Home » Berita Kesehatan » Efek Negatif Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan
Ilustrasi mandi dengan air dingin yang bisa memberikan efek negatif jika dilakukan secara berlebihan (foto : www.medicaldaily.com)

Efek Negatif Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Nuansapagi.com – Bagi Anda yang hobby mandi dengan air dingin, sudah tahukah efek negatif mandi air dingin bagi kesehatan tubuh Anda? Mandi dengan air dingin, apa lagi saat pagi hari memang memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mandi di pagi hari dengan air dingin bisa memberi semangat di pagi hari. Namun, jika terlalu sering mandi dengan air dingin juga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Dikutip langsung dari nyata.co.id, inilah ulasan dr Abdullah Machin SpS, Staf Departemen SMF RSUD dr Soetomo tentang efek negatif mandi air dingin bagi kesehatan.

1. Dapat Menimbulkan Hipotermia

Menurut dr Abdullah Machin SpS, Staf Departemen SMF RSUD dr Soetomo, salah satu dampak yang paling berbahaya dari mandi air dingin adalah mengakibatkan hipotermia. ”Hipotermia merupakan salah satu efek berbahaya dari mandi air dingin karena mekanisme tubuh kesulitan untuk mengatasi suhu yang dingin,” lanjutnya.

Hal ini bisa terjadi karena manusia merupakan makhluk berdarah panas dan memiliki suhu tubuh yang konstan. Karenanya, jika tubuh terkena air dingin, mekanisme termoregulasi pada tubuh yang berpusat di hipotalamus akan bekerja lebih keras.

”Mekanisme termoregulasi sendiri yaitu kemampuan manusia untuk mengatur suhu tubuhnya agar tetap konstan. Di sini, tentu saja membuat sel-sel saraf yang mengontrol termoregulasi akan bekerja keras dan tentu tidak baik untuk saraf,” jelas Machin.

Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga akan bekerja keras untuk menyesuaikan dengan suhu air dingin yang terkena tubuh. Karena itu, imbuh Machin, bayi yang baru lahir selalu dimandikan dengan air hangat karena mekanisme termoregulasi pada bayi belum terlalu efektif dan masih sangat lemah.

Dapat Menimbulkan Nyeri Saraf dan Sendi

Mandi air dingin juga bisa menyebabkan nyeri pada saraf dan sendi. Pembuluh darah akan menyempit karena terkena suhu yang dingin. ”Jika pembuluh darah menyempit, asupan oksigen pada organ-organ vital juga akan berkurang sehingga bisa menimbulkan nyeri,” lanjutnya.

Namun, kata Machin, dampak negatif mandi air dingin bisa diminimalkan dengan cara memilih air dingin yang suhunya tidak terlalu rendah. ”Air yang digunakan saat mandi harus yang biasa-biasa saja, jangan terlalu dingin agar efek negatifnya bisa diminimalkan,” pungkasnya. Demikian sekilas info kesehatan tentang efek negatif mandi air dingin bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

2 comments

  1. apa penyebab mandi air dingin

  2. Alhamdulillah setelah saya mandi dipagi hari badan terasa lebih segar dan semangat untuk melakukan aktivitas # terima kasih wasalm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*