Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Kulit » 7 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon Super Cepat

7 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon Super Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon – Inilah cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dengan jeruk lemon yang ampuh, efektif, serta cepat. Siapa seh yang tak mau mempunyai wajah yang putih, mulus, dan bersih bebas jerawat? Tentu setiap orang menginginkannya bukan? Namun, tak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagian besar wanita dan pria di dunia ini sering mengalami masalah jerawat yang membandel.

Jerawat dan bekasnya sering menjadi mimpi buruk bagi kebanyakan orang terutama para remaja. Bayangkan Anda terjebak dengan jerawat yang membuat Anda malu bertemu orang karena takut diejek atau kurang percaya diri (baca : pede). Jerawat dalam waktu tertentu memang akan menghilang, tapi belum tentu dengan bekas lukanya.

Bekas luka terjadi sebagai hasil dari kekurangan Vitamin C di dalam tubuh Anda. Anda bisa menggunakan sesuatu yang kaya Vitamin C untuk menyembuhkan bekas luka Anda. Banyak orang yang sudah mencoba berbagai solusi tapi tak satupun yang berhasil. Namun, Anda tak usah kuatir, Nuansa Pagi telah menyiapkan ulasan tentang cara alami menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan air perasan jeruk lemon. Anda bisa mencobanya, siapa tahu bisa berhasil dengan cepat dan tuntas.

cara-menghilangkan-jerawat-dengan-lemon

Ilustrasi cara menghilangkan jerawat dengan lemon (Foto : homeremediesforlife.com)

Kandungan Zat Gizi (Nutrisi) Air Perasan Jeruk Lemon Yang Ampuh Melawan Jerawat Membandel

Sebelum Anda mempraktekan cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan lemon, ada baiknya bila Anda mengetahui kandungan zat dalam air perasan jeruk lemon. Lemon ternyata dapat membantu mencerahkan kulit, memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah, mengobati gatal serta iritasi, hingga menyembuhkan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Tak heran jika banyak produk perawatan kulit yang mengandung lemon.

Buah kaya vitamin C ini sangat ampuh melawan jerawat membandel. Dilansir dari Boldsky, Jeruk Lemon memiliki sifat disinfektan alami yang mempengaruhi infeksi di kulit. Asam alami dari perasan jeruk lemon menghancurkan jerawat yang berbahaya dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Jeruk-Lemon-Pembasmi-Jerawat

Ilustrasi Jeruk Lemon sebagai pembasmi jerawat (Foto : gbcghana.com)

Anda akan menemukan sifat asam dalam perasan lemon yang bertanggung jawab dalam membersihkan pori-pori, dan membuat kulit Anda bersih dari segala macam infeksi. Bahan utama dari asam sitrat dan Asam L-absorbic bertanggung jawab dalam memerangi jerawat.

Ini juga menghilangkan minyak berlebih di wajah dan secara keseluruhan perasan jeruk lemon menjadi obat yang sempurna untuk jerawat dan bekas luka Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat menggunakan buah lemon. Cara-cara tersebut merupakan cara alami yang bisa dilakukan kapan pun di rumah.

Baca Juga : 10 Makanan Penyembuh Dan Penghilang Jerawat Super Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Secara Alami Dengan Jeruk Lemon

Dilansir dari Times of India, vkool, dan Boldsky, ada beberapa cara mengobati jerawat dan bekasnya dengan menggunakan air perasan jeruk lemon yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Sebelum Anda mencobanya, saya sarankan untuk tanya dulu ke dokter apakah kulit Anda sensitif atau alergi dengan air perasan lemon atau tidak? Kalau iya, lebih baik hindari cara ini dan memilih bahan herbal lainnya yang bisa menyembuhkan jerawat Anda yang membandel baik itu jerawat batu, pasir, atau jenis lainnya.

Pengobatan Jerawat Alami Dari Dalam Tubuh Menggunakan Jeruk Lemon

Untuk pengobatan dari dalam, Anda dapat mengambil air perasan jeruk lemon dengan memotong, lalu memerasnya. Campurkan sedikit madu/ gula pasir, lalu seduh dengan air hangat. Meminum perasan sari lemon berkhasiat mencerahkan kulit Anda dari dalam.

