17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut

Manfaat Minum Air Putih - Ingin tahu khasiat minum air putih? Inilah ulasan lengkap tentang manfaat minum air putih untuk kesehatan, diet, dan kecantikan kulit wajah hingga rambut. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, yaitu sekitar 60 - 70 persen. Air memiliki peranan dan fungsi penting bagi tubuh, antara lain sebagai pelarut, katalisator, pelumas, media transportasi zat, pengatur suhu tubuh, dan penyedia mineral atau pun elektrolit. 

Dalam sehari, manusia dianjurkan setidaknya harus meminum air sebanyak 8 gelas ukuran 230 ml (total sekitar 2 liter) agar sel-sel pada organ tubuh bekerja dengan baik. Jika kekurangan air, maka manusia akan mengalami dehidrasi sehingga cairan di otak menurun, asupan oksigen ke otak berkurang, dan akhirnya sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang.
Manfaat Minum Air Putih
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih
Dehidrasi juga bisa menyebabkan orang merasa lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, gangguan ginjal, kulit kusam, denyut nadi cepat, halusinasi, bahkan kematian. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus rajin minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi. Kira-kira apa saja seh manfaat minum air putih? Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut ini.

Daftar Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut


Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

1. Memperlancar Proses Pencernaan Makanan Dan Mencegah Gangguan Pencernaan


Air sangat penting bagi proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia. Dengan konsumsi air yang cukup, maka makanan akan mudah melewati saluran pencernaan. Anda pun bisa buang air besar dengan lancar.

Sebaliknya, apabila kekurangan air maka usus akan lebih banyak menyerap air dari sisa-sisa pencernaan (feses / tinja) sehingga menyebabkan gangguan berupa konstipasi atau sambelit (susah buang air besar).

Meminum air putih juga bermanfaat bagi penderita maag. Saat perut kosong, biasanya asam lambung akan meningkat. Dengan minum air putih, maka zat asam tersebut akan ditekan atau diencerkan sehingga asam lambung tidak akan naik.

2. Mengeluarkan Racun / Toksin Dari Dalam Tubuh


Selain mengandung zat gizi, makanan yang Anda konsumsi biasanya juga terdapat racun / toksin. Begitu pula dengan proses di dalam sel-sel tubuh, pada umumnya menghasilkan zat sisa / sampah beracun yang harus dibuang keluar. Air putih akan membantu mengeluarkan zat-zat racun tersebut melalui keringat atau pun urine.

Untuk menambah optimal pembersihan racun, Anda dapat mengkonsumsi 2 gelas air putih sehabis tidur. Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari saat perut masih kosong adalah membantu membersihkan saluran pencernaan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Pada malam hari, sel tubuh manusia akan memperbaiki diri serta mengeluarkan racun. Setelah minum air putih saat bangun pagi, usahakan Anda tidak mengkonsumsi makanan dulu selama kurang lebih 30 menit, agar sel-sel tubuh punya waktu untuk membersihkan diri dari racun-racun tersebut.

3. Menyehatkan Ginjal Dan Mencegah Batu Ginjal Atau Infeksi Kandung Kemih


Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang mempunyai peran sangat penting. Fungsi utama ginjal adalah menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa (racun) berbahaya bagi sel tubuh. Hasil saringan dari ginjal akan dibuang dalam bentuk urine.

Konsumsi air putih yang cukup akan memperlancar proses penyaringan darah oleh ginjal. Urine akan tampak jernih dan bebas bau. Tapi, jika asupan air putih berkurang, maka ginjal bekerja lebih keras dengan menyerap cairan ekstra dalam tubuh sehingga urine pun menjadi lebih pekat dengan disertai bau tidak sedap.

Dengan memperbanyak minum air putih (hingga batas normal sehat), berarti Anda mempermudah kerja ginjal. Akibatnya, ginjal Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Air putih juga akan membantu melarutkan mineral di saluran kemih sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit batu ginjal atau pun infeksi kandung kemih.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh / Sistem Imun


Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah membantu menyeimbangkan sistem limfatik. Perlu diketahui, limfatik atau getah bening termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia (sistem imun).

