11 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis - Ingin tahu bagaimana cara ampuh menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis secara alami dan cepat? Ini ulasan lengkapnya, beserta langkah-langkah yang mudah dan praktis! Jeruk nipis dipercaya bisa digunakan sebagai antibakteri dan antiseptik sehingga mengurangi jerawat pada wajah.

Siapa seh yang tak kenal dengan jeruk nipis? Buah berukuran kecil berwarna hijau hingga kekuning-kuningan ini kerap sekali digunakan sebagai campuran minuman, penambah rasa asam makanan, dan membantu menetralisir bau amis pada saat mencuci peralatan dapur.

Selain dipakai untuk keperluan ibu rumah tangga dan warung makan, ternyata jeruk nipis juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Salah satu manfaat jeruk nipis tersebut adalah sebagai obat alami penghilang jerawat. Kandungan gizi berupa antibiotik di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis
Ilustrasi Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Daftar Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Secara Alami


Untuk mengatasi jerawat dengan jeruk nipis, Anda bisa mencoba beberapa cara seperti mengkonsumsinya sebagai minuman atau pun mengaplikasikannya langsung pada wajah bersama bahan alami lainnya.

Namun, sebelum mencobanya, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit kepercayaan Anda agar terhindar dari iritasi kulit. Berikut langkah-langkah sederhana hasil rangkuman Nuansa Pagi dari berbagai sumber yang bisa Anda pilih dalam menghilangkan jerawat memakai jeruk nipis.

1. Minuman Jeruk Nipis

Minuman Jeruk Nipis
Minuman Jeruk Nipis
Cara alami pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yaitu membuat jus buah. Anda bisa mengambil jeruk nipis, lalu belah menjadi 2 dan peraslah airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan air dingin, kemudian minumlah.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang diperlukan oleh sel tubuh dalam melawan radikal bebas dan menjaga imunitas. Kandungan asam alpha-hydroxy di dalamnya berkhasiat dapat mengurangi bekas jerawat. Jeruk nipis juga diyakini dapat menambah elastisitas kulit dan pertumbuhan kulit baru.

Pengobatan dari dalam ini cenderung lebih aman dari pada mengoleskannya langsung pada kulit wajah. Apalagi jika kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif, mengoleskan jeruk nipis secara langsung pada wajah bisa menyebabkan iritasi hingga kemerah-merahan.

2. Mengoleskan Air Perasan Jeruk Nipis Pada Wajah

Air Perasan Jeruk Nipis
Air Perasan Jeruk Nipis (sumber : You As A Machine)
Selain mengkonsumsinya sebagai minuman, Anda juga bisa mengaplikasikan jeruk nipis secara langsung pada kulit wajah untuk menghilangkan jerawat. Tapi, cara ini direkomendasikan bagi kulit yang tidak sensitif ya! Apabila kulit Anda sangat sensitif, sebaiknya hindari mengoleskan jeruk nipis secara langsung.

Ambillah jeruk nipis, lalu belah menjadi dua. Sediakan kapas, kemudian teteskan beberapa tetes air jeruk nipis pada kapas. Oleskan kapas berisi air jeruk nipis tersebut pada wajah secara pelan-pelan. Diamkan selama kurang lebih 10 - 15 menit, lalu bilaslah memakai air dingin.

Cara ini akan memberikan efek sedikit perih pada kulit wajah. Oleh karena itu, agar tidak terlalu perih, Anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air sebelum dioleskan.

3. Membasuh Wajah Dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Air Jeruk Nipis
Ilustrasi Air Jeruk Nipis
Cara ketiga dalam rangka menyembuhkan jerawat dengan jeruk nipis ini sebenarnya punya prinsip sama dengan cara kedua. Hanya metodenya saja yang berbeda. Ambillah jeruk nipis, lalu belah dan peras jeruk nipis tersebut untuk diambil airnya. Campurkan air perasan tersebut ke dalam air hangat.

Pakailah ramuan air dari jeruk nipis dan air hangat tersebut untuk membasuh wajah sampai bersih. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Mudah, bukan?

