Home » Berita Kesehatan » 4 Manfaat Mandi Sauna (Uap) Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi mandi sauna (uap) yang dipercaya mempunyai manfaat untuk mencerahkan kulit dan detokfikasi (foto : lookfordiagnosis.com)

4 Manfaat Mandi Sauna (Uap) Bagi Kesehatan Tubuh

Nuansapagi.com – Sudah pernahkah Anda mandi sauna? Jika belum, sesekali Anda sebaiknya mencobanya karena banyak manfaat mandi sauna (uap) bagi kesehatan tubuh terutama kulit. Sauna yang sering tersedia di spa atau pusat kebugaran ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kulit. Relaksasi yang dilakukan di dalam ruangan dengan uap panas tersebut dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah.

Sudah tahukah anda apa itu mandi sauna? Mandi sauna, mandi uap atau bisa disebut “steam bath” adalah mandi dengan uap dalam suatu ruangan yang telah dirancang khusus, dimana sisi-sisi ruangan tersebut dapat mengeluarkan uap panas. Mandi sauna kini semakin digemari. Di Indonesia tempat sauna banyak berkembang di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dan Denpasar.

Sauna berkembang di kota besar karena pasarnya juga ada disini dimana sebagian besar pengguna layanan sauna adalah orang-orang yang hidup di perkotaan. Mereka dari, kalangan menengah keatas dan orang-orang yang berduit. Maklum kemudian jika sauna ini kebanyakan di akses oleh orang-orang berduit karena tarif untuk sekali sauna lumayan mahal. Dilansir dari ahlisauna.com, berikut 4 manfaat mandi sauna (uap) bagi kesehatan tubuh.

1. Memicu Produksi Kolagen

Menurut Dr. Lawrence Wilson, peneliti dan pengarang buku tentang manfaat sauna, produksi kolagen semakin meningkat ketika seseorang sedang bersauna. Peningkatan kolagen ini tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.

2. Memperlancar Aliran Darah

Ketika sedang bersauna, detak jantung bisa meningkat hingga 50 persen. Karena peningkatan itu, aliran darah yang mengalir juga meningkat sebanyak 30-50 persen. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen dan nutrisi yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat merona dan segar.

3. Detoksifikasi

Setidaknya 30 persen racun dalam tubuh bisa dikeluarkan lewat keringat pada kulit. Saat bersauna, uap yang panas memicu semakin banyak timbulnya keringat. Seiring terbukanya pori-pori dan keluarnya keringat dalam tubuh, racun yang tersimpan di bawah kulit juga ikut terlepas. Setidaknya diperlukan waktu dua menit sauna sebelum tubuh mulai memanas. Setelah tubuh mulai memanas dan mengeluarkan keringat di situlah proses detoksifikasi dimulai.

4. Membantu Melawan Infeksi

Menurut peneliti dari Universitas Eberhard-Karls di Jerman, keringat mengandung protein bernama dermcidin yang bisa membantu menangkal bakteri. Terpicunya keringat pada saat sauna bisa membuat protein tersebut menjadi tameng yang melindungi tubuh. Beberapa jenis bakteri, bisa ditangkal oleh protein tersebut.

Walaupun mandi sauna memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi ternyata mandi sauna juga mempunyai efek negatif bagi kesehatan tubuh bila dilakukan dengan tidak tepat. Sebelum Anda mandi sauna, sebaiknya baca terlebih dahulu efek negatif mandi sauna dan cara mengatasinya. Demikian sekilas info tentang manfaat mandi sauna (uap), semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*