17 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Ketombe - Ingin punya rambut bebas ketombe? Inilah cara menghilangkan ketombe membandel secara alami dengan cepat pada kulit kepala. Caranya mudah dan praktis, Anda tinggal memakai bahan-bahan herbal alami seperti lidah buaya, daun sirsak, jeruk nipis, lemon, dan lain sebagainya.

Seperti halnya jerawat, ketombe termasuk salah satu masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Sebenarnya ketombe bukanlah suatu penyakit berbahaya, namun seringkali mengganggu kenyamanan dan penampilan. Bahkan ketombe membandel bisa menurunkan rasa percaya diri.
cara menghilangkan ketombe
Gambar ilustrasi cara menghilangkan ketombe

Pengertian, Penyebab, Dan Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat


Untuk mengatasi ketombe, Anda perlu langkah-langkah preventif seperti menjaga kebersihan rambut atau pun perawatan kulit kepala dan rambut secara rutin. Nah, pada kesempatan ini, Nuansa Pagi akan berbagi info kesehatan tentang pengertian, penyebab, tips dan cara bagaimana menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan alami rumahan secara sederhana. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Dan Penyebab Ketombe


Apa seh ketombe itu? Ketombe adalah serpihan sel-sel kulit kepala yang mati mengelupas secara berlebihan. Ketombe berwarna putih keabu-abuan. Pengelupasan ini sebenarnya normal terjadi, tapi jika terjadi secara terus menerus maka akan sangat mengganggu penampilan. Hal ini karena ketombe biasanya akan jatuh pada pakaian yang Anda gunakan dan biasanya disertai rasa gatal pada kulit kepala.
penyebab ketombe
Gambar ilustrasi penyebab ketombe : stress
Kira-kira apa seh penyebab ketombe itu? Secara pasti, belum ada yang tahu faktor utama penyebab ketombe. Namun, ada dugaan ketombe disebabkan oleh gangguan pada kelenjar minyak di kulit kepala. Semakin banyak produksi minyak, maka akan menyuburkan jamur Malassezia globosa. Jamur inilah yang diduga menyebabkan ketombe. Secara umum, beberapa hal yang dapat memicu ketombe antara lain :
  • Pemilihan sampo yang tidak tepat. Jika Anda salah dalam memilih sampo, maka kulit kepala akan menjadi kering terkelupas dan membuat produksi minyak berlebihan.
  • Kurang menjaga kebersihan rambut, misalnya : jarang keramas.
  • Terlalu sering keramas.
  • Alergi terhadap makanan tertentu, produk kecantikan rambut, dan cuaca dingin.
  • Stres dan malas merapikan rambut.
  • Peradangan kronis pada kulit kepala.
  • Perubahan cuaca.
  • Infeksi jamur pada kulit kepala.
  • Kurang menjaga pola makan makanan sehat bergizi.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat


Setelah Anda mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya ketombe, maka dari situ Anda bisa mencari solusi untuk mencegah ketombe. Akan tetapi, jika ketombe terlanjur menyerang, Anda bisa mencoba beberapa cara ampuh menghilangkan ketombe berikut ini. Untuk hasil maksimal, alangkah baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menerapkannya.

1. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Gambar ilustrasi Minyak Kelapa (Foto : Phu Thinh Co)
Minyak Kelapa cukup populer dalam dunia kesehatan, khususnya dalam perawatan rambut kepala. Satu diantara khasiat minyak kelapa adalah dapat menghilangkan ketombe. Bahan alami ini akan meningkatkan hidrasi kulit kepala, mencegah kekeringan, dan memiliki sifat anti mikroba sehingga ketombe pun berkurang.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup mudah dilakukan. Anda cukup mengoleskan 3 - 5 sendok makan minyak kelapa pada kulit kepala. Pijat pelan-pelan lalu diamkan selama beberapa menit agar minyak tersebut meresap ke dalam pori-pori kulit. Kemudian cuci / bilas hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya
Siapa seh yang tak kenal dengan Lidah Buaya? Tanaman herbal ini sudah sejak lama dikenal sebagai bahan alami dalam perawatan rambut. Kandungan zat gizi dalam lidah buaya terbilang lengkap untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tak heran, jika lidah buaya banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik kecantikan.

