Home » Kesehatan Ibu Hamil » 6 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Posisi-tidur-ibu-hamil
Ilustrasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil (Foto : momjunction.com)

6 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil – Info kesehatan ibu hamil kali ini akan berbagi tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Banyak ibu hamil yang bingung memilih posisi tidur yang baik saat hamil muda atau pun hamil tua karena selain tak nyaman, juga khawatir membahayakan janin di dalam rahimnya.

Selain menjadi masa yang membahagiakan, kadang kala kehamilan bisa jadi masa sulit bagi wanita, terutama ketika tidur malam hari. Ada banyak perubahan pada tubuh wanita saat sedang berbadan dua. Memilih posisi tidur ketika sedang hamil memang harus dilakukan dengan hati-hati agar nyaman bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Dilansir dari boldsky, berikut ini beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

Posisi Tidur Yang Baik Dan Nyaman Untuk Ibu Hamil

1. Tidur Miring

Tidur miring termasuk salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Tidur dengan posisi miring bisa Anda coba selama masa kehamilan. Posisi tidur miring ini dipercaya bisa meningkatkan aliran darah. Selain itu, gunakan juga bantal di antara kaki untuk menjaga posisi tidur Anda.

2. Tidur Dengan Menekuk Lutut Sedikit

Posisi tidur yang baik untuk wanita hamil yang kedua adalah tidur dengan menekuk lutut sedikit. Untuk menyempurnakan posisi tidur, setelah mengambil posisi miring di sisi kiri, jangan lupa untuk menekuk lutut Anda sedikit, selain juga menggunakan ganjalan bantal. Posisi tidur ini dipercaya bisa mengurangi risiko bayi lahir prematur. Sebaliknya, tidur miring di sisi kanan ditengarai bisa mengurangi aliran darah.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Punggung Sakit Saat Hamil

3. Tidur Tengkurap

Anda bisa terus mencoba menggunakan posisi tidur ini selama Anda masih merasa nyaman. Mungkin posisi tidur tengkurap ini bisa dilakukan sebagai posisi tidur saat hamil muda. Biasanya, ibu hamil akan mulai merasa tidak nyaman dengan posisi ini ketika usia kandungannya 12-14 minggu. Sampai usia kehamilan 20-26 minggu, Anda bisa menggantinya dengan tidur telentang.

4. Gunakan Tambahan Bantal

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah menggunakan tambahan bantal. Tidur memang makin tak nyaman seiring dengan membesarnya perut. Untuk mengatasinya, coba gunakan bantal di manapun Anda perlukan misalnya di sekitar kepala, di bawah perut, atau di antara lutut. Jika Anda merasa terlalu sumpek dengan banyaknya bantal, coba gunakan satu bantal untuk Anda peluk. Selain membuat lebih nyaman, bantal juga bisa menjamin keamanan Anda ketika berguling di kasur atau saat berganti posisi tidur. Penggunaan bantal ini akan membantu posisi tidur yang baik saat hamil tua.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Secara Alami

5. Tidur Dengan Tambahan Busa

Untuk menambah kenyamanan saat tidur, Anda bisa menambahkan busa pada kasur. Pastikan busa yang digunakan memiliki tekstur lembut sehingga Anda bisa merasa senyaman mungkin ketika tidur. Ini merupakan salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

6. Sering Ganti Posisi Tidur

Terakhir, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah sering ganti posisi tidur. Menemukan posisi tidur yang pas selama hamil memang tidak mudah. Oleh karena itu, jangan bosan untuk terus mengubah posisi tidur sampai Anda menemukan posisi yang paling nyaman.

Menurut pengasuh Konsultasi Kandungan detikHealth, dr Aryando Pradana, SpOG, posisi tidur ibu hamil pada usia 4 bulan tidak berpengaruh terhadap perkembangan janin yang dikandung. Perkembangan janin dipengaruhi pula oleh asupan makanan dan gaya hidup ibu hamil. Sang ibu sebaiknya terus melakukan kontrol secara rutin untuk memonitor perkembangan janin. Namun, ada baiknya Anda mencoba beberapa posisi tidur ibu hamil yang baik. Sekian dulu info kesehatan ibu hamil dari nuansa pagi, semoga 6 posisi tidur yang baik untuk ibu hamil tersebut dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*