27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut

Manfaat Jeruk Nipis - Ingin tahu khasiat jeruk nipis? Inilah ulasan lengkap tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, diet, dan kecantikan kulit wajah hingga rambut. Buah yang kaya vitamin C ini biasanya digunakan sebagai penghilang bau amis, penyedap masakan, minuman penyegar, atau pun sebagai obat herbal alami.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) atau dikenal dengan nama jeruk pecel ini memiliki ciri-ciri antara lain tinggi tanaman mencapai sekitar 3 - 6 meter, bercabang banyak, berduri, daun lonjong, dan tangkai daun bersayap kecil. Buahnya berbentuk bulat dengan warna hijau sampai kuning, rasanya asam, dan berbau harum.
Manfaat Jeruk Nipis
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis

Daftar Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut


Selain vitamin C sebagai antioksidan, jeruk nipis juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B1, kalsium, fosfor, protein, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Artikel kesehatan kali ini akan membahas seputar kandungan zat gizi, manfaat, dan efek samping mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

Kandungan Zat Gizi (Nutrisi) Dalam Jeruk Nipis

Kandungan Zat Gizi Nutrisi Jeruk Nipis
Gambar Ilustrasi Kandungan Zat Gizi (Nutrisi) Dalam Jeruk Nipis
Berbicara tentang khasiat jeruk nipis, tentu tak akan lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dirangkum dari berbagai sumber, kandungan zat gizi jeruk nipis per 100 gram antara lain :
  • Protein : 0,8 g
  • Lemak : 0,1 g
  • Karbohidrat : 12,3 g
  • Kalsium : 40 mg
  • Fosfor : 22 mg
  • Zat Besi : 0,6 mg
  • Vitamin B1 : 0,04 mg
  • Vitamin C : 27 mg
  • Air : 86 g
  • Energi : 37 kkal

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Dilihat dari kandungan nutrisinya, jeruk nipis ternyata mempunyai zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, menambahkan buah asam ini dalam menu makanan sehari-hari tentu akan membuat Anda semakin sehat. Kira-kira apa saja ya kegunaan jeruk nipis? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Memperlancar Pencernaan


Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari jeruk nipis adalah melancarkan proses pencernaan makanan. Sifat asam pada jeruk nipis akan membantu air liur (saliva) dalam memecah makanan dan merangsang pergerakan usus sehingga sisa-sisa makanan dapat terdorong mudah ke bawah.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang bisa merangsang pengeluaran enzim-enzim percernaan. Kandungan air di dalamnya akan memperlancar buang air besar (BAB). Oleh karena itu, jeruk nipis dipercaya sebagai obat sambelit alami pada orang yang mengalami susah buang air besar. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda dapat meminum air perasan jeruk nipis setiap pagi hari (NB : tidak boleh berlebihan).

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)


Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang diperlukan tubuh. Ada banyak manfaat vitamin C bagi kesehatan, antara lain melawan radikal bebas penyebab penyakit, miningkatkan daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari infeksi, mencegah kerusakan sel, dan membantu produksi kolagen untuk melekatkan tulang dengan otot.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. Kabarnya, satu buah jeruk nipis mengandung sekitar 32 % vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Dengan mengkonsumsi beberapa jeruk nipis berarti Anda sudah mencukupi kebutuhan vitamin C sehingga sistem kekebalan tubuh (imunitas) akan meningkat, badan terasa bugar, dan dapat mencegah diare, malaria, pneumonia, atau pun infeksi saluran pernapasan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Jeruk nipis berkhasiat menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan kalium, magnesium, dan senyawa limonen di dalamnya berperan penting dalam melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, maupun menurunkan kadar kolesterol tubuh. Hal ini tentu akan membuat jantung Anda semakin sehat, jauh dari serangan jantung dan stroke.

4. Mengobati Amandel


Jeruk nipis ternyata diyakini punya khasiat mujarab untuk menyembuhkan amandel. Caranya, potonglah 3 buah jeruk nipis, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 3/4. Saringlah air rebusan tersebut, kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 3 - 4 kali sehari.