Fungsi dari sistem limfatik ini berupa menghasilkan, menyimpan, lalu membawa sel-sel darah putih untuk melawan infeksi atau penyakit. Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup, sistem limfatik Anda akan seimbang dan kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga, bahkan meningkat.

5. Mengobati Batuk dan Pilek


Batuk dan pilek termasuk salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali diderita oleh orang pada umumnya. Bukan hanya membuat badan tak nyaman, batuk pilek biasanya juga berpengaruh buruk terhadap aktivitas pekerjaan atau pun belajar sehari-hari.

Untuk mengobati batuk pilek yang menyerang tubuh, Anda bisa meminum air putih hangat yang dapat berperan sebagai antibiotik alami. Setelah meminum segelas air putih hangat, hidung dan tenggorokan Anda biasanya akan terasa lega.

6. Menghilangkan Mual


Dehidrasi atau kekurangan cairan biasanya akan membuat Anda merasa mual. Meminum air putih sedikit demi sedikit akan membantu meredakan rasa mual tersebut. Selain itu, air putih hangat juga kabarnya bisa menghilangkan mual pada ibu hamil ketika masa awal-awal kehamilan.

7. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut Dan Menghilangkan Bau Mulut


Air putih yang Anda konsumsi, secara tidak langsung akan membantu produksi air liur (saliva). Fungsi dari air liur tersebut adalah melancarkan proses pencernaan makanan dan menjaga kelembaban rongga mulut. Air liur juga bisa bermanfaat sebagai pembersih alami mulut.

Oleh karena itu, orang yang kekurangan air liur, punya risiko gigi berlubang cukup tinggi. Perilaku meminum air putih dipercaya dapat mencegah terjadinya bau mulut tak sedap karena air putih akan membersihkan partikel makanan maupun bakteri penyebab bau mulut.

8. Meredakan Sakit Kepala, Mengurangi Rasa Lelah, Dan Meningkatkan Mood


Saat seseorang kekurangan cairan (dehidrasi), maka tubuh akan mengalami kelelahan dan sakit kepala. Akibatnya, mood pun akan berkurang sehingga tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meminum air putih, lalu biarkan tubuh Anda istirahat sejenak.

Dengan asupan air putih ang cukup, maka dehidrasi dapat dihindari dan Anda pun akan kembali bersemangat dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari lainnya. Stamina, pernapasan, dan kinerja otot-otot tubuh akan kembali normal saat cairan tubuh terpenuhi.

9. Melumasi Sendi Dan Mencegah Nyeri Sendi


Sendi merupakan penghubung antar tulang manusia. Dengan adanya sendi, maka tulang-tulang manusia bisa digerakkan. Sendi terdiri atas beberapa komponen, antara lain ligamen, kapsul sendi, cairan sinovial, dan tulang rawan hialin. Sendi membutuhkan cairan sebagai pelumas agar mudah digerakkan.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka sendi-sendi dalam tubuh bisa terasa nyeri. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, Anda dapat mengatasi nyeri sendi tersebut karena air putih akan membantu produksi cairan untuk melumasi sendi.

10. Meredakan Kram


Bagi Anda yang sering terkena kram otot, ada baiknya mencoba terapi meminum air hangat. Pasalnya, salah satu manfaat minum air putih hangat adalah meredakan kram pada otot. Suhu panas pada air hangat akan memberikan efek menenangkan, merangsang sirkulasi, dan mengendurkan otot perut sehingga bisa mengurangi kram menstruasi atau pun sakit kepala.

11. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh


Tubuh manusia sebagian besar tersusun oleh cairan sekitar 60 - 70 %. Cairan tubuh berperan penting dalam kelangsungan hidup sel-sel tubuh, dari mulai pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi / pengangkutan zat-zat, pelarut, hingga menstabilkan suhu tubuh.

Agar cairan tubuh Anda tetap seimbang, maka disarankan meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari (total kurang lebih 2 liter air) untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat atau pun urine.

