hari.

5. Terapi Warna
ruangan berwarna cerah
Ilustrasi ruangan berwarna cerah
Warna-warna yang Anda lihat di sekitar, ternyata bisa berdampak pada ketahanan stamina tubuh. Penelitian yang dilakukan Eiseman Center for Color Information & Training menunjukkan bahwa warna-warna hangat seperti merah, kuning dan oranye bisa membuat Anda lebih berenergi dari pada warna-warna dingin.

Warna tersebut paling cepat menarik perhatian untuk mengaktifkan otak. Oleh karena itu, melihat atau mengenakan sesuatu berwarna cerah dan hangat, mood Anda pun akan menjadi lebih positif dan bersemangat. Warna oranye misalnya, merupakan gabungan dari merah yang meningkatkan produksi adrenalin dan kuning sebagai pengingat cerahnya cahaya matahari dan kegembiraan.

Anda bisa memakai pakaian berwarna oranye (orange) atau pun menambahkan aksesories seperti syal, tas, atau perhiasan dengan warna tersebut. Bisa juga menempatkan warna oranye pada pot bunga, notes tempel, file folder, kalender, dan sebagainya.

6. Berhenti Merokok
rokok
Ilustrasi rokok
Selain sebagai alternatif cara mengatasi bau mulut saat puasa secara efektif, berhenti merokok juga ampuh mempertahankan kondisi stamina tubuh tetap bugar. Pasalnya, merokok saat sahur akan menyebabkan dehidrasi sehingga cepat lemas pada siang hari. Nah, dengan tidak merokok berarti Anda sudah ikut membantu tubuh agar terus fit hingga waktu berbuka tiba.

7. Kurangi Makanan Manis Yang Mengandung Gula Saat Sahur
makanan manis mengandung gula
Ilustrasi makanan manis mengandung gula
Saat makan sahur, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula buatan. Makanan manis mengandung gula hanya disarankan saat berbuka puasa. Itu pun tak boleh berlebihan. Makanan manis biasanya mudah diserap tubuh sehingga tubuh kamu akan cepat merasa lapar. Jika memang ingin mengkonsumsi makanan manis, usahakan berupa buah-buahan segar.

8. Menu Sahur Sehat
menu makanan sehat
Menu makanan sehat
Banyak orang menyepelekan makan sahur saat puasa. Padahal, sahur memiliki peranan penting dalam proses menjalankan puasa sekaligus menjaga kesehatan stamina tubuh. Agar saat siang hari tubuh Anda tidak lemas, ketika sahur konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah.

Makanan tersebut akan membantu perut Anda tetap kenyang selama lebih dari 6 jam. Jangan lupa menambahkan protein, buah, sayur, dan air putih dalam menu sahur Anda guna menjaga daya tahan stamina tubuh selama puasa.

9. Melompat-Lompat atau Banyak Bergerak / Olah Raga Ringan
melompat-lompat
Ilustrasi melompat-lompat
Meskipun Anda sedang puasa, bukan berarti harus duduk santai terus menerus di depan komputer atau pun televisi. Terlalu banyak duduk dan tidur justru akan semakin membuat tubuh Anda menjadi lemas tak berenergi. Oleh karena itu, cobalah berolah raga ringan seperti melompat-lompat.

Gerakan berulang-ulang tentu membuat jantung berdetak kencang sehingga asupan oksigen ke dalam sel-sel tubuh lebih banyak. Pada akhirnya, otak pun menjadi segar untuk berfikir. Selain melompat-lompat, Anda bisa naik turun tangga beberapa kali. Jika Anda seorang karyawan, lakukanlah kedua aktivitas tersebut sebelum berangkat ke kantor sehingga pekerjaan Anda tidak terganggu.

10. Aktif Di Media Sosial Untuk Hal Yang Positif
Media Sosial
Media Sosial
Siapa seh yang tak punya akun medsos saat ini? Hampir setiap orang memilikinya bukan? Media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram bisa juga lho digunakan untuk kegiatan positif selama berpuasa. Syaratnya, Anda harus terkoneksi dengan orang-orang baik yang Anda sayangi seperti suami / istri, kakek, nenek, anak-anak, atau pun sahabat karib.

Berinteraksi dengan orang-orang yang Anda sayangi akan memicu tubuh melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini diketahui berfungsi menimbulkan rasa senang, tenang, dan semangat. Tapi, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah tidak boleh ngrumpi (gosip), karena akan membatalkan pahala puasa Anda. Waktu bermain medsos pun harus dibatasi sekitar beberapa menit saja, bukan seharian.

Demikianlah sekilas info kesehatan tentang tips menjaga stamina saat puasa agar tubuh tetap prima. Jika Anda punya cara lain yang lebih efektif, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips / Cara Menjaga Stamina Tubuh Saat Puasa Agar Tetap Prima Dan Bugar"

Post a Comment