Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Kulit » Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan
Ilustrasi buah naga merah yang memiliki khasiat dan manfaat untuk kecantikan (Foto : colourbox.com)

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan – Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, buah naga juga punya khasiat untuk kecantikan. Buah naga dapat membuat wajah Anda menjadi lebih cerah, menghilangkan jerawat, melembabkan kulit dan lainnya. Buah naga atau yang dikenal dengan sebutan dragon fruit ini termasuk buah untuk kesehatan kulit. Dalam buah naga merah atau pun putih terkandung banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah dan kulit Anda seperti vitamn C, protein, kalsium, kalium, serat, mineral, zat besi dan fosfor. Penasaran bukan? Yuk, simak 6 manfaat manfaat buah naga untuk kecantikan berikut ini.

1. Menghaluskan Dan Melembabkan Kulit

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang pertama adalah membantu untuk menghaluskan dan melembabkan kulit. Kulit kering dan kusam biasanya disebabkan oleh efek dari pancaran sinar matahari yang langsung menerpa kulit Anda. Hal ini perlu Anda tangani dengan segera, agar kondisi kulit tetap terlihat sehat dan segar. Buah naga kaya akan vitamin B3 yang bersifat menenangkan, melembabkan, dan mendinginkan kulit.

Cara 1 : Anda bisa menggunakan campuran dari buah naga, ketimun, dan madu untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut. Kemudian haluskan dalam satu wadah dan oleskan secara merata pada kulit Anda. Jika sudah dioleskan, tunggu kira-kira setengah sampai satu jam, Kemudian bilaslah kulit dengan air sampai bersih. Sehingga kulit Anda bisa terjaga dari kekusaman dan membantu kelembaban kulit.

Cara 2 : Selain itu, khasiat buah naga untuk kecantikan juga dapat diperoleh dengan cara seperti berikut. Pertama-tama Anda siapkan buah naga yang ukurannya sedang, setelah itu buah naga di bersihkan terlebih dahulu lalu di blender dengan ditambahkan 1/2 gelas air putih. Apabila buah naga telah halus, selanjutnya saring dan buang ampasnya. Setelah itu oleskan ke seluruh kulit wajah, kulit leher dan bila Anda inginkan dapat di oleskan keseluruh tubuh anda. Untuk hasi maksimal, Anda dapat melakukan perawatan kulit ini 1 minggu sekali secara rutin dan teratur.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang kedua adalah mencegah penuaan dini. Buah naga kaya akan antioksidan sehingga bagus untuk dijadikan masker. Antioksidan adalah penangkal radikal bebas yang mencegah penuaan dini. Buah naga menganudung vitamin E dan beta karoten yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel jahat yang dapat menyebabkan penuaan dini. Pakailah masker buah naga seminggu sekali agar kulit terjaga kesegarannya.

Cara membuat masker buah naga : Ambil separuh buah naga lalu haluskan lalu campukan dengan satu cendok yogurt murni. Jika memang tidak ada yogurt, buah naga saja cukup. Oleskan buah naga yang sudah halus ke wajah dan leher yang sudah lebih dulu dibersihkan. Tunggu hingga 20 menit lalu angkat dengan waslap. Nutrisi dan antioksidan dalam buah naga bermanfaat memperlambat proses penuaan sel.

3. Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang ketiga adalah mencegah dan menghilangkan Jerawat. Buah naga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk mengobati jerawat. Bagi yang punya masalah jerawat, cobalah cara alami mengatasi jerawat dengan buah naga.

Caranya : Ambil potongan kecil buah naga lalu haluskan. Ukurannya sesuaikan saja dengan banyak sedikitnya area yang berjerawat. Setelah itu oleskan pada kulit berjerawat yang sebelumnya sudah lebih dulu dibersihkan. Tunggu hingga kering lalu bersihkan. Untuk hasil maksimal, gunakan dua kali sehari.

4. Mencerahkan Kulit Tubuh

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang keempat adalah mencerahkan kulit tubuh. Selain bisa sebagai masker wajah, buah naga juga bisa dijadikan lulur. Caranya : Haluskan buah naga lalu oleskan pada wajah, leher, dan seluruh tubuh. Biarkan nutrisinya diserap oleh tubuh. Lakukan dua kali seminggu maka kulit akan terlihat lebih cerah.

5. Mengobati Luka Bakar Pada Kulit

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang berikutnya adalah sebagai obat alami luka bakar. Caranya : Buah naga diperas lalu di ambil airnya, kemudian tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok air timun lalu aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terbakar lalu biarkan sampai kering. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh dengan aturan pakai 2 kali sehari.

6. Tabir Surya Alami

Terakhir, manfaat buah naga untuk kecantikan adalah sebagai tabir surya alami. Tak hanya mendinginkan kulit terbakar, buah naga juga bisa digunakan sebagai tabir surya alami. Caranya : Sebelum bepergian, siapkan jus buah naga lalu rendam kapas ke dalamnya. Oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit agar nutrisinya meresap lalu bersihkan dengan air dingin. Setelahnya Anda bisa memakai make up. Demikian sekilas info kesehatan tentang khasiat dan manfaat buah naga untuk kecantikan kulit Anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*