27 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Tidur Siang - Sudah tidurkah Anda siang ini? Jika belum, segera lakukan karena ada banyak manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah. Tak perlu berlama-lama, cukup kurang dari 30 menit memejamkan mata saat siang hari maka akan membuat Anda lebih sehat bahagia.

Tidur termasuk salah satu cara efektif mengistirahatkan tubuh sejenak dari setelah beraktivitas sepanjang hari. Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa tidur siang ternyata bisa meningkatkan performa, kewaspadaan, dan konsentrasi. Kira-kira apa saja ya khasiat / manfaat yang bisa diperoleh setelah tidur siang? Yuk, simak ulasan lengkap Nuansa Pagi berikut ini.
manfaat tidur siang
Manfaat tidur siang

Daftar Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah

1. Mengurangi Dan Mengendalikan Stres

Di dalam tubuh manusia terdapat sebuah hormon bernama kortisol. Fungsi hormon kortisol adalah mengatur respon tubuh terhadap hal-hal menegangkan, termasuk stres. Saat Anda tidur siang, kadar hormon kortisol bisa menurun sehingga tubuh Anda menjadi lebih tenang.
Ilustrasi stres
Ilustrasi stres
Jika Anda mengalami stres, maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Tidur siang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena membantu mengurangi dan mengendalikan rasa stres. Apalagi jika Anda semalam kurang tidur nyenyak, maka disarankan untuk tidur siang agar hormon penyebab stres bisa berkurang.

2. Menyehatkan Jantung
tidur siang untuk menyehatkan jantung
Ilustrasi istirahat / tidur siang untuk menyehatkan jantung
Meskipun hanya sebentar, ternyata tidur siang sangat bermanfaat bagi jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur siang memiliki risiko penyakit jantung lebih kecil. Mengapa?

Saat Anda mengantuk, tekanan darah justru semakin meningkat sehingga kerja jantung menjadi lebih berat. Dengan tidur siang, maka rasa kantuk bisa terobati sekaligus menurunkan tekanan darah sehingga kerja jantung menjadi lebih ringan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan tidur siang selama 30 menit setiap tiga kali seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat gagal jantung hingga lebih dari 30 persen. Bahkan bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler hingga 37 %.

3. Meningkatkan Daya Ingat (Memori)
otak untuk menyimpan memori
Ilustrasi otak untuk menyimpan memori
Selama tidur siang, area sel-sel otak yang berfungsi untuk menyimpan memori akan diaktifkan kembali. Otak pun akan kembali fresh saat bangun sehingga akan memperkuat daya ingat. Anda akan lebih mudah memahami suatu hal setelah tidur siang, termasuk dalam belajar bahasa asing.

4. Meningkatkan Kewaspadaan

Tidur siang ternyata ada kaitannya dengan kewaspadaan. Seseorang setelah tidur siang diyakini akan mendapatkan keuntungan berupa peningkatan kewaspadaan. Hal ini diperkuat oleh sebuah studi NASA yang menunjukkan bahwa kewaspadaan pilot yang meluangkan tidur siang selama 40 menit lebih tinggi jika dibandingkan dengan pilot yang tidak mendapat istirahat.

5. Meningkatkan Kreativitas
kreativitas
Ilustrasi kreativitas
Salah satu efek tidur siang adalah adanya peningkatan aktivitas di belahan otak kanan dimana berhubungan dengan kreativitas. Peningkatan daya ingat dan kewaspadaan juga ikut berperan merangsang kreativitas dalam memecahkan suatu masalah. Orang yang tidur siang cenderung lebih mudah dalam menemukan ide baru.

6. Meningkatkan Produktivitas

Meskipun dilakukan dalam waktu singkat, tidur siang lebih bisa membangkitkan gairah kerja dari pada sekedar minum kopi untuk mengobati kantuk. Tidur siang akan melindungi otak dari pengolahan informasi berlebihan sehingga akan membantu konsentrasi dalam beraktivitas. Hal ini akan berakibat pada peningkatan produktivitas kerja.

7. Meningkatkan Mood Dan Mengembalikan Semangat

Jika setelah bekerja seharian Anda mulai hilang semangat kerjanya, maka sebaiknya sempatkan beristirahat sejenak untuk tidur siang. Walaupun hanya sekitar 20 menitan, tidur siang akan membuat suasana hati (baca : mood) menjadi lebih baik dan membuat Anda kembali bersemangat dalam bekerja.

Mood Swings atau perubahan suasana hati juga seringkali terjadi pada wanita hamil akibat perubahan hormon yang meningkat. Tidur siang biasa lebih menenangkan suasana hati sehingga mood jauh lebih baik. Namun, Anda perlu memperhatikan posisi tidur ibu hamil yang baik dan aman bagi janin.

8. Membantu Dalam Melawan Rasa Lapar
camilan penahan lapar
Ilustrasi camilan penahan lapar
Saat Anda sedang berpuasa atau pun diet, tidur siang bisa menjadi solusi ampuh dalam menahan rasa lapar. Tidur siang akan membatasi hormon ghrelin dan meningkatkan leptin. Kedua hormon tersebut berfungsi sebagai pengatur rasa lapar serta nafsu makan.

