11 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur / Berbuka Puasa

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa - Info makanan sehat kali ini akan mengulas tentang makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur / berbuka puasa. Mengatur pola makan saat bulan Ramadhan bukanlah perkara mudah. Pasalnya, setelah menahan lapar dan haus selama 12 jam lebih, nafsu makan Anda bisa jadi tak terkontrol.

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan diet agar berat badan menurun, sekaligus mengistirahatkan saluran pencernaan makanan dari kerja berlebihan. Agar saat puasa asupan makanan bisa lebih terkontrol, sebaiknya ketahui jenis makanan apa saja yang harus dihindari ketika berpuasa.
Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa
Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa
Memang, ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh yang bisa diperoleh. Namun, jika Anda asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan, malah justru akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Nah, agar ibadah puasa Anda memberikan khasiat secara maksimal, ada baiknya menghindari makanan dan minuman berikut saat sahur atau berbuka.

Daftar Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur / Berbuka Puasa

1. Goreng-Gorengan
Gorengan
Ilustrasi gorengan / makanan yang digoreng : lumpia goreng
Godaan makanan berupa gorengan memang seringkali tidak bisa terhindarkan saat bulan puasa. Cemilan seperti tahu goreng, lumpia goreng, mendoan atau pisang goreng memang menjadi menu pembuka yang nikmat. Meskipun terasa lezat, namun makan gorengan kurang disarankan untuk dikonsumsi saat puasa.

Menurut pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, gorengan merupakan jenis makanan yang tinggi protein sama seperti daging dan telur yang menjadi penyebab orang berpuasa menjadi lemas setelah berbuka. Oya, gorengan juga termasuk salah satu makanan pemicu jerawat yang harus dihindari para remaja.

Protein ini membutuhkan waktu yang lama untuk diubah menjadi energi, sehingga menyebabkan tubuh Anda lemas. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memilih makanan sehat untuk buka puasa agar ibadah dan aktivitas Anda tidak terganggu selama bulan Ramadhan.

2. Makanan Berlemak
Makanan Berlemak
Ilustrasi Makanan Berlemak (Foto : Midori)
Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti daging, santan dan mayones sebaiknya dihindari Anda menjalankan ibadah puasa. Kalaupun terpaksa ingin mencicipi makanan ini, sebaiknya tidak dimakan terlalu berlebihan.

Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, kolak juga sebaiknya jangan dimakan terlalu banyak karena mengandung santan dan gula. Kolak yang berisi tepung, pisang, candil tidak apa-apa dimakan selama tidak berlebihan.

3. Makanan / Minuman Manis Yang Banyak Mengandung Gula
Minuman manis
Minuman manis
Makanan dan minuman manis sering kali menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Meskipun terasa menyegarkan, namun hidangan jenis ini sebaiknya dikurangi. Gantilah makanan atau minuman yang mengandung gula tersebut dengan pemanis alami dari buah-buahan atau jus buah. Gula bisa meningkatkan trigliserda (lemak darah) naik.

Memang, saat berbuka dianjurkan mengkonsumsi makanan manis, tapi bukan berarti makanan yang manis mengandung gula buatan (sintetis). Melainkan makanan dengan gula alami seperti kurma atau pun buah-buahan.

Gula termasuk bahan makanan yang umumnya disukai oleh bakteri di mulut. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya saat malam hari, mulut pun akan cenderung asam sehingga menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut tak sedap. Mengurangi konsumsi makanan / minuman manis dengan kadar gula tinggi termasuk salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa yang cukup efektif.

4. Makanan Bertekstur Lembut
Bubur
Bubur (Foto : Toshimasa Ishibashi)
Makanan lembut seperti bubur akan membuat perut Anda cepat lapar. Oleh karena itu, pilihlah nasi merah atau nasi putih yang butiran berasnya panjang-panjang seperti beras saigon sebagai makanan sehat untuk sahur.

5. Minuman Yang Mengandung Kafein
Kopi
Kopi
Salah satu cara menjaga stamina tubuh saat puasa adalah dengan mengurangi konsumsi minuman kopi dan teh saat buka puasa atau pun sahur. Minuman tersebut mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga merangsang tubuh kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil.

6. Makanan Asam Dan Pedas
Makanan Pedas
Makanan Pedas
Makanan asam bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit. Begitu pula dengan makanan pedas, dapat menyebabkan terganggunya saluran pencernaan makanan. Jadi, makanan asam dan pedas wajib dihindari selama Anda menjalankan ibadah puasa.

7. Durian
Durian
Ilustrasi Durian
Berdasarkan sebuah artikel kesehatan yang saya baca, buah durian ternyata masuk dalam list buah-buahan yang tidak dianjurkan disantap ketika berbuka puasa. Durian bukan makanan sehat untuk buka puasa karena durian mengandung alkohol yang bisa menimbulkan gas pada saluran pencernaan dan memicu kepala pusing.

8. Minuman Bersoda
Minuman Bersoda
Minuman Bersoda
Menghindari minuman bersoda termasuk cara menjaga kesehatan saat puasa yang cukup efektif. Berbagai jenis minuman bersoda, minuman berperisa buah, minuman berenergi, dan minuman mengandung susu bisa membuat Anda cepat merasa haus. Apalagi kandungan gulanya lumayan tinggi sehingga bisa menimbulkan risiko terkena diabetes.

9. Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
Meskipun jeruk nipis bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, namun alangkah baiknya Anda menghindari buah yang satu ini saat berpuasa. Kandungan asam jeruk nipis termasuk tinggi sehingga bisa mempengaruhi asam lambung terutama ketika perut belum diisi oleh makanan lainnya.

10. Mangga Yang Asam
Mangga
Mangga
Selain jeruk nipis, mangga yang asam juga termasuk makanan yang harus dihindari saat puasa. Anda boleh mengkonsumsi mangga asalkan manis rasanya, karena jika asam akan dikuatirkan menimbulkan sakit perut.

11. Buah Kalengan
Buah Kalengan
Ilustrasi Buah Kalengan
Semua buah yang tidak asam atau sepet kemungkinan bisa dikonsumsi setelah berbuka puasa. Akan tetapi, tidak untuk buah kalengan. Buah yang sudah diberikan perasa makanan atau penyedap rasa tidak akan sesehat buah alami. Jadi, sebaiknya Anda hindari mengkonsumsi buah kalengan. Pilihlah buah asli yang masih segar.

Nah, bagaimana sekarang? Sudah tahukan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat puasa? Mulai sekarang Anda bisa memilih makanan sehat untuk buka puasa atau pun untuk sahur sehingga ibadah puasa Anda lancar selama sebulan penuh. Sekian info makanan sehat kali ini tentang makanan yang harus dihindari saat berpuasa dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur / Berbuka Puasa"

Post a Comment