Manfaat lidah buaya untuk rambut yaitu menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, dan menghilangkan ketombe. Lidah buaya juga diyakini mengandung zat anti jamur dan anti bakteri sehingga cocok untuk mencegah munculnya ketombe. Penerapan lidah buaya untuk menyembuhkan / mengatasi ketombe membandel dapat dilakukan dengan cara :
  • Pilihlah lidah buaya yang bagus dan bersihkan.
  • Haluskan daging lidah buaya sesuai kebutuhan.
  • Oleskan perlahan pada kulit kepala hingga merata.
  • Pijat pelan-pelan agar sari-sarinya meresap ke dalam pori-pori kulit kepala.
  • Diamkan beberapa menit (lebih kurang 30 menit).
  • Cuci dan bilas rambut Anda memakai air bersih.

3. Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun
Gambar ilustrasi Minyak Zaitun
Minyak Zaitun nampaknya sudah tidak terlalu asing lagi dalam perawatan rambut. Pasalnya, obat tradisional alami ini punya khasiat ampuh untuk membasmi ketombe membandel. Minyak Zaitun akan memenuhi kebutuhan nutrisi dan melembabkan kulit kepala yang kering bersisik sehingga ketombe berkurang. Adapun cara menghilangkan ketombe secara alami dengan Minyak Zaitun yaitu :
  • Siapkan Minyak Zaitun.
  • Tuangkan minyak sekitar 8 - 10 tetes pada telapak tangan.
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, pijat pelan-pelan kulit kepala.
  • Diamkan selama semalaman (kurang lebih 8 jam). Pakailah penutup kepala (shower cap) agar minyak yang dioleskan tidak mengotori bantal, kasur, atau pun baju.
  • Cucilah rambut kepala Anda memakai shampo anti ketombe, lalu bilas hingga bersih.
  • Apabila Anda tidak betah tidur dengan Minyak Zaitun yang lengket di kepala, maka bisa memilih alternatif mendiamkannya selama 30 menit saja. Lalu, bilas memakai air hangat. Pemakaian Minyak Zaitun dipercaya dapat menghilangkan ketombe dengan cepat dan permanen.

4. Minyak Kemiri

Kemiri
Kemiri (Foto : Taman Renyah)
Selama ini, minyak kemiri dikenal sebagai obat penyubur rambut alami yang ampuh. Minyak ini berkhasiat untuk memperbaiki dan memperkuat rambut. Tak hanya itu, minyak kemiri ternyata juga cukup manjur untuk menghilangkan ketombe.

Caranya cukup praktis, Anda tinggal mengoleskan minyak kemiri pada rambut secara merata sebelum keramas. Setelah itu, diamkan selama lebih kurang 30 menit. Lalu, bilaslah memakai air hingga bersih.

5. Tree Tea Oil

Tree Tea Oil
Gambar ilustrasi Tree Tea Oil (Foto : Stephanie)
Akhir-akhir ini, Tree Tea Oil sedang ngetrend sebagai bahan alami dalam perawatan kulit berjerawat. Sifatnya yang menenangkan dan punya desinfektan unik membuat Tree Tea Oil cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Minyak alami ini dipercaya akan membersihkan minyak berlebih pada kulit wajah sehingga meminimalisir efek samping.

Apa seh Tree Tea Oil itu? Tree Tea Oil adalah minyak atsiri esensial dari tanaman bernama Melaleuca Alternifolia. Tanaman ini kabarnya hanya ada di benua Australia. Selain untuk obat jerawat alami, minyak ini juga bisa digunakan dalam mengatasi ketombe. Kandungan zat di dalamnya bisa membunuh jamur ketombe dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan Tree Tea Oil terbilang mudah. Anda cukup mencampurkan Tea Tree Oil murni dengan sampo. Bisa juga dengan mengoleskan campuran minyak Tea Tree Oil murni dan lidah buaya pada kulit kepala secara merata. Pijat secara lembut dan pelan-pelan hingga merata beberapa menit, lalu bilas memakai air sampai bersih.