4. Mengoleskan Daging Jeruk Nipis Pada Kulit

Daging Jeruk Nipis
Ilustrasi Daging Jeruk Nipis
Ingin cara praktis menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis? Ambillah sebuah jeruk nipis dengan tingkat kamatangan sedang. Belah jeruk tersebut menjadi dua bagian, lalu oleskan daging jeruk nipis secara langsung pada kulit wajah secara merata.

Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih. Mengingat jeruk nipis kaya akan vitamin C, maka pengobatan melalui cara langsung ini sepertinya akan menimbulkan rasa agak perih. Jadi, sekali lagi saya ingatkan, untuk kulit sensitif sebaiknya hindari metode ini.

5. Jeruk Nipis Dan Madu

madu
Madu
Sejak lama, madu dipakai sebagai bahan makanan, minuman, dan obat. Rasanya yang manis, membuat madu cocok dijadikan alternatif pengganti gula. Apalagi, madu kaya akan mineral dan vitamin. Ada banyak manfaat madu untuk kesehatan atau pun kecantikan, seperti melawan infeksi saluran pernapasan, zat anti diabetes, serta sebagai bahan alami penghilang jerawat membandel.

Untuk mengilangkan jerawat dengan madu, Anda bisa meracik ramuan campuran madu dan jeruk nipis. Caranya, Anda ambil satu buah jeruk nipis lalu belah jadi dua. Peraslah jeruk nipis untuk diambil airnya. Sedikan sebuah wadah, kemudian campurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu ke dalam wadah tersebut.

Aduk kedua bahan hingga bercampur secara merata, lalu gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan beberapa saat, mungkin sekitar 10 - 20 menit. Bilaslah menggunakan air bersih hingga tak ada sisa masker.

Baca Juga :

6. Jeruk Nipis Dan Putih Telur

telur
Gambar Ilustrasi Telur Ayam
Setiap orang, khususnya wanita tentu ingin tampil cantik dengan kulit wajah yang bersih. Jerawat dan komedo biasanya menjadi masalah klasik bagi kebanyakan wanita. Nah, untuk mengatasi jerawat, Anda dapat menggunakan masker alami jeruk nipis dan putih telur.

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dipercaya bisa mengurangi jerawat atau komedo, sedangkan protein dalam putih telur berperan dalam melembabkan kulit wajah. Berikut cara membuat dan menerapkan masker dari jeruk nipis dan putih telur.
  • Sediakan bahan berupa putih telur dan jeruk nipis.
  • Irislah jeruk nipis menjadi dua bagian dengan pisau bersih.
  • Kocoklah putih telur hingga berbusa.
  • Peraslah irisan jeruk nipis, lalu campurkan dengan putih telur.
  • Kocok campuran putih telur dan air perasan jeruk nipis hingga merata.
  • Bersihkan wajah Anda dengan air bersih.
  • Oleskan masker tersebut secara merata pada wajah Anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilaslah memakai air hangat sampai bersih.

7. Jeruk Nipis Dan Garam

garam
Garam
Bukan hanya digunakan untuk penyedap rasa, garam ternyata punya khasiat sebagai obat sakit gigi alami dan penyembuh jerawat berupa komedo. Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri. Pemakaian garam dalam menyembuhkan sakit gigi, biasanya diterapkan dengan kumur-kumur menggunakan air garam. Sedangkan untuk menghilangkan jerawat jenis komedo, caranya yaitu :
  • Peraslah 2 buah jeruk nipis lalu taruh ke dalam mangkuk kecil.
  • Campur air jeruk nipis hasil perasan dengan 2-3 sendok teh garam. Aduklah hingga merata.
  • Ambil sedikit campuran tersebut, sekitar 2 ujung ruas jari tangan. Lalu, usapkan ke bagian hidung yang memiliki komedo. 
  • Gosok sebentar secara perlahan. 
  • Diamkan sekitar 8 - 10 menit hingga mengering.
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih. 
  • Ulangi setiap 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

8. Jeruk Nipis Dan Susu

Susu
Susu
Selain memakai bahan tambahan garam, Anda juga bisa menghilangkan jerawat jenis komedo menggunakan campuran jeruk nipis dan susu. Caranya, rebus susu sekitar 1 gelas. Lalu campurkan ke dalam susu tersebut sari satu buah jeruk nipis. Aduk hingga merata, kemudian dinginkan. Gunakan campuran itu sebagai sabun dan bilas hingga bersih.

