10 Buah Yang Sehat Dan Paling Baik Untuk Ibu Hamil Muda / Hamil Tua

Buah Untuk Ibu Hamil - Inilah daftar buah-buahan yang sehat dan paling baik untuk ibu hamil muda / hamil tua. Selama masa kehamilan, konsumsi buah sangatlah penting agar kesehatan dan pertumbuhan janin tetap terjaga hingga proses melahirkan.

Buah termasuk salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sel tubuh, sistem kekebalan, hingga meningkatkan kecerdasan otak janin. Kandungan serat dalam buah juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari serangan konstipasi / sambelit.
buah untuk ibu hamil
Ilustrasi buah untuk ibu hamil
Namun, tidak semua buah-buahan dapat dimakan oleh ibu hamil. Ada beberapa buah yang harus dihindari selama masa kehamilan seperti pepaya dan nanas karena jika kebanyakan akan membahayakan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis buah yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil saat trimester awal, kedua, atau pun ketiga. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut.

Daftar Buah Yang Sehat Dan Paling Baik Untuk Ibu Hamil Muda / Hamil Tua

1. Alpukat
Alpukat
Alpukat
Ada banyak manfaat alpukat untuk ibu hamil baik saat usia kehamilan masih muda atau pun tua. Buah ini kaya akan asam folat yang berperan penting dalam perkembangan organ tubuh bayi terutama tulang dan gigi. Jika ibu hamil kekurangan asam folat, maka janin dalam kandungan bisa terkena risiko deformitas.

Deformitas merupakan suatu kelainan dimana susunan gigi tetap tidak teratur. Asam folat juga diyakini mampu mencegah cacat syaraf pada janin, komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia.

Alpukat termasuk sumber kalsium alami yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dalam pembentukan tulang janin dan memperkuat tulang sang ibu.Kandungan vitamin C dalam alpukat dapat mempercepat penyerapan zat besi, sedangkan vitamin E-nya berfungsi meningkatkan hormon prolaktin dan sebagai anti penuaan.

Selain baik dikonsumsi saat hamil, buah alpukat juga bagus untuk kecantikan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat alpukat yang maksimal bagi kulit wajah, Anda bisa membuat masker alami dari buah ini dengan campuran yogurt atau madu. Kulit Anda akan tampak sehat, bersih, dan lebih kencang.

Bagi Anda yang berjerawat, buah alpukat juga ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Anda bisa membuat masker dari campuran alpukat dan tomat. Nutrisi dalam kandungan kedua buah tersebut dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati, menyamarkan noda hitam, membunuh bakteri penyebab jerawat, serta mencerahkan kulit.

2. Mangga
Mangga
Mangga
Buah mangga kaya akan nutrisi / zat gizi penting yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin selama periode kehamilan. Kandungan zat gizinya antara lain vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, zat besi, kalium, dan asam folat. Vitamin A dalam mangga sangat baik untuk pertumbuhan janin, perkembangan organ / saraf pusat, dan membantu memperbaiki jaringan tubuh pasca melahirkan.

Vitamin C berperan sebagai zat anti oksidan, vitamin B6 berperan dalam perkembangan janin, zat besi untuk pembentukan hemoglobin sehingga dapat mencegah anemia, kalium dapat mencegah kram, asam folat dapat mencegah cacat pada bayi, dan serat memperlancar buang air besar pada ibu hamil.

