Home » Kesehatan Tubuh » Diet Sehat » 7 Bahan Makanan Sehat Untuk Diet Mediterania
Ilustrasi makanan sehat untuk diet mediterania (foto : troymedia.com)

7 Bahan Makanan Sehat Untuk Diet Mediterania

Nuansapagi.com – Sebelum Anda melakukan diet mediterania, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu info diet sehat berikut tentang bahan makanan sehat untuk diet medeterania. Diet Mediterania adalah pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari cara menurunkan berat badan dan menyusun menu makanan sehat untuk penyakit jantung. Sebuah bukti-bukti menunjukkan bahwa diet mediterania mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet mediterania juga berhubungan dengan penurunan risiko kanker, Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Secara umum, bahan makanan sehat untuk diet Mediterania meliputi makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan yang kaya protein, minyak zaitun, serta ikan dan daging merah. Diet Mediterania memiliki rasa yang kaya dan tak terbantahkan sebagai salah satu diet sehat di dunia. Dilansir dari healthmeup, berikut 7 bahan makanan sehat untuk diet mediterania.

1. Couscous

Couscous mungkin kedengarannya asing ditelinga Anda. Di Indonesia, couscous dikenal dengan nama bulgur. Couscous sangat populer di negara Afrika dan Timur Tengah seperti Libya, Maroko, Mesir, Lebanon, Tunisia, dan Arab. Couscous adalah asli Afrika Utara dan umumnya dikonsumsi dalam diet Mediterania. Couscous kaya akan protein dan serat makanan. Couscous mengandung thiamin, niacin, riboflavin, B6, dan folat. Nutrisi ini membantu Anda untuk menjaga sel-sel darah merah agar tetap sehat, mencegah cacat lahir, dan menjaga tubuh Anda agar berfungsi dengan baik.

2. Sea Food (Hewan Laut)

Seafood adalah hewan yang berasal dari laut yang dapat dikonsumsi oleh manusia, seperti ikan, cumi-cumi, gurita, kerang, udang, lobster dan lainnya. Seafood adalah protein pokok bagi orang Mediterania yang hidup dekat dengan laut.

Udang merupakan sumber yang baik untuk antioksidan dan nutrisi anti-inflamasi yang disebut astaxanthin. Diet Mediterania juga termasuk kerang dan ikan berminyak seperti salmon, belut, ikan sarden, tenggiri dan tuna. Bahan makanan seafood ini umumnya mengandung omega-3 asam lemak tak jenuh ganda, vitamin D, protein, Vitamin B dan selenium.

3. Buah Zaitun

Zaitun adalah bagian utama dari diet Mediterania yang sehat. Zaitun mengandung lemak monosaturated sehat yang menurunkan risiko aterosklerosis dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Lemak monosaturated dalam zaitun juga membantu menurunkan tekanan darah.

Zaitun adalah sumber vitamin E, yang juga menetralkan radikal bebas dalam lemak tubuh. Bukti-bukti menunjukkan bahwa makanan yang kaya buah zaitun dan minyak zaitun menurunkan risiko kanker usus besar, seperti minyak ikan tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*