5. Obat Batuk Alami


Jeruk nipis cukup populer dikenal sebagai obat batuk alami. Ada berbagai cara meramu jeruk nipis untuk meredakan batuk. Cara pertama, campurlah air perasan jeruk nipis dengan gula batu. Aduk hingga rata kemudian minum satu kali sehari.

Care kedua, ambil satu buah jeruk nipis, cuci hingga bersih lalu peraslah untuk diambil airnya. Campurkan air perasan tersebut dengan 1 sendok madu dan sedikit garam. Aduklah sampai merata, lalu minum 2 - 3 kali sehari.

Cara ketiga, Anda bisa mengkombinasikan jeruk nipis dengan lemon. Kedua buah ini mengandung vitamin C dan zat antibakteri. Campurlah bahan-bahan : air perasan jeruk nipis dan lemon, 1 sendok madu, dan segelas air. Aduk hingga merata lalu minum. Lemon juga dipercaya dapat menyembuhkan batu pilek dengan cepat.

6. Meredakan Demam atau Flu


Selain bermanfaat untuk obat batuk, jeruk nipis juga ampuh meredakan demam atau flu. Caranya, ambil satu jeruk nipis, lalu cuci bersih dan peras ambil airnya. Lumatkan 3 siung bawang merah, lalu campur dengan air perasan jeruk nipis serta 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan ramuan herbal tersebut pada kening.

Cara lainnya yaitu : ambil satu buah jeruk nipis kemudian panggang sebentar. Potonglah jeruk nipis dengan pisau bersih, lalu peras ambil airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu pada air perasan tersebut, kemudian diminum.

7. Menjaga Kadar Gula Darah


Kandungan serat, vitamin C, dan potasium dalam jeruk nipis berguna dalam mencegah kenaikan gula darah dalam tubuh. Kadar gula dalam jeruk nipis juga terbilang rendah sehingga cocok bila dikonsumsi para penderita diabetes.

8. Menurunkan Resiko Kanker / Melawan Kanker


Kenker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Penyakit kanker terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang berkembang dibagian tubuh mana saja, dari mulai payudara, paru-paru, otak, tulang, usus, hingga ginjal.

Nah, untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, ada baiknya Anda rajin mengkonsumsi air jeruk nipis. Menurut penelitian, beberapa senyawa dalam jeruk nipis dipercaya bisa melawan (memblokir) pertumbuhan kanker usus besar sebanyak 67% dalam kurun waktu 72 jam.

Kemampuan jeruk nipis dalam melawan sel kanker tak lepas dari zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan ini akan menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari gangguan radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun sehingga menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

9. Mengatasi Peradangan


Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memiliki manfaat dalam mengurangi peradangan atau inflamasi seperti radang tenggorokan, radang sendi (arthritis), dan asam urat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, kelompok orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit, akan berisiko menderita arthritis 3 kali lebih besar dari pada mereka kelompok yang punya asupan vitamin C optimal.

Dengan rajin mengkonsumsi air jeruk nipis, kadar asam urat pun akan mulai berkurang. Asam urat adalah produk sisa dari proses pencernaan makanan tinggi purin, misalnya daging, hati, jamur, atau kacang-kacangan. Tambahkan jeruk nipis dalam menu makanan sehari-hari Anda agar hidup menjadi lebih sehat.

10. Mencegah Dehidrasi


Jeruk nipis bisa mencegah dehidrasi? Kok bisa seh? Jeruk nipis memiliki rasa asam. Air perasan jeruk nipis yang bercita rasa asam jika ditambahkan pada minuman maka akan membuat Anda lebih banyak minum dari pada air putih biasa yang hambar. Dengan banyak minum, berarti Anda akan terhindar dari dehidrasi karena kebutuhan cairan untuk tubuh otomatis terpenuhi.

11. Mengobati Asma


Manfaat jeruk nipis untuk mengobati asma tentu saja tak lepas dari kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dipercaya bisa mengurangi gejala asma atau pun infeksi pernafasan.

12. Mencegah Batu Ginjal


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum air jeruk nipis selama 4 tahun dapat mengurangi terbentuknya batu ginjal. Hal ini tentu saja karena kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mampu mencegah proses pengikatan mineral lain oleh kalsium sehingga ginjal menjadi sehat.