Dalam mengkonsumsi sari lemon sebaiknya dilakukan secara teratur akan tetapi usahakan tidak terlalu sering. Karena sifat asam yang kuat dapat merusak email di gigi Anda, selain itu juga konsumsi sari lemon berlebih itu tidak baik bagi lambung Anda. Selain lemon, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan pencegah jerawat yang lainnya seperti wortel, bayam, dan lainnya.

Pengobatan Jerawat Alami Dari Luar Tubuh Menggunakan Jeruk Lemon

1. Air Perasan Jeruk Lemon (Sari Lemon)

air-perasan-jeruk-lemon

Air perasan jeruk lemon yang berkhasiat untuk obat alami penyembuh jerawat (Foto : businessinsider.com)

Untuk penyembuhan jerawat dari luar tubuh dengan menggunakan lemon, Anda dapat mengaplikasikannya langsung tanpa bahan tambahan alami lainnya. Ada dua cara pemakaian yang dapat dilakukan, yaitu :

Cara Pertama :

  • Ambil air perasan satu buah jeruk lemon dan tuangkan di dalam mangkuk.
  • Rendam kapas di dalamnya dan peras airnya.
  • Gunakan kapas untuk menutupi kulit yang berjerawat.
  • Diamkan selama 10 menit atau hingga air perasan buah lemon mengering.
  • Bilas kulit dengan air dan tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih hingga mengering. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam sehari.

Cara Kedua :

  • Bersihkan wajah Anda dengan mencuci muka. Pastikan Anda mencuci muka Anda dengan baik sebelum menerapkan perasan jeruk. Setelah membersihkannya, keringkan wajah Anda dan bersiap-siap dengan pengobatan menggunakan perasan jeruk.
  • Peras jeruk lemon ke dalam semangkuk air. Campurkan perasan jeruk dan air dan cairkan. Masukkan kapas dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang terinfeksi. Pastikan perasan jeruk itu tak melukai jerawat Anda. Jika membuat Anda sakit, cairkan lagi.
  • Biarkan selama semalam. Biarkan olesan air jeruk itu selama semalam sebelum Anda mencuci wajah Anda di keesokan harinya. Anda harus mengulangi pengobatan tersebut setidaknya dua kali dalam sehingga secara teratur agar hasilnya sangat baik.

2. Lemon Dan Putih Telur

Lemon Dan Putih Telur

Lemon Dan Putih Telur (Foto : vkool.com)

Cara berikutnya adalah mengkombinasikan sari lemon dengan putih telur. Adapun cara penggunaan yang dapat dilakukan adalah :

  • Pecahkan telur dan ambil putih telurnya saja.
  • Letakkan di dalam mangkuk, kemudian tambahkan dua sendok makan air perasan jeruk lemon dan aduk rata.
  • Bagi campuran tadi menjadi tiga bagian.
  • Aplikasikan salah satu bagian ke kulit dan diamkan selama lima hingga tujuh menit, serta aplikasikan bagian kedua sebagai lapisan berikutnya.
  • Setelah lima hingga tujuh menit, aplikasikan lapisan ketiga pada kulit berjerawat Anda.
  • Diamkan selama 10 menit dan bilas kulit dengan air hangat, lalu keringkan. Lakukan perawatan ini secara rutin.

3. Lemon Dan Bubuk Kacang Chickpea

Bubuk Kacang Chickpea

Bubuk Kacang Chickpea (Foto : vkool.com)

Bubuk kacang chickpea juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengatasi jerawat dengan lemon. Kacang ini kalau tidak salah seh dikenal dengan sebutan kacang arab. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :

  • Masukkan bubuk kacang chickpea di dalam mangkuk berukuran kecil dan peras air jeruk lemon ke dalamnya.
  • Aduk rata dan aplikasikan pada kulit berjerawat.
  • Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.
  • Anda dapat mengolesi kulit dengan produk pelembab jika dirasa kering.
  • Lakukan cara ini setiap hari.

