12 Menu Makanan Buka Puasa Untuk Diet Yang Sehat, Praktis, Simple, Dan Murah

Menu Buka Puasa Untuk Diet - Inilah daftar menu makanan buka puasa untuk diet yang sehat dan murah meriah. Mulai dari kurma, oatmeal, sup, salad buah dan sayur, ikan, alpukat, hingga nasi merah. Semua bahan-bahan tersebut punya cita rasa enak dengan kandungan gizi / nutrisi lengkap untuk kesehatan tubuh.

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi dambaan setiap orang, baik wanita atau pun pria. Ada cukup banyak cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa dilakukan, satu diantaranya adalah melalui program diet makanan. Diet merupakan usaha menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan dan asupan nutrisi tertentu.
menu buka puasa untuk diet sehat
Gambar ilustrasi menu buka puasa untuk diet sehat
Saat bulan Ramadhan tiba, sebagai umat islam Anda akan diwajibkan berpuasa, bukan? Nah, selama berpuasa, Anda tentunya akan mengalami perubahan pola makan karena harus menahan lapar hingga seharian dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Perubahan pola makan tersebut bisa jadi akan menambah kalori dan mengacaukan program diet Anda.

Namun, sebenarnya Anda tak usah kuatir. Pasalnya, Anda bisa tetap berpuasa tanpa harus mengacaukan program diet. Caranya, Anda wajib mengatahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi saat buka puasa agar diet tetap berjalan. Berikut ini Nuansa Pagi sajikan beberapa makanan buka puasa yang bisa dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang diet sekaligus membuat tubuh tetap sehat bugar.

Daftar Menu Makanan Buka Puasa Untuk Diet Yang Sehat Dan Murah


1. Salad Sayur Dan Buah

salad sayur dan buah
Gambar ilustrasi salad sayur dan buah
Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan lainnya memiliki sifat rendah kalori dan kaya akan serat sehingga cocok untuk menu diet. Sayuran juga mengandung banyak zat gizi mulai dari vitamin, antioksidan, mineral, dan kalsium yang dapat membantu pembakaran lemak.

Selain sayuran hijau, buah-buahan tak kalah bagus sebagai menu makanan diet. Buah kaya akan serat yang mampu mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi banyak buah setiap hari punya risiko rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan sebagai menu buka puasa untuk diet dengan mengolahnya menjadi salad. Buka puasa memakai salad sayur atau buah akan mengembalikan tenaga yang hilang sekaligus mengendalikan nafsu makan. Dengan demikian, berat badan Anda pun akan tetap terjaga selama puasa bulan Ramadhan.

2. Nasi Merah

Nasi Merah
Gambar ilustrasi Nasi Merah
Nasi Merah sepertinya sudah akrab dikalangan orang yang sedang diet. Pasalnya, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang akan lebih lama dicerna tubuh. Akibatnya perut Anda terasa kenyang lebih lama. Berbeda dengan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan gula dan kalori lebih rendah sehingga tidak akan meningkatkan berat badan secara cepat.

Dengan kandungan gizi tersebut, nasi merah bisa menjadi pilihan tepat untuk menu buka puasa sehat saat Anda melakukan program diet penurunan berat badan. Kombinasi nasi merah dan lauk sehat dapat menjadi menu sempurna buat berbuka puasa. Apalagi diimbangi dengan olahraga secara rutin untuk membakar kalori, maka berat tubuh Anda dapat segera berkurang.

3. Alpukat

Alpukat
Gambar ilustrasi Alpukat
Tak hanya berkhasiat untuk menghilangkan jerawat secara alami, buah alpukat juga bagus dikonsumsi untuk diet menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh serta membakar kalori ekstra. Kandungan serat di dalam alpukat akan membuat perut Anda kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya.

Menurut penelitian, orang yang sering makan alpukat cenderung akan mengalami penurunan berat badan lebih mudah, dan lingkar pinggang lebih kecil dibandingkan orang yang jarang makan alpukat. Anda dapat memperoleh manfaat alpukat untuk diet selama berpuasa dengan cara menambahkannya dalam salad, dibuat jus segar, atau pun memakannya bersama roti gandum pada saat buka puasa.