Meskipun ampuh, namun Tree Tea Oil kabarnya bisa menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengoleskan minyak ini terlebih dahulu pada kulit lengan sebelum mencobanya pada kulit kepala. Tunggu hingga 24 jam, apabila kulit lengan Anda menjadi merah-merah, maka tak usah memakainya karena mungkin kulit Anda alergi terhadap Tree Tea Oil.

6. Minyak Almond

Almond
Gambar ilustrasi Almond
Minyak Almond sudah sejak lama dikenal punya khasiat untuk mengatasi pemasalahan pada kulit kepala dan rambut, termasuk sebagai obat alami penghilang ketombe. Kandungan vitamin E di dalamnya akan menjaga kesehatan kulit kepala hingga rambut. Asam lemak esensial dalam minyak almond juga berperan dalam menjaga kelembaban rambut.

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe membandel secara alami dengan minyak almond. Anda dapat menerapkannya secara langsung atau pun mengkombinasikannya bersama bahan alami lainnya. Cara pertama, Anda oleskan minyak almond pada kulit kepala hingga merata. Lalu, pijat pelan-pelan agar minyak meresap pada kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, kemudian bilas memakai air hangat.

Cara kedua, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyal almond dengan perasan jeruk lemon atau yoghurt. Campur hingga merata, lalu oleskan pada seluruh bagian kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan. Diamkan sekitar 30 menit, Anda bisa membungkus kepala menggunakan handuk kering. Setelah itu, cuci dan bilas memakai air hangat hingga bersih.

7. Cuka Apel

cuka apel
Gambar ilustrasi cuka apel
Bukan hanya digunakan sebagai bahan penyedap makanan, cuka apel ternyata dipercaya bisa mengurangi ketombe. Kandungan asam di dalamnya dapat mengubah pH kulit kepala sehingga menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Tapi perlu diingat, pemakaiannya tak boleh berlebihan ya!

Cara mengatasi ketombe dengan cuka apel dapat dilakukan melalui beberapa metode. Pertama, Anda bisa mengambil 2 sendok teh cuka apel, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala. Diamkan sebentar beberapa saat, kemudian bilas memakai air hingga bersih.

Cara kedua, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan : 2 sendok makan cuka apel, 2 sendok makan air destilasi, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk campuran ketiga bahan tersebut sampai merata. Basahi rambut Anda dengan air lalu oleskan bahan campuran tersebut pada kulit kepala hingga merata. Pijat pelan-pelan dan diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, keramaslah seperti biasa untuk membersihkan rambut.

8. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Gambar ilustrasi Jeruk Nipis
Jeruk Nipis termasuk salah satu buah sehat yang kaya akan vitamin C dan mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, asam sitrat, serta gula. Ada cukup banyak manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan, satu diantaranya yaitu sebagai pembasmi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan jeruk nipis cukup mudah dilakukan. Peraslah jeruk nipis, ambil airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis dan air secukupnya, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat agar meresap ke dalam pori-pori kulit, kemudian bilas memakai air sampai bersih.

9. Lemon

Lemon
Gambar ilustrasi Lemon
Lemon selama ini memang dikenal memiliki manfaat dalam dunia kecantikan seperti mengatasi jerawat pada wajah, menghilangkan keriput, mencerahkan kulit, dan menghilangkan ketombe membandel. Kandungan minyak esensial sitrus di dalam lemon berkhasiat sebagai bahan alami antibakteri dan antijamur. Selain itu, sifat asam dalam cairan lemon juga bisa menyeimbangan pH kulit kepala sehingga dapat mencegah munculnya ketombe.

Penerapan lemon untuk menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :
  • Cara 1 : siapkan air perasan lemon sekitar 2 sendok makan. Oleskan air tersebut pada kulit kepala hingga merata sambil memijat-mijat dengan pelan. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, lalu bilas memakai air bersih.
  • Cara 2 : campurkan satu sendok makan perasan lemon dan dua sendok makan yoghurt. Aduk hingga merata, lalu terapkan pada kulit kepala dengan lembut. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas memakai sampo dan air bersih.
  • Cara 3 : campurkan satu sendok makan air perasan lemon dan tiga sendok makan madu. Aduklah hingga rata, kemudian oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang 20 menit, lalu bilas dengan sampo dan air bersih.
  • Cara 4 : campurkan satu butir telur dan perasan jeruk lemon. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan sampo dan air bersih.
  • Cara 5 : seduhlah dua sendok makan bubuk teh memakai setengah cangkir air panas. Diamkan beberapa saat sampai hangat kuku, kemudian tambahkan satu sendok teh perasan jeruk lemon. Aduk hingga rata, lalu terapkan pada kulit kepala. Biarkan selama sekitar 20 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