Setelah tidur siang, tubuh biasanya terasa lebih fresh dan jauh lebih tenang sehingga jauh dari stres. Keadaan stres atau pun lelah biasanya memicu seseorang untuk "ngemil" makanan seperti cokelat, permen, minum kopi, dan lainnya yang akan mengganggu diet Anda. Dengan tidur siang, hasrat untuk mengkonsumsi camilan tersebut menjadi berkurang.

9. Memulihkan Tenaga Yang Hilang

Pada puncak siang hari, tubuh cenderung merasa kelelahan karena aktivitas kerja yang berat. Nah, pada saat kantuk mulai datang, sempatkanlah tidur siang walau hanya sebentar. Tidur siang akan mengistirahatkan sejenak sistem motorik tubuh sehingga setelah bangun Anda akan merasa lebih fresh, bergairah, dan pulih tenaganya seperti sedia kala.

10. Mengganti Waktu Tidur Yang Hilang
ngantuk
Ilustrasi ngantuk
Pada zaman modern sekarang ini, banyak orang yang mengalami insomnia saat malam hari. Akibatnya, saat siang tubuh merasa ngantuk dan lesu. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa melakukan tidur siang guna mengganti waktu tidur yang hilang agar tubuh tetap bugar.

Baca Juga : 
11. Mengobati Insomnia

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang selama 15 menit bisa membuat tubuh lebih waspada dan fresh meskipun saat malam harinya kurang tidur. Hal ini tentu bisa menjadi kabar baik bagi para penderita insomnia. Dengan meluangkan tidur siang sebentar, maka tubuh akan lebih bugar.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidur yang cukup sangatlah penting karena dapat memicu terbentuknya protein anti virus oleh sistem kekebalan tubuh. Tidur siang akan mengembalikan kadar hormon dan protein guna melawan stres sehingga sistem kekebalan tubuh akan mengalami peningkatan.

13. Pengobatan Yang Ampuh Dan Manjur

Tidur siang ternyata bisa berfungsi sebagai pengobatan non medis dengan efek anelgesik, misalnya bisa meredakan migrain dan nyeri otot. Selain itu, menurut The French National Institute of Sleep and Vigilance (InSV), tidur siang juga dapat mengurangi kebutuhan akan obat-obatan seperti antihipertensi, stimulan, dan vitamin.

14. Meningkatkan Performa Fisik
peningkatan performa fisik
Peningkatan performa fisik
Tidur siang dengan durasi waktu singkat dapat membuat tubuh lebih aktif dan meningkatkan kemampuan atletik lebih baik. Namun, apabila Anda melakukan tidur siang kelamaan, justru malah tidak bagus. Lebih baik tidur sebentar dengan nyenyak dari pada tidur panjang tapi tidak nyenyak.

15. Mengurangi Rasa Lelah Pada Tubuh

Anak-anak biasanya sangat aktif bermain, tidak bisa diam, dan selalu ingin bergerak setiap saat. Nah, keadaan tersebut tentu akan membuat tubuh seperti otot, otak, serta organ lain menjadi kelelahan. Dengan tidur siang, rasa lelah pada anak-anak akan bisa terobati karena sebagian organ tubuh bisa diistirahatkan.

16. Membantu Perkembangan Otak Pada Anak-Anak
Perkembangan otak anak
Perkembangan otak anak
Selain mengurangi rasa lelah, manfaat tidur siang bagi anak-anak juga bisa membantu perkembangan otak. Kok bisa? Berdasarkan hasil penelitian oleh University of Arizona, Amerika Serikat, anak usia 3 tahun yang tidur siang akan lebih baik dalam mengingat kosa kata baru dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

Setelah tidur siang, anak-anak biasanya akan kembali merasa fresh sehingga akan optimal dalam menerima, memproses, atau pun melakukan informasi yang telah diterimanya.

17. Membantu Pertumbuhan Tubuh Anak-Anak

Saat anak tertidur lelap, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan lebih banyak dalam darah. Hormon tersebut akan merangsang pertumbuhan tubuh anak sehingga proses tumbuh kembang berjalan maksimal. Tidur siang dipercaya bisa membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dari pada mereka yang tak tidur siang.

18. Membuat Anak Lebih Bahagia
anak-anak bahagia
Anak-anak bahagia
Tidur siang ternyata bisa berpengaruh pada kebahagian anak-anak lho. Balita dengan usia kurang dari 2 tahun yang kurang tidur siang akan cenderung mengalami stres dan tak bahagia. Hal ini akan mengakibatkan risiko lebih besar akan gangguan kesehatan mental saat dewasa kelak.

Anak-anak yang kurang tidur biasanya akan mengalami kelelahan sehingga menjadi rewel, mudah cemas, kurang aktif, dan tidak terlalu tertarik pada hal-hal di sekitarnya. Oleh karena itu, jika Anda punya balita sebaiknya pastikan waktu tidurnya cukup.

