Home » Kesehatan Wanita » 11 Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

11 Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita – Tips kesehatan wanita kali ini akan berbagi tentang cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami. Keputihan merupakan hal yang normal walau Anda seringkali dibuat tak nyaman karenanya. Keputihan disebabkan adanya infeksi oleh jamur Candida. Lalu bagaimana cara mengatasi keputihan pada wanita atau cara mengobati keputihan?

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan disebabkan oleh infeksi jamur atau ragi pada vulva atau miss V. Kondisi ini menyebabkan daerah kewanitaan menjadi bau, keluar cairan berwarna putih kekuningan, gatal, rasa terbakar bahkan hingga menjadi bengkak. Jika kondisinya sudah sangat parah bisa membuat orang tersebut sulit berjalan, serta sakit saat buang air kecil atau melakukan hubungan seks.

Seperti yang dikutip dari detikhealth, sebenarnya setiap orang memiliki jamur Candida dalam jumlah kecil di mulut miss V, saluran pencernaan dan kulit. Pada orang yang sehat, bakteri ini bersifat ramah dan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah terjadinya infeksi.

Namun, jika sistem kekebalan tubuhnya rusak atau sedang lemah maka akan lebih mudah bagi jamur Candida untuk tumbuh dan menimbulkan penyakit. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antibiotik, steroid dan kontrasepsi oral dapat mengubah organisme alami yang ada di miss V.

Faktor lain yang bisa memicu keputihan adalah penyakit diabetes, kehamilan, penggunaan antihistamin, stres, menggunakan celana yang ketat sehingga menyebabkan kondisi lembab, serta bahan-bahan kimia yang terkandung di sabun atau detergen.

Baca Juga : Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V Wanita

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Cara-Menghilangkan-Keputihan-Pada-Wanita

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita (Foto : penyebabpenyakit.com)

Seperti dikutip dari The Body, salah satu cara untuk cara mengatasi keputihan dan mencegah keputihan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun ada banyak cara lain yang lebih sederhana dan alami untuk mencegah keputihan terjadi. Dilansir dari berbagai sumber, simak 11 cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami berikut.

  1. Menghindari penggunaan cairan pembersih miss V. Cairan ini dapat mengubah tingkat keasaman normal miss V sehingga meningkatkan risiko infeksi serta menimbulkan peradangan.
  2. Menghindari penggunaan pakaian atau celana yang ketat karena dapat menghalangi aliran udara, sebaiknya gunakan pakaian dari bahan katun.
  3. Gunakan pembalut yang tepat.  Tidak dapat dihindari lagi pembalut merupakan cara simple yang sering digunakan untuk wanita yang sedang menstruasi agar mampu menyerap darah agar tidak meleleh kemana-mana. Tapi taukah Anda, salah memilih pembalut justru membuat Anda mengalami keputihan. Pilihlah pembalut yang menggunakan bantalan kualitas, mengandung kandungan herbal. Dan yang terpenting gantilah pembalut 4 jam sekali dalam sehari.
  4. Membilas miss V dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya kuman dari anus.
  5. Biasakan untuk mengeringkan bagian luar miss V dengan menggunakan tisu atau lap handuk bersih setelah buang air kecil atau besar.
  6. Usahakan menjaga kelembapan Miss.V. Menjaga kelembapan Miss V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tingkat keasaman yang baik untuk miss.V adalah 3,5. Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada kewanitaan. Untuk menjaga kelembapan Miss V maka disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada vagina. Penggunaan douche justru bisa meningkatkan risiko iritasi. Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Miss V
  7. Menghindari penggunaan pantyliners beraroma atau secara terus-menerus setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi.
  8. Mengurangi konsumsi gula dan alkohol, karena dapat membantu perkembangan dari jamur Candida.
  9. Mengonsumsi bawang putih, karena diyakini memiliki kandungan anti jamur alami. Selain terkenal dengan bumbu masak. Saat ini bawang putih tidak saja dikenal bahan penyedap akan tetapi mempunyai khasiat kesehatan . Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat, dan anti virus memungkinkan meraka untuk menghambat perkembangan bakteri, kulat (jamur), dan virus. Penelitian menunjukan bahwa bawang putih memiliiki kekuatan antibakteri. Meningkatkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.
  10. Mengonsumsi susu atau yogurt karena mengandung bakteri acidophilus yang membantu menjaga bakteri tetap seimbang.
  11. Hindari stress , olahraga teratur dan pola makan seimbang
olah-raga-teratur-pada-wanita

Olah raga teratur sebagai salah satu cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami (Foto : thetipz.net)

Menghindari diri dari stress dan melakukan olahraga seimbang merupakan solusi tepat untuk Anda. Lakukan olahraga satu minggu dua kali secara teratur. Komsumsi pula makanan yang sehat seperti minum susu ataupun yogurt karena kandungan di dalam susu terdapat bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida.

Bagaimana? Mudah bukan tips kesehatannya? Apabila ada infeksi maka harus diberikan antibiotic yang tepat sesuai dengan resep dokter. Demikian cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*