Home » Berita Kesehatan » Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Otak
Ilustrasi bahaya rokok bagi kesehatan otak
Ilustrasi bahaya rokok bagi kesehatan otak

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Otak

Nuansapagi.com – Info kesehatan kali ini akan mengulas tentang bahaya rokok bagi kesehatan otak. Menurut sebuah studi baru, rokok memiliki efek buruk pada fungsi otak, selain jantung dan paru-paru. Merokok jangka panjang dapat mengakibatkan penipisan bagian penting dari otak yang bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi kognitif penting seperti memori, bahasa dan persepsi. Dilansir dari healthmeup, simak penjelasan singkat tentang bahaya rokok begi kesehatan otak berikut.

Peneliti dari University of Edinburgh menemukan bahwa korteks otak lebih tipis pada perokok jangka panjang. Para peneliti mempelajari MRI scan perokok dengan usia rata-rata 73. Penelitian ini melibatkan 244 laki-laki dan 260 peserta perempuan. Semua peserta dipelajari sebagai anak-anak sebagai bagian dari Survey Mental Skotlandia pada tahun 1947.

Melalui analisis yang cermat dari scan dan model statistik, para peneliti menemukan bahwa peserta yang merokok memiliki korteks otak yang lebih tipis. Sebuah korteks otak tipis terkait dengan penurunan kognitif pada orang dewasa.

Peserta yang telah berhenti merokok untuk waktu yang lama memiliki korteks otak lebih tebal daripada mereka yang telah berhenti merokok baru-baru ini. Hal ini menunjukkan bahwa kerusakan mungkin reversibel. Jika orang-orang berhenti merokok untuk waktu yang lama, maka ketebalan lapisan bisa sembuh.

Namun para peneliti mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami bagaimana otak membaik. “Perokok harus diberitahu bahwa rokok bisa mempercepat penipisan korteks otak, yang dapat menyebabkan kerusakan kognitif, ” kata penulis utama studi tersebut, Sherif Karama, asisten profesor psikiatri di Universitas McGill di Kanada. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry.

Dalam abstrak hasil penelitian tersebut disebutkan bahwa merokok berkaitan dengan penurunan kognitif dan demensia, tetapi sejauh mana hubungan antara merokok dan perubahan struktural otak masih belum jelas. Yang penting, tidak diketahui apakah perubahan otak yang terkait dengan merokok reversibel setelah berhenti merokok.

Nah, sekarang Anda sudah tahukan tentang bahaya rokok bagi kesehatan otak? Jauhilah rokok selama-lamanya jika ingin otak Anda sehat sampai usia tua. Jika Anda belum yakin, silahkan baca juga artikel kesehatan tentang bahaya rokok bagi kesehatan tubuh. Percayalah, menjauhi rokok adalah hal terbaik bagi kesehatan Anda. Demikian sekilas info kesehatan tentang bahaya rokok bagi kesehatan otak, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>