Home » Kesehatan Anak » 8 Gejala Awal Diabetes Pada Anak Yang Sering Tak Disadari

8 Gejala Awal Diabetes Pada Anak Yang Sering Tak Disadari

Gejala Diabetes Pada Anak – Awas kenali gejala awal diabetes pada anak Anda yang sering tak disadari. Saat ini jumlah penderita diabetes meningkat secara drastis. Bahkan anak-anak pun dapat terserang penyakit diabetes ini. Sebagian besar anak-anak menderita diabetes tipe 1 yang dapat berubah menjadi diabetes tipe 2 apabila tidak terdeteksi gejalanya secara dini.

Sekilas Info Kesehatan Tentang Penyakit Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Jenis utama penyakit diabetes melitus atau penyakit kencing manis ini adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin. Tipe ini juga terkadang dikenal dengan istilah diabetes ‘remaja’ karena umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun terutama pada masa remaja.

Ilustrasi pemeriksaan gejala awal diabetes pada anak

Ilustrasi pemeriksaan gejala awal diabetes pada anak (Foto : Shutterstock)

Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus menerima suntikan insulin tiap hari. Insulin sangat penting karena berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan serius pada organ-organ tubuh.

Selain suntikan insulin, penderita diabetes tipe 1 juga harus menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Misalnya dengan pola makan yang sehat, teratur berolahraga, dan tes darah secara rutin.

Penyebab Diabates Tipe 1 Pada Anak

Penyebab utama diabetes berhubungan erat dengan hormon insulin. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin. Hormon ini berfungsi untuk memindahkan glukosa dari dalam darah ke sel-sel yang akan mengolahnya menjadi energi. Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Tanpa insulin, sel-sel tubuh akan mengolah lemak dan otot menjadi energi sehingga menyebabkan turunnya berat badan. Ini dapat mengakibatkan kondisi akut yang disebut ketoasidosis diabetik pada penderita diabetes tipe 1, yaitu saat darah menjadi terlalu asam serta terjadi dehidrasi yang membahayakan.

Diabetes tipe 1 disebut dengan kondisi autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel dalam pankreas karena mengira mereka membahayakan tubuh.

Gejala Awal Diabetes Pada Anak Yang Sering Tak Disadari

Mengenali gejala diabetes tipe satu pada anak tak selalu mudah karena gejala-gejalanya sering salah dikira penyakit flu. Selain itu gejalanya terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang. Dilansir dari berbagai sumber, simak gejala awal diabetes pada anak yang perlu Anda waspadai.

1. Sering Buang Air Kecil / Berkemih

anak-sering-buang-air-kecil

Anak sering buang air kecil (Foto : Shutterstock/jannoon028)

Gejala diabetes pada anak yang pertama adalah sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol.

2. Mudah Haus

anak-mudah-haus

Anak mudah haus (Foto : childcarephysicians.com)

Salah satu gejala awal diabetes melitus pada anak yang umum terjadi adalah rasa haus yang meningkat. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan kadar gula darah. Mereka juga akan lebih suka mengonsumsi minuman dingin yang manis.

3. Selalu Lapar

anak-mudah-lapar

Anak mudah lapar (Foto : npr.org)

Selain sering haus, gejala awal diabetes pada anak-anak yang sering terjadi adalah anak akan mudah lapar. Sebab tidak adanya insulin untuk mentransfer gula di dalam tubuh sehingga proses ini akan menghabiskan energi mereka dan membuat cepat lapar.

4. Berat Badan Berkurang

berat-badan-anak-bekurang

Berat badan anak bekurang (Foto : theatlantic.com)

Gejala awal diabetes pada anak lainnya yang harus Anda waspadai adalah penurunan berat badan. Meskipun sering makan, namun anak-anak yang menderita diabetes akan cenderung kehilangan berat badan secara drastis. Tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.

Baca Juga : 11 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 Yang Wajib Diwaspadai

5. Mudah lelah

anak-mudah-lelah

Anak mudah lelah (cosmopolitanfm.com)

Gejala awal diabetes pada anak yang kelima adalah mudah lelah. Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

6. Masalah Penglihatan

gangguan-penglihatan-anak

Gangguan penglihatan pada anak (Foto : visia.info)

Karena kadar gula darah cukup tinggi, maka cairan di dalam tubuh pun akan meningkat. Termasuk cairan di dalam mata mereka. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan masalah penglihatan. Ini termasuk salah satu gejala awal diabetes pada anak yang harus diwaspadai.

7. Infeksi Ragi

Gejala awal diabetes pada anak juga dapat menyebabkan infeksi ragi organ vital anak-anak terutama anak perempuan. Hal ini pulalah yang akan menyebabkan ruam popok.

8. Masalah Perilaku

anak-mudah-jengkel

Perubahan perilaku anak menjadi mudah jengkel (Foto : qykapp.com)

Gejala diabetes pada anak mampu mempengaruhi perilaku anak. Mereka jadi mudah labil dan mudah merasa jengkel. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah yang tinggi.

Apakah Anda menemukan gejala awal diabetes tersebut di dalam tubuh buah hati Anda? Jika Anda menemukannya, sebaiknya segera berkonsultasilah pada dokter. Waspadailah diabetes ketoasidosis! Diabetes ketoasidosis adalah komplikasi akut dari diabetes karena kadar gula darah sangat tinggi. Kondisi ini terjadi karena penyakit tidak pernah terdeteksi dan tidak diobati.

Anak yang mengalami diabetes ketoasidosis akan mengalami sakit perut, mual, muntah, napas berbau, sulit bernapas, bahkan kehilangan kesadaran. Pertolongan medis segera sangat diperlukan. Sekian info kesehatan kali ini tentang gejala awal diabetes pada anak terutama diabetes tipe satu, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*