Meskipun ada banyak manfaat mangga yang bisa diperoleh, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum mengkonsumsi mangga, yaitu :
  • Bagi ibu hamil penderita diabetes gestasional sebaiknya membatasi asupan mangga karena kandungan gula dalam mangga lumayan tinggi.
  • Pastikan buah mangga yang dikonsumsi termasuk buah matang dari pohonnya. Hindari buah mangga matang karbitan karena mengandung bahan kimia arsenik / fosfor / kalsium karbida.
  • Pastikan kebersihan mangga yang akan dimakan. Kupaslah terlebih dahulu kulit mangga memakai pisau bersih. Kemudian cucilah dengan air bersih, lalu potong memakai pisau bersih lainnya agar terhindar dari bahan kimia di kulit mangga. Hindari memakan mangga langsung dengan kulitnya. Jika perlu, sebelum dikupas cuci terlebih dahulu mangganya.
  • Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah mangga karena kadar vitamin A atau pun vitamin C yang berlebihan akan berdampak buruk bagi janin dan ibu hamil.
  • Bacalah do'a terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi mangga.
3. Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis
Asalkan tidak berlebihan, konsumsi jeruk nipis termasuk baik dan sehat untuk ibu hamil. Buah ini kaya akan vitamin C , antioksidan, dan asam folat yang bagus untuk pertumbuhan janin dalam kandungan terutama saat periode 3 bulan pertama (trimester awal). Jeruk nipis juga bisa mengurangi mual, "morning sickness", atau pun masalah kesehatan umum lainnya selama kehamilan.

Meskipun rasanya asam, jeruk nipis sebenarnya akan bersifat basa di dalam tubuh sehingga tidak terlalu menyebabkan iritasi pada lambung. Namun, bagi ibu hamil yang punya riwayat penyakit maag, sebaiknya tidak mengkonsumsi jeruk nipis agar terhindar dari risiko sakit maag dan perut kembung. Kalau pun ingin mencicipinya, jangan sampai berlebihan, cukup sekedarnya saja.

4. Lemon
Lemon
Ilustrasi Lemon
Seperti halnya jeruk nipis, buah lemon juga memiliki khasiat untuk membantu pencernaan, mengatasi rasa mual, dan "morning sickness" pada wanita saat hamil. Tak hanya itu, kandungan folat di dalamnya juga bisa mencegah cacat saraf pada janin / bayi.

Secara umum, manfaat lemon untuk wanita hamil antara lain sebagai sumber vitamin C, membantu perkembangan otak bayi, mengandung antioksidan agar terhindar dari infeksi bakteri, dan menambah cairan tubuh. Untuk memperoleh sejumlah manfaat lemon tersebut, Ibu hamil bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus.

Namun, ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi lemon secara berlebihan karena ada beberapa efek samping negatif seperti gangguan pencernaan atau gigi, serta menyebabkan flu dan batuk bila dikonsumsi dalam keadaan dingin. Anda bisa meminum jus lemon dalam keadaan hangat / suhu ruangan bila takut terkena pilek.

5. Pisang
Pisang
Ilustrasi buah Pisang
Ada banyak manfaat pisang yang bisa Anda peroleh, diantaranya yaitu menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko stroke, meningkatkan kekuatan otak, mengontrol tekanan darah, mengurangi mata panda, melembabkan kulit secara alami, menghilangkan bekas jerawat, dan mencegah kerontokan rambut.

Selain khasiat di bidang kesehatan dan kecantikan, buah pisang juga memiliki sejumlah manfaat bagi ibu hamil. Pisang kaya akan serat sehingga akan melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Pisang bersifat lembut di perut, kandungan potasiumnya bisa mengurangi rasa mual selama proses kehamilan.

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya yaitu sebagai sumber energi, asam folat, dan zat besi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Menurut informasi kesehatan, dua buah pisang cukup memenuhi asupan zat besi pada pasien anemia. Asam folat dalam pisang berperan penting dalam pembentukan asam nukleat dan hemoglobin dalam sel darah merah.

Asam folat juga memiliki berguna dalam perkembangan selubung saraf selama kehamilan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi pisang matang secara langsung atau pun dikombinasikan dengan buah lain / yogurt. Pisang juga mengandung vitamin B-6 dan vitamin C yang bagus untuk kesehatan tubuh. Oya, konon konsumsi pisang juga diyakini membuat peluang memiliki anak laki-laki lebih besar lho.