4. Sayur Sup

Sayur Sup
Gambar ilustrasi Sayur Sup
Sayur sup merupakan salah satu menu buka puasa untuk diet yang bisa Anda coba. Selain enak dan hangat menyegarkan, sup juga bermanfaat untuk mengembalikan energi setelah seharian menahan lapar. Apalagi jika isian sup berupa sayuran yang kaya vitamin, serat, dan mineral, tentu akan membuat tubuh semakin sehat.

Ada cukup banyak kreasi sayur sup untuk menu buka puasa, misalnya sup jagung, sup tomat, sup kentang, atau sup ayam. Pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak sumber lemak ke dalam sup seperti krim atau santan agar kandungan kalorinya rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan padat yang diubah menjadi sup akan membuat orang lebih kenyang sehingga bisa menekan jumlah kalori.

Baca Juga : Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

5. Salmon Dan Tuna

ikan Salmon
Gambar ilustrasi ikan Salmon
Bosan berbuka puasa dengan menu sayuran? Coba saja membuat menu olahan ikan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral penting bagi tubuh. Anda dapat memilih ikan salmon dan tuna untuk diolah sebagai masakan. Pasalnya, kedua ikan tersebut mengandung kalori relatif rendah.

Ikan salmon selama ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung asam lemak omega 3 yang berguna bagi perkembangan otak dan saraf janin dalam kandungan. Tak hanya baik untuk janin, asam lemak omega 3 dalam salmon juga punya manfaat dalam menurunkan berat badan, memperbaiki sirkulasi, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi deposisi lemak dengan meningkatkan oksidasi asam lemak.

Kandungan protein dalam ikan salmon cukup tinggi. Protein merupakan nutrisi yang cukup sulit dicerna sehingga akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda akan lebih tahan tidak makan dalam jumlah banyak. Hal ini tentu akan membantu program diet penurunan berat badan Anda.

Tak kalah sehat dengan salmon, ikan tuna juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk diet. Pasalnya, ikan ini termasuk makanan rendah kalori dan lemak tapi kaya protein. Namun, Anda perlu memperhatikan cara memasak ikan salmon dan ikan tuna jika akan digunakan sebagai menu buka puasa untuk diet. Hindari menggoreng ikan, masaklah ikan dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar agar tidak mengandung banyak minyak.

6. Kentang

Kentang
Gambar ilustrasi Kentang
Selain nasi merah, Anda dapat mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi putih saat melakukan diet penurunan berat badan. Meskipun sama-sama bikin kenyang, namun kentang mengandung jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih sedikit daripada nasi.

Kentang juga lebih kaya akan serat sehingga bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. Dalam 100 gram kentang, setidaknya mengandung 2,2 gram serat. Sedangkan 100 gram nasi, hanya ada 0,4 gram serat.

Untuk mengkonsumsi kentang saat berbuka puasa, Anda dapat merebusnya. Hindari kentang goreng ya, karena mengandung banyak minyak. Makan kentang juga bermanfaat dalam menjaga tekanan darah karena kentang mengandung kalium dalam jumlah tinggi.

7. Kurma

Kurma
Gambar ilustrasi Kurma
Kurma merupakan salah satu makanan sehat untuk buka puasa bagi orang yang sedang diet. Buah ini kaya akan zat besi, gula alami, serat, dan mineral. Kandungan serat di dalamnya akan mengurangi sinyal lapar sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Makanan yang kaya serat seperti kurma, dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Saat buka puasa, Anda cukup mengkonsumsi 3 buah kurma saja dan minum air putih untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas sambil menahan lapar. Tak perlu berlebihan memakan kurma, karena nanti malah menambah kadar gula dan kalori, secukupnya saja. Ingat, Anda sedang diet ya!