12. Menjaga Tekanan Darah


Hampir 90 persen kandungan darah berupa air. Jika Anda kekurangan air (dehidrasi) maka darah secara otomatis akan mengental dan membuat alirannya tidak lancar. Akibatnya, tekanan darah pun akan semakin tinggi.

Nah, agar tekanan darah kembali normal, Anda perlu minum air putih dalam jumlah cukup menurut kesehatan. Air putih akan membuat darah kembali cair sehingga aliran sirkulasinya menjadi lancar. Tekanan darah pun akan menurun.

13. Meningkatkan Kinerja Otak


Manfaat minum air putih lainnya yang sangat mengagumkan adalah meningkatkan kinerja / fungsi otak. Sebagian besar komponen otak manusia berupa air, yaitu mencapai sekitar 73 persen. Jika otak mengalami kekurangan cairan, maka kinerjanya akan terganggu, akibatnya Anda akan susah konsentrasi dan sakit kepala.

Asupan air putih yang cukup akan membuat cairan dalam otak tetap terjaga sehingga kinerjanya akan optimal. Anda pun akan lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Tak hanya itu, dengan terpenuhinya cairan tubuh, maka sel-sel tubuh Anda bisa menghasilkan energi dengan optimal.

14. Menyeimbangkan Suhu Tubuh


Menurut Environmental Protection Agency (EPA), air bukan hanya dapat mengatur suhu bumi, melainkan juga dapat mengatur suhu tubuh manusia. Misalnya saat suhu tubuh tinggi, maka air akan membuang panas keluar tubuh dalam bentuk keringat sehingga suhu tubuh menjadi stabil / tetap normal.

Manfaat Minum Air Putih Untuk Diet

Manfaat Minum Air Putih Untuk Diet Penurunan Berat Badan
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih Untuk Diet Penurunan Berat Badan

15. Menurunkan Berat Badan


Air putih ternyata memiliki manfaat untuk diet penurunan berat badan. Anda bisa mencoba meminum air putih saat perut kosong, misalnya ketika pagi hari setelah bangun tidur. Air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24 persen sehingga akan lebih banyak kalori yang terbakar.

Air putih termasuk minuman sehat yang cocok digunakan sebagai pengganti minuman berkalori tinggi. Dengan asupan air putih, racun-racun dalam tubuh dapat keluar, pencernaan menjadi lancar, dan Anda akan merasa tidak terlalu lapar. Agar hasil optimal, Anda juga harus menjaga pola makan dengan makanan bergizi dan olah raga teratur.

Manfaat Minum Air Putih Kecantikan Kulit Wajah Dan Rambut


16. Membuat Kulit Lebih Sehat, Awet Muda, Dan Bercahaya

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Selain berkhasiat untuk kesehatan dan diet menurunkan berat badan, air putih juga memiliki manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Jika Anda rajin meminum air putih dalam jumlah yang cukup, maka akan meningkatkan aliran darah menuju ke sel-sel kulit. Hal ini akan membuat kulit lebih sehat, terjaga kelembabannya, dan tampak bersinar.

17. Membuat Pertumbuhan Rambut Tetap Terjaga

Manfaat Minum Air Putih Untuk Menjaga Pertumbuhan Rambut
Gambar Ilustrasi  Manfaat Minum Air Putih Untuk Menjaga Pertumbuhan Rambut
Air memiliki peranan penting dalam pertumbuhan rambut karena membentuk sekitar seperempat berat rambut. Jika tubuh kekurangan air, maka rambut akan rapuh dan tipis. Lain halnya apabila asupan air putih tercukupi, pertumbuhan rambut akan lebih sehat. Konsumsi air putih akan memberikan nutrisi kepada rambut sehingga kesehatan rambut tetap terjaga.

Demikianlah informasi singkat tentang manfaat air putih untuk kesehatan, diet, dan kecantikan tubuh. Meskipun banyak khasiatnya, Anda tak perlu berlebihan meminum air putih karena jika terlalu banyak justru akan berakibat buruk bagi kesehatan. Konsumsilah sesuai standar normal, lalu imbangi dengan makanan bergizi dan olah raga secara teratur. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut"

Post a Comment