Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Jantung » Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol
Ilustrasi buah naga yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol (Foto : thienhungfruit.com)

Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol – Buah naga termasuk salah satu buah untuk menurunkan kolesterol. Buah ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol, memperlancar peredaran darah, mengurangi tekanan emosi, dan menetralkan racun dalam darah. Buah naga memiliki penampilan sangat unik dan menarik. Ukurannya sebesar mangga gedong gincu, dengan warna merah menyala. Kulitnya seperti sisik ular besar (naga), tetapi bukan karena itu buah ini dikenal sebagai dragon fruit.

Pada umumnya buah naga bermanfaat sebagai pelepas dahaga karena kandungan airnya yang sangat tinggi, sekitar 90 persen dari berat buah yang rata-rata mencapai 0,5-1 kg. Rasanya sedikit asam dan cukup manis karena kadar gulanya mencapai 13-18 briks. Ada yang mengaitkannya dengan mitos mampu menurunkan kadar gula darah dan tentang manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol. Akhir-akhir ini tanaman buah tersebut juga mulai dimanfaatkan sebagai tanaman hias berbuah yang ditanam di dalam pot. Nah, agar Anda tidak terjebak dengan mitos dan kabar burung yang tidak begitu jelas kebenarannya, simak penjelasan tentang manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol berikut ini.

1. Buah Naga Kaya Akan Serat Untuk Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat buah naga mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram daging buah dan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) yang kemudian dikeluarkan bersama tinja. Dengan demikian, semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh. Buah naga bisa menjadi salah satu solusi cara cepat menurunkan kolesterol dalam tubuh secara alami.

Selain untuk mencegah kolesterol, kandungan serat pada buah naga juga sangat berguna dalam sistem pencernaan. Serat pangannya (dietary fiber) mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Serat pangan sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes melitus, jantung, stroke, kanker, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Jadi, cukup jelas bahwa manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol bisa dipercayai kebenarannya karena kandungan seratnya yang tinggi.

2. Biji Buah Naga Kaya Akan Lemak Tak Jenuh Ganda Untuk Menurunkan Kolesterol

Faktor kedua yang memperkuat manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol adalah kandungan lemak tak jenuh pada biji buah naga. Menurut Lanita Somali Msc MSEd, Kepala Unit Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Politeknik Kesehatan Jakarta ll yang dilansir dari lifestyle.okezone.com, biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengikat kolesterol yang ada di dalam tubuh, sangat baik untuk sistem peredaran darah, penyeimbang kadar gula, menormalkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan kolesterol, mengurangi tekanan emosi, dan menetralkan racun dalam darah.

3. Buah Naga Kaya Akan Vitamin Dan Mineral Untuk Menetralkan Radikal Bebas

Faktor ketiga yang memperkuat manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol adalah kandungan vitamin dan mineral buah naga yang lengkap. Buah naga merupakan sumber vitamin dan mineral yang cukup baik. Kadar vitamin B1-nya mencapai 0,3 mg per 100 gram daging buah. Buah ini juga kaya akan betakaroten. Betakaroten merupakan provitamin A yang akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A ini berguna bagi proses metabolisme. Betakaroten ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang menetralkan radikal-radikal bebas di dalam tubuh manusia.

Kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari kesanggupannya untuk menstabilkan radikal berinti karbon. Karena betakaroten efektif pada konsentrasi rendah oksigen, ia dapat melengkapi sifat antioksidan tinggi oksigen. Buah naga juga mengandung kalium, zat besi, protein, kalsium dalam jumlah yang cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Zat-zat ini menetralkan racun dalam darah, meningkatkan daya pengelihatan dan mencegah hipertensi.

Bagaimana? Percaya bukan jika buah naga bisa digunakan sebagai obat penurun kolesterol secara alami. Badan Litbang Pertanian RI menyebutkan bahwa buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol, penyeimbang gula darah, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, serta meningkatkan kerja otak. Khasiat buah naga masih belum diketahui oleh masyarakat luas. Selain penelitian yang masih sangat terbatas, buah ini masih sangat langka. Bahkan, masih banyak di antara kita yang sama sekali tidak mengenal buah ini. Sekian info kesehatan kali ini tengtang khasiat dan manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*