8. Yogurt

Yogurt Dan Buah-Buahan
Gambar ilustrasi Yogurt Dan Buah-Buahan
Yogurt atau Yoghurt merupakan salah satu minuman sehat menyegarkan yang berasal dari susu dan diolah melalui proses fermentasi dengan bantuan bakteri. Kandungan probiotik di dalamnya sangat baik untuk menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi pilihan minuman penghilang jerawat.

Selain menyembuhkan jerawat, probiotik dalam yogurt dapat melancarkan pencernaan, khususnya meningkatkan fungsi usus. Usus yang sehat akan membuat tubuh terbebas dari peradangan dan resistensi leptin yang bisa menyebabkan gangguan obesitas. Probiotik juga berguna dalam meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh.

Dari uraian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa yogurt cocok dijadikan menu buka puasa untuk diet sehat. Namun, Anda harus hati-hati dalam memilih yogurt sebagai menu diet. Pilihlah yogurt tanpa rasa alias tawar dengan kultur aktif yang mengandung probiotik. Hindari yogurt yang mengandung gula berlebih karena tidak aman untuk program diet. Jika ingin rasa manis, Anda dapat menambahkan potongan buah-buahan saat mengkonsumsi yogurt.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

9. Telur

Telur Ayam
Gambar ilustrasi Telur Ayam
Telur termasuk salah satu makanan penurun berat badan terbaik yang bisa dijadikan menu buka puasa untuk diet. Kandungan protein di dalamnya mampu membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Anda bisa berkreasi memasak makanan berbahan telur, tapi jika ingin simple dan praktis, Anda cukup memakan telur rebus pada saat berbuka puasa. Jangan lupa kombinasikan dengan air putih untuk memulihkan cairan tubuh.

10. Oatmeal

Oatmeal
Gambar ilustrasi Oatmeal
Ada cukup banyak manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh yang bisa diperoleh, satu diantaranya adalah untuk menu diet saat bulan puasa. Anda dapat menjadikan oatmeal sebagai pengganti nasi saat berbuka puasa. Pasalnya, kandungan gizi oatmeal lebih baik dari pada nasi jika dikonsumsi untuk diet.

Oatmeal memiliki kadar karbohidrat dan kalori yang lebih sedikit dari pada nasi putih. Kandungan serat dan protein oatmeal juga lebih tinggi dengan kadar gula lebih rendah sehingga cocok untuk menu diet. Agar terasa lebih enak, Anda dapat menambahkan buah-buahan segar, madu, dan susu rendah lemak saat mengkonsumsi oatmeal.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa

11. Roti Gandum

Roti Gandum
Gambar ilustrasi Roti Gandum
Bingung mencari menu buka puasa untuk diet yang praktis dan simpel? Cobain saja berbuka puasa pakai roti gandum. Berbeda dengan jenis roti lainnya, roti gandum mengandung kalori lebih rendah, hanya sekitar 76 kalori. Kandungan serat dan protein di dalam roti gandum terbilang banyak sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

12. Daging

Daging Panggang
Gambar ilustrasi Daging Panggang
Mungkin sebagian orang mengira bahwa daging termasuk makanan yang harus dihindari saat diet. Padahal, faktanya daging punya manfaat dalam program diet. Kandungan protein di dalam daging akan membantu Anda menurunkan berat badan. Anda bisa memilih daging ayam bagian dada dan daging sapi tanpa lemak sebagai menu buka puasa.

Oleh karena Anda sedang diet, maka dalam mengolah daging tersebut harus benar-benar diperhatikan. Hindari menggoreng daging dan memasak daging dengan santan karena akan memperbanyak asupan minyak. Masaklah daging dengan cara dipanggang agar lebih aman untuk diet.

Demikianlah uraian singkat tentang menu buka puasa sehat yang bisa dijadikan alternatif pilihan pada saat Anda melakukan program diet penurunan berat badan. Anda dapat mengkombinasikan menu makanan tersebut dengan olah raga teratur agar diet Anda semakin cepat berhasil. Jika Anda punya pilihan makanan lain, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Menu Makanan Buka Puasa Untuk Diet Yang Sehat, Praktis, Simple, Dan Murah"

Post a Comment