Namun demikian, konsumsi jeruk nipis tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pasalnya, tingkat keasaman yang tinggi bisa menyebabkan penyakit asam lambung atau yang dikenal dengan sebutan GERD (Gastroesophageal Reflux Disorder). Jika mulai ada tanda-tanda mual, muntah, dan nyeri ulu hati maka sebaiknya Anda berhenti meminum air jeruk nipis.

13. Menjaga Keseimbangan pH


Keseimbangan tingkat asam dan basa (pH) dalam tubuh merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan. Pada saat kandungan pH tidak seimbang, maka tubuh biasanya akan sakit. Mengkonsumsi jeruk nipis yang asam tentu akan membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.

14. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi


Seperti yang telah dijelaskan pada uraian di atas, kandungan magnesium dan potasium dalam jeruk nipis berguna dalam menyehatkan jantung. Potasium akan membantu melancarkan sirkulasi / aliran darah dan menurunkan tekanan darah sehingga akan mengurangi risiko penyakit jantung atau pun stroke.

15. Mengobati Asam Urat


Anda menderita penyakit asam urat? Jika iya, jeruk nipis bisa menjadi pilihan alternatif obat alami asam urat Anda. Minumlah segelas minuman jeruk nipis setiap pagi. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis akan bermanfaat dalam melarutkan asam urat secara alami.

16. Menurunkan Kolesterol


Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan selanjutnya adalah munurunkan kolesterol secara alami. Jeruk nipis mengandung flavonoid dengan jumlah yang cukup banyak bila dibandingan dengan buah lain. Senyawa flavonoid dipercaya mampu menghambat produksi kolesterol jahat (LDL).

Tak hanya itu, vitamin C di dalam jeruk nipis juga ikut membantu menurunkan timbunan lemak secara efektif. Apalagi jeruk nipis mengandung serat yang dapat mencegah penyerapan kolesterol dari makanan. Dengan demikian, mengkonsumsi air jeruk nipis bisa menjadi obat alami penurun kolesterol tubuh.

17. Mengatasi Sakit Gigi


Bukan hanya mengakibatkan tak enak makan, sakit gigi dan gusi bengkak juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, Anda akan kehilangan mood dalam melakukan pekerjaan atau pun belajar karena rasa nyeri yang berdenyut-denyut.

Nah, untuk mengatasi sakit gigi tersebut, Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis. Caranya, ambillah jeruk nipis lalu cuci sampai bersih. Iris menjadi 2 bagian memakai pisau higienis, kemudian peraslah airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat, aduk hingga rata, gunakan untuk berkumur.

Lakukanlah kumur-kumur memakai ramuan itu secara rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Pastikan air bekas yang digunakan untuk berkumur tidak tertelan karena kemungkinan banyak mengandung bakteri. Anda juga bisa menerapkan obat sakit gigi alami ini dengan cara memeras jeruk nipis secara langsung pada area gigi berlubang. Anda harus tahan sebentar, mungkin akan terasa agak perih.

18. Memutihkan Gigi


Jeruk nipis ternyata punya khasiat ampuh buat memutihkan gigi. Kandungan asam dalam jeruk nipis dapat berperan sebagai alkali alami sehingga dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab warna kuning pada gigi.

Ada beberapa cara memutihkan gigi dengan memakai jeruk nipis. Satu diantaranya yaitu membuat campuran air perasan dari 1 buah jeruk nipis dengan 1 sendok makan garam. Gosok-gosokkan campuran tersebut pada gigi sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

19. Menghilangkan Bau Badan Pada Ketiak


Aroma jeruk nipis yang harum dan mengandung antioksidan tentu sangat pas bila digunakan sebagai penghilang bau badan tak sedap. Anda dapat memakai jeruk nipis sebagai pengganti deodoran. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis dengan ukuran agak besar. Potong menjadi 2 bagian, lalu olesi dengan kapur sirih secara tipis-tipis saja.