Baca Juga :
6. Buah Beri (Berries)
strawberry
Ilustrasi strawberry salah satu jenis buah berries
Buah-buahan jenis berry seperti strawberry, cranberry, blueberry, dan lain sebagainya dipercaya baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan vitamin C di dalamnya berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain. Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Selain vitamin C, berbagai jenis buah berries juga kaya potassium, folate, serat, dan antioksidan. Phytonutrien di dalam buah ini berguna untuk menjaga sel tubuh ibu dan bayi dari kerusakan. Kandungan asam folatnya yang tinggi sangat dibutuhkan dalam pembelahan dan pertumbuhan sel. Asam folat dalam buah Raspberry diyakini dapat memperbaiki kesuburan wanita.

7. Jeruk
Jeruk
Jeruk
Siapa seh yang tak suka buah jeruk? Rasanya manis dan segar, membuat siapapun ingin mencicipinya termasuk ibu hamil. Jeruk termasuk sumber vitamin C alami yang baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh, mengatasi sumbatan lendir di tenggorokan, hingga meredakan influenza.

Ada banyak manfaat jeruk untuk ibu hamil yaitu menghilangkan rasa mual pada trimester pertama, mencegah dehidrasi, menjaga tekanan darah tetap normal, mengatur keseimbangan elektrolit, mengatasi sambelit, dan melawan infeksi. Untuk menambah pengetahuan, Anda bisa membaca artikel tentang manfaat jeruk bagi kesehatan dan kecantikan dalam halaman lain blog ini.

8. Apel
Apel
Apel
Buah sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah apel. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan seratnya baik untuk kesehatan tubuh. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi apel secara teratur selama masa kehamilan memiliki bayi dengan tingkat risiko asma / alergi lebih rendah.

Hal yang wajib Anda perhatikan adalah Anda harus mencuci buah apel dengan air bersih mengalir sebelum mengkonsumsinya. Hal ini untuk mengindari pencemaran oleh bakteri atau pun bahan kimia yang biasanya menempel pada kulit apel.

9. Buah Naga
Buah Naga
Buah Naga
Dilihat dari kandungan nutrisinya, buah naga termasuk buah bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, mengingat belum banyak penelitian tentang manfaat buah naga dan kehamilan, maka ibu hamil (baca : bumil) sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi buah ini.

Buah naga mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kebutuhan zat besi ibu hamil sekitar 27 mg per hari. Sementara itu, buah naga mampu menyuplai 10,6 persen kebutuhan zat besi harian. Lumayan bukan? Buah naga kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan makanan sehingga terhindar dari sambelit.

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam buah naga akan membantu sistem kekebalan tubuh dalam menangkis radikal bebas berbahaya. Sedangkan kandungan Riboflavin atau vitamin B2 di dalamnya akan membantu mengurai karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi.

10. Buah Kurma
Buah Kurma
Buah Kurma
Selain terkenal sebagai salah satu makanan sehat untuk buka puasa, kurma ternyata bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Bukan hanya mengandung gula, kurma juga memiliki kandungan zat gizi lain yang penting buat perkembangan gigi dibawah gusi pada janin seperti kalsium, kalium, dan magnesium.

Kurma mengandung zat besi dan vitamin K untuk pembentukan sel darah merah agar ibu hamil terhindar dari anemia. Secara umum, manfaat kurma untuk ibu hamil antara lain membantu proses pembukaan lebih cepat, membuat ketuban tidak mudah pecah, manjadikan kebutuhan oksitosin lebih rendah, dan menjaga agar persalinan tetap normal. 

Selain buah-buahan, Anda juga sebaiknya mengetahui daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil tidak hanya berasal dari buah, tetapi sayuran hijau juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Demikian info kesehatan tentang buah sehat untuk ibu hamil yang aman di konsumsi selama masa kehamilan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Buah Yang Sehat Dan Paling Baik Untuk Ibu Hamil Muda / Hamil Tua"

Post a Comment