Home » Berita Kesehatan » 5 Manfaat Sarapan Pagi Dengan Oatmeal
Ilustrasi sarapan pagi dengan oatmeal yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh (Foto : takingtimeformommy.com)
Ilustrasi sarapan pagi dengan oatmeal yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh (Foto : takingtimeformommy.com)

5 Manfaat Sarapan Pagi Dengan Oatmeal

Manfaat Sarapan Pagi – Info makanan sehat kali ini akan mengulas tentang manfaat sarapan pagi dengan oatmeal. Pola makan sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Mulai dari sarapan pagi, pilih lah makanan yang sehat sebelum Anda memulai aktivitas. Salah satunya dengan makan oatmeal. Oatmeal adalah makanan sehat dari gandum.

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Secangkir oatmeal saja mengandung 4 gram serat atau setara dengan sebuah apel. Sedikitnya ada lima manfaat sarapan oatmeal, yaitu :

Manfaat Sarapan Pagi Dengan Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

1. Kenyang lebih lama

kenyang

Ilustrasi kenyang (Foto : Shutterstock/LoloStock)

Manfaat sarapan pagi dengan oatmeal yang pertama adalah membuat Anda kenyang lebih lama. Oatmeal bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibanding menu sarapan lain. Tingginya serat pada oatmeal dapat menahan Anda dari ngemil berlebihan sebelum waktu makan siang tiba. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan Nutrition Journal menunjukkan bahwa peserta yang makan oatmeal mengaku merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang makan sereal dengan porsi yang sama.

2. Menurunkan kolesterol

kolesterol-turun

Kolesterol turun (Foto : thinkstock)

Oatmeal termasuk salah satu makanan penurun kolesterol. Jadi, selain membuat kenyang, manfaat sarapan pagi dengan oatmeal juga bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Makanan tinggi serat selama ini dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol, termasuk oatmeal. Serat yang larut dari oatmeal bisa membantu mengurangi penyerapan tubuh dari kolesterol “jahat”. Kolesterol jahat ini diketahui mampu yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol

3. Mengurangi risiko kanker usus

usus-manusia

Ilustrasi usus manusia (Foto : gaya.tempo.co)

Makanan yang tinggi serat juga telah terbukti mengurangi risiko kanker kolorektal. Seperti pernah dipublikasikan British Medical Journal tahun 2011, orang yang mengosumsi tambahan 90 gram biji-bijian dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 20 persen daripada yang tidak. Ini merupakan salah satu manfaat sarapan pagi dengan oatmeal.

4. Melindungi jantung

Jantung-Sehat

Jantung Sehat (Foto : digiminfo.blogspot.com)

Manfaat sarapan pagi dengan oatmeal yang keempat adalah melindungi jantung. Oatmeal mengandung lignan yang merupakan senyawa kimia yang bisa melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular seperti jantung. LIgnan juga dapat ditemui pada brokjoli, aprikot, dan biji rami.

Baca Juga : 9 Manfaat Oatmeal Yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh

5. Tidak mahal

sehat-itu-murah

Sehat itu murah (Foto : informasiterbaru.web.id)

Terakhir, manfaat sarapan oatmeal di pagi hari adalah harganya terjangkau. Selain mudah didapatkan di mana saja, harga oatmeal yang dijual juga tidak mahal. Tak perlu mengeluarkan uang banyak, Anda bisa puas mendapatkan oatmeal. Tak hanya sehat bagi tubuh, tapi juga bagi kantong Anda.

Banyak yang berpikir sarapan oatmeal akan membosankan. Padahal, jika Anda kreatif, makan oatmeal akan memiliki banyak variasi rasa. Oatmeal cocok dicampur dengan beberapa makanan lain yang akan menambah rasa dan selera. Anda bisa menambahkan telur, irisan daging, alpukat, stroberi, pisang, dan banyak lagi.

Bagaimana? enak kan sarapan oatmeal? Bagi Anda yang sibuk kerja di kantor, nampaknya outmeal bisa menjadi salah satu alternatif menu sarapan Anda. Apalagi bagi Anda yang sibuk dan tak sempat memasak menu pagi. Pas banget deh, sehat lagi. Yuk buruan siapin oatmeal buat sarapan besok pagi biar sehat sepanjang hari. Sekian dulu sekilas info makanan sehat tentang manfaat sarapan pagi dengan oatmeal, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>