10. Baking Soda

Baking Soda
Gambar ilustrasi Baking Soda / Soda Kue
Bagi Anda pemilik rambut berminyak dan berketombe, mungkin bisa mencoba bahan alami berupa baking soda atau soda kue untuk perawatan rambut. Baking soda diyakini mampu bermanfaat terhadap 40 dermatofita, 18 ragi, dan 12 infeksi jamur pada berbagai bagian tubuh.

Manfaat baking soda lainnya yaitu mampu menyerap minyak berlebih pada rambut dan membersihkan ketombe pada kulit kepala. Penerapan / aplikasi baking soda dalam menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan cara mencampurkan 2 sendok makan baking soda ke dalam segelas air hangat. Lalu, dduk sampai rata, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat secara lembut. Diamkan selama beberapa detik, lalu bilas dengan air bersih.

11. Madu

madu
Madu
Sejak lama madu dipercaya memiliki khasiat untuk kecantikan kulit dan rambut. Madu mengandung vitamin C yang berperan dalam merangsang aliran darah dan meningkatkan regenerasi folikel rambut. Madu juga memiliki antioksidan untuk meningkatkan kadar kolagen serta membuat rambut lebih elastis, halus, dan berkilau.

Secara umum, manfaat madu bagi rambut adalah menjaga kelembapan, mencegah kerusakan pada kutikula, membuat ujung rambut lebih lembut, membersihkan kulit kepala dari ketombe, mengembalikan keseimbangan pH, dan menenangkan ruam pada kulit kepala.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda dapat memakai madu dengan cara mengoleskan campuran madu dengan air pada kulit kepala dan rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan sampo dan air bersih. Anda bisa juga mencampurkan madu dengan air perasan lemon.

12. Bawang Putih 

bawang putih
Bawang Putih
Manfaat bawang putih dalam dunia kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Bawang putih dipercaya berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, melindungi jantung, meningkatkan kesehatan tulang pada wanita, obat sakit gigi alami, dan mengatasi ketombe.

Kandungan zat antibakteri di dalam bawang putih akan membuat kulit kepala lebih sehat sehingga dapat mencegah munculnya ketombe. Anda dapat menerapkan bawang putih untuk menghilangkan ketombe dengan beberapa cara, antara lain :
  • Cara 1 : haluskan beberapa siung bawang putih memakai blender atau parut. Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan madu, aduk hingga rata. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala sambil memijat-mijat secara lembut. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Cara 2 : haluskan empat siung bawang putih, kemudian tambahkan jus buah lemon. Aduklah campuran tersebut hingga rata, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Kandungan antibiotik alami dalam bawang putih dipercaya bisa membunuh bakteri pada kulit kepala. Sedangkan antiseptik dalam lemon mampu membersihkan serpihan-serpihan putih di kulit kepala. Kombinasi keduanya kemungkinan akan menghasilkan rambut sehat bebas ketombe.

13. Bawang Merah

Bawang Merah
Bawang Merah
Tak hanya bawang putih, bawang merah pun punya khasiat mengagumkan bagi kesehatan dan kecantikan. Bawang merah mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh, mulai dari vitamin C, vitamin B6, folat, antioksidan, hingga kalium.