19. Membuat Anak-Anak Tetap Bugar

Anak-anak balita hingga 15 tahun yang rutin tidur siang biasanya mempunyai tubuh sehat, aktif, dan otak cerdas. Demikian juga bagi orang dewasa, tidur siang akan memberikan manfaat yang sama asalkan tidak terlalu lama.

20. Menurunkan Tekanan Darah
mengukur tekanan darah
Mengukur tekanan darah
Bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi, bisa mencoba menerapkan aktivitas tidur siang dalam kesehariannya. Tidur siang selama kurang dari 1 jam, konon bisa menurunkan tekanan darah dan stres kerja sehingga membuat tubuh lebih segar.

Saat di rumah, Anda bisa mengkombinasikan tidur siang dengan tidur tanpa busana. Ada banyak manfaat tidur tanpa busana yang bisa diperoleh seperti memperlancar aliran darah, membuat tubuh lebih rileks, mencegah perut buncit, dan mempercantik kulit hingga rambut. Jika risih lantaran banyak orang, Anda bisa melonggarkan pakaian agar darah bisa mengalir dan tak ada bagian tubuh yang tertekuk.

21. Memperbaiki Dan Meremajakan Kulit

Manfaat tidur siang bagi kesehatan dan kecantikan kulit antara lain membantu regenerasi sel-sel / jaringan kulit, menjaga kelembaban, dan menjadikan kulit tampak segar. Waktu paling tepat untuk peremajaan kulit adalah ketika tidur atau saat tubuh beristirahat. Selama tidur siang, sel-sel kulit mati akan diganti oleh sel-sel baru.

22. Menyeimbangkan Hormon Dalam Tubuh

Ketidakseimbangan hormon sering kali dikaitkan dengan masalah kecantikan. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan istirahat tidur siang. Setelah bangun, hormon dalam tubuh Anda cenderung akan semakin seimbang sehingga bisa mengurangi risiko pigmentasi dan jerawat.

23. Mencegah Penuaan Dini
awet muda dengan tidur siang
Awet muda dengan tidur siang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur maka akan mengalami peningkatan tanda-tanda penuaan seperti kerutan pada kulit, warna kulit tidak merata, hingga penurunan elastisitas kulit. Begitu juga dengan penderita stres, biasanya akan mengalami masalah kecantikan.

Melalui tidur siang, Anda dapat mengatasi masalah penuaan dini tersebut. Mengapa? Saat tidur siang, di dalam tubuh terdapat peningkatan jumlah kolagen yang akan membantu kelenturan kulit. Tidur siang juga bisa mengurangi stres sehingga Anda akan terhindar dari masalah kecantikan seperti munculnya jerawat.

24. Mengurangi Berat Badan Dan Mencegah Obesitas

Tidur siang ternyata juga memiliki manfaat untuk diet penurunan berat badan lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang sekitar 20 - 30 menitan sebelum pukul 16.00 dapat mengurangi berat badan secara signifikan. Tubuh Anda pun bisa menjadi langsing, segar, dan sehat.

25. Membantu Menyembuhan Sakit

Istirahat dengan tidur siang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu dalam menyembuhkan sakit seperti jerawat dan bekas luka. Selama tidur siang, sel-sel kulit beregenerasi untuk mengganti sel yang telah mati. Tidur siang juga sebagai cara mengistirahatkan sebagian organ tubuh dan dapat memulihkan tenaga kembali.

26. Membantu Relaksasi Tubuh

Tidur siang termasuk sarana untuk relaksasi tubuh agar bisa memulihkan energi. Setelah tidur siang dengan durasi yang tak terlalu lama, otak dan tubuh akan kembali siap digunakan dalam beraktivitas. Semangat kerja pun kembali muncul sehingga mudah dalam melakukan pekerjaan.

27. Mengatasi Jerawat Di Wajah
jerawat di wajah
Ilustrasi jerawat di wajah
Siapa seh yang gak sebel jika jerawat datang? Hampir setiap orang, apalagi wanita selalu mendambakan kulit wajahnya bersih tanpa jerawat. Namun, seringkali jerawat muncul secara tiba-tiba sehingga mengurangi rasa percaya diri pada diri seseorang.

Ada banyak cara alami menghilangkan jerawat membandel, salah satunya dengan tidur siang. Selama tidur siang, sel-sel tubuh akan beregenerasi dan energi tubuh kembali pulih. Hal ini sangat baik dalam rangka memerangi jerawat membandel di wajah. Anda dapat mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayuran, yogurt, dan air putih.

Demikianlah info kesehatan kali tentang manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan. Durasi tidur siang sebaiknya jangan terlalu lama karena justru bisa membuat Anda menjadi pusing dan lesu.  Anda cukup tidur selama 15 - 30 menit dengan nyenyak, maka akan memperoleh manfaatnya secara optimal. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "27 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah"

Post a Comment