17 Tanaman Pengharum Ruangan Alami Yang Sangat Wangi

Tanaman Pengharum Ruangan - Ingin kamar atau ruangan Anda harum? Ini daftar tanaman pengharum ruangan alami yang sangat wangi. Selain sehat, tanaman ini juga dipercaya cukup efektif menghilangkan bau tak sedap sehingga suasana rumah / kantor menjadi lebih nyaman dan tenang.

Ruangan yang bau, tentu akan membuat penghuninya menjadi tak betah tinggal di sana. Selama ini, banyak orang memakai produk pewangi buatan untuk mengusir bau tak sedap tersebut. Padahal, pengharum sintetis mengandung bahan kimia dimana bila dihirup terus menerus bisa menyebabkan alergi atau keracunan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan penggunaan tanaman hias / tanaman berbunga yang dapat mengeluarkan bau harum. Nah, untuk membantu Anda, Nuansa Pagi telah menyiapkan list tanaman untuk mengharumkan ruangan. Yuk, simak ulasannya berikut!


Daftar Tanaman Pengharum Ruangan Alami Yang Sangat Wangi

1. Mawar
Tanaman Pengharum Ruangan
Tanaman Pengharum Ruangan : Bunga Mawar
Siapa seh yang tak suka dengan aroma harum dari bunga mawar? Hampir semua orang menyukainya, bukan? Bahkan, bunga mawar menjadi salah satu simbol perasaan cinta kepada pasangan. Menempatkan tanaman bunga mawar pada ruangan atau halaman teras, tentu akan membuat udara di sekitar menjadi segar dan wangi.

2. Gardenia
Gardenia
Ilustrasi Gardenia
Tanaman Gardenia memiliki daun hijau dan bunga berwarna putih. Bukan hanya bisa menghasilkan bau aromatik nan segar, bunga ini juga cukup cantik untuk hiasan. Anda bisa menempatkan Gardenia di dekat jendela atau balkon agar mendapatkan cahaya terang dari matahari dan kelembaban yang cukup.

3. Melati
melati
Ilustrasi Melati (Foto : Jaka firman purnama)
Tak perlu diragukan lagi, melati merupakan bunga yang beraroma harum sehingga seringkali digunakan sebagai hiasan pengantin atau campuran teh. Meletakkan bunga melati di sekat jendela bisa membuat ruangan Anda menjadi lebih wangi. Ditambahlagi dengan warna putihnya yang indah, akan semakin menyegarkan suasana hati.

4. Geranium
Geranium
Ilustrasi Geranium
Warna bunga Geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Tanaman ini menawarkan aroma rasa mawar, cokelat, lemon, pala, dan jahe. Untuk mencium bau harumnya, Anda bisa mengambil daun Geranium lalu gosokkan pada telapak tangan. Aroma wanginya akan langsung bisa Anda rasakan.

5. Eucalyptus
Eucalyptus
Ilustrasi Eucalyptus
Namanya mungkin terdengar asing bagi Anda, namun Eucalyptus ternyata memiliki banyak manfaat. Selain bisa dijadikan sebagai minyak kesehatan, tanaman ini juga bisa berfungsi untuk pengharum ruangan alami dan penyegar udara.

Eucalyptus biasanya tumbuh subur di tempat sejuk, tapi tidak bisa tumbuh di lokasi yang sangat dingin. Anda bisa membonsai tanaman ini, lalu menempatkannya di dalam kamar tidur atau pun ruangan lain. Jangan lupa untuk merawat dengan memberinya air dan pupuk secara rutin agar tidak layu.

6. Anggrek
Anggrek
Anggrek (Foto : chipmunk_1)
Bunga anggrek tidak hanya indah dan cantik dipandang, namun juga bisa menyegarkan udara sekitar. Salah satunya adalah Anggrek merpati (Dendrobium crumenatum). Saat mekar, aromanya sangat wangi semerbak walaupun biasanya hanya bertahan satu hari.

7. Mint
Mint
Mint (Foto : Kham Tran)
Mint biasanya digunakan sebagai campuran dalam minuman atau pun permen penyegar mulut. Ternyata, tanaman Mint juga bisa lho dipakai untuk menyegarkan udara dalam ruangan. Aroma wanginya sungguh enak dihirup, bahkan diyakini bisa meningkatkan kewaspadaan dan menjaga fokus.

8. Lavender
Lavender
Ilustrasi Lavender
Bunga Lavender cukup terkenal memiliki bau yang wangi dan berkhasiat untuk mengusir nyamuk. Aroma harum bunga berwarna ungu ini sangat khas bisa menenangkan tubuh atau mengurangi rasa cemas. Uniknya lagi, aromanya akan tetap semerbak walaupun telah kering. Jadi, Anda bisa memotong beberapa tangkai lalu menaruhnya di sekitar tempat tidur.

9. Honeysuckle
Honeysuckle
Honeysuckle (Foto : Leimenide)
Aroma manis dan kuat bunga ini akan membuat Anda menjadi lebih rileks. Tanaman ini cocok digunakan sebagai penghias gerbang depan atau jendela rumah Anda.

10. Arum Dalu
Arum Dalu Cestrum nocturnum
Arum Dalu / Cestrum nocturnum (Foto : Dinesh Valke)
Tanaman bunga Arum Dalu (Cestrum nocturnum) memiliki aroma wangi yang sangat kuat. Aromanya akan semakin harum ketika menjelang sore hingga malam hari sehingga kerap dijuluki sebagai "night blooming jasmine".

Bunga berwarna putih ini dapat berbunga beberapa kali dalam sebulan. Anda bisa menanamnya di dalam pot atau pun langsung pada tanah halaman rumah.

11. Kemangi
Kemangi
Ilustrasi Kemangi
Daun Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan, aromanya terasa segar saat digigit / kunyah. Selain bermanfaat untuk menyembuhkan batuk berdahak, Kemangi juga bisa digunakan sebagai tanaman pengharum ruangan. Aroma segarnya akan membuat Anda menjadi lebih santai.

12. Rosemary
Rosemary
Rosemary (Foto : Loadmaster / David R. Tribble)
Rosemary merupakan tanaman hijau yang sedap dipandang. Warna hijau daunnya bisa membuat mata menjadi lebih tenang setelah lelah beraktivitas seharian. Tak hanya memiliki manfaat herbal, tanaman Rosemary juga mampu memurnikan udara.

13. Sweet Bay
Sweet Bay
Sweet Bay (Foto : Derek Ramsey / Ram-Man)
Sweet Bay termasuk tanaman semak kecil dan mempunyai daun cerah yang memberikan bau manis. Daun tanaman ini biasanya dipakai untuk sup, kari, dan minuman untuk menambah aroma rasa.

14. Hoya
Hoya
Ilustrasi Tanaman Hoya
Tanaman Hoya mungkin masih dianggap sampah oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal di luar negeri, Hoya sudah menjadi tanaman hias. Tanaman ini cukup ampuh untuk menyerap polutan berbahaya di dalam rumah, misalnya cat.

Anda dapat menerapkan Hoya sebagai tanaman hias gantung di dalam rumah. Sementara itu, untuk perawatannya mirip dengan bunga anggrek. Tanamlah Hoya pada media sekam atau organik kasar. Hindarkan dari paparan cahaya matahari langsung dan berilah pupuk.

15. Plumeria
Plumeria
Ilustrasi Plumeria
Plumeria tersedia dalam berbagai warna seperti putih, oranye, kuning, merah muda, dan campuran warna. Tanaman ini dapat tumbuh dengan paparan cahaya terang, sehingga cocok untuk menghias balkon atau jendela sekaligus sebagai pengharum ruangan.

16. Kayu Manis
Kayu Manis
Kayu Manis (Foto : Mokkie)
Aroma tanaman Kayu Manis ini sangatlah khas dan termasuk bau yang banyak disukai orang. Aroma manis dan segar dari Kayu Manis dipercaya dapat meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan kewaspadaan.

17. Lidah Mertua
Lidah Mertua
Lidah Mertua (Foto : Martin Olsson)
Seperti halnya tanaman Hoya, Sansevieria atau Lidah Mertua juga memiliki fungsi untuk menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, hingga trichloroethylene. Di dalam tiap helai lidah mertua terdapat zat pleganane glycoside, yaitu zat yang mampu menguraikan zat beracun menjadi senyawa organik, gula, asam dan amino.

Demikianlah uraian singkat tentang jenis-jenis tanaman pengharum ruangan alami yang bisa digunakan di dalam ruangan rumah atau pun kantor. Pemakaian tanaman tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing ruang.

Misalnya, bunga yang mengeluarkan bau menyengat / lebih kuat bisa ditaruh dalam kamar mandi untuk menghilangkan bau pesing. Sedangkan kamar tamu dan kamar tidur bisa memakai bunga yang menghasilkan aroma menenangkan serta menyegarkan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Tanaman Pengharum Ruangan Alami Yang Sangat Wangi"

Post a Comment