Beberapa manfaat bawang merah antara lain meningkatkan sistem imun, mencegah kanker, menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol, mengatasi sambelit, memperlancar pernafasan, membasmi ketombe, dan lainnya. Khusus untuk menghilangkan ketombe, Anda dapat mengaplikasikan bawang merah pada kulit kepala dengan cara :
  • Cara 1 : sediakan bawang merah, kupas kulitnya, lalu haluskan. Oleskan bawang merah yang telah dihaluskan tersebut pada kulit kepala secara merata. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas memakai air bersih.
  • Cara 2 : buatlah campuran dari bahan-bahan yaitu 2 sendok teh bawang merah yang telah dihaluskan dan 3 - 4 sendok teh jus lemon. Jus lemon ini, bisa Anda ganti dengan bahan alami lainnya seperti lidah buaya dan minyak kelapa. Oleskan campuran keduanya pada kulit kepala sambil memijat-mijat secara lembut. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas memakai air hangat.

14. Garam

Garam
Gambar ilustrasi garam
Bukan hanya bermanfaat untuk penyedap makanan dan mengatasi pilek, garam ternyata bisa juga digunakan dalam mengatasi ketombe membandel. Garam dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kepala sehingg mengurangi ketombe. Ada beberapa cara menghilangkan ketombe dengan garam, antara lain :

  • Cara 1 : untuk mengatasi ketombe kering, Anda bisa menyiapkan 2-5 sendok makan garam, kemudian larutkan menggunakan air hangat. Oleskan larutan garam tersebut pada kulit kepala hingga merata sambil memijat-mijat secara perlahan. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  • Cara 2 : buatlah campuran garam dan minyak kelapa. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Cara 3 : campurkan 2 sendok makan garam laut dan perasan air lemon, aduk hingga merata. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan sekitar 15 - 20 menit, lalu cuci bersih memakai shampo yang berbahan dasar ringan.
  • Cara 4 : buatlah scrub dengan campuran sedikit garam dan cuka apel. Usapkan pada kulit kepala berketombe secara merata. Biarkan beberapa saat, lalu bilas memakai air bersih.
  • Cara 5 : campurkan 2 sendok makan garam laut dan minyak zaitun hangat. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada kulit kepala sambil memijatnya secara lembut. Diamkan selama 15 - 20 menit, lalu cuci bersih memakai shampo yang berbahan dasar ringan.

15. Daun Sirsak

daun dan buah sirsak
Gambar ilustrasi daun dan buah sirsak (Foto : One 1)
Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan daun sirsak. Anda sediakan beberapa hilai daun sirsak, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air, aduk hingga rata. Pakailah ramuan tersebut sebagai masker pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air.

16. Diet Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

ikan salmon
Gambar ilustrasi makanan bergizi seimbang : ikan salmon
Selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga bisa menghilangkan ketombe dengan cara pengobatan dari dalam melalui diet makanan bergizi seimbang. Anda cukup mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung seng, omega 3, asam lemak, vitamin E, dan B. Hindari makanan dengan kandungan ragi dan gula karena bisa memicu munculnya ketombe.

Beberapa contoh makanan pencegah ketombe antara lain telur, salmon, tempe, jahe, lemon, apel, pisang, dan bawang putih. Telur mengandung vitamin B dan protein yang dapat memperkuat rambut atau pun mengurangi ketombe. Kandungan asam lemak omega 3 pada salmon dipercaya mampu mencegah rambut kering, kulit kering, dan ketombe. Sementara itu, kandungan probiotik dalam tempe bisa melawan jamur penyebab ketombe.

17. Rutin Mencuci Rambut Dan Kendalikan Stress

keramas mencuci rambut
Gambar ilustrasi keramas mencuci rambut
Salah satu faktor pemicu munculnya ketombe adalah jarang keramas mencuci rambut. Nah, agar ketombe tak gampang muncul, maka Anda harus keramas secara rutin. Dengan keramas, sel-sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala akan bersih terangkat. Tapi, jangan terlalu sering keramas karena keseringan keramas juga bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

Selain itu, penerapan gaya hidup sehat juga perlu Anda lakukan, misalnya menghindari stress berlebihan. Stress ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental dan fisik. Salah satu dampak stress bagi kesehatan tubuh adalah melemahnya sistem imun sehingga mudah terserang mikroba, termasuk jamur penyebab ketombe.

Demikianlah sekilas informasi kesehatan tentang tips dan cara mengatasi ketombe membandel secara alami dengan cepat. Cukup mudah dipraktekkan, bukan? Agar hasil maksimal, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba beberapa ramuan tradisional di atas. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat"

Post a Comment