Home » Kesehatan Makanan » 7 Manfaat Sayur Kale Yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh
Kale
Kale, sayuran hijau yang banyak mengandung zat gizi penting untuk kesehatan tubuh (foto : healingthebody.ca)

7 Manfaat Sayur Kale Yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Nuansapagi.com – Pernahkah Anda mengkonsumsi sayur kale? Jika belum, cobalah untuk mengkonsumsinya sesekali karena banyak manfaat sayur kale bagi kesehatan tubuh. Kale bisa disebut pahlawan tanpa tanda jasa di antara sayuran berdaun hijau. Hampir semua orang berbicara tentang manfaat kesehatan dari bayam atau brokoli. Tapi apakah Anda pernah melihat orang menganjurkan Anda memakan kale untuk kesehatan? Sangat jarang. Itulah sebabnya sayuran sangat sehat ini tetap diperhatikan.

Kandungan Nutrisi Sayur Kale

Kale, disebut juga borecole, merupakan sayuran dari keluarga Brassica seperti halnya kubis, kailan dan brokoli. Tanaman dengan nama ilmiah Brassica oleracea var. Acephala luas dibudidayakan di seluruh dunia, namun biasanya tidak mudah tumbuh di daerah tropika karena menyukai udara sejuk. Namun Anda bisa menemuinya di daerah dataran tinggi di Indonesia seperti Bogor, Bandung atau daerah tinggi lainnya yang membudidayakan tanaman ini.

Kale mengandung vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6,B9, K, kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, dan garam seperti K, Na dan Zn. Dilihat dari kandungan vitamin jelas bahwa kale lengkap dengan makronutrien dan mikronutrien yang mana sangat diperlukan sekali dalam metabolisme tubuh. walaupun berbeda prosentasenya, namun kandungannya sangatlah lebih dari cukup dalam mencegah dan memngobati berbagai penyakit yang membahayakan.

Dilihat dari jumlah energinya, kale memiliki kalori yang kecil yakni sekitar 28 kcal, gula 5.63 g, lemak 0.4 g, protein 1.9 g dan kandungan air 91.2 g. Nilai kalori dan gula yang kecil ini mebuat sayuran kale digemari sebagai santapan untuk diet. Dilansir dari boldsky dan tuneeca, inilah 7 manfaat penting kale bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

1. Makanan Diet Yang Sempurna

Apakah Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan lebih cepat? Kale bisa menjadi menu diet sayuran hijau Anda untuk salad rendah lemak. Secangkir kale hanya memiliki 35 kalori. Memiliki kekayaan serat dan sangat rendah lemak yang membuat diet makanan menjadi sempurna. Selain itu juga megandung banyak nutrien, vitamin folat dan magnesium.

2. Membuat Jantung Anda Sehat

Kale memiliki lemak nihil dan 35 kalori, oleh karena itu tidak mengherankan jika kale bermanfaat membuat jantung sehat. Kale benar-benar membantu untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, dan membuat jantung sehat.

3. Mencegah Anemia

Sayuran berdaun hijau ini dikenal kaya akan zat besi dan asam folat. Mineral ini membantu menghasilkan lebih banyak hemoglobin sehingga bisa mencegah anemia. Kale juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang secara umum. Wanita yang rentan terhadap anemia dan osteoporosis sebaiknya biasakan untuk mengkonsumsi sayur kale.

4. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat kesehatan dari kale juga termasuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh Anda. Kale adalah sumber yang kaya sulfur dan memiliki kandungan serat yang tinggi yang membuatnya menjadi alat kebersihan yang besar untuk tubuh Anda.  Kandungan serat dan sulfur pada Kale mampu mendetoksifikasi racun sehingga liver menjadi sehat.

5. Sumber Vitamin K

Kale mengandung vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K diperlukan untuk mencegah serangan dari berbagai penyakit kanker. Selain itu juga penting untuk menyusun pembentukan tulang dan mencegah pembekuan darah. Peningkatan jumlah vitamin K di dalam tubuh dapat mngakibatkan berkurangnya resiko Alzheimer.

6. Mengandung Senyawa Anti Inflamasi

Kale mengandung senyawa anti inflamasi. Satu cup kale megandung 10% asam lemak omega 3 yang membatu mengobati penyakit arthritis, asma dan penyakit autoimun.

7. Membuat Anda Menjadi Cantik

Selain sangat kaya asam lemak omega 3, Kale juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E. Vitamin E dianggap sangat baik untuk rambut dan kulit. Rambut Anda tumbuh lebih cepat ketika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin E dan membuat kulit Anda lebih cerah.

Sudah tahukan pentingnya mengkonsumsi kale? Mulai sekarang, masukkanlah kale ke dalam daftar menu makanan Anda. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa sayur kale tidak dianjurkan bagi penderita tiroid. Demikian sekilas info kesehatan tentang 7 manfaat sayur kale yang penting bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

2 comments

  1. Terimakasih sangat bermanfaat

  2. mas jualan bibitnya ga ? (kale) kalau ada tolong hubungi saya di 0812-9343-7660 (anis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*