17 Makanan Penyubur Rambut Kepala Rontok Dan Botak Secara Alami

Makanan Penyubur Rambut - Ingin punya rambut lebat sehat berkilau? Ini daftar rekomendasi makanan penyubur (penumbuh) rambut kepala rontok dan botak secara alami. Mulai dari kacang-kacangan, sayuran hijau, produk olahan susu, olahan gandum, salmon, telur, hingga buah-buahan segar. Nutrisi di dalam bahan makanan tersebut akan membuat rambut Anda menjadi kuat, lebat, berkilau, serta kulit kepala sehat.

Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang sering kali dialami banyak orang selain ketombe. Jika kerontokan rambut tak segera diatasi, maka lama kelamaan akan menyebabkan kebotakan. Pada akhirnya, penampilan dan rasa percaya diri Anda akan terganggu.
makanan penyubur rambut
Gambar ilustrasi makanan penyubur rambut : ikan salmon
Untuk mengatasi rambut rontok, biasanya orang melakukan perawatan dari luar berupa penggunaan shampo maupun conditioner. Tapi, perawatan dari luar tersebut kadang belumlah cukup. Anda harus mengimbangi dengan perawatan rambut dari dalam melalui konsumsi makanan sehat penyubur rambut. Kira-kira ada apa saja ya makanannya? Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut.

Daftar Makanan Penyubur Rambut Kepala Rontok Dan Botak Secara Alami


1. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan
Gambar ilustrasi kacang-kacangan
Makanan penyubur rambut pertama yang bisa Anda konsumsi adalah kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, kacang lentil, kacang almond, kedelai, dan kacang kenari. Berbagai macam kacang tersebut banyak mengandung nutrisi penting bagi rambut mulai dari protein, zat besi, seng, magnesium, asam lemak Omega-3, biotin, vitamin B (B1, B6, dan B9), vitamin E, hingga spermidine.

Protein berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan asam lemak Omega-3 membuat rambut tumbuh sehat tampak tebal. Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan beserta kandungan zat gizinya bagi kesehatan rambut.

  • Kedelai. Kacang kedelai punya senyawa untuk meningkat proses pertumbuhan rambut. Kedelai juga bermanfaat sebagai sumber terbaik spermidine guna memperpanjang fase aktif pertumbuhan rambut.
  • Kacang Polong. Kandungan zat gizi di dalam kacang polong berupa protein nabati, zat besi, seng, dan biotin yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut.
  • Kacang Lentil. Jenis kacang ini mengandung zat besi, protein, biotin, dan asam folat untuk memulihkan kesehatan sel darah merah yang diperlukan untuk mensuplai oksigen ke kulit kepala. Lancarnya pasokan oksigen ke kulit kepala akan membuat rambut lebih kuat dan mencegah kerusakan rambut.
  • Kacang Almond. Nutrisi dalam kacang ini berupa biotin dan magnesium yang penting untuk menumbuhkan rambut. Apabila Anda mengkonsumsi almond secara teratur maka rambut bisa tumbuh lebih tebal, sehat dan cepat.
  • Kacang Kenari. Tak kalah dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang kenari juga kaya akan zat gizi untuk rambut mulai dari biotin, vitamin B (B1, B6, dan B9), vitamin E, magnesium, hingga protein. Zat gizi tersebut bermanfaat dalam memperkuat folikel rambut dan menyehatkan kulit kepala sehingga dapat mencegah / menghentikan kerontokan.

2. Sayuran Hijau Tua

Sayuran Hijau
Sayuran Hijau
Selain dikenal sebagai makanan ibu hamil muda agar anak cerdas, sayuran hijau tua seperti bayam dan brokoli juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut kepala. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya berperan penting dalam produksi sebum.

Apa itu sebum? Sebum merupakan sejenis minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada folikel rambut. Sebum berperan sebagai conditioner alami bagi rambut. Sementara itu, kandungaan zat besi dalam bayam berperan penting dalam membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala.

3. Wortel

Wortel
Wortel
Bukan hanya bagus buat kesehatan mata (penglihatan), kandungan vitamin A dalam wortel juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit kepala. Vitamin A dibutuhkan untuk produksi sel yang berdampak pada pertumbuhan rambut. Konsumsi wortel dalam bentuk jus atau salad dipercaya dapat membantu produksi sebum alami untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan akar rambut.

4. Gandum

Olahan Gandum
Olahan Gandum
Gandum utuh maupun produk olahannya seperti roti, sereal, dan oatmeal dipercaya dapat digunakan sebagai makanan penyubur rambut. Pasalnya, kandungan biotin, seng, zat besi, dan vitamin B di dalamnya berperan penting dalam produksi asam amino untuk menumbuhkan rambut.

