17 Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita

Manfaat Tidur Tanpa Busana - Info kesehatan kali ini akan mengulas tentang manfaat mengagumkan tidur tanpa busana bagi kesehatan tubuh pria dan wanita. Dari mulai memperlancar aliran darah, mencegah perut buncit, hingga mempercantik kulit dan rambut.

Secara umum, seseorang akan tidur memakai pakaian dan selimut tebal untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Namun, tahukah Anda bahwa tidur tanpa mengenakan busana satu helai pun ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh.
Manfaat tidur tanpa busana
Manfaat tidur tanpa busana
Tidur tanpa busana dalam suhu normal dipercaya bisa mencegah penumpukan lemak serta meningkatkan hubungan suami istri. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

Daftar Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita

1. Memperlancar Sirkulasi Darah
sirkulasi aliran darah
Ilustrasi sirkulasi aliran atau peredaran darah (Foto : Bryan Brandenburg)
Manfaat pertama dari tidur tanpa busana adalah mencegah bercak merah akibat tekanan pakaian. Bra atau karet celana dalam yang terlalu ketat biasanya akan membekas pada tubuh berupa bercak merah. Bercak merah di kulit ini menandakan adanya gangguan pada pembuluh darah Anda.

Melepaskan pakaian barang sebentar dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke penjuru tubuh. Hindari tidur dengan menekuk kaki atau tangan agar aliran darah lancar. Jika sedang hamil, Anda harus memakai pedoman posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sehingga bayi dalam kandungan tetap sehat.

2. Mempercantik Kulit Dan Rambut
Kulit Dan Rambut Sehat Berkilau
Ilustrasi Kulit Dan Rambut Sehat Berkilau
Jika Anda memakai pakaian dan selimut tebal saat tidur di malam hari, maka akan membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat. Akan tetapi, suhu tubuh yang terlalu hangat justru akan mengganggu pelepasan hormon pertumbuhan dan melatonin.

Padahal, kedua hormon tersebut berperan penting dalam regenerasi kulit dan rambut. Dengan tidur tanpa busana, Anda akan mendapatkan suhu tubuh yang sedang, tak terlalu hangat sehingga proses peremajaan kulit hingga rambut dapat berjalan sempurna.

3. Mencegah Perut Buncit
Menekan Rasa Lapar Dan Mencegah Perut Buncit
Menekan Rasa Lapar Dan Mencegah Perut Buncit
Kok bisa seh tidur tanpa busana mencegah perut menjadi buncit? Memang apa kaitannya? Perut buncit biasanya disebabkan oleh terlalu banyak makan saat malam hari, apalagi saat menjelang tidur.

Orang yang mengalami gangguan tidur alias tidak nyenyak biasanya mudah terbangun dan merasa lapar. Produksi hormon kortisolnya akan meningkat lalu mencari kenyamanan dengan makan / ngemil.

Padahal saat malam hari, tubuh kita cenderung minim aktivitas dan sebagian organ tubuh beristirahat. Jika makan terlalu banyak, maka kalori tidak dapat terdistribusi secara merata sehingga menumpuk di perut. Hal inilah yang menyebabkan perut menjadi buncit.

Jika Anda menerapkan tidur tanpa pakaian, maka tubuh Anda cenderung akan merasa nyaman dan nyenyak tidurnya. Hormon kortisol akan menurun, perasaan menjadi lebih tenang, energi terjaga, serta menekan rasa lapar. Anda pun akan terhindar dari makan di malam hari dan perut menjadi lebih langsing.

4. Membuat Tubuh Lebih Rileks
Tubuh Lebih Rileks
Tubuh Lebih Rileks
Saat berbaring dalam keadaan telanjang, aliran darah dalam tubuh menjadi lancar, nafas pun bisa teratur, dan pada akhirnya tubuh menjadi lebih rileks.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Tidur telanjang tanpa pakaian dapat membuat seseorang merasa sama dengan manusia lain yang ada di bumi. Hal ini akan membantu mengatasi depresi, turunnya kepercayaan diri dan gangguan mental lainnya. Anda pun akan merasa lebih seksi sehingga muncul kepercayaan diri.

6. Menurunkan Risiko Infeksi

Pakaian biasanya sering menjadi tempat berkembang biak bakteri / jamur penyebab infeksi. Nah, dengan melepas pakaian saat tidur, Anda bisa mengurangi risiko terkena infeksi bakteri atau kuman. Tapi, Anda juga harus memastikan kebersihan kasur yang digunakan untuk tidur.

Pada wanita, vaginosis bacterial atau infeksi bakteri vagina sering terjadi pada daerah intim wanita. Hal ini karena tidak seimbangnya bakteri baik dan jahat. Tidur memakai celana dalam cenderung membuat daerah Miss V jadi lembap. Oleh karena itu, tidur tanpa pakaian akan lebih menjadi daerah Miss V tetap kering dan terhindar dari infeksi bakteri.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur sambil mengenakan pakaian akan membatasi gerak tubuh. Apalagi jika baju atau celana yang digunakan ketat, hal tersebut akan membuat adanya bekas/bercak merah pada kulit. Dengan melepas pakaian, Anda akan merasa lebih nyaman dan tidak gerah sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

8. Meredakan Stres Dan Mempererat Ikatan Pasangan Suami Istri
kebahagiaan pasangan suami istri
Ilustrasi kebahagiaan pasangan suami istri
Ketika pasangan suami istri tidur tanpa pakaian dan berpelukan, maka akan terjalin hubungan yang lebih mesra. Tubuh pun akan melepaskan hormon oksitosin yang baik bagi kesehatan fisik dan emosional sehingga stres akibat aktivitas sehari-hari bisa mereda.

Baca Juga :

9. Meningkatkan Kesuburan Pada Pria
pria sehat
Ilustrasi pria sehat
Tidur tanpa busana akan membantu meningkatkan kesuburan pria. Mengapa? Hal ini karena suhu tubuh akan turun di bawah 37 derajat. Penurunan suhu ini sangat baik untuk produksi sperma. Tak hanya itu, bila seorang pria tidur tanpa celana dalam ketat maka akan memperlancar aliran darah yang menuju ke alat kelamin sehingga sel-sel reseptor saraf dapat terjaga.

10. Mengurangi Bau Tidak Sedap Pada Area Tertentu
bau tak sedap
Ilustrasi bau tak sedap (Foto : Aqua Mechanical)
Pakaian yang basah oleh keringat cenderung menyebabkan bau tak sedap. Tidur tanpa busana dapat meminimalisir bau tersebut karena suhu tubuh menjadi turun dan jauh dari kata gerah. Anda pun dapat tidur dengan nyenyak.

11. Mencegah Gatal-Gatal

Saat tidur memakai pakaian biasanya tubuh menjadi berkeringat, apalagi saat cuaca panas. Pakaian lembab dan ketat akan membuat kulit menjadi ruam-ruam dan terkena infeksi. Nah, tidur tanpa busana akan mencegah terjadinya hal tersebut sehingga Anda terhindar dari gatal-gatal oleh bakteri / jamur.

12. Menjaga Kesehatan Payudara Wanita
wanita sehat
Ilustrasi wanita sehat
Seorang wanita sebaiknya memakai bra / BH tidak melebihi 12 jam karena pemakaian bra lebih lama dipercaya akan meningkatkan risiko kanker payudara. Memakai bra dengan ukuran tidak sesuai juga bisa menyebabkan payudara kendor.

Oleh karena itu, tidur dengan melepas pakaian termasuk bra bisa menjadi solusi tepat dalam menjaga kesehatan payudara. Anda bisa membaca artikel terkait tentang manfaat tidur tanpa bra pada halaman lain blog ini.

13. Membakar Kalori

Sebuah studi / penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur dalam keadaan dingin akan menstimulasi tubuh untuk mengaktifkan lemak coklat. Jaringan lemak coklat ini dapat menghasilkan panas untuk membakar kalori tubuh. Saat Anda tidur tanpa busana, temperatur tubuh akan lebih dingin sehingga akan mengaktifkan lemak coklat.

14. Menurunkan Tekanan Darah
mengukur tekanan darah

Ilustrasi mengukur tekanan darah
Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, salah satu manfaat tidur siang adalah menurunkan tekanan darah. Ternyata, tidur tanpa busana pun memiliki khasiat sama. Kok bisa? Tidur tanpa busana akan meningkatkan oksitosin yaitu hormon kebahagiaan dan kesehatan. Hormon ini berperan penting dalam menjaga jantung karena dapat menurunkan tekanan darah.

15. Mencegah Sariawan

Sariawan ternyata bisa juga disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Pakaian ketat dan basah karena keringat akan mempermudah kuman infeksi bersarang di tubuh. Tidur telanjang tanpa busana akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan Anda pun terhindar dari berbagai infeksi / iritasi seperti sariawan.

16. Membuat Perasaan Lebih Bahagia Dan Bebas

Tidur tanpa busana sehelai pun akan membuat tubuh terasa bebas dari baju, celana, bra, atau pun pakaian dalam lainnya. Anda akan bisa langsung merasakan dingginnya sprei dan empuknya kasur. Perasaan bebas tanpa beban pun akan menghampiri Anda hingga membuat lebih bahagia.

17. Memberi Semangat Untuk Beranjak Dari Tempat Tidur Saat Bangun
Semangat memulai aktivitas
Semangat memulai aktivitas (Foto : Bill Branson)
Saat bangun tidur dan mendapati tubuh masih memakai pakaian, biasanya akan menimbulkan rasa malas untuk beranjak dari kasur. Tapi, jika tubuh Anda tak mengenakan pakaian sehelai pun, maka akan lebih bersemangat untuk bangun menuju kamar mandi / toilet lalu mulai melakukan aktivitas rutin sehari-hari.

Demikian sekilas informasi kesehatan tentang manfaat tidur tanpa busana bagi kesehatan tubuh pria dan wanita. Sebelum tidur, pastikan kasur, sprei, dan selimut yang Anda gunakan dalam kondisi bersih. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita"

Post a Comment