17 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh Untuk Gigi Berlubang Dan Ngilu Paling Ampuh Sedunia

Obat Sakit Gigi - Anda sedang menderita sakit gigi? Inilah obat sakit gigi alami cepat sembuh untuk gigi berlubang dan ngilu paling ampuh sedunia. Dari mulai bawang putih, garam, cengkeh, teh, es batu, hingga asam jawa. Bahan-bahan tradisional tersebut dipercaya bisa segera meredakan rasa sakit pada gigi berlubang.

Siapa seh yang tahan dengan gigi nyeri senat-senut? Siapapun tentu tak ingin mengalaminya karena akan membuat susah makan, bad mood, dan malas beraktivitas. Pada umumnya, untuk mengatasi sakit gigi, orang akan pergi ke dokter gigi, membeli obat kimia di apotek, atau pun memakai bahan rumahan alami.

Obat Sakit Gigi
Ilustrasi Obat Sakit Gigi Alami
Nah, pada kesempatan kali ini Nuansa Pagi akan mereview beberapa obat tradisional alami yang mujarab untuk menyembuhkan sakit gigi dengan cepat. Harganya pun murah meriah dan mudah di dapat lho! Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Daftar Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh Untuk Gigi Berlubang Dan Ngilu Paling Ampuh Sedunia

Sebelum membahas tengtang obat sakit gigi alami, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab gigi terasa sakit dan ngilu. Hal ini berguna agar Anda bisa melakukan perawatan gigi lebih lanjut sehingga rasa sakitnya tak berkepanjangan.

Penyebab Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi adalah suatu keadaan dimana rasa nyeri muncul di dalam gigi, sekitar gigi dan rahang. Rasa nyeri tersebut bisa berlangsung lama secara terus menerus sepanjang hari atau pun timbul tenggelam. Nah, salah satu penyebab sakit gigi yang umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa adalah gigi berlubang.

Gigi berlubang termasuk pertanda bahwa gigi tersebut tidak sehat. Lubang pada gigi biasanya disebabkan oleh plak, yaitu zat lengket pada mulut yang terbentuk oleh kumpulan bakteri / kuman. Kandungan asam pada plak, lama-kelamaan jika tidak dibersihkan akan merusak email gigi (pelindung gigi) sehingga mengakibatkan gigi berlubang.
sikat gigi
Ilustrasi menyikat gigi untuk mencegah gigi berlubang
Mengapa gigi berlubang bisa menyebabkan rasa sakit? Saat Anda membiarkan gigi Anda berlubang tanpa perawatan / penambalan, maka lambat laun lubang tersebut akan semakin membesar.

Jika lubang gigi sudah mencapai ruang pulpa (rongga di dalam gigi yang berisi pembuluh darah, persyarafan gigi, dan sel-sel lainnya), maka akan terasa sakit ketika terkena makanan dingin atau panas. Bahkan mungkin jika terjadi infeksi bisa menyebabkan gusi bengkak.

Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh Untuk Gigi Berlubang Dan Ngilu Paling Ampuh Sedunia

1. Garam
Garam
Garam
Selain bisa menyembuhkan batuk pilek secara alami, garam ternyata bisa juga digunakan sebagai obat sakit gigi yang manjur. Garam berfungsi untuk membunuh bakteri mulut dan berperan sebagai antiseptic kesehatan mulut.

Caranya cukup mudah dan praktis, Anda tinggal melarutkan garam pada air matang dan berkumurlah menggunakan air garam tersebut. Lakukanlah kumur-kumur selama kurang lebih 2-3 menit, atur posisi air dalam mulut agar pas pada bagian gigi yang sakit.

Pastikan garam tersebut sudah larut dalam air serta terasa cukup asin. Anda bisa menggunakan air hangat agar garam mudah larut.

2. Bawang Putih
Bawang Putih
Bawang Putih
Bawang Putih ternyata juga dipercaya ampuh untuk mengobati sakit gigi. Pasalnya, bawang putih mengandung zat antibiotik / senyawa antiseptik yang dapat meredakan rasa sakit pada gigi berlubang. Untuk penerapannya, Anda dapat menghaluskan satu siung bawang putih dan garam secukupnya. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian gigi yang sakit dan ulangi beberapa hari hingga sembuh.

3. Cengkeh
Cengkeh
Cengkeh
Cengkeh mengandung zat anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan dan sifat anestesi yang dapat mengurangi rasa sakit serta mencegah infeksi pada gigi. Anda dapat menumbuk 2 buah tangkai cengkeh lalu campur dengan minyak zaitun. Oleskan bahan campuran tersebut pada gigi yang sakit.

Jika Anda punya minyak cengkeh, maka bisa juga menerapkannya untuk obat sakit gigi. Taruhlah minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang berlubang. Cara lainnya yaitu meneteskan minyak cengkeh pada air hangat kemudian digunakan untuk berkumur berkali-kali.

4. Teh Hangat
Teh Hangat
Teh Hangat
Teh hangat ternyata bukan hanya berkhasiat untuk mengatasi flu pada ibu hamil, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Caranya, siapkan satu kantung teh lalu celupkan ke dalam air teh hangat (NB : pastikan tanpa gula ya!).

Tempelkan kantung teh tersebut pada gigi atau gusi yang sakit, tunggu beberapa saat sampai rasa sakitnya berkurang. Tanin yang terkandung di dalam daun teh diyakini dapat menimbulkan efek mati rasa.

5. Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji
Ilustrasi Daun Jambu Biji
Seperti halnya cengkeh, daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri dan antiiflamasi yang dapat menjaga kesehatan mulut, termasuk mengurangi rasa sakit pada gigi, gusi bengkak, atau pun sariawan.

Anda cukup mengunyah 1 - 2 helai daun jambu biji. Atau merebus daun tersebut terlebih dahulu dalam air mendidih. Setelah dingin, tambahkan sedikit garam lalu gunakan untuk berkumur.

6. Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
Ada banyak sekali manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah membasmi bakteri di mulut sekaligus meredakan sakit gigi. Anda dapat memeras jeruk nipis di area gigi berlubang. Mungkin akan terasa perih karena asam di dalamnya. Namun, beberapa saat kemudian rasa sakit akan berkurang.

Anda bisa juga menerapkannya dengan cara mencampurkan air perasan jeruk nipis dan air hangat. Kemudian gunakan campuran keduanya untuk berkumur. Pastikan airnya tidak diminum ya, tapi dibuang karena tentu air bekas kumur-kumur tersebut mengandung bakteri.

Berkumurlah secara teratur saat pagi atau pun malam hari menjelang tidur. Cara ini cukup efektif meredakan gigi sakit dan gusi bengkak pada anak-anak atau pun orang dewasa.

7. Lemon
Lemon
Lemon
Lemon biasanya dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat membandel di wajah. Tapi, lemon juga bisa lho dipakai dalam penyembuhan sakit gigi. Meskipun buah ini rasanya asam, tapi lemon termasuk alkali alami sehingga bisa menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Zat antibakteri buah lemon dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Peraslah 1 buah lemon, lalu masukkan ke dalam segelas air hangat. Aduklah agar tercampur merata. Gunakan air tersebut untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari agar bakteri dalam mulut benar-benar hilang. Anda bisa juga mengunyah sepotong lemon untuk mengusir bakteri dalam mulut.

8. Bawang Merah
Bawang Merah
Bawang Merah
Bingung cari obat sakit gigi di warung yang paling ampuh? Cobain saja beli bawang merah, bumbu dapur ini ternyata berkhasiat untuk meredakan nyeri / ngilu pada gigi berlubang lho. Kok bisa seh? Bawang merah mengandung zat antiseptic dan antimikroba untuk membubuh kuman penyebab gigi berlubang.

Caranya cukup mudah kok, tumbuklah satu siung bawang merah (NB : bawang dikupas dulu ya) bersama 1 sendok teh garam, lalu tempelkan bahan campuran tersebut pada gigi yang sakit. Anda juga bisa menerapkannya dengan cara mengunyah bawang merah yang telah dikupas atau mengoleskannya pada bagian gigi berlubang.

9. Daun Sirih
Daun Sirih
Ilustrasi Daun Sirih (Foto : Yuhanes)
Siapa seh yang tak kenal daun sirih? Bahan alami ini sudah sangat terkenal berkhasiat menguatkan gigi, menghentikan pendarahan gusi, menghilangkan bau mulut, dan sebagai antiseptik alami. Bahkan, nenek-nenek kita pada jaman dulu seringkali mengunyah sirih sehingga giginya tampak kuat.

Penggunaan daun sirih sebagai obat sakit gigi alami dapat dilakukan dengan cara mengunyahnya secara langsung. Jika tak mau mengunyah, Anda bisa merebusnya dalam air lalu berkumur dengan air rebusan daun sirih tersebut.

10. Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh (Foto : Allentimoty)
Tak hanya ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, Belimbing Wuluh juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Kandungan zat anti bakterinya cukup efektif membunuh bakteri dalam mulut penyebab plak atau gigi berlubang.

Tumbuklah belimbing wuluh yang belum matang, lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit. Tunggu sekitar 1 jam, kemudian berkumurlah dengan air hangat. Rasanya memang asam, tapi cukup efektif sebagai pereda rasa sakit pada gigi.

11. Merica
Merica Lada Dan Garam
Ilustrasi Merica (Lada) Dan Garam
Merica atau lada memang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, namun siapa sangka bahan alami ini mampu menyembuhkan sakit gigi berlubang. Kandungan zat antibakteri dan antiinflamasi di dalamnya akan segera mengurangi rasa nyeri pada gigi.

Pemakaiannya cukup mudah, Anda tinggal membuat sebuah pasta dengan cara mencampur merica bubuk, garam, dan air. Oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara teratur beberapa hari hingga rasa sakit giginya hilang.

12. Serai
Ilustrasi Serai Dan Jeruk
Bukan hanya dapat menghilangkan sakit gigi, serai juga ampuh untuk mencegah pembengkakan gusi. Rebuslah 2 tangkai serai dengan segelas air, biarkan beberapa saat hingga air berkurang. Gunakan air rebusan serai tersebut untuk berkumur.

13. Jahe
Jahe
Jahe
Obat sakit gigi alami selanjutnya adalah jahe. Selain berguna sebagai obat batuk alami, kandungan antibakteri di dalam jahe ternyata cukup ampuh untuk membunuh kuman-kuman dalam mulut. Caranya cukup mudah dan praktis, rebuslah satu ruas jahe dalam air mendidih.

Tuangkan air rebusan jahe pada wadah, tunggu hingga suhunya turun menjadi hangat. Berkumurlah dengan air rebusan jahe hangat tersebut. Anda bisa juga melakukan cara lain dengan memarut jahe lalu memeras airnya. Lalu gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

14. Minyak Kelapa
Kelapa
Ilustrasi Kelapa
Ada banyak manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, di antaranya yaitu mengobati sakit gigi berlubang. Anda bisa membuat ramuan herbal berupa pasta gigi dengan minyak kelapa. Campurlah 2 sendok baking soda dan setengah gelas minyak kelapa. Tambahkan sekitar 15 - 30 tetes lemon atau minyak pappermint. Aduklah hingga merata membentuk pasta gigi.

Gunakan pasta gigi tersebut untuk menyikat dan membersihkan gigi. Selain bisa mengatasi sakit gigi, pasta gigi dari minyak kelapa dipercaya bisa memutihkan dan menyehatkan gigi. Tak hanya minyak kelapa, air kelapa juga berkhasiat sebagai antiseptik alami untuk menyembuhkan sakit gigi. Anda dapat berkumur menggunakan air kelapa setelah menggosok gigi.

15. Asam Jawa
Asam Jawa
Ilustrasi Asam Jawa
Seperti halnya air kelapa, asam jawa juga punya khasiat sebagai antiseptic alami yang dapat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya, siapkan beberapa biji asam jawa, cuci hingga bersih lalu keringkan. Sangrai biji asam jawa tersebut hingga kering dan renyah.

Tumbuk atau blender biji asam jawa yang telah disangrai sampai benar-benar halus. Tambahkan sedikit air garam sehingga membentuk pasta. Oleskan pasta bubuk biji asam jawa pada bagian gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat sekitar 15 menit, kemudian berkumur.

Untuk hasil maksimal, Anda bisa berkumur memakai air garam dan dilanjutkan sikat gigi seperti biasanya. Pengobatan tradisional ini diyakini dapat menyembuhkan sakit gigi dengan cepat sekaligus memutihkan gigi.

16. Kompres Dingin
es batu untuk kompres dingin
Ilustrasi es batu untuk kompres dingin
Kompres dingin termasuk salah satu cara paling efektif untuk mengobati sakit gigi. Gunakanlah sebuah kantung es atau taruh es dalam kantung plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Tempelkan es yang telah dibungkus tersebut pada pipi tepat di bagian gigi sakit selama kurang lebih 15 menit. Hal ini berguna untuk mematian saraf, mengurangi peradangan, dan pembengkakan.

17. Teknik Akupresur
Teknik Akupresur
Ilustrasi Teknik Akupresur
Selain menggunakan bahan-bahan dapur atau rumahan, pengobatan sakit gigi juga bisa dilakukan secara alami melalui teknik akupresur (pijat). Salah satu titik pijat untuk meredakan sakit gigi berada di telapak tangan.

Pijat atau tekananlah bagian punggung telapak tangan antara ibu jari dan telunjuk beberapa menit untuk menyembuhkan sakit gigi. Titik refleksi lainnya terletak pada ibu jari kaki baik kanan atau kiri, biasanya kebalikan kalau sakit gigi sebelah kanan, pijatlah ibu jari kaki sebelah kiri.

Bagaimana sobat Nuansa Pagi? Cukup mudah, sederhana, dan praktis bukan? Nah, bila Anda punya pengalaman atau pun info tentang obat sakit gigi alami lainnya, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini dan semoga artikelnya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh Untuk Gigi Berlubang Dan Ngilu Paling Ampuh Sedunia"

Post a Comment