Khusus oatmeal, di dalamnya juga mengandung beta glucan yang berfungsi memperkuat folikel rambut. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh dalam halaman lain blog ini.

5. Salmon

ikan salmon
Ikan salmon
Salmon merupakan salah satu makanan sehat untuk buka puasa yang sekaligus bisa untuk penyubur rambut. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya sangat dibutuhkan untuk menguatkan kulit kepala. Jika kekurangan zat ini, kulit kepala akan kering dan rambut mudah rontok. Salmon juga kaya akan zat besi dan vitamin B12 yang berperan dalam pertumbuhan rambut atau pun nutrisi kecantikan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

6. Telur

Telur
Telur
Selain kaya akan protein, telur juga mengandung biotin dan vitamin B12 yang dikenal sebagai nutrisi kecantikan. Protein dalam telur akan bekerja memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Sedangkan vitamin B dapat mencegah kebotakan rambut kepala.

7. Tiram

tiram
Tiram
Tiram selama ini dikenal sebagai makanan penyembuh jerawat. Kandungan seng dalam tiram bisa membantu mengontrol hormon penyebab jerawat. Mineral seng juga berperan dalam memelihara kesehatan rambut, terutama berfungsi sebagai antioksidan dan membantu penyerapan vitamin A dari makanan lain yang berperan dalam peremajaan kulit.

8. Produk Susu

Yogurt
Produk Susu : Yogurt / Yoghurt
Beberapa produk susu seperti yogurt, susu skim, dan susu rendah lemak bisa digunakan sebagai makanan penyubur rambut. Hal ini karena bahan makanan tersebut mengandung vitamin A yang dapat mencegah kebotakan. Kandungan kalsium di dalamnya juga diperlukan bagi kesehatan rambut.

9. Jeruk

jeruk nipis
Jeruk nipis
Vitamin C dalam jeruk sangat diperlukan dalam memproduksi kolagen untuk menguatkan batang rambut. Dengan asupan vitamin C yang cukup, maka rambut akan lebih cepat tumbuh. Anda bisa mengkonsumsi 1 buah jeruk nipis untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

10. Alpukat

Alpukat
Alpukat
Ada cukup banyak manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan, satu diantaranya adalah sebagai makanan penumbuh rambut. Kandungan vitamin E dalam alpukat akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat folikel lebih efisien dalam mendorong pertumbuhan rambut. Buah alpukat juga dipercaya mampu menjaga keseimbangan kadar minyak dan pH yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

11. Paprika

Paprika
Paprika
Selain jeruk, paprika juga bisa digunakan sebagai sumber vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen untuk memperkuat helai rambut. Vitamin C merupakan antioksidan kuat sehingga bisa melindungi rambut dari faktor stres oksidatif.

12. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi Jalar
Ubi jalar kaya akan vitamin A dan vitamin B6 yang dapat membantu produksi sebum dan dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan berbagai cara, seperti dipanggang atau pun direbus.

13. Buah Beri (Berry)

Buah Beri
Buah Beri
Buah beri banyak mengandung senyawa seperti antioksidan dan vitamin yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin C di dalam buah beri akan ikut membantu produksi kolagen dan penyerapan zat besi.

14. Strawberry

Strawberry
Strawberry
Strawberry mengandung ellagic acid yang cukup tinggi. Zat ini bermanfaat dalam melindungi rambut dari kerontokan. Mengkonsumsi strawberry secara cukup dipercaya bisa memperlambat proses kebotakan dini bagi orang-orang yang mengalami kebotakan karena faktor genetis. Kandungan asam folat, vitamin B5, dan vitamin B6 di dalamnya dapat mencegah rambut rontok.

15. Udang

Udang
Udang
Makanan penyubur rambut selanjutnya adalah udang. Kandungan protein, vitamin B, seng, zat besi, vitamin D, dan asam lemak omega 3 pada udang akan membantu mengatasi masalah kerontokan rambut kepala. Pasalnya, zat-zat gizi tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut.

16. Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji
Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang cukup murah meriah. Kandungan vitamin C dan B dalam jambu biji dapat meningkatkan aktivitas kolagen untuk menumbuhkan rambut secara sehat dan kuat.

17. Daging Ayam

Daging Ayam
Daging Ayam
Selain telur, daging ayam juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan penumbuh rambut. Kandungan protein dan asam amino sulfur dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Demikianlah sekilas info kesehatan tentang berbagai macam makanan penumbuh rambut kepala yang bisa dikonsumsi dalam upaya mencegah kerontokan maupun kebotakan. Perlu diingat, Anda wajib mengkonsumsinya dalam jumlah wajar, tidak boleh berlebihan karena sesuatu yang berlebihan akan mengganggu kesehatan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Makanan Penyubur Rambut Kepala Rontok Dan Botak Secara Alami"

Post a Comment