Oleskan potongan jeruk nipis tersebut pada ketiak Anda setelah mandi. Diamkan beberapa saat, sekitar 5 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini setiap pagi dan sore secara rutin agar tubuh Anda terbebas dari bau tak sedap.

20. Meringankan Gejala Ambeien / Wasir


Salah satu penyebab Ambeien adalah dehidrasi. Penyakit Ambeien atau wasir seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda akan merasa tidak nyaman ketika duduk atau pun berjalan. Kurangnya asupan air ke dalam tubuh (baca : dehidrasi) merupakan salah satu penyebab wasir.

Nah, untuk meringankan gejala wasir, Anda bisa minum air putih yang banyak. Jika tak terlalu suka air putih, Anda dapat mencoba jus campuran jeruk nipis, jahe, dan madu. Minumlah jus ini sebanyak dua kali sehari sehingga tubuh Anda tetap terhidrasi dan wasir pun bisa teratasi.

21. Meredakan Anyang-Anyangan


Selain wasir, penyakit Anyang-Anyangan juga kerap kali mengganggu kegiatan sehari-hari. Hal ini tentu saja karena orang yang terkena Anyang-Anyangan akan terus-terusan merasa ingin buang air kecil meskipun urine yang keluar sedikit.

Untuk meredakan Anyang-Anyangan, Anda dapat meminum air perasan jeruk nipis. Caranya, ambil sekitar 2 buah jeruk nipis. Cuci sampai bersih, potong jadi 2 bagian, lalu peraslah untuk diambil airnya.

Tambahkan gula batu / gula pasir secukupnya agar rasa asamnya sedikit berkurang. Campur dengan 1 gelas air panas, lalu aduk hingga merata. Tunggu sampai hangat, lalu minumlah air ramuan tersebut.

22. Menghilangkan Kebiasaan Merokok


Merokok sangatlah tidak dianjurkan karena memiliki efek buruk bagi kesehatan organ tubuh. Misalnya, paru-paru menjadi rusak, menyebabkan penyakit jantung, dan stroke. Walaupun tahu akan bahayanya, namun bagi sebagian orang, berhenti merokok bukanlah hal mudah.

Namun demikian, bukanlah hal mustahil jika para perokok ingin berhenti. Mereka bisa mencoba terapi menggunakan jeruk nipis. Ambil satu buah jeruk nipis, cuci hingga bersih, lalu potong menjadi 2 bagian. Isaplah jeruk nipis kemudian minum air putih. Anda bisa melakukan terapi ini beberapa hari sehingga bisa sedikit demi sedikit mengurangi rokok.

Baca Juga :

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Penurunan Berat Badan

23. Menurunkan Berat Badan


Selain berkhasiat dalam bidang kesehatan, jeruk nipis juga termasuk makanan yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Mengapa? Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisi jeruk nipis baik bagi kelangsungan program diet penurunan berat badan.

Segelas air jeruk nipis hanya mengandung 11 kalori sehingga tak berdampak buruk pada berat badan. Apalagi jeruk nipis kayak akan vitamin C yang dapat membakar lemak saat Anda berolahraga. Asam sitrat dalam jeruk nipis akan meningkatkan metabolisme sehingga membantu pembakaran kalori dan menyimpan sedikit lemak.

Untuk hasil optimal, diet jeruk nipis saja tidak lah cukup. Anda harus menambah dengan olah raga sekitar 30 menit setiap hari agar semakin banyak lemak yang terbakar. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayur.
Jeruk Nipis Untuk Diet
Gambar Ilustrasi Infused Water Jeruk Nipis Untuk Diet
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mencoba cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis, antara lain :