9. Jeruk Nipis Dan Air Mawar

Bunga Mawar
Bunga Mawar
Campuran jeruk nipis dan air mawar ternyata memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkan jerawat jenis komedo. Bahan alami ini juga dipercaya bisa membuat kulit tampak lebih segar. Campurlah beberapa tetes air mawar dan air perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga merata.

Ambil kapas, kemudian rendam kapas ke dalam campuran tersebut. Oleskan kapas pada area hidung yang dipenuhi komedo. Diamkan beberapa saat, sekitar 3 - 4 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

10. Jeruk Nipis Dan Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya
Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan herbal untuk kecantikan kulit hingga rambut. Kandungan hormon giberelin dan polisakarida di dalamnya berkhasiat sebagai antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Manfaat lidah buaya lainnya antara lain menyembuhkan ruam / iritasi kulit, melembabkan rambut dan kulit kepala, mengobati luka bakar, dan lain sebagainya.

Sejak lama, lidah buaya atau Aloe vera dikenal sebagai salah satu obat jerawat alami baik untuk jerawat wajah, punggung, dada, atau pun kulit kepala. Caranya, Anda ambil daun lidah buaya segar dari pohonnya. Lalu potong dan tekan sehingga keluar gelnya. Tuangkan gel pada blender, tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis, kemudian campur hingga merata.

Simpanlah campuran gel lidah buaya dan jeruk nipis ke dalam kulkas. Gunakan sebagai masker / lotion pada wajah sebelum tidur. Diamkan selama semalaman hingga pagi, lalu bersihkan memakai air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur hingga jerawat sembuh serta tak meninggalkan luka.

11. Jeruk Nipis Dan Pasta Gigi

Pasta Gigi
Pasta Gigi
Pasta gigi ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Pasta gigi mengandung berbagai zat yang dapat mengeringkan jerawat seperti peroksida, baking soda, dan alkohol. Triclosan dalam pasta gigi juga dipercaya dapat melawan bakteri. Namun, tidak semua pasta gigi baik untuk obat jerawat. Ada hal-hal penting yang wajib Anda perhatikan sebelum menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat, antara lain :
  • Pasta gigi untuk menghilangkan jerawat harus berbentuk pasta bukan gel.
  • Gunakanlah pasta gigi putih, karena anti-inflamasi. 
  • Hindari memakai pasta gigi berwarna, karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Hindari memakai pasta gigi yang mengandung pemutih pada kulit karena dapat membakar kulit.
  • Gunakan pasta gigi alami dan bebas fluoride.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda, dan bahan-bahan lain seperti minyak pohon teh dan triclosan.
  • Pasta gigi hanya efektif untuk mengangkat jerawat tertentu yang dekat dengan permukaan kulit.
  • Penerapan pasta gigi dalam menghilangkan jerawat, caranya yaitu : Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu memakai pemebersih lembut dan air hangat. Tepuk-tepuklah wajah secara perlahan hingga kering. Oleskan pasta gigi hanya pada bagian kulit berjerawat. Lalu biarkan sekitar 2 jam, kemudian bilas memakai kain basah yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Keringkan memakai handuk.

Menurut artikel kesehatan yang saya baca, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menyembuhkan komedo dengan bahan tambahan jeruk nipis. Campuran keduanya diyakini mampu mengangkat komedo dan kotoran penyumbat pori-pori kulit. Vitamin C di dalam jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak, serta mencerahkan kulit.

Cara penerapan pasta gigi dan jeruk nipis dalam mengatasi komedo yaitu, campurkan 1 sendok air perasan jeruk nipis dengan pasta gigi, lalu aduk hingga merata. Usapkan campuran keduanya pada hidung yang ada komedonya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sambil sesekali dipijat secara lembut. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Bagaimana sobat Nuansa Pagi? Cukup mudah dan praktis bukan, cara mengatasi jerawat dengan jeruk nipis? Bagi Anda yang sudah pernah mencobanya, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Oya, sekali lagi saya tekankan bahwa apabila Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit sebelum memakainya agar terhindar dari iritasi kulit. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Secara Alami"

Post a Comment