Home » Kesehatan Tubuh » Diet Sehat » 5 Macam Sayuran Penurun Berat Badan Yang Sehat
Ilustrasi sayuran penurun berat badan (foto : foodstolose.com)

5 Macam Sayuran Penurun Berat Badan Yang Sehat

Nuansapagi.com – Info makanan sehat kali ini akan mengulas tentang sayuran penurun berat badan. Mengkonsumsi sayuran merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan karena sayuran mengandung serat, air dan rendah kalori. Sayuran juga kaya akan mineral, antioksidan, dan fitokimia, yang sangat membantu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan Anda. Sayuran juga memiliki bahan aktif yang membantu dalam menyembuhkan, menunda, dan mengurangi terjadinya berbagai penyakit.

Keuntungan dari diet sayuran adalah peningkatan jumlah serat dan air memungkinkan penurunan berat badan yang efektif dan efisien tanpa menyebabkan rasa lapar. Sayuran dapat memberikan sensasi kenyang yang mencegah makan berlebihan. Hal ini juga mencegah dehidrasi yang dapat terjadi selama masa penurunan berat badan. Makan sayuran mentah juga dapat mencegah kanker, penyakit jantung, dan stroke. Dilansir dari newsmax, inilah daftar 5 sayuran penurun berat badan yang sehat.

1. Brokoli

Brokoli mengandung zat gizi berupa lemak, 60 persen karbohidrat, 40 persen protein dengan banyak air, mineral, dan vitamin. Karbohidrat dalam brokoli cukup kompleks sehingga membutuhkan waktu untuk mencerna. Karbohidrat ini lambat “releasing” sehingga Anda akan memiliki waktu berjam-jam untuk mendapatkan energi setelah makan. Mineral terkemuka dan vitamin dalam sayuran ini termasuk vitamin E, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan selenium.

2. Brussels Sprouts dan Kubis

Brussel Sprouts merupakan sayuran yang mirip dengan kubis atau kol dalam bentuk mini. Sayuran ini memiliki lebih banyak serat dan hanya 21 kalori. Sayuran ini sangat populer untuk diet rendah lemak karena mereka rendah kalori, kaya akan vitamin dan nutrisi seperti vitamin C, A, K, thiamin, B6, folat, potassium, dan mangan.

Lalu, bagaimana dengan kubis? Kubis memiliki kandungan tinggi vitamin E dan C, dapat memicu pembentukan gas. Namun, hal ini dapat dikurangi dengan menggabungkannya bersama bawang putih dan jahe.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran penurun berat badan terbaik. Bayam populer dalam diet vegetarian karena mengandung jumlah tinggi vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, thiamin, riboflavin, B6, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, dan mangan. Sayuran ini tinggi serat dan tidak menyebabkan retensi air.

4. Collard Greens Dan Daun Bawang

Collard Greens adalah sejenis sayuran hijau yang serumpun dengan kale. Collard Greens termasuk sayuran yang kaya protein, asam amino, dan memiliki indeks glikemik rendah. Beberapa mineral dan nutrisi yang ditemukan dalam sayuran ini meliputi thiamin, niacin, kalium, vitamin seperti A, C, E, K, riboflavin, B6, folat, kalsium, dan mangan.

Demikian pula dengan daun bawang, termasuk sayuran alternatif yang baik digunakan dalam kue ikan dengan wortel dan sayuran lainnya.

5. Kacang-kacangan dan Wortel

Kacang-kacangan penuh protein dan serat makanan. Sayuran ini lezat bahkan ketika dimakan mentah, dan rendah lemak dengan kandungan serat yang tinggi. Wortel, seperti kacang-kacangan, juga gurih bila dimakan mentah dan mengandung vitamin A, K, C, dan mineral.

Sudah tahu kan sekarang sayuran apa saja yang bisa Anda makan untuk membantu program diet penurunan berat badan Anda? Tunggu apalagi, langsung saja Anda pilih sayur mana yang akan Anda konsumsi dalam diet sehari-hari. Demikian sekilas info makanan sehat tentang sayuran penurun berat badan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*