10 Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Secara Alami Tanpa Obat Kimia Dengan Cepat Dan Ampuh

Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil – Hai bunda, berikut ini daftar rekomendasi cara mengatasi flu saat hamil secara alami tanpa obat kimia. Ibu hamil biasanya memang rentan terkena flu karena daya tahan tubuhnya cenderung melemah. Nah, untuk menyembuhkan flu tersebut, Anda harus ekstra berhati-hati agar bayi dalam kandungan tetap aman.

Penggunaan obat flu kimia pada ibu hamil sebaiknya dihindari karena bisa berbahaya bagi janin. Jika terpaksa ingin memakai obat buatan, Anda wajib berkonsultasi dulu ke dokter kandungan terpercaya. Anda sebaiknya memakai cara alami dalam mengobati flu, pilek, atau pun batuk. Kira-kira bagaimana ya caranya? Yuk, simak ulasan Nuansa Pagi yang dirangkum dari berbagai sumber.
Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil
Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil

Daftar Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Secara Alami Tanpa Obat Kimia Dengan Cepat Dan Ampuh

1. Minum Air Hangat

air hangat
Ilustrasi air hangat
Ada banyak manfaat minum air hangat bagi tubuh, salah satunya adalah dapat menyembuhkan flu pada ibu hamil secara alami. Gejala flu saat hamil biasanya ditandai rasa gatal pada tenggorokan. Untuk meredakannya, Anda dapat meminum teh hangat yang dipadukan dengan lemon dan madu.

Air hangat dipercaya bisa mengatasi hidung tersumbat dan akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anda juga bisa mencoba minum teh jahe atau pun teh hijau hangat.

2. Mengkonsumsi Sup Hangat

Sup Hangat
Ilustrasi Sup Hangat
Cara mengatasi flu pada ibu hamil secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi sup hangat. Uap dari sup hangat akan naik ke saluran pernafasan sehingga bisa meredakan hidung tersumbat. Tak hanya itu, sup juga akan membantu tubuh memenuhi kebutuhan gizi.

3. Memperbanyak Minum Air Putih Dan Istirahat

Air Putih
Air Putih
Memperbanyak minum air putih dan istirahat di rumah termasuk salah satu cara mengatasi flu pada ibu hamil secara alami yang paling ampuh. Air putih dapat membantu menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan mengevaporasi saluran pernapasan. Hal ini ini akan membantu melonggarkan lendir sehingga membuat tubuh Anda merasa lebih baik.

Air putih yang Anda konsumsi bisa berfungsi membantu membersihkan sistem tubuh dan menghilangkan racun-racun, termasuk bisa mencegah jerawat lho! Itulah alasan mengapa saat flu dianjurkan untuk minum air putih yang banyak. Selain memperbanyak minum, istirahat juga tak kalah penting. Jika Anda sedang banyak urusan pekerjaan, sebaiknya ambil cuti untuk istirahat sejenak.

4. Minum Madu

Madu
Madu
Madu termasuk obat rumahan yang berkhasiat untuk meredakan penyakit akibat musim hujan seperti flu, pilek, dan batuk. Madu mengandung zat anti mikroba, anti bakteri, dan antioksidan yang mampu melawan virus, bakteri, hingga jamur. Anda dapat meminum madu saja atau pun dipadukan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti lemon, dan jahe.

5. Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Garam
Garam
Buatlah campuran air hangat dengan satu sendok teh garam, lalu gunakan untuk berkumur. Cara alami menyembuhkan batuk pilek ini dipercaya bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan lho. Mengapa? Hal itu karena garam diyakini dapat menyerap kelebihan cairan di jaringan tenggorokan yang membengkak. Sedangkan air hangat bermanfaat untuk memperlancar saluran pernapasan Anda.

Baca Juga :

6. Menghirup Uap Dan Gosok Dada

air putih hangat
Air Putih Hangat
Cobalah Anda taruh air hangat di wadah lalu hirup uapnya. Jika diperlukan, Anda bisa menutup kepala dengan handuk. Cara alami ini dipercaya bisa melancarkan hidung yang tersumbat.

Jika Anda mengalami batuk terus menerus disertai hidung tersumbat, maka cobalah untuk memijat dada menggunakan obat gosok. Dengan demikian, uap obat gosok yang Anda hirup diharapkan bisa melegakan hidung sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Cukup praktis dan mudah dilakukan di rumah bukan?

7. Redakan Demam

Ilustrasi demam
Ilustrasi demam
Salah satu gejala flu yang patut menjadi perhatian utama adalah demam. Usahakan jangan sampai suhu tubuh Anda terlampau tinggi. Jika demam mulai menyerang, kompreslah dahi atau kening Anda menggunakan kain atau lap basah dengan suhu normal. Jika ingin mandi, pakailah air hangat untuk menghindari demam.

8. Mengkonsumsi Buah-Buahan

 Buah-buahan
Ilustrasi buah bervitamin C
Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin juga dapat membantu ibu hamil dalam menyembuhkan penyakit flu. Pilihlah buah sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin C sehingga bisa meredakan flu dengan segera. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga dipercaya dapat menghambat replikasi virus penyebab pilek.

 9. Kurangi Stress

Ilustrasi stress
Ilustrasi stress
Stress atau pun beban pikiran cenderung memperburuk kondisi kesehatan ibu hamil. Dengan mengurangi tingkat stress, maka dapat mempercepat proses penyembuhan flu. Lakukanlah kegiatan menyenangkan yang dapat membuat Anda bahagia.

10. Menjaga Kebersihan Tangan Dan Alat Makan

peralatan makan
Ilustrasi peralatan makan
Tangan dan peralatan makan yang kotor bisa menjadi sarang bagi bakteri, jamur, atau pun virus. Dengan senantiasa menjaga kebersihan keduanya, maka Anda akan terhindar dari kuman-kuman penyebab flu. Biasakanlah cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Bagaimana tipsnya bunda? Cukup mudah dan sederhana bukan? Jika Anda sudah melakukan beberapa cara alami di atas, namun ternyata flu belum membaik maka segeralah untuk menghubungi dokter. Demikian tips cara mengatasi flu pada ibu hamil secara alami tanpa obat kimia dengan cepat dan ampuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Secara Alami Tanpa Obat Kimia Dengan Cepat Dan Ampuh"

Post a Comment