Home » Kesehatan Ibu Hamil » 6 Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan
Ilustrasi cara mengetahui kehamilan menggunakan alat test kehamilan (foto : boldsky)

6 Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan

Nuansapagi.com – Info kesehatan ibu hamil kali ini akan berbagi tentang waktu yang tepat untuk tes kehamilan. Kebanyakan wanita lebih memilih untuk melakukan tes kehamilan di rumah, yang lebih mudah dan ekonomis. Faktor lain yang membuat wanita memilih alat tes kehamilan di rumah adalah privasi yang ditawarkan oleh alat tes karena dapat dilakukan di kamar Anda sendiri tanpa banyak keahlian medis. Namun, untuk mendapatkan hasil yang dapat diandalkan Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan.

Kemampuan tes untuk mendeteksi kehamilan tergantung pada metode pengujian dan waktu ketika Anda harus mengambil tes kehamilan. Wanita yang mengharapkan kehamilan akan melihat setiap perubahan fisik dengan keraguan, dan bertanya-tanya apakah sudah waktunya untuk mengambil tes kehamilan. Untuk mengetahui kapan sebaiknya tes kehamilan dilakukan, Anda dapat melihat tanda-tanda kehamilan pada tubuh Anda. Ada beberapa tanda-tanda awal bahwa Anda kemungkinan akan hamil. Dilansir dari berbagai sumber, simak tanda-tanda tubuh yang menunjukkan waktu yang tepat untuk tes kehamilan berikut.

1. Bila Anda melewatkan periode menstruasi Anda (terlambat haid)

Kebanyakan wanita berpikir untuk melakukan tes kehamilan ketika mereka menyadari bahwa mereka terlambat haid mereka. Anda dapat melakukan tes kehamilan di rumah segera setelah Anda melewatkan periode Anda. Jika Anda telah bercinta sekitar hari ovulasi Anda, silang jari-jari Anda untuk berita gembira.

2. Mual dan muntah

Ini adalah bagian dari morning sickness awal Anda. Jika Anda mengalami tanda-tanda ini, kemungkinan lebih bagi Anda untuk hamil. Berhenti berpikir kapan harus mengambil tes kehamilan dan mendapatkan kehamilan di rumah kit hari ini.

3. Payudara nyeri

Mengetahui waktu yang tepat untuk tes kehamilan sangat penting untuk mendapatkan hasil yang akurat. Nyeri payudara adalah tanda umum dari kehamilan yang akan membawa Anda dekat dengan hasil kehamilan yang positif.

4. Bercak dan kram

Hal ini dapat membuat sulit bagi Anda untuk membedakan apakah itu periode Anda atau pendarahan implantasi. Tapi ingat pendarahan implantasi umumnya akan tidak lebih dari bercak. Jadi, jika Anda mengalami bercak sekitar 6-12 hari setelah ovulasi Anda, lakukanlah tes kehamilan.

5. Mengidam makanan atau keengganan

Perubahan hormonal yang berhubungan dengan kehamilan akan menghasilkan cravings makanan atau keengganan. Jika Anda ragu kapan harus mengambil tes kehamilan, Anda tidak harus menghindari gejala ini.

6. Tidak sangat awal

Dalam kasus tertentu, jika Anda menguji segera setelah absen periode haid, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang positif. Hal ini mungkin disebabkan oleh ovulasi terlambat atau konsentrasi HCG menurun dalam urin. Dalam kasus tersebut, menunggu satu minggu lagi dan ulangi tes jika Anda masih belum mendapat haid Anda.

Ada banyak alat tes kehamilan di rumah tersedia di pasar, yang dapat bervariasi dalam konsentrasi minimum HCG yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang positif. Anda juga bisa membaca artikel cara mengetahui kehamilan pada wanita di rumah. Mengetahui waktu yang tepat untuk tes kehamilan di rumah akan membantu Anda mendapatkan hasil yang akurat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*