Home » Berita Kesehatan » Bahaya Perokok Pasif Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi anak perokok pasif (foto : bbc.co.uk)
Ilustrasi anak perokok pasif (foto : bbc.co.uk)

Bahaya Perokok Pasif Bagi Kesehatan Tubuh

Nuansapagi.com – Kita semua tahu bahwa merokok itu berbahaya bagi kesehatan. Tulisan ini akan mengulas tentang bahaya perokok pasif bagi kesehatan tubuh. Orang yang merokok disebut perokok aktif. Lalu siapa perokok pasif? Ya, perokok pasif adalah orang yang secara tidak langsung menghirup asap rokok yaitu semua orang yang bernapas dalam asap rokok orang lain.

Perokok tidak hanya menempatkan diri mereka pada risiko masalah kesehatan yang serius, tetapi juga mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka. Efek merokok pasif sama berbahayanya seperti merokok aktif. Banyak orang bertanya mengapa non-perokok yang tidak mengkonsumsi tembakau secara langsung, masih akan terpengaruh buruk karena menghirup asap tembakau secara tidak langsung?

Meskipun perdebatan dan penelitian tentang topik ini masih berlangsung, bukti telah membuktikan bahwa asap dari ujung rokok yang terbakar, lebih beracun daripada asap mainstream yang dihirup oleh perokok. Dilansir dari boldsky, simak bahaya perokok pasif bagi kesehatan berikut ini.

1. Kanker Paru-Paru

Perokok pasif rentan terhadap kanker paru-paru. Risiko kanker paru-paru pada individu-individu meningkat sekitar 20-30 %. Asap yang dihirup perokok pasif mengandung lebih dari 4000 zat kimia dan hampir 69 diketahui menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru.

2. Menyebabkan Asma

Berbagai studi menemukan bahwa perokok pasif telah menjadi penyebab penting di balik banyak orang yang menderita asma.

3. Penyakit Jantung Koroner

Ada bukti yang konsisten bahwa orang yang tidak merokok tetapi hidup dalam lingkungan yang berasap rokok, memiliki risiko lebih tinggi penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak.

4. Serangan Jantung

Perokok pasif membuat darah menjadi lengket dan cenderung menyumbat sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Kematian Prematur

Merokok selama kehamilan atau menjadi perokok pasif dapat menyebabkan kematian janin pada ibu hamil, karena tingkat yang aman dari perokok pasif tidak diketahui.

6. Bayi Lahir Prematur Dan Berat Badan Rendah

Seorang wanita hamil yang tidak merokok cenderung melahirkan bayi prematur atau bayi dengan berat badan relatif rendah jika dia menjadi perokok pasif di rumah, misalnya jika pasangannya merokok di rumah.

7. Sindrom Kematian Bayi Mendadak ( SIDS )

SIDS adalah Sudden Infant Death Syndrome, juga disebut pondok-kematian dan disebabkan pada bayi karena efek merokok pasif.

8. Ketulian Pada Anak

Anak-anak yang terpapar asap rokok pasif lebih rentan terhadap infeksi telinga tengah dan lem telinga, yang dapat menyebabkan ketulian.

9. Kegemukan (Obesitas)

Perokok pasif menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Semakin Anda cenderung menghirup asap, peningkatan tingkat nikotin membuat Anda gemuk.

10. Gangguan pernapasan

Gangguan pernafasan merupakan masalah yang sangat umum di kalangan perokok pasif, baik orang dewasa dan anak-anak. Ini sulit disembuhkan kecuali jika Anda menyingkirkan efek dari merokok pasif. Jika Anda berada di daerah rawan asap rokok, Anda akan menderita masalah pernapasan.

Ternyata menjadi perokok pasif sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Hindarilah menjadi perokok pasif jika Anda ingin sehat selalu. Demikian sekilas info kesehatan tentang bahaya perokok pasif bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>