  • Gunakan air hangat. Penggunakan air hangat dalam membuat minuman jeruk nipis akan mempercepat proses metabolisme.
  • Hindari Gula. Minuman jeruk nipis yang dibuat sebaiknya tak memakai gula. Tapi, jika Andaa belum terbiasa meminum air asam, bisa menambahkan gula secukupnya. Lalu sedikit demi sedikit dikurangi hingga tanpa gula sedikit pun.
  • Tambahkan Jahe. Agar program diet Anda maksimal, tambahkanlah air sari jahe ke dalam minuman jeruk nipis. Untuk mendapatkan sari jahe, Anda dapat memblender 2 inchi jahe segara lalu peras memakai saringan, buang ampasnya.
  • Topping Jeruk Nipis. Tak hanya berbentuk minuman, Anda juga bisa mengkonsumsi jeruk nipis dengan menambahkannya ke dalam masakan. Peraslah jeruk nipis untuk menambah aroma segar pada kuah bakso, soto, salad, steak, dan sebagainya.
  • Infused Water. Apa seh Infused Water itu? Infused Water adalah minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan berbagai macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama beberapa waktu. Jika Anda sibuk sekali sehingga tak sempat memeras jeruk nipis, maka bisa menambahkan potongan jeruk nipis pada minuman Anda.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Rambut

Manfaat Jeruk Nipis Kecantikan
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Kecantikan

24. Meremajakan Kulit


Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kecantikan adalah meremajakan kulit. Kandungan vitamin C nya bisa berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas pada kulit dan memperkuat kolagen. Dengan demikian, kulit Anda akan tampak awet muda karena sel-sel kulit matinya akan terangkat lalu digantikan oleh sel baru.

Untuk memperoleh khasiat jeruk nipis, Anda dapat mengkonsumsinya sebagai minuman. Sebaiknya hindari cahaya matahari saat pemakaian langsung air perasan jeruk nipis pada kulit. Hal ini karena jika saat mengoleskannya terkena cahaya matahari langsung bisa menyebabkan Phytophotodermatitis seperti terbakar, gatal, dan kemerah-merahan.

25. Mencerahkan Wajah


Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa jeruk nipis berkasiat dalam mengangkat kulit mati. Terangkatnya sel-sel kulit mati lalu digantikan dengan sel baru, tentu akan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah.

26. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam


Jeruk nipis dikenal sebagai salah satu obat alami untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Kandungan antibiotiknya mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Bahkan, flek hitam pada wajah pun kabarnya bisa dihilangkan dengan ramuan jeruk nipis.
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat
Ada banyak cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang bisa dilakukan, mulai dari mengkonsumsinya sebagai minuman, mengaplikasikannya secara langsung pada kulit, atau pun dibuat semacam masker wajah dengan kombinasi bahan alami lain. Perlu diingat, penggunaan jeruk nipis ini tidak direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif karena bisa menimbulkan iritasi.

27. Mencegah Rambut Rontok Dan Ketombe


Vitamin C dalam jeruk nipis memang memiliki peranan penting dalam bidang kecantikan, baik kulit maupun rambut. Manfaat vitamin C bagi rambut antara lain mendorong pertumbuhan akar rambut dan mencegah kerontokan. Oleh karena itu, jeruk nipis dikenal sebagai obat alami untuk menebalkan rambut atau pun mencegah kebotakan.

Selain itu, pemakaian jeruk nipis secara teratur dipercaya bisa membasmi ketombe. Cara penerapannya cukup praktis sederhana, Anda tinggal ambil jeruk nipis lalu potong dan peraslah airnya. Campurkan air perasan itu dengan air seperlunya, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Efek Samping Kebanyakan Minum Air Jeruk Nipis

Efek Samping Kelebihan Jeruk Nipis
Gambar Ilustrasi Efek Samping Kelebihan Jeruk Nipis
Meskipun jeruk nipis punya banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, justru akan menimbulkan efek samping buruk pada kesehatan tubuh. Apalagi buat Anda penderita maag kronis, sebaiknya tidak mengkonsumsi jeruk nipis karena kandungan asam sitratnya cukup tinggi.

Beberapa efek samping negatif yang mungkin disebabkan oleh asupan jeruk nipis secara berlebihan antara lain asam lambung naik dan menyebabkan gigi rusak. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi jeruk nipis sesuai kadar normal yang ditetapkan oleh para ahli medis / kedokteran.

Demikianlah sekilas info kesehatan tentang khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Bagi Anda yang kebetulan sudah pernah mendapatkan manfaat atau mengalami dampak buruk akibat buah ini, bisa menuliskan pengalamannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut"

Post a Comment