6 Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan Dengan Test Pack Setelah Berhubungan Intim

Ingin tahu kapan tes kehamilan bisa dilakukan? Ini waktu yang tepat untuk tes kehamilan dengan test pack setelah berhubungan intim. Pada umumnya, wanita lebih memilih melakukan uji hamil di rumah menggunakan alat atau pun bahan-bahan rumahan seperti pasta gigi, sabun, cuka, dan lainnya.

Selain mudah dan ekonomis, kegiatan tersebut menawarkan privasi karena bisa dilakukan di kamar. Setelah positif hamil, baru kemudian pergi ke dokter kandungan untuk memastikan positif atau negatif. Agar hasilnya akurat, Anda sebaiknya melihat tanda tanda awal kehamilan pada tubuh karena saat itulah waktu yang bagus untuk melakukan tes memakai test pack.
Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan
Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan (Foto : Klaus Hoffmeier)

Daftar Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan Dengan Test Pack Setelah Berhubungan Intim


1. Bila Anda Melewatkan Periode Menstruasi Anda (Terlambat Haid)

Kebanyakan wanita berpikir untuk melakukan tes kehamilan ketika mereka menyadari bahwa mereka terlambat haid. Anda dapat melakukan tes kehamilan di rumah segera setelah Anda mengalami keterlambatan datang bulan. Jika Anda sebelumnya telah melakukan hubungan intim dengan suami sekitar hari ovulasi, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan hasil positif saat uji kehamilan.

2. Mual Dan Muntah

Ilustrasi gambar mual dan muntah
Ilustrasi gambar mual dan muntah
Rasa mual dan muntah termasuk bagian dari morning sickness yang dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Jika Anda mengalami tanda-tanda ini, kemungkinan besar Anda positif hamil. Jadi, segeralah ambil peralatan tes kehamilan saat Anda mengalami tanda-tanda tersebut.

3. Payudara Nyeri


Mengetahui waktu yang tepat untuk tes kehamilan sangat penting untuk mendapatkan hasil akurat. Nyeri payudara adalah tanda umum dari kehamilan pada seorang wanita. Jika Anda mulai merasakan nyeri tersebut, maka bisa melakukan uji hamil memakai test pack.

Baca Juga :

4. Bercak Dan Kram


Bercak darah yang dialami seorang wanita memang kadang sulit dibedakan apakah itu darah haid atau pendarahan implantasi. Jika bercak darah Anda muncul sekitar 6-12 hari setelah ovulasi dan disertai kram, maka lakukanlah tes kehamilan. Kemungkinan Anda positif hamil.

5. Mengidam Makanan Atau Keengganan

Ilustrasi Ngidam
Ilustrasi Ngidam
Perubahan hormonal pada wanita hamil akan menimbulkan rasa ingin mencicipi makanan yang gak biasa (baca : ngidam) dan keengganan / sensitif terhadap bau-bauan. Jika Anda mengalaminya, jangan ragu lagi, segeralah ambil test pack untuk melakukan uji kehamilan.

6. Tidak Sangat Awal


Dalam kasus tertentu, jika Anda menguji segera setelah terlambat haid, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil positif. Hal ini bisa disebabkan oleh ovulasi terlambat atau konsentrasi hCG menurun dalam urin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menunggu hingga satu minggu setelah terlambat haid untuk melakukan tes kehamilan.

Tubuh membutuhkan waktu untuk menghasilkan hCG dalam jumlah cukup. Apabila kadar hCG cukup tinggi, maka testpack akan mendeteksi kandungan hCG dalam urine untuk memberikan hasil positif.

Agar hasil uji kehamilan dengan test pack lebih akurat, sebaiknya Anda memakai urine pertama setelah bangun tidur saat pagi hari. Perhatikan pula tanggal kedaluarsa alat testpack dan perhatikan petunjuk penggunaan secara tepat.

Untuk menambah wawasan Anda, silahkan baca artikel cara mengetahui kehamilan pada wanita tanpa test pack. Sekian ulasan singkat tentang waktu untuk tes kehamilan yang tepat, apabila sobat Nuansa Pagi punya tambahan informasi, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan Dengan Test Pack Setelah Berhubungan Intim"

Post a Comment