Home » Kesehatan Ibu Hamil » 7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil

7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil – Ini dia tips dan cara ampuh menghilangkan jerawat pada wanita hamil secara alami. Cara mengatasi jerawat saat kehamilan tidak bisa sembarangan. Tidak hanya kosmetik yang bisa berbahaya, tapi juga bahan anti jerawat yang digunakan juga berisiko. Anda memerlukan pengetahuan tentang tips aman atasi jerawat selama kehamilan.

Tak cuma remaja yang terganggu dengan jerawat. Ibu hamil juga termasuk yang paling umum berjerawat. Penelitian menunjukkan satu dari setiap dua wanita hamil bisa mengembangkan jerawat. Dalam banyak kasus, jerawat bisa menjadi berat. Kira-kira apa ya faktor penyebabnya?

Penyebab Jerawat Pada Wanita Hamil

Jerawat dalam kehamilan seringkali muncul pada 3 bulan pertama usia kehamilan. Penyebab jerawat pada kulit ibu hamil ini karena meningkatnya hormon di trimester pertama. Hormon yang tinggi ini menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak alami sehingga membuat kulit lebih mudah berjerawat.

cara-menghilangkan-jerawat-pada-wanita-hamil

Ilustrasi wanita hamil yang butuh tips cara menghilangkan jerawat yang aman dan tepat selama kehamilan (Foto : americanpregnancy.org)

Wanita hamil yang memiliki riwayat jerawat pada masa remajanya berisiko lebih tinggi mengalami jerawat. Dan apabila saat trimester pertama Anda tak berjawat, bukan berarti Anda tak akan jerawat di trimester kedua dan ketiga. Kondisi kulit Ibu yang berjerawat ini sebagian besar mereda seiring bertambah tuanya usia kehamilan dan menghilang setelah kelahiran bayi karena kondisi hormon Ibu yang kembali seperti semula.

Anda yang tidak pernah berjerawat, kehamilan terkadang bisa menyebabkan. Sayangnya, tidak ada cara untuk melindungi Anda dari jerawat kehamilan. Cukup ikuti cara tepat tangani jerawat saat hamil muda dengan membersihkan, mencuci agar setidaknya mengontrol jerawat Anda menyebar.

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil Secara Alami , Cepat, Dan Ampuh

Semua wanita hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan jerawat atau apapun prosedurnya. Cara menghilangkan jerawat pada ibu hamil lebih aman menggunakan pengobatan alami, tanpa obat kimia. Dengan menjaga kebersihan wajah dan tubuh secara teratur sebenarnya jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa obat minum untuk mengatasi jerawat telah diketahui berbahaya untuk janin dan sebagian besar obat oles kulit untuk jerawat dapat menembus kulit, beredar dalam peredaran darah dan menembus plasenta. Ini dapat menyebabkan kelainan pada janin. Selain itu, belum semua obat jerawat diteliti efeknya terhadap janin sehingga keamanannya untuk Ibu hamil belum dapat dipastikan.

Bila Ibu hamil berjerawat, perawatan kulit yang baik dan benar memegang peranan penting dalam menyembuhkan jerawat. Berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat pada wanita hamil yang relatif aman karena tidak menggunakan bahan kimia.

1. Cuci Muka Secara Teratur Dan Benar

cuci-muka

Cuci Muka (Foto : enkivillage.com)

Cucilah wajah secara teratur 2 kali sehari. Sebaiknya mencuci wajah jangan terlalu sering, jangan terlalu digosok dan jangan menggunakan bahan-bahan yang kasar/iritatif (handuk, pencuci wajah dengan scrub) karena dapat menyebabkan iritasi dan malahan memicu jerawat.

Bila Anda mencuci wajah, gunakan sabun yang lembut, bebas minyak, bebas alkohol dan pembersih non-abrasif. Pastikan bahan untuk mencuci muka tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kehamilan. Dengan demikian, Anda dapat mengatasi jerawat saat kehamilan dengan aman dan tepat.

2. Hindari Obat Jerawat

Sebelum memutuskan untuk menggunakan beragam obat untuk menumpas jerawat, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini. Beberapa kandungan dalam obat jerawat tidak disarankan untuk dipakai oleh perempuan hamil. Accutane, misalnya, terbukti dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi. Demikian dikutip dari buku What To Expect When You’re Expecting.

Kandungan retinol dalam obat jerawat tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena kandungan vitamin A yang terlalu banyak dalam retinol justru tidak baik untuk janin. Dan meski jerawat Anda tergolong parah, sebaiknya tunda keinginan untuk melakukan perawatan atau pengobatan dengan metode laser atau chemical peeling untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi pada calon bayi.

Baca Juga : 7 Makanan Pencegah Jerawat Dan Komedo Paling Ampuh Pada Remaja

3. Mencuci Rambut Secara Teratur Dan Tepat

cuci-rambut

Cuci Rambut (Foto : smerete.com)

Tips mengatasi jerawat selama kehamilan berikutnya adalah mencuci rambut. Untuk ibu hamil yang memiliki jenis kulit kepala berminyak, sebaiknya mencuci rambut setiap hari. Rambut yang berminyak dan kotor dapat mempengaruhi kebersihan kulit wajah sehingga dapat memicu terjadinya jerawat.

4. Hindari Memanipulasi Jerawat

Perawatan jerawat pada ibu hamil penting dilakukan adalah jangan manipulasi apapun pada jerawat, seperti: memegang-megang, menekan-nekan, atau memecahkan jerawat. Hal ini dapat menyebabkan bekas jerawat yang lebih sulit diatasi daripada jerawat itu sendiri.

5. Hindari Kosmetik Yang Berbahan Minyak Oil Dan Alkohol

Gunakan bahan-bahan yang tidak berbasis minyak (oil) maupun alkohol, baik untuk kosmetik, pelembab, tabir surya maupun pembersih wajah. Carilah bahan yang berbasis air atau noncomedogenic atau nonacnegenic. Lebih baik Anda bersabar menunggu sampai janin Anda lahir bila akan menggunakan berbagai macam bahan kosmetik.

6. Gunakan Pembersih Wajah Sekali Pakai

Gunakan kapas, tisu atau kain yang lembut dan hanya digunakan satu kali pakai ketika bersentuhan dengan bagian jerawat sehingga tidak memperparah pengembangan jerawat.

7. Olah Raga Teratur

olah-raga-wanita-hamil

Ilustrasi olah raga untuk wanita hamil (Foto : wellroundedny.com)

Ibu hamil dapat mengatur jadwal olahraga secara teratur sehingga dapat terhindar dari jerawat yang semakin parah. Dengan olahraga khusus ibu hamil maka dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Nah, itu dia beberapa tips cara mengatasi jerawat untuk ibu hamil yang relatif aman bagi bayi yang dikandungnya. Mudah dan praktis bukan? Dengan rutin menjaga kebersihan, olah raga, dan menghindari makanan penyebab jerawat maka jerawat di wajah Anda akan lekas sembuh. Sekian info kesehatan ibu hamil kali ini, semoga artikel cara ampuh menghilangkan jerawat pada wanita hamil ini dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>