17 Cara Menghilangkan Cegukan Membandel Dengan Cepat Secara Alami, Tanpa Minum Air Putih Juga Bisa!

Cara Menghilangkan Cegukan - Bingung bagaimana cara mengatasi cegukan? Ini daftar cara menghilangkan cegukan membandel dengan cepat secara alami. Bahkan tanpa minum air putih juga bisa mengobatinya, seperti dengan mengatur pernapasan, mengigit lemon, atau pun menarik kedua lutut hingga dada.

Cegukan atau singultus adalah proses keluarnya suara seperti "hik" yang disebabkan oleh tertutupnya glottis (ruang antara pita suara) akibat kontraksi diafragma secara tiba-tiba. Secara umum, cegukan berlangsung selama kurang dari 48 jam atau 2 hari dan bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak atau pun bayi.

Cara Menghilangkan Cegukan
Cara Menghilangkan Cegukan (Foto : Aqua Mechanical)

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Cegukan Membandel Dengan Cepat Secara Alami


Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, namun cegukan seringkali membuat seseorang menjadi "bete", apalagi muncul secara tiba-tiba pada saat sedang beraktivitas. Nah, sebelum membahas tentang bagaimana cara efektif untuk mengatasi cegukan secara alami, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan cegukan terjadi.

Penyebab Cegukan

penyebab cegukan
Ilustrasi penyebab cegukan : minuman berkarbonasi
Secara umum, cegukan biasanya disebabkan oleh minuman berkarbonasi, minuman beralkohol, dan makan terlalu banyak. Namun, ternyata ada banyak faktor lain yang dapat memicu terjadinya cegukan pada seseorang. Kira-kira apa saja ya penyebab cegukan? Ini dia daftarnya :

  • Makan terlalu banyak dan terlalu cepat. Jika perut Anda terlalu penuh menampung makanan dan minuman, biasanya akan memicu cegukan.
  • Terlalu banyak minum alkohol dan minuman berkarbonasi / bersoda. Saat minum minuman bersoda, maka tubuh akan menelan udara terlalu banyak sehingga nervus vagus akan teriritasi. Hal ini menyebabkan fungsi diafragma akan terganggu dan pita suara akan menutup secara tiba-tiba setiap diafragma akan berkontraksi, akhirnya munculah bunyi "hik" alias cegukan.
  • Terlalu banyak udara masuk lewat mulut. Misalnya menelan udara sambil mengunyah permen karet atau menghisap permen.
  • Merokok atau menghisap asap rokok.
  • Perubahan suhu tubuh / perut secara tiba-tiba (mendadak), misalnya Anda minum air panas lalu langsung minum minuman dingin.
  • Stres emosional, rasa bahagia yang berlebihan (euforia / perasaan terlalu senang), dan rasa cemas atau ketakutan yang berlebihan.
  • Iritasi atau kerusakan sistem persarafan, gangguan sistem saraf pusat dan tepi, gangguan metabolisme, serta infeksi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat bius, obat penenang (diazepam), obat kemoterapi (carboplatin), methyldopa, benzodiazepin, barbiturat aksi-pendek, donepezil, deksametason (dexamethasone), alfa-metildopa, steroid, dan tranquilizers.
  • Gangguan sistem pencernaan, seperti gastritis, tukak lambung, pankreatitis, kanker pankreas, kanker lambung, penyakit radang usus, penyumbatan usus, atau radang hati.
  • Gangguan saraf, misalnya akibat peradangan saluran napas, dan tumbuh tumor atau kista di leher.
  • Gangguan pada otak, seperti stroke perdarahan, radang dan infeksi otak, tumor otak, multiple sclerosis, dan hidrosefalus.
  • Gangguan di rongga dada, misalnya pneumonia, tuberkulosis, asma, bronkitis, cedera pada dada, dan emboli paru.
  • Gangguan jantung, contohnya serangan jantung dan peradangan selaput jantung.
  • Gangguan mental, misalnya anoreksia dan skizofrenia.

Daftar Cara Menghilangkan Cegukan Membandel Dengan Cepat Secara Alami


Setelah mengetahui berbagai hal yang dapat memicu terjadinya cegukan, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara alami mengatasi cegukan secara ampuh, bahkan tanpa minum air putih. Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut ini.

1. Minum Air Putih

air putih
Ilustrasi air putih
Minum air putih merupakan cara umum yang biasanya dilakukan oleh seseorang untuk menghilangkan cegukan dengan cepat. Minumlah air putih secara perlahan-lahan, cegukan Anda akan segera sembuh dengan sendirinya.

Selain ampuh sebagai obat cegukan, ada banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda peroleh seperti mendetoksifikasi tubuh, meredakan sakit tenggorokan, memperbaiki sirkulasi darah, mencegah infeksi, serta meningkatkan fungsi otak.

2. Mengatur Pernapasan

mengatur napas
Ilustrasi mengatur napas
Cara kedua untuk mengatasi cegukan adalah dengan mengatur pernapasan. Tariklah napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Hal ini akan membuat oksigen dan karbondioksida bergantian masuk dan keluar tubuh sehingga kadarnya kembali normal.

3. Tahan Napas Sebentar


Selain mengatur pernapasan, Anda juga bisa menahan napas beberapa detik lalu hembuskan secara perlahan untuk mengatasi cegukan yang membandel. Mengapa menahan napas bisa menghilangkan cegukan? Hal ini karena dapat meningkatkan kadar karbondioksida sementara waktu dalam saluran pernapasan sehingga lebih teratur dalam bernapas.

4. Duduk Menekuk Lutut


Cara alami dan praktis selanjutnya untuk mengatasi cegukan dengan cepat adalah duduk menekuk lutut. Tekuklah lutut Anda lalu tarik ke arah dada dan bersandarlah ke depan untuk menekan dada (seperti memeluk lutut). Tahan posisi seperti itu selama kurang lebih 1 - 2 menit lalu lepaskan pelan-pelan.

5. Bernapas Dalam Kantong Kertas / Plastik / Masker

bernafas dengan masker
Ilustrasi bernafas dengan masker
Sama seperti halnya menahan napas, bernapas dalam kantong kertas / plastik / masker mempunyai tujuan untuk menambah kadar karbondioksida dalam tubuh sehingga cegukan pun hilang seketika. Ambil sebuah kantong plastik lalu tempatkan lubangnya ke dalam mulut dan hidung. Bernapaslah seperti biasa selama beberapa saat.

6. Menjulurkan Lidah

menjulurkan lidah
Ilustrasi menjulurkan lidah
Cara unik ini denger-denger terbilang manjur lho buat mengatasi cegukan dengan cepat. Menjulurkan lidah akan dapat merangsang saraf vagus dan nasofaring. Saraf inilah yang berpengaruh pada otot mulut, tenggorokan, serta kontraksi diafragma.

7. Gula

gula
Ilustrasi gula
Cara mengatasi cegukan selanjutnya adalah mengulum (baca : mengemut) gula batu atau sesendok gula pasir. Lakukanlah hal tersebut selama kurang lebih 5 menit. Gula dipercaya dapat merangsang otot-otot diafragma.

8. Es Batu

es batu
Ilustrasi es batu
Es Batu ternyata bisa juga lho untuk mengatasi cegukan dengan cepat. Caranya yaitu usapkan es batu pada tenggorokan Anda secara pelan-pelan. Hal ini akan membuat saraf lebih rileks sehingga mempercepat hilangnya cegukan.

9. Minyak Kayu Putih


Bukan hanya ampuh sebagai meredakan perut kembung atau masuk angin, minyak kayu putih juga bisa untuk menghilangkan cegukan. Oleskan minyak kayu putih pada leher dan perut, kandungan minyak atsiri serta aroma panasnya dipercaya dapat mengatasi cegukan.

10. Jeruk Nipis Dan Lemon


jeruk nipis
Ilustrasi jeruk nipis
Ada banyak sekali manfaat jeruk nipis dan buah lemon bagi kesehatan. Selain termasuk salah satu buah yang baik untuk ibu hamil, kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi akan mengatasi gangguan pada saraf vagus sehingga cegukan pun hilang. Caranya cukup mudah, Anda tinggal meminum langsung air perasan jeruk nipis.

Tak kalah ampuh dengan jeruk nipis, buah lemon juga kaya akan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh, misalnya saja untuk menghilangkan jerawat membandel dan mengatasi cegukan secara alami.
buah lemon
Ilustrasi buah lemon
Nah, jika Anda ingin menghilangkan cegukan dengan buah lemon, Anda cukup menggigit potongan lemon lalu meminum airnya. Atau bisa juga dengan cara menambahkan perasan lemon ke dalam segelas air lalu meminumnya.

11. Air Hangat Dan Madu

madu
Ilustrasi madu
Madu tak hanya ampuh untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat, tapi juga bisa untuk mengatasi cegukan membandel. Ambillah segelas air hangat lalu masukkan ke dalamnya satu sendok madu. Aduklah sampai keduanya bercampur secara merata kemudian minum dengan perlahan.

12. Cuka

cuka apel
Ilustrasi cuka apel
Cuka yang dimaksud di sini bukanlah cuka dapur ya, tapi cuka alami seperti cuka apel. Ambillah cuka apel sebanyak setengah sendok teh lalu minum dengan air putih. Rasa asam cuka alami diyakini dapat meredakan cegukan secara cepat.

13. Selai Kacang

selai kacang
Ilustrasi selai kacang
Selai Kacang mempunyai tekstur lengket dan padat. Tekstur inilah yang akan mendorong udara saat menelannya. Anda cukup mengemut satu sendok makan selai kacang selama 5 - 10 detik, lalu menelannya. Cara ini dipercaya bisa meredakan cegukan dengan segera.

14. Naik Turun Tangga

naik turun tangga
Ilustrasi naik turun tangga
Bukan hanya dengan menelan makanan atau pun minuman, Anda juga bisa mengatasi cegukan melalui aktivitas fisik. Misalnya melakukan naik turun tangga.

15. Yoga


Yoga merupakan jenis olah raga tubuh dan pikiran yang dapat membuat Anda menjadi segar bugar. Rutin melakukan yoga dipercaya dapat mengurangi munculnya cegukan.

16. Jahe

jahe
Ilustrasi Jahe
Cara menghilangkan cegukan berikutnya adalah memakai jahe. Ambil jahe, lalu potong kecil-kecil. Masukkan potongan tersebut ke dalam mulut, kemudian kunyahlah. Ekstrak jahe dipercaya dapat menghentikan cegukan dengan cepat.

17. Kapulaga


Kapulaga selama ini dikenal jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, kapulaga ternyata bisa juga untuk mengatasi cegukan membandel secara alami. Caranya, ambillah satu sendok teh kapulaga bubuk lalu masukkan ke dalam air hangat secukupnya. Diamkan selama 10 menit, kemudian saring ampasnya dan minumlah pelan-pelan.

Demikianlah ulasan tentang berbagai cara menghilangkan cegukan secara alami dengan cepat yang bisa dilakukan di rumah. Apabila cegukan Anda terus menerus tak bisa berhenti, maka sebaiknya langsung menghubungi dokter. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Cara Menghilangkan Cegukan Membandel Dengan Cepat Secara Alami, Tanpa Minum Air Putih Juga Bisa!"

Post a Comment