Home » Kesehatan Ibu Hamil » Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil
Ilustrasi buah kiwi yang kaya akan manfaat untuk ibu hamil (Foto : 1zoom.net)

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil – Buah kiwi termasuk salah satu buah untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Ada banyak manfaat buah kiwi untuk ibu hamil jika dilihat dari kandungan nutrisinya. Buah kiwi kaya akan zat gizi seperti vitamin, mineral, dan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh, baik dalam keadaan hamil maupun tidak. Jika buah kiwi dikonsumsi oleh wanita hamil atau ibu hamil, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh karena kandungan nutrisinya. Berikut ini khasiat dan manfaat buah kiwi untuk ibu hamil muda atau pun hamil tua berdasarkan kandungan nutrisi buah kiwi.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi

Buah kiwi merupakan satu dari berbagai jenis buah yang memberikan banyak keuntungan bagi tubuh karena kaya akan energi, vitamin, mineral, dan serat. Untuk itu alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa saja dan berapa banyak kandungan zat gizi dari 100 gram buah kiwi. Hal ini penting untuk lebih mempermudah Anda dalam memahami manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.

Secara umum, dalam 100 gram buah kiwi mengandung energi sebesar 61 kkal, protein 1,12 gr, lemak 0,5 gr, omega 3 41,3 mg, omega 6, 242 mg, dan serat 3 gr. Untuk kandungan nutrisi yang lain bisa dilihat pada gambar berikut.

Ilustrasi kandungan nutrisi (zat gizi) buah kiwi yang memiliki manfaat untuk ibu hamil (Foto : newsnews.perfectinter.net)

Ilustrasi kandungan nutrisi (zat gizi) buah kiwi yang memiliki manfaat untuk ibu hamil (Foto : newsnews.perfectinter.net)

Jika melihat jenis kandungan dan jumlahnya dalam buah kiwi, ternyata buah ini mengandung banyak sekali zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, baik dalam keadaan hamil maupun tidak. Jika buah kiwi dikonsumsi oleh wanita hamil, ada beberapa keuntungan dan khasiat yang akan diperoleh karena kandungan nutrisinya.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Buah kiwi sangat mudah dijumpai di berbagai supermarket. Jadi anda dapat dengan mudah mencarinya. Semudah Anda memperoleh manfaat dari buah segar ini. Ibu hamil muda juga sangat disarankan mengkonsumsi buah kiwi. Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil muda selain memenuhi asupan nutrisi juga dapat mengurangi mual dan muntah yang kerap dialami diawal kehamilan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak 3 manfaat buah kiwi untuk ibu hamil berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Syaraf Janin

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk menyehatkan syaraf janin. Buah kiwi mengandung asam folat (folates) yang tinggi. Inilah salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan para ibu hamil dalam memenuhi nutrisi janin. Dengan mengkonsumsi buah kiwi ketika hamil dapat menghindari bayi terlahir dalam keadaan cacat saraf atau mental. Yaitu suatu keadaan dimana perkembangan otak dan syaraf janin tidak sempurna.

Asam folat, merupakan kelompok vitamin B. Pada wanita hamil penting untuk mencegah terjadinya cacat lahir, kelainan pembentukan tabung saraf yang dikenal sebagai spina bifida, serta bayi yang lahir tanpa jaringan otak yang dikenal sebagai anencephali. Oleh karena itu setiap wanita hamil wajib menambahkan asam folat dalam dietnya sehari-hari. Adapun dosis asam folat yang diperlukan sebanyak 400 mcg/hari, dan buah kiwi sudah menyediakan 25 mcg asam folat dalam 100 gramnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*