4. Lemon Dan Yogurt

Lemon-Dan-Yogurt

Lemon Dan Yogurt (Foto : vkool.com)

Kandungan probiotik dalam yogurt bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi jerawat. Probiotik menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Penggunaan yogurt dan lemon untuk perawatan jerawat dapat dilakukan dengan cara :

  • Ambil air perasan jeruk lemon dan campur dengan yogurt di dalam mangkuk.
  • Aduk rata, kemudian aplikasikan pada kulit berjerawat menggunakan ujung jari tangan.
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih kulit dengan air.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin.

5. Lemon Dan Madu

Lemon Dan Madu

Lemon Dan Madu (Foto : vkool.com)

Sifat asam dalam lemon dapat membuat kulit sangat kering. Dengan penambahan madu maka akan menyeimbangkan, karena madu bersifat melembabkan. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, Anda tambahkan madu ke dalam mangkuk kecil, lalu tambahkan air perasan jeruk lemon (baca : sari lemon).
  • Aduklah hingga rata dan bercampur.
  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, lalu keringkan dengan menggunakan tissue/ handuk.
  • Cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok agar tidak meninggalkan serat dari tissue/ handuk di wajah Anda.
  • Oleskan campuran perasan sari lemon dengan madu pada jerawat.
  • Diamkan 15-20 menit atau hingga masker kering.
  • Lalu bilas dengan air hingga wajah bersih.
  • Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin. Boleh setiap malam sebelum tidur, 2-3 kali seminggu.

6. Lemon Dan Air Mawar

Lemon-Dan-Air-Mawar

Lemon Dan Air Mawar (Foto : olwomen.com)

Air mawar mengandung antibakteri alami dan zat pencerah kulit yang dapat mengurangi sifat asam dalam air lemon. Cara pemakaiannya adalah :

  • Pertama , Anda bilas wajah dengan sabun yang lembut dan air bersih lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuk pelan menggunakan handuk yang lembut.
  • Campurkan air perasan lemon dengan air mawar hingga merata.
  • Celupkan kapas dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang terinfeksi. Pastikan pelan-pelan dalam mengoleskannya sehingga tidak sampai melukai bagian yang berjerawat.
  • Biarkan selama sekitar 20 sampai 35 menit .
  • Bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk pelan dengan handuk kering .
  • Anda dapat mengulangi cara yang sama untuk sekali atau dua kali per hari .

7. Lemon Dan Baking Soda

Lemon Dan Baking Soda

Lemon Dan Baking Soda (Foto : vkool.com)

Baking soda atau soda kue mengandung sifat antiseptik dan anti – inflamasi ringan dan memiliki kemampuan luar biasa untuk melawan jamur dan bakteri serta mengeringkan kelebihan minyak. Selain itu, juga mengandung microdermabrasion yang membantu dalam membuat kulit Anda lembut dan indah dan menyembuhkan jerawat.

Selain itu, baking soda juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit. Hati-hati untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, ya. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan baking soda.

  • Pertama, Anda tambahkan sari lemon dan baking soda ke dalam mangkuk .
  • Kemudian, Anda campur keduanya dengan baik sampai rata.
  • Gunakan pasta ini pada wajah untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati.
  • Bilas kulit Anda dengan air sampai bersih.
  • Anda harus terus melakukan cara ini selama 2 atau 3 kali per minggu.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil

Nah, itu dia cara cepat menghilangkan jerawat dengan lemon yang ampuh. Bagaimana? Cukup simpel dan mudah dipraktekkan di rumah bukan? Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat pada wajah Anda, sebaiknya diikuti dengan menghindari makanan penyebab jerawat seperti gorengan, kacang tanah, dan lainnya.

Oya, saya ingatkan sekali lagi sebaiknya Anda cek ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kulit wajah dan tubuh Anda tidak alergi atau sensitif terhadap air perasan jeruk lemon. Sekian tips dan cara menghilangkan jerawat secara